MATERI

:

KEBUTUHAN MANUSIA DAN KETERBATASAN SUMBER DAYA

A. KEBUTUHAN MANUSIA Selama manusia hidup,ia akan selalau memiliki kebuthan yang harus dipenuhi.kebutuhan manusia bermacam2 dan jumlahnya tidak terbatas,Kebutuhan adalah segala sesuatu yang diperlukan manusiadan harus dipenuhi agar manuysia hidup layak.Contoh dari kekebutuhan manusia antara lain : makan,minum,pakaian,perumahan,pendidika ,kesehatan,hiburan,rekereasi,dll.Kebutuhan manusia berbeda antara satu dengan yang lainnya. 1. FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBUTUHAN MANUSIA Faktor yang dapat mempengaruhi kebutuhan manusia meliputi : keadaan alam,kebudayaan,agama,dan adat istiadat. a. Keadaan alam,keadaan alam dimana tempat manusia hidup akan mempengaruhi jenis barang atau jasa yang dibutuhkan,misalkan saja untuk masyarakat Eskimo yang tinggal ditempat bersuhu dingin,pakaian tebal berbulu dan motor salju adalah kebutuhan pokok disana,berbeda dengan masyarakat yang tinggal di pulau tropis,memakai baju tebal adalah hal yang aneh untuk dilakukan ditempat seperti itu. b. Peradaban/kebudayaan,peradana dan kebudayaan manusia terus berubah dari masa kemasa,sesuai dengan berkembangnya peradaban,kebutuhan manusa juga ikut berkembang mengikuti perkembangan jaman.contohnya,berubah-ubahnya sarana transportasi kapal,sekarang kapal2 pengantar barang yang berukuran kecil sudah jauh ditinggalkan oleh para pedagang,karena semakin bnyaknya barang yang dikirim . c. Agama dan adat istiadat, Agama dan adat istiadat bagi setiap orang berbeda-beda,karena itulah agama da adat istiadat sangat mempengaruhi kebutuhan manusia,contoh,bagi umat agama Kristen dan islam kebutuhannya sudah pasti berbeda,umat Kristen membutuhkan pohon natal setiap tahunnya untuk merayakan natal,sedangkan bagi umat islam hanya butuh ketupat sayur untuk merayakan IDHUL FITRI.

EMPAT KELOMPOK KEBUTUHAN MANUSIA a. Kebutuhan berdasarkan tingkat kepentingannya a. Kebutuhan primer,disebut juga kebutuhan pokok,karena merupakan kebutuhan pokok,kebutuha priimer mutlak harus dipenuhi terlebih dahulu ketimbang kebutuhan yang lainnya. Contohnya : sandang,pangan dan papan. b. Kebutuhan sekunder,disebut juga kebutuhan kedua,dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi,contohnya : televise,radio,kipas,dll. c. Kebutuhan tersier,disebut juga kebutuhan mewah,dipenuhi apabila kebutuhan primer dan juga sekunder telah terpenuhi,biasanya masyarakat kalangan atas atau konglomerat

