Nama : Gusti perdana putra Nim : 2222103048 Kelas : 1.

f

Morfologi
Morfologi merupakan cabang atau tataran ilmu bahasa yang bersama-sama dengan sintaksis termasuk kedalam gramatika atau tata bahasa. Leehmann (1976) menyatakan bahwa morfologi adalah studi tentang morfem, variasi-variasi morvem,dan kombinasi-kombinasi morvem di dalam kata. Pakar lain Wardhaugh (1977), mendefinisikan morfologi merupakan studi tentang morfem dan kombinasi-kombinasi dalam kata. Selanjutnya Crystal (1992), mendefinisikan morfologi sebagai cabang gramatika/tata bahasa yang mengkaji struktur kata. 1. Ruang lingkup Morfologi Ruang lingkup morfologi meliputi hal-hal sebagai berikut: a. b. c. d. Morfem dan cara identifikasinya Morf dan alomorf Klasifikasi morfem Kata: hakikat,klasifikasi, serta cara pembentukannya, y Proses morfologis y Morfofenemik.

2. Morfem dan cara identifikasinya Sebagaimana kita tahu, morfem merupakan satuan terkecil di dalam morfologi,dan satuan terbesarnya adalah kata. Untuk mengidentifikasi morfem dalam suatu bahasa, menurut Samsuri (1994), dapat didasarkan pada tiga prunsip poko dan tiga prinsip tambahan.sedangkan menurut Ramlan (1987), pengenalan morfem suatu bahasadapat ditempuh malalui enam prinsip pengenalan morfem. Dalam buku ini pembahasan mengenai cara atau prosedur pengenalan morem akan mengikuti pendapat Samsuri, yaitu sebagai berikut : a. Prinsip-prinsip pokok Prinsip A: bentuk-bentuk yang berulang yang mempunyai pengertian yang sama, termasuk morfem yang sama. Contoh: bertemu, menemui, ditemui. Menemuken. b. Prinsip tambahan

c. b. dua morfem atau lebih. Morfofonemik Morfofonemik atau disebut morfemik. nama kata.dkk. a. (1979). 3. e. mengungkapkan kebebasan berdiri sendiri dalam ujaran sebagai ciri kata d. Kata: definisi. Ada yang menyebut kelas kata. Sebuah kata mungkin juga dibentuk oleh satu morfem. Teknik mengidentifikasi kata Ada tiga teknik untuk mengidentifikasi kata menurut Ives. dan jenis kata. Definisi kata Dalam kamus besar Bahasa Indonesia kata di definisikan sebagai unsure bahasa yang diucapkan ataudituliskan yang merupakan perwujudan kesatuan perasaan dan pikiran yang dapat dilakukan dalam berbahasa. Ciri kata Bloomfield (1933). golongan kata. Para pakar mendefinisikan proses morfologis sebagai proses penggabungan anatara suatu morfem dan morfem lain untuk membentuk kata. 4. ketiga teknik itu yaitu:bentuk tulisan kata. Adapun proses .Prinsip A: bentuk-bentuk yang sembunyi (homofon).merupakan ilmu yang memelajari perubahan fonem yangterjadi karena bertemunya suatu morfem dengan morfem lain dalam proses morfologis. tetpi sebuah kata belum tentu selalu terdiri atassatu morfem saja. cara pembentukan.morfofonologi. menyebabkan soal kat kurang diperhatikan oleh ahli bahasa. merupakan: morfem-morfem yang berbeda apabila berbeda pengertiannya.1933). Klasifikasi kata Klasifikasi kata dinamai berbeda oleh para pakar. ciri. dan klasifikasi Sebuah morfem bisa dibentuk hanya dengan sebuah kata. Pembentukan kata Cara atau proses pembentukan kata dalam suatu bahasa lazim disebut sebagai proses morfologis. Kesulitan mengidentifikasi kata Munculnya konsep korfem (bloomfield. dan makna kata. f.

Anomali morfologis Meskipun pembentukan kata dalam suatu bahasa telah diatur oleh kaidah morfologi.yakni: (i) word and paradigm (wp). Model kaidah morfologi Dalam kajian morfologi ada tiga hal yang perlu dipertimbangkan sebagai sebagai model analisis. .morfologis ialah proses yang terjadi ketika suatu morfem bergabung dengan morfem lain dalam pembentukan kata polimorfemis. 6. namun secara deskriftif ternyata muncul juga kata yang terbentuk secara tidak taat asas atau tidak seturutkaidah morfologi. (ii)Item and Arrangement (ia) dan Item and process (ip). 5.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful