ILMU ALAMIAH DASAR

Oleh Albert Barus

. Manusia Selalu Ingin Tahu Issac Asimov (1920). Hubungan Kehidupan Manusia dengan Alam : 1. 2. Cultural Man. Manusia justru daya pikirnya lebih berperan daripada daya fisiknya. mengatakan bahwa binatang sebagai Idle Curiosity (keingintahuan yang terbatas). Natural Man.ILMU ALAMIAH DASAR A.

Manusia dapat membuat alat (homo faber) c. Manusia hidup bermasyarakat (homo socius) e. Manusia dapat berbicara (homo longuens) d. .Perbedaan Manusia dengan binatang : Manusia dapat berpikir (homo sapien) b. Manusia dapat berdagang (homo economicus) f. Manusia sadar ada kekuatan diluar dirinya (homo religius). a.

dan Mitos Dayang Sumbi. 3. Mitos sunan kudus. Rasa Ingin Tahu dan Mitos Mitos merupakan cerita yang dibuat-buat atau dongeng dibuatyang pada umumnya menyangkut tokoh kuno seperti dewa. Legenda. manusia perkasa. yang gunanya untuk menjawab keterbatasan pengetahuan manusia tentang alam. Contoh : mitos tentang Pelangi. . Mitos sebenarnya 2. Pengetahuan tentang Mitos disebut Mitologi. Mitologi banyak muncul dalam zaman pra sejarah. Cerita rakyat.B. Ada tiga macam Mitos : 1.

Keterbatasan penalaran manusia 3. Manusia berperasaan dan Rasional : Perasaan adalah fungsi jiwa untuk mempertimbangkan dan mengukur sesuatu menurut rasa senang dan tidak senang. Keingintahuan manusia sementara terpenuhi. C. Keterbatasan pengetahuan manusia 2. .Faktor Mitos dipercayai kebenarannya saat itu: 1.

. tanggung jawab. menerima sesuatu atas dasar kebenaran pikiran atau rasio. Rasional adalah. Misal rasa lapar. Perasaan luhur. Kemampuan manusia mempergunakan daya akalnya disebut intelegensi. Misal cinta kasih. rasa seksual. sifatnya rohani yang hanya dimiliki oleh manusia.Perasaan rendah sifatnya biologis yang dimiliki oleh binatang.

yaitu pengetahuan dan logika. tepat dan sehat . CobaPikiran manusia berkembang. Coba-coba (trial and error). ke arah rasional dan didukung oleh pengalaman (empiris). Dalam menerima kebenaran manusia menggunakan logika.CaraCara-cara lama dalam memperoleh pengetahuan dilakukan manusia dengan masih mengandalkan perasaan daripada pikiran. kecakapan untuk berpikir lurus. Intuisi 3. Yaitu : 1. Prasangka 2.

. Asentris. Heliosentris 4. Antroposentris 2.Lima pentahapan progresivitas manusia : 1. Galaktosentris 5. Geosentris 3.

bintang Berputar mengelilingi bumi (Ptolomeus) Matahari memiliki sejumla Planet dan planet memiliki Satelit (Rotasi) Bima sakti menjadi pusat Galaksi dalam tata surya Merupakan kekuasaan Tuhan. kematian org penting mempengaruhi kondisi alam (raja).IKHTISAR PERKEMBANGAN WAWASAN MANUSIA Tingkatan Antroposentris Pengertian Manusia yg menjadi pusat segalasegala-galanya Contoh Kelahiran. Asentris . Matahari. semua beredar dlm Kontelasi alamiah. Geosentris Bumi yg menjadi pusat SegalaSegala-galanya Heliosentris Matahari yg menjadi pusat Sistem tata surya Galaktosentris Galaksi menjadi pusat dari Sejumlah tata surya Tidak ada yg menjadi pusat. bulan.

Analitik. Perasaan merupakan suatu penarikan kesimpulan yang tidak berdasarkan penalaran. Pola berpikir logika b. . Ciri-ciri Penalaran : a.DASARDASAR-DASAR PENGETAHUAN Pengetahuan dimulai dengan rasa ingin tahu. kepastian dimulai dengan rasa ragu-ragu Pengetahuan mampu dikembangkan manusia karena : 1. A. PENALARAN Kegiatan berpikir yg mempunyai karakteristik tertentu dalam menemukan kebenaran. Bahasa yang bersifat komunikatif 2. Pikiran yang mampu menalar.

LOGIKA Dua jenis cara penarikan kesimpulan.Pengetahuan yang dipergunakan dalam penalaran pada dasarnya bersumber pada rasio atau fakta. B. yakni logika deduktif dan logika induktif. . Rasionalisme adalah paham yang mengembangkan bahwa rasio adalah sumber kebenaran. Logika Induktif terkait empirisme (butuh dukungan fakta). Logika deduktif . Empirisme. cara berpikir dimana ditarik kesimpulan yg bersifat khusus dari pernyataan bersifat umum. adalah paham yang menyatakan bahwa fakta yang tertangkap lewat pengalaman manusia merupakan sumber kebenaran.

Objektif (sesuai dgn objek atau didukung fakta empiris) Metodik (cara-cara tertentu yg teratur dan terkontrol) Sistematik (saling berkaitan dan merupakan satu kesatuan) Berlaku umum (dapat diuji coba orang lain dan hasilnya sama). Pengetahuan disebut ilmu atau ilmiah jika: 1. Ilmu adalah pengetahuan yang didapatkan lewat metode ilmiah. Dengan metode ilmiah. .C. 2. 3. 4. METODE ILMIAH Prosedur dalam mendapatkan pengetahuan yang disebut ilmu. pendekatan rasional digabungkan dengan pendekatan empiris. Paham Empirisme menggunakan metode induktif D. SUMBER PENGETAHUAN : Paham Rasionalisme menggunakan metode deduktif.

Teori-teori ilmiah yang menyusun pengetahuan harus Memenuhi dua syarat utama yaitu: a. Menggunakan teknik kwantitatif. Menggunakan hipotetis e. Harus cocok dengan fakta-fakta empiris. Kriteria Metode Ilmiah : a. b. Menggunakan prinsip-prinsip analitis d. Harus konsisten dengan teori-teori sebelumnya. Menggunakan ukuran objektif f. Bebas dari prasangka c. Berdasarkan fakta b. .

PERUMUSAN MASALAH Deduksi PENG ILMIAH KERANGKA PIKIR RUMUSAN HIPOTESIS Induksi DITERIMA UJI HIPOTESIS DITOLAK METODE ILMIAH .

logika.Ilmu adalah kumpulan pengetahuan yang disusun secara konsisten dan kebenarannya telah teruji secara empiris. Sarana berpikir Ilmiah : Adalah merupakan alat bagi metode ilmiah dalam melakukan fungsinya secara baik berupa : Bahasa. matematika dan statistika. .