. B.apabila tidak dipenuhi maka kehidupan seseoarang akan tergaggu.sopir angkot. Kebutuhan berdasarkan wktu pemenuhannya a.artinya pemenuhannya bisa ditunda sampai waktu yang telah ditentukan.dll.dan jamu-jamuan.vitamin. Contohnya : kepemilikan aka laptop bagi seorng mahasiswa.kebutuhan jasmaniah berhubungan dengan kesehatan dan penampilan fisik manusia.dll.yang bias memenuhi kebutuhan tersiernya.karena pemenuhan kebutuhan ini hanya bisa dipenuhi oleh individu itu sendiri. d. A.atau bisa dibilang gratis. c. EMPAT KELOMPOK ALATA PEMUAS KEBUTUHAN 1. Agar semua kebutuhan itu terpenuhi kita harus bekerja keras untuk mendapatkannya. Contoh : obat bagi pesakit. Kebutuhan masa kini. Benda bebas. Contoh : udara di ruang terbuka.sedangkan di masyarakat akan muncul namanya balaiudesa untuk tempat musyawarah para masyrakat desa.artinya kebutuhan yang tidak bias ditunda pemenuhannya atau kebutuhan yang mendesak. Contoh : untuk memenuhi kebutuhan intelektual manusia.mulai dari keluarga samapai ke masyarakat.contoh : mobil mewah.pesawat terbang. Kebutuhan masa depan.untuk memelihara kebugaran badannya manusia memerlukan makanan bergizi.sangat berhubungan dengan masing individu. Kebutuhan jasmaniah.dan moral manusia.pakaian.dll.mental.guci. Kebutuhan berdasarkan subyek a. b.contoh : dalam keluarga akan muncul yang namanya meja makan untuk makan bersama-sama. b.alas an penundaannya adalah karena kebutuhan itu tidak terlalu mendesak untuk dipenuhi.pasir di pantai dll. Kebutuhan rohaniah menyangkut pemuasan intelektual. b.sepeda. b.cincin berlian. kebutuhan pribadi.berhubungan dengan kebersamaan antar umat manusia. Benda pemuas kebutuhan itu bisa berupa barang dan jasa.si manusia tersebut akan membaca dan belajar.kebutuhan social. Dibawah ini akan dijelaskan empat kelompok alat pemuas kebutuhan manusia. a.makan bagi yang lapar. PEMUASAN KEBUTUHAN DAN KELANGKAAN SUMBER DAYA Untuk memenuhi kebutuhan manusia yag tak berbatasa manusia memerlukan benda pemuas kebutuhan. Contoh : makanan.didapatkan dengan tidak perlu mngeluarkan pengorbanan yang besar.AC.contoh : peralatan masak antara IRT yg satu pasti akan sedikit berbeda dennga IRT yang lainya. Alat pemuas kebutuhan berdasarkan kelngkaan. Kebutuhan berdasarkan sifat a.dll.rumah.

dan air waktu banjir. Contoh : beras.disebut juga sebagai benda modal. Barang jadi.dll.barang jadi siap digunakan oleh pemakainya. Benda konsumsi.akan tetpi bila digunakan bersamaan manfaatnya akan meningkat.beli gula. Contoh : buku.bahan pemuas kebutuhan yang belum siap dipakai dan perlu proses produksi untuk menapatkan manfaatnya.berfungsi untuk melengkapi alat pemuaskebutuhan yang tersedia. Alat pemuas kebutuhan berdasarkan tujuan penggunaan. Alat pemuas kebutuhan berdasarkan fungsi dalam pemakaian a.benih. Contoh : beli buku.ikan sebagai pengganti daging. a. Contoh : TV dengan DVD. Benda produksi.dll. Bahan mentah. Benda komplementer . Benda subtitusi.benang.kayu.DVD.berfungsi untuk menggantikan benda yang diinginkan jika benda yang diinginkan tidak dapat diperoleh. c.dll.DLL.beli beras. b. 2. Contoh : traktor.bahan baku.dn diperlukan proses sedikit lagi agar siap digunakan. Contoh : jagung sebagai pengganti beras.hasil akhir dari seluruh proses produksi. Contoh : api waktu kebakaran.persediaan benda ekonomi ini terbatas untuk itu agar bisa mendapatkannya dibutuhkan pengorbanan. 4. Benda ekonomi.diperoleh dalam bentuk mentah untuk diproduks menjadi barang jadi. b.sepatu.b. . Alat pemuas kebutuhan berdasarkan kesiapan pengguna atau proses pembuatan. Bahan setengah jadi.MP3 dengan pengeras speaker. a. B.PS.dll.TV. 3.snack. Benda Lilith. Contoh : radio.bissa digunakan sendiri2.merupakan hasil lahan dri bahan mentah. b.dll.disebut juga benda siap pakai atau siap dimanfaatkan atau konsumsi. c.adlah benda yang jika keberadaannya berlebihan bisa merusak dan menggagnggu kehidupan manusia.dll.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful