P. 1
Pengertian Microsoft Word 2007

Pengertian Microsoft Word 2007

5.0

|Views: 55,888|Likes:
Published by anon_936908188

More info:

Published by: anon_936908188 on May 30, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/13/2015

pdf

text

original

A.

Pengertian Microsoft word 2007
Microsoft word adalah salah satu dari beberapa program aplikasi pengolah kata yang terdapat dalam paket program aplikasi microsoft office,yang sejak mulai di kembangka pada tahun 1983 sampai pertengahan tahun 2001. Microsoft word dikembangkan oleh perusahaan pembuat perangkat lunakternama di dunia yaitu Corporation.dari generasi pertama microsoft word sampai generasi terkini nya program ini selalu menjadi idola.

B. Cara membuka microsoft word
• • •

Klik tombol star yang ada di taskbar Pilih menu program, arahkan pada microsoft office dan klik microsoft word 2007 Dan akan tampil lembar kerja dari microsoft word 2007 yang masih kosong dan lembar kerja tersebut bernama dokumen 1.
Title Bar

Berikut tampilan dalam microsoft word 2007:

Ico n Menu Tool Bar Kursor/titi k sisip Ruler Vertikal Line RulerLine Horizontal

• • • • • •

Title bar adalah nama lembar kerja yang sedang digunakan Menu bar terdiri dari beberapa bagian menu yang merupakan kelompok dari perintah word yang terdiri dari Home, Insert, Page layout, Reference, Mailings, view. Ruler line adalah baris yang mengatur penghentian tabulasi dan batas pengetikan dilayar serta pengaturan pragraf . Titik sisip / kursor merupakan titik dimana kita akan memulai pengetikan teks, titik ini berbentuk animasi yang berkedip kedip. Zoom untuk memperbesar layar kertas. Scrool bar merupakan untuk menggulung layar keatas dan kebawah.

C. Bagian bagian Tab 1. Home

Pada menu home juga terdapat beberapa bagian: 1.Clipboard • • • •

Paste → berfungsi untuk memindahkan isi sell Cut → berfungsi untuk memotong isi sell dan memindahkannya ke suatu tempat atau sell. Copy → berfungsi untuk menyalin isi sell dan memindahkannya ke suatu tempat atau sell. Format Painter

2.Font

• • • • •

Font Font Size Increase Font Size Decrease Font Size Bold

, berfungsi untuk mengubah jenis huruf , berfungsi untuk mengubah ukuran huruf. , berfungsi untuk meningkatkan ukuran huruf. , berfungsi untuk mengurangi ukuran huruf.

, berfungsi untuk menebalkan huruf.

• • • • •

Italic Underline Border Fill Color Font Color

, berfungsi untuk memiringkan huruf. , berfungsi untuk menggaris bawahi huruf. , berfungsi untuk membuat garis pinggir atau tabel. , berfungsi untuk memberi warna sel. , berfungsi untuk memberi warna huruf.

3. Paragraph

Bullets simbol. Numbering angka. Align Text Left Center baris.

, berfungsi untuk mengatur format penomoran dengan

• • • • •

, berfungsi untuk mengatur format penomoran dengan , berfungsi mengatur teks agar rata ke kiri.

, berfungsi mengatur teks agar berada di tengah-tengah , berfungsi mengatur teks agar rata ke kanan.

Align Text Right Justify kanan.

, berfungsi untuk mengatur perataan teks rata kiri dan

D. Mengetik pada word 2007 Pada saat membuka word 2007, maka dilayar akan terlihat dokumen baru yang masih kosong diberi mana dengan Document 1 yang siap digunakan untuk mengetik naskah. Pada dokumen tersebut akan tampak titik sisip / kursor sebagai tempat untuk mengetik naskah. Seperti gambar di bawah ini,

Apabila naskah yang telah diketik telah mencapai akhir baris, maka akan secara otomatis akan pindah ke awal baris berikutnya. Dan hendak menurunkan kursor kebaris untuk membuat paragraf baru maka cukup digunakan Enter.

E. Menyimpan dokumen word 2007 Cara utuk menyimpan dokumen untuk pertama kalinya baik dokumen tersebut disimpan didalam hardisk, floppy disk atau pun flash disk yaitu :

Klik menu File , kemudian klik Save / Save as Alternatif lain dalam menyimpan adalah dengan menekan Ctrl + S pada keyboard atau meng-klik icon pada Toolbar.

• •

Tentukan folder tempat menyimpan file (sesuai dengan yang kita inginkan ) Kemudian ketik nama file pada bagian file name , misalnya tugas microsoft word 1.


Klik save untuk menyimpan dokumen tersebut. Dan apabila untuk menyimpan hasil ketikan naskah selanjutnya dengan menggunakan Menu File kemudian klik Save, atau bisa lansung deengan mengunakan ctrl + S pada keyboard.

NB : pada saat menyimpan file jangan mengetik nama file yang sama dengan nama file yang pernah dibuat atau ada didalam folder tersebut. F. Membuka dokumen Dokumen yang telah pernah disimpan dapat di buka atau diaktifkan kembali dilayar dengan cara :
• •

Klik menu File, kemudian klik Open. Tentukan folder / sub direktori tempat file yang akan dibuka Pilih nama file yang akan dibuka kemudian Enter atau klik 2x pada nama file tersebut.

G. Mengakhiri word 2007 Setelah selesai bekerja dengan word 2007 , akhiri program dengan menggunakan langkah-langkah sebagai berikut: 1. Simpan terlebih dahulu dokumen tersebut 2. Setelah menyimpan file dokumen pilih menu File. Klik tombol Exit maka kita akan keluar dari program microsoft office2007. Apabila dokumen yang dibuat belum tersimpan, maka dilayar akan tampil kotak dialog konfirmasi menyimpan file. Klik Tombol Yes untuk menyimpan file tersebut.

Menu dan Ikon Pokok Microsoft Word XP
A . Menu-menu pada Microsoft Word XP 1 . Menu File Menu File yaitu menu yang berhubungan dengan operasi terhadap file dokumen,dengan submenu sebagai berikut : Submenu New Open Close Save Save As Save as Webpage Search Webpage Preview Page Setup Print Preview Print Send to Properties Exit Fungsi Membuat dokumen baru. Membuka file dari media penyimpanan. Menutup jendela dokumen aktif. Menyimpan dokumen yang masih aktif. Menyimpan dokumen yang belum mempunyai nama. Menyimpan dokumen dengan format halaman web. Mencari bagian dari teks atau dokumen. Menampilkan dokumen dalam halaman web. Mengatur halaman dokumen yang akan dicetak. Melihat contoh hasil cetakan dokumen sebelum dicetak melalui printer. Mencetak dokumen Mengirim dokumen. Keluar dari Microsoft Word dengan sebelumnya menutup seluruh dokumen.

2 . Menu Edit Menu Edit adalah menu yang berhubungan dengan penyuntingan terhadap file dokumen,dengan submenu sebagai berikut : Submenu Fungsi Undo Membatalkan perintah terakhir yang dilakukan . Repeat Mengulangi perintah terakhir. Cut Memotong sebagian /seluruh data pada lembar dokumen. Copy Menyalin data didalam satu lembar/antar lembar dokumen. Paste Menyisipkan/meletakkan hasil cut atau copy. Paste Spesial Fasilitas pendukung perintah cut atau copy dengan format khusus . Paste as Hyperlink Mendukung perintah cut dan copy terhadap hyperlink. Clear Menghapus data yang sebelumnya memblok data yang akan dihapus). Select All Memilih/memblok seluruh data pada satu lembar dokumen untuk Find dilakukan sutau perintah. Replace Menggantikan data pada lembar kerja dengan data baru. Go to Memindahkan letakl data aktif ke tempat lain. Links Menampilkan/mengubah setipa link yang ada di file aktif. Object Mengedit objek yang berasal dari insert yang berhubungan dengan link.

3 . Menu View

Menu View adalah menu yang berhubungan dengan tampilan dari dokumen,dengan submenu sebagai berikut : Submenu Fungsi Normal Menampilkan lembar dokumen dalam status normal. Web Layout Menampilkan lembar dokumen dalam format web. Print Layout Menampilkan lembar dokumen dalam format print. Outline Menampilkan lembar dokumen dalam ouyline view. Task Pane Menampilkan jendela tugas Microsoft Word. Toolbars Menampilkam menu-menu yang dikehendaki pad toolbar. Ruler Menampilkan ukuran pada sisi-sisi lembar dokumen . Header and Footer Membuat vheader dan footer sebagai efek cetakan. Footnotes Menampilkan seluruh catatan dalam lembar dokumen. Full Screen Menampilkan lembar dokumen dalam satu tayangan peuh. Zoom Mengubah ukuran tampilan lembar dokumen menjadi lebih besar/kecil. 4 . Menu Insert Menu Insert adalah menu yang berhubungan dengan penyisipan pada file dokumen,dengan submenu sebagai berikut : Submenu Break Page Numbers Date and Time Auto Text Symbol Comment Reference Picture Diagram Text Box File Object Hyperlink Fungsi Membuat potongan halaman yang diteruskan pad halaman selanjutnya. Memberi format nomor halaman pada tiap lembar dokumen . Memberi tanggal dan waktu pada dokumen aktif. Menyisipkan teks otomatis. Menyisipkan symbol yang diinginkan. Menyisipkan komentar pada dokumen . MEnyisipkan referensi pada dokumen. Menyisikan gambar. Menyisipkan diagram. Menyispkan kata/kalimat didalam suatu kotak. Menyisipkan file lain ke dalam dokumen aktif. Menyisipkan obyek. Menyisipkan teks dan hyperlink pada lembar dokumen yang tersimpan.

5 . Menu Format Menu Format adalah menu yang berhubungan dengan operasi pengaturan terhadap file dokumen ,dengan submenu sebagai berikut : Submenu Font Paragraph Bullets &Numbering Borders and Shading Fungsi Mengatur huruf Mengatur paragraph Memngatur format penomoran dengan anka/symbol. Mengatur tampilan bingkai dan bayangan .

Columns Tabs Drop Cap Text Direction Change Case Background Theme Autoformat Styles & Formating

Memberi format kolom pada teks. Mengatur jarak kata. Membuat huruf/kata pertama pada awal paragraph. Mengatur posisi teks. Mengatur tampilan huruf. Mengatur warna dan model latar belakang lembar dokumen. Mengatur tema latar belakang dokumen. Menggunakan fasilitas format yang disediakan untuk membuat table yang terdapat pada kotak dialog AutoFormat. Menentukan style format sel.

6 . Menu Tools Adalah menu yang berhubungan dengan operasi terhadap file dokumen,dengan submenu sebagai berikut : Submenu Spelling & Grammar Language Word Count Track Changes Compare & Merge Documents Protect Documents Letters and Mailings Templates & Add-Ins AutoCorrect Options Customize Options Fungsi Memeriksa ejaan kata pada lembar dokumen Memeriksa penggunaan bahasa Memberikan data statistic tentang jumlah halaman,kata,karakter, dll. Melihat pengunbahan pada dokumen yang telah dilakukan. Membandingkan dokumen yang aktif dengan dokumen lainnya. Mengamankan/memproteksi dokumen . Membuat vpenggabungan antar dokumen. Mengaktifkan/menonaktifkan program Add-Ins milik Microsoft Word. Mengoreksi bagian tertentu dari teks secara otomatis. Menata toolbar,menmbahkan command baru,membuat menu dan toolbar esuai dengan keinginan pengguna. Pengaturan dalam View,Calculation, Edit, General, Translation, Custom Lists, Chart,Colour.

7 . Menu Table Adalah menu yang berhubungan dengan operasi table dalam lembar dokumen,dengan submenu sebagai berikut : Submenu Draw Table Insert Delete Select Merge Cells Split Cells Split Table Table Auto Format Convert Fungsi Membuat table dengan menggambar table. Membuat table dengan mengisi baris dan kolom yang dikehendaki. Menghapus table, kolom, baris atau sel. Menyeleksi table, kolom, baris atau sel. Menggabungkan sel. Menyisipkan sel dalam sebuah sel. Menyisipkan table. Memformat table secara otomatis. Mengubah table menjadi teks/ sebaliknya.

Sort Formula Hide Gridlines Table Properties

Mengurutkan data. Pemakaian rumus. Mengatur tampilan garis bantu table. Mengatur bagian-bagian lain daari table.

8 . Menu Window Adalah menu yang berhubungan dengan pengaturan terhadap jendela kerja dari lembar dokumen dengan submenu sebagai berikut : Submenu New Window Arrange All Split Fungsi Membuat jendela baru dari dokumen yang sedang aktif. Mengatur jendela dari lember dokumen aktif agar dapat melihat seluruh dokumen aktif tersebut. Menyisipkan jendela baru kedalam dokumen aktif.

9 . Menu Help Adalah menu yang berhubngan dengan fasilitas bantuan dari word dengan submenu sebagai berikut : Submenu Fungsi Microsoft Word Help Menampilkan fasilitas Office Assistant dengan nama logo berturut. Show/ Hide the Menampilkan/menyembunyikan Office Assistant. Office Assistant What’s this ? Memberikan penjelasan dan fungsi perintah Word dengan menampilkan teks pada toolbar. About Microsoft Melihat penjelasan tentang word dan konfigurasi computer yang Word digunakan. B. Ikon-ikon pokok Pada Microsoft Word 1 . Standard Toolbar

Membuat dokumen baru Membuka file dari media penyimpan

Menyimpan dokumen baru atau dokumen aktif yang telah dilakukan perubahan

Mencetak dokumen aktif

Menyisipkan/meletakkan hasil Cut dan Copy. Cut Copy Undo Redo Memotong sebagian/seluruh data pada lembar dokumen. Menyalin data dalam suatu lembar dokumen. Membatalkan Perintah terakhir dilakukan Mengembalikan perintah terakhir yang di batalkan . Mengubah ukuran tampilan lembar dokumen menjadi lebih besar/kecil. 2 . Formating Toolbar Font :Mengubah jenis huruf Font Size Bolt Italic Underline Align Left Center Align Right Justify Line Spacing Numbering Bullets : Mengubah ukuran huruf : Memberi efek tebal pada huruf : Memberi efek miring pada huruf : Memberi efek garisbawah pada huruf : Mengatur Perataan teks rata kiri : Mengatur perataan teks rata tengah : Mengatur perataan teks rata kanan : Mengatur perataan teks rata kiri dan kanan : Mengatur jarak spasi : Mengatur format penomoran dengan angka : Mengatur format penomoran dengan symbol

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->