Mikroskop

Mikroskop Compound dibuat oleh John Cuff pada 1750

Jenis-jenis mikroskop

Mikroskop digital yang bisa tersambung dengan komputer

1. Mikroskop sederhana mikroskop_sederhana 2. Mikroskop Monokuler .

merupakan tempat untuk meletakkan preparat. III. Mikroskop student (monokuler) Sebagai contoh yang akan digunakan dalam latihan ini. Tangkai. Sekrup-sekrup pengatur jarak antara teropong dengan sediaan. tipe : H M LUX Bagian-bagiannya terdiri atas : 1.5. sedangkan sekrup bawah untuk menggerakkan sediaan kekiri dan kekanan. 1. Skrup-skrup penggerak sediaan. kaki atau basis. Mikroskop Leitz wetzlar Germany.3. 1.4.000 kali.2. atau bentuk yang lain.4. jumlahnya 2 tersusun pada satu sumbu yang berguna untuk menggerakkan sediaan kemuka dan kebelakang (sekrup atas) . dapat memperbesar benda sampai 500. Mikroskop ini menggunakan elektron sebagai ganti cahaya pada mikroskop cahaya. jumlahnya 2 . Meja benda. tapal kuda.. dapat berbentuk persegi. BEBEREAPA MACAM MIKROSKOP 1.1. Mikroskop Fase kontras Dari berbagai Mikroskop itu mikroskop elektron yang memiliki perbesaran paling tinggi. 1. merupakan penyokong teropong yang menjadi penghubung antara kaki dengan teropong. 1.

dan dijepit dengan penjepit samping. 10. pada lense. 40. yang letaknya dibagian atas teropong. sedang dalam keadaan agak gelap digunakan cermin cekung CARA PENGGUNAANNYA : A . Tempatkan lensa obyektip perbesaran lemah dengan memutar revolver sampai berbunyi klik. untuk keadaan terang digunakan cermin datar. 1. Mencari bidang penglihatan 1. berguna untuk mengatur pernusatan sinar. 4.8.10. 1. b.rah cahaya.3 lensa dipasang sekaligus pada revolver yang dapat diputar. dengan mata membidik lensa okuler. disebut monokuler. Putarlah makrometer kebelakang sampai pol. B . Teropong. Bidikkan mata ke lensa okuler sambil memutar makrometer ke depan searah jarum jam pelan-pelan sampai tampak bayangan yang jelas. Oleh karena jumlahnya satu maka. Pada tipe mikroskop ini hanya ada satu buah sekrup yang mempunyai 2 fungsi . alat untuk menangkap cahaya. 100 x. Cermin1 diarahkan ke a. atau 12 x.9. 1. ialah bagian yang terdiri atas lensa. berupa gelas bundar yang berwarna biru. Kalau ingin dengan perbesaran kuat. Lensa obyektip ini 2 biasanya mempunyai perbesaran 4. Filter. Lensa okuler. atau warna lain yang berguna untuk mengurangi silau. Lensa obyektif yang letaknya dekat dengan sediaan biasanya 2. berarti diafragma terbuka sempurna. dan sebagai penggerak halus disebut : mikrometer 1. Tariklah tangkai diafragma kebelakang. lalu memainkan fungsi dari mikrometer secara sangat pelan.7. ialah bagian yang dapat untuk mengatur banyaknya sinar masuk dengan mengatur tangkainya. 2.buah atau menjadi satu nampak sebuah sekrup saja. sambil kita tempatkan noda sediaan tepat di bawah lensa obyektip. 6. Biasanya terdiri 2 rnacarn yaitu cermin datar. Kondensor. 2.6. 1. Diafragma. sebaliknya adalah cermin cekung. hijau. yaitu sebagai pengatur/penggerak kasar disebut : Makrometer . Diamati pada bidang penglihatan sampai terang. 3. Mencari. 3 GAMBAR SKEMATIS 6b Keterangan . 1. 3.bayangan sediaan. Bila lensa obyektip 100 x maka di atas sediaan ditetesi minyak imersi dahulu. cermin. tediri atas : a. tinggal memutar obyektipnya. Letakkan sediaan pada meja benda. atau untuk penegasan gambar. biasanya mempunyai perbesaran 5. 10. okuler sering tampak garis hitam menuju pusat pandangan. ini sesungguhnya suatu tambahan saja yang dimaksudkan sebagai penunjuk.

Kondensor 5. MACAM-MACAM MIKROSKOP (MODIFIKASI MIKROSKOP CAHAYA) Mikroskop Cahaya Kegunaan: Mengamati obyek hidup. Kaki atau basis 6a. Obyektip 2. Tangkai 6b. Meja benda 7. Mudah digunakan . Sekrup pengatur sediaan 8. Prinsip kerja: 1. Filter 10. Teropong tab. Okuler 3. macam-macam preparat jadi atau obyek yg telah diwarnai dan menghitung mikroorganisme. Teropong tab. Diafragma 4. Cermin MIKROSKOP CAHAYA ELEKTRIS MENGHITUNG PERBESARAN PADA MIKROSKOP STEREO Lihat ukuran lensa okuler (eye pieces) Lihat ukuran yang tertera pada pengatur fokus Ukuran = okuler x ukuran pengatur fokus.1. Sekrup pengatur jarak 9.

MIKROSKOP LATAR GELAP Darkfield Microscope Tampilan obyek: Tepi sel tampak bersinar keemasan sehingga bentuk obyek terlihat dgn jelas. Obyek tampak bersinar dgn background gelap. biasanya dipakai utk mendeteksi Treponema pallidum (penyakit sifilis) Prinsip kerja: Menggunakan kondensor khusus dgn cakram gelap utk menghalangi cahaya masuk. Tampilan obyek berwarna-warni dgn background terang MIKROSKOP LATAR GELAP Darkfield Microscope Kegunaan: Dipakai untuk mengamati mik. Cahaya yang terpecah biasanya berwarna keemasan sedang cahaya yang tidak terpisah berwarna merah. Prinsip kerja: Menggunakan kondensor khusus dan lempeng pemecah cahaya. .org. Sorotan cahaya dipisahkan dan menerangi obyek melalui jalur yang berbeda. Keunikan dari fase kontras adalah munculnya pita cahaya mengelilingi sel yang dikenal dengan sebutan halo fase. Obyek yang diamati adalah mikroorganisme hidup. Struktur internal sel berkilauan berlawanan dengan background yang gelap.2. Differential Interference Contrast (DIC) Microscope Kegunaan: Digunakan utk tampilan 3 dimensi obyek tanpa pewarnaan. MIKROSKOP FASE KONTRAS Kegunaan: Dipakai utuk mengamati dengan detil/teliti struktur internal spesimen hidup tanpa pewarnaan. MIKROSKOP FASE KONTRAS Tampilan obyek: Menunjukkan perbedaan struktur internal dgn sangat jelas. cahaya yg dipakai berasal dari lensa obyektif yg dipantulkan spesimen. yg tdk tampak pd mikroskop Cahaya. Cahaya tdk dpt langsung menerangi obyek. tdk dapat diwarnai. Menggunakan cahaya tampak sbg sumber penerangan 3. Demikian pula tepi selnya. Efek yg ditimbulkan adalah derajat terang yg berbeda.

Agar dapat diamati diberi warna flurochrome auramine o. mikroskop dibagi dua jenis. Obyek yang berukuran kecil dapat terlihat karena berpendar. mikroskop dibedakan menjadi mikroskop cahaya dan mikroskop elektron. perbesaran yang dihasilkan semakin besar dan rinci.com/biologi-in/mikroskop/ PENGENALAN DAN PENGGUNAAN MIKROSKOP DAN SEL-SEL PENYUSUN JARINGAN TUMBUHAN Jenis-Jenis Mikroskop Bentuk dan jenis mikroskop berkembang sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. mikroskop stereo sampai yang modern seperti mikroskop elektron. Utk menghasilkan pencahayaan digunakan sinar UV atau sinar yg panjang gelombangnya mendekati sinar UV. Fluorescence Microscope Prinsip kerja: Langkah pertama yg dilakukan adalah memberi warna flurochrome auramine o. Akibat efek prisma chy terpecah menjadi dua. Menggunakan prisma sbg index pemecah cahaya. Melalui FM mikroorganisme yang menyerang jaringan dapat segera dideteksi. DIC menggunakan derajat terang yang berbeda. Semakin modern. http://anugrahjuni.Prinsip kerja: Mirip dgn fase kontras. Fluorescence Microscope Kegunaan: Untuk melihat spesimen yg sukar diamati karena ukurannya kecil. Mikroskop yang paling sederhana adalah mikroskop cahaya. Berdasarkan sumber cahayanya. Berdasarkan pada kenampakan objek yang diamati. Spesimen akan menghasilkan cahaya berpendar. tampilan obyek tampak berwarna-warni. Hasilnya spesimen akan mengeluarkan cahaya (berpendar). Mikroskop ini digunakan dalam prosedur diagnostik yg disebut fluoroscent antibody tecnique. Fluorescence Microscope Contoh spesimen yang ukurannya kecil adalah Mycobacterium tubercolosis. .wordpress. yaitu mikroskop dua dimensi (mikroskop cahaya) dan mikroskop tiga dimensi (mikroskop stereo).

sudut. Mikroskop optik. 4. Berdasarkan sistem pencahayaannya mikroskop dibagi menjadi dua yaitu mikroskop optik dan mikroskop bukan optik.jenis mikroskop optik antara lain mikroskop stereo (dissecting microscope).000 kali. sedangkan teknologi mikroskop elektron dapat menghasilkan perbesaran hingga 1. . Teknologi hasil karya manusia setiap waktu selalu mengalami perkembangan. dll pada suatu obyek Sebagai alat analisa untuk menentukan bagian optik suatu obyek seperti indeks refraksi. Mikroskop sederhana dan beberapa mikroskop optik lainnya hanya mampu memperbesar benda dari sekitar 100-1000 kali. reflektansi. Biasanya mikroskop majemuk yang mempunyai dua lensa okuler dilengkapi dengan bagian lensa untuk kamera. yaitu mikroskop yang proses perbesaran benda menggunakan cahaya biasa (cahaya tampak). A.• • Home Website Unud Perkembangan Mikroskop Suatu objek yang diamati di bawah mikroskop dapat diabadikan dengan kamera. mikroskop fase kontras (phase contrast microscopy) yang menghasilkan gambar 3 dimensi. 5. mikroskop normaski dan mikroskop fluorescence.000. area. dan perubahan fase. mikroskop majemuk (compound microscope). 3. Untuk mendapatkan informasi histokimia suatu objek dengan menggunakan pewarnaan. Jenis. mikroskop polarisasi. 2. Fungsi mikroskop optikal adalah: 1. Untuk memvisualisasi detail yang sangat kecil dalam struktur suatu obyek Untuk menampilkan gambar dari obyek yang diperbesar Untuk mengukur panjang.

akan ada 1 posisi dimana 2 dataran tertransmisi bertemu. Cahaya terpolarisasi. Mikroskop fase kontras Menggunakan retardasi cahaya spesimen untuk menghasilkan perbedaan fase yang dikonversi ke kontras. arahkan sinar ke atas dan putar relatif terhadap yang lain. hanya berfluktuasi/bergerak di satu dataran karena polar hanya meneruskan cahaya pada dataran tersebut. . A.bagian material Mikroskop cahaya tertransmisi .2. A.Sumber [3] A. semua cahaya akan berhenti (gelap). Birefringence suatu property spesimen yang transparan dengan 2 indeks refraktif yang berbeda pada orientasi yang berbeda untuk membedakan cahaya terpolarisasi ke dalam kedua komponen. yang akan tampak cerah. Instrument yang terefleksi cahaya . Mikroskop majemuk (COMPOUND MICROSCOPE) Mikroskop majemuk memerlukan kualitas yang tinggi tidak hanya pada obyektif dan bagian mata tapi juga pada kondensor substage.4. Jika 2 polar diletakkan di atas yang lainnya. Mikroskop polarisasi Menggunakan cahaya terpolarisasi guna menganalisa struktur yang birefringent. Pada 90o terhadap orientasi ini.bagian biologi. a. b.3.

Fase kontras menggunakan iluminasi bidang terang dengan suatu phase annulus (pada kondensor) dan phase plate (dipasang pada obyektif) pada lintas cahaya. Mikroskop fluorescence. Aplikasi : spesimen hidup. menggunakan intensitas cahaya yang lebih tinggi. spesimen yang tidak diwarnai A.5. sebaliknya. Aplikasi : spesimen hidup.oleh cahaya jatuh disana dan menghasilkan bayangan (melalui cahaya polarisasi). Sistem ini dapat menghasilkan image 3 dimensi karena satu sisi spesimen tampak lebih terang dibandingkan yang lain seolah . Mikroskop fluorescence sering digunakan untuk menggambarkan fitur khusus dari spesimen kecil seperti mikroba. yang mengeksitasi bagian berpendar pada sampel. Mikroskop Normaski Mikroskop Nomarski differential interference contrast (DIC) menggunakan kombinasi system polarisasi dan 2 pelepas sinar khusus untuk menciptakan perbedaan fase di spesimen. Juga digunakan untuk secara visual meningkatkan fitur 3-D pada skala kecil. Melakukan studi viabilitas pada populasi sel (apakah mereka hidup atau mati?) Menampikan materi genetik pada sel (DNA dan RNA) Melihat sel . Mikroskop ini sering digunakan untuk: • • • • Menampilkan komponen structural suatu spesimen kecil. A. • • Mikroskop konvensional menggunakan cahaya tampak (400-700 nanometer) untuk iluminasi dan menghasilkan gambar sampel yang diperbesar.6. seperti sel. spesimen tanpa warna atau tebal. Mikroskop fluorescence Mikroskop fluorescence hampir sama dengan mikroskop cahaya biasa dengan tambahan fitur untuk meningkatkan kemampuannya.sel spesifik dalam populasi yang lebih besar dengan teknik khusus seperti FISH .

diperbesar. mikroskop elektron paling banyak digunakan.Sumber [4] Gambar memperlihatkan filter dan cermin pada mikroskop fluorescent (dari Wikipedia) B. Bayangan yang dihasilkan bersifat nyata. Contohnya mikroskop sinar. yaitu mikroskop yang memperbesar benda dengan bantuan radiasi panjang gelombang sinar pendek. Bayangan ini akan menjadi benda bagi lensa okuler. diperbesar dan terbalik dari aslinya. Cara menggunakan mikroskop Benda yang akan diamati diletakkan di antara F dan 2F dari lensa objektif. dan mikroskop elektron. tumbuhan. dan terbalik. mikroskop ion. Dari ketiga jenis mikroskop bukan optik. Melalui mikroskop elektron dapat dipelajari pola . . dan bakteri.pola sel hewan.X. Mikroskop bukan optik. Bayangan ini merupakan bayangan akhir dari mikroskop yang kita lihat. Sifat bayangan yang yang dihasilkan lensa okuler ini adalah maya. Mikroskop elektron juga digunakan dalam menganalisis hasil industri dan pengontrol hasil produksi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful