PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PADA PROSES PRODUKSI GULA PADA PT.

PG RAJAWALI TOLANGOHULA (Suatu Penelitian di Perusahaan Gula pada PT. PG Rajawali Tolangohula)

SKRIPSI Diajukan untuk memenuhi persyaratan guna menempuh ujian Sarjana Non Pendidikan pada Fakultas Ilmu – Ilmu Pertanian

Oleh GRACE PAKAYA 614 408 024

JURUSAN AGRIBISNIS FAKULTAS ILMU – ILMU PERTANIAN UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO GORONTALO 2011

Li Berty Tilarso Pakaya. Kakak serta adik-adiku tercinta yang senantiasa memotivasi dan menantikan keberhasilanku (Fauziah Pakaya. kesabaran. Almamaterku Tercinta Universitas Negeri Gorontalo Tempat Aku Menuntut Ilmu . Al-Baqarah. 286) Harta dan kekayaan bukanlah penentu keberhasilan Melainkan kemauan.S. keikhlasan dalam berbuat Tiada keindahan dalam sebuah kehidupan tanpa merasai kepahitan dan tiada bunga-bunga kebahagiaan dalam sebuah kepahitan tanpa menyemai benih-benih kesabaran serta tiada keberkatan pada sebuah kenikmatan jika tiada keikhlasan dan kesyukuran yang bertapak dijiwa setiap insan. BOUTY) yang telah bersusah payah membesarkan.Motto dan Persembahan Allah tidak akan membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya (Q. Monalisa Pakaya). Mamat Pakaya. Jamila Pakaya. (grace) Kupersembahkan sebagai dharma baktiku kepada kedua orang tuaku tercinta Papa (Alm. Magdalena Pakaya. Diana Pakaya.YASIN U. PAKAYA) dan Mama (SITTY SYAMSYIAH T. merawat dan mendidik serta iringan do’a demi tercapainya cita-citaku.

. Dr. 1. 3. Ir. Abdul Hafidz Olii. Dalam penyusunan skripsi ini tidak sedikit yang dihadapi penulis baik dalam pelaksanaan penelitian maupun saat penyusunan.pd Selaku Rektor Universitas Negeri Gorontalo. Sp. waktu dan pikiran dalam penyusunan skripsi ini. keuletan.KATA PENGANTAR Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmatnya sehingga penulis dapat memperoleh kekuatan dan kesabaran lahir dan batin dalam menyelesaikan penelitian serta penyusunan skripsi ini sebagai salah satu persyaratan dan pertanggung jawaban akademik dalam mengakhiri masa studi pada jurusan Agribisnis Fakultas Ilmu . Lebih dari itu penulis menyadari bahwa skripsi ini tidak mungkin selesai tanpa bantuan dan partisipasi dari berbagai pihak terutama Bapak/Ibu dosen pembimbing yang dengan tulus dan ikhlas mencurahkan daya dan upaya baik tenaga. Mahludin Baruwadi. Bapak Prof. M.Ilmu Pertanian Universitas Negeri Gorontalo.si Selaku Pembantu Dekan II Fakultas IlmuIlmu Pertanian Universitas Negeri Gorontalo. Syamsu Qamar Badu.si Selaku Pembantu Dekan I Fakultas Ilmu-Ilmu pertanian Universitas Negeri Gorontalo. serta kesabaran semua itu dapat teratasi.pi. Bapak Dr. S. M. Mp Selaku Dekan Fakultas Ilmu-Ilmu Pertanian Universitas Negeri Gorontalo. Bapak DR. 4. Bapak Pauzan zakaria. Hi. 2. M. Namun dengan adanya ketekunan.

Mohamad Ikbal Bahua. 13. Bapak wawan K. Sp. Bapak Dr. 14. Sp. Bapak Supriyo Imran. 8. Tolinggi.si Selaku Ketua Jurusa Agribisnis dan Sekretaris Jurusan Agribisnis Fakultas Ilmu-Ilmu Pertanian Universitas Negeri Gorontalo. Terima kasih pula disampaikan kepada seluruh keluarga Besar Pakaya . 10.si Selaku Penasehat Akademik yang telah membimbing dan mengarahkan penulis dari semester I sampai dengan semester VI. . Sp. Tolinggi.sc selaku Dosen mata kulia.Bouty yang memberikan bantuan.md Selaku Kultur Jaringan Agribisnis Fakultas Ilmu-Ilmu Pertanian Universitas Negeri Gorontalo. Asda rauf.5. 11. M. Sp.si Selaku Pembantu dekan III Fakultas Ilmu-Ilmu pertanian Universitas Negeri Gorontalo.si Selaku penanggung jawab dari mata kulia “Metode Penelitian Sosial Ekonomi” dan Ibu Amelia Murtisari. 7. Sp.si Selaku Bimbingan Utama dan Ibu Amelia Murtisari. A. 9. M. Ibu Ir. Ibu Ir. M. Ibu sofiya Abas.sc Selaku Pendamping yang senantiasa dalam membuat skripsi. Sp. M. Bapak dan Ibu staf tata usaha di lingkungan Fakultas Ilmu . Rekan seperjuangan Kelas agribisnis A Terima kasih atas kerja samanya selama ini. M. M.Ilmu Pertanian Universitas Negeri Gorontalo. Fahria Datau. M. 12. motivasi serta doa kepada penulis dalam menyelesaikan skripsi ini. 6. M.si dan Bapak Wawan K. Kepada staf dosen Jurusan Agribisnis Fakultas Ilmu – Ilmu Pertanian Universitas Negeri Gorontalo yang telah mentransfer ilmu dan pengetahuannya kepada penulis.

Akhirnya atas segala kehilafan penulis memohon dengan segala ketulusan hati untuk dapat memaafkan. Rahmat Bouty dan Ros. k’Eman. Gorontalo. Semoga ilmu pengetahuan. Eka. Ame. Sarintan Bouty dan Husin Iyonu. lainnya yang tidak bisa disebut satu persatu. Mona. Sina. bantuan.k’ Mila. Rusni Bouty dan Hardi Giasi.. K’Alan. K’Yayu. Itan. k’ Lena. Rekan-Rekan Angkatan 2008-2009 Jurusan S-1 Agribisnis Fakultas Ilmu-Ilmu Pertanian Universitas Negeri Gorontalo. Nito. k’wirna. Teman-teman Racana Universitas Negeri Gorontalo . 27 Juni 2011 Penulis . k’lindra. Amir. teman kos antara lain: K’Amar. Resmi Bouty dan Majid Lahuo. Rani. k’Asma. Keluargaku tercinta “ om dan tante Ram Bouty dan Has Humokor. Nawan.bimbingan dan petunjuk yang telah diberikan oleh berbagai pihak. Berty. k’ Rahmat. Teti. k’Joe. Sinta. k’ Mamat. k’ Diana. k’Yakop. kakak dan adik-adikku tercinta k’ Fauziah. k’Uci. Lis. Has. k’Rajib. k’ Kasma. Hermin. k’Cicin. AMIN…. k’Rulin.15. k’ Une. 16. akan memperoleh imbalan yang setimpal dari Allah SWT.. 17. Nime Babi.

sehingga menyebabkan rendahnya produksi dan meningkatnya biaya produksi. Untuk itu diperlukan kemampuan usaha dari perusahaan. kegiatan produksi merupakan kegiatan perusahaan yang paling penting. Dengan demikian untuk membangun ekonomi yang handal maka salah satu jalan yang dapat di tempuh adalah melalui kebijaksanaan industrialisasi yaitu proses pengolahan kekayaan alam serta peningkatan potensi sumber daya alam dengan memanfaatkan kemajuan ilmu dan teknologi dan arti untuk memperoleh nilai tambah pada segala aspek kehidupan (todoro. Berkaitan dengan hal tersebut maka masalah produktivitas tenaga kerja sangan penting untuk diperhatikan. Mengingat . Setiap perusahaan. pada saat ini masih terus berkembang kehidupan etos kerja yang kurang menunjang pada pembangunan moral bangsa. Bagi perusahaan yang begerak dibidang industri. Dalam kenyataannya. adanya kerusakan pada peralatan atau mesin yang di gunakan . penggunaan tenaga kerja yang tidak produktif.BAB I PENDAHULUAN 1. Pentingnya kegiatan produksi ini di lihat dari aspek biaya. Latar Belakang Pembangunan merupakan suatu proses multi dimensi dan meliputi pula organisasi dan pembaharuan seluruh system dan aktivitas ekonomi dan sosial untuk kesejahteraan dan kehidupan masyarakat.1. 1983). kualitas (mutu) dan ketepatan waktu. baik perusahaan barang ataupun perusahaan jasa selalu berusaha mengurangi resiko yang mungkin ditimbulkan oleh adanya aktivitas kegiatan perusahaan. Apabila perusahaan tidak dapat memenuhi sasaran produksinya yang di sebabkan antara lain kurangnya bahan baku.

dan pada akhirnya akan sangat berpengaruh pada biaya produksi yang perbaikan di keluarkan. tenaga dikerahkan secara efektif dan pencapaian . dalam hal ini sikap mental yang tidak sesuai atau sikap mental yang tidak menunjang pembanggunan seperti yang disebut tadi kepada sikap mental yang dituntut pembangunan. penggunaan tenaga kerja yang terdidik dan terlatih dalam pelaksanaan proses pada kualitas produk yang dihasilkan. tenaga dan berbagai input lainnya akan bisa di kurangi sejauh mungkin. waktu tidak terbuang sia – sia.bahwa usaha pembangunan sekarang ini berpangkal pada manusia sebagai pelaksana dan sasarannya. Hasilnya tentu akan lebih baik dan banyak hal yang bisa di hemat. disusun dan diselenggarakan menurut pemikiran dengan menggunakan teknologi yang tersedia. Yang jelas. Jadi pembangunan itu menurut perusahaan dan pembaharuan. maka masalah sikap mental antara lain disiplin kerja. motivasi kerja serta hubungan industrial inilah yang mendasari manusia Indonesia yang dibutuhkan dalam pembangunan untuk menyongsong era tinggal landas. pemborosan waktu. Pada dasarnya pembangunan nasional Indonesia ialah pembangunan manusianya itu sendiri yakni meningkatkan harkat dan martabat manusia. tentunya perusahaan ini yang cocok dengan kondisi dan situasi masyarakat Indonesia (sinungan. Perusahan munafaktur adalah suatu perusahaan yang kegiatan utamanya adalah mengolah bahan baku menjadi produk jadi atau pengolahan bahan mentah menjadi bahan jadi. Oleh karena itu salah satu unsur yang terpenting dalam perusahaan munafaktur adalah penggunaan bahan baku sesuai kuantitas dan kualitas yang dibutuhkan. Melalui perbaikan kerja. ketepatan waktu. Untuk mencapai itu semua diperlukan proses dimana perkembangan diatur. 2000).

Rencana produksinya terus direalisasikan. bukanlah menunjang keberhasilan perusahaan tetapi menghambat capai. Sebaiknya kerja yang efektif menurut jumlah jam kerja yang seharusnya serta isi kerja sesuai dengan uraian kerja masing – masing pekerja.Banyak kejadian di sekitar kita. Kerja produktif memerlukan persyaratan lain sebagai fakta pendukung yaitu kemampuan kerja . banyak diabaikan. Adapun produk yang di hasilkan adalah gula pasir dan tetes gula yang merupakan bahan baku Memerlukan ketrampilan kerja yang sesuai dengan isi kerja sehingga bisa menimbulkan penemuan – penemuan baru untuk memperbaiki cara kerja atau minimal mempertahankan cara kerja yang sudah baik. bahkan secara sengaja dilarang. akan dapat menunjang kemampuan serta mendorong kelancaran usaha baik secara individu maupun secara menyeluruh. PG Rajawali Tolangohula adalah Perusahan yang bergerak dibidang usaha industri pengolahan gula yang terletak di Desa Lakeya Kecamatan Tolangohula Kabupaten Gorontalo. Sikap mental seperti ini tidak akan menimbulkan kemajuan kerja produktif yang di harapkan untuk meningkatkan metode dan sistem kerja produktif dalam perangkat kerja yang dijadikan obyek dalam penelitian itu PT. berapa kemajuan yang semestinya di pemanfaatan waktu kerja yang merupakan upaya paling dasar dari produktivitas kerja.tujuan usaha bisa terselenggara dengan baik. efektif kerja yang bermalas – malasan atau korupsi jam kerja yang semestinya. dan untuk kepentingan proses produksi perusahaan menggunakan segala keperluan pabrik. dan juga merekrut tenaga kerja yang dipekerjakan dalam menangani proses produksi.

PG Rajawali Tolangohula. . kemampuan kerja yang sesuai kinerja. penghasilan yang dapat memenuhi kehidupan jaminan sosial yang memadai. kondisi kerja yang mendukung dan hubungan kerja yang harmonis. 1.  Seberapa besar produktifitas tenaga kerja pada proses produksi gula pasir ?  bagaimana sikap mental tenaga kerja dalam melakukan proses produksi pada PT.2 Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan di atas maka masalah yang dapat di rumuskan adalah.yang tinggi.3 Tujuan Dan Maanfaat Penelitian Tujuan yang dapat dicapai dalam penulisan ini adalah:  untuk mengetahui tingkat produktivitas tenaga kerja pada proses produksi gula pasir. PG Rajawali Tolangohula ? 1. manfaat penelitian Adapun manfaat dari penelitian ini adalah sebagai bahan informasi juga merupakan bahan pertimbangan / masukan dalam pengolahan perusahan lebih lanjut dalam hal ketenagakerjaan dalam melihat besarnya potensi penyerapan kerja oleh sektor ini.  sikap mental tenaga kerja dalam melakukan proses produksi pada PT. lingkungan kerja yang nyaman.

2.  pengaspalan jalan desa  pengaspalan dan pengecoran jembatan desa  pemberian buku wajib untuk Sekolah Dasar  perbaikan bangunan sekolah  pemberian bantuan perlengkapan sekolah  pemberian beasiswa pendidikan 3. dan memecahkan permasalahan sesuai dengan keahliannya di lapangan secara sistematis dan interdisiplin. PG Rajawali Tolangohula. pemerintah telah mengurangi tingkat pengangguran karena terbukanya lapangan kerja yang membutuhkan tenaga kerja dari masyarakat sekitar. untuk masyarakat Penulis mengharapkan dengan adanya penelitian ini pihak perusahaan bisa memperhatikan kondisi masyarakat yang ada di wilayah tersebut seperti. dan keterampilan melalui latihan kerja dan aplikasi ilmu yang telah diperoleh sesuai dengan bidang keahlian. karena dengan adanya PT.1. Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi. Meningkatkan pengetahuan. . merumuskan. b. bagi penulis a. dengan masyarakat khususnya yang ada di Kecamatan Tolangohula. untuk Pemerintah Memperkenalkan dan mendekatkan Pemerintah. sikap.

BAB II TINJAUAN PUSTAKA DAN LANDASAN TEORI .

... Tingkat upah. yaitu upah atau imbalan yang di terima atas hasil kerjanya (Rp / bulan) 3. Teknologi yang di gunakan dalam proses prooduksi (unit) 5.. SLTP. Sikap mental tenaga kerja yang dipengaruhi oleh budaya yang datang dari masyarakat yang mempunyai pandangan yang berbeda – beda dilihat dari beberapa hal dibawah ini: • • • Disiplin kerja seseorang yang senantiasa memenuhi segala aturan yang telah ditetapkan Motivasi kerja yang mengacu pada dorongan dan upaya untuk memuaskan suatu kegiatan dan tujuan hubungan industrial yang tercermin dalam usaha bersama antara pimpinan perusahaan dan tenaga kerja untuk meningkatkan produktifitas melalui lingkungan perusahaan mutu.. meliputi: umur (tahun). tingkat pendidikan (SD.. 6.... jumlah produksi gula pasir yang dihasilkan.. jenis tenaga kerja yaitu: tenaga tetap dan tenaga kerja musiman yang diukur dalam satuan jam kerja 4.BAB III METODE PENELITIAN 3. metode pengambilan sampel di lakukan secara acak sederhana (sampel random sampling). Karakteristik tenaga kerja (orang) bagian pengolahan pada . yang dinyatakan dalam ton. dijadikan sampel sebanyak 30 orang untuk mengetahui sikap mental tenaga kerja dalam melakukan proses produksi yang di pilih dari jam kerja yang berbeda yaitu shift pagi... SLTA.2 Metode Pengambilan Sampel Pengambilan sampel merupakan salah satu ciri dari kegiatan yang paling dalam penelitian. shift sore dan shift malam 3. dimana sampel diambil dari tenaga kerja bagian pengolahan pada proses produksi terakhir dari 154 tenaga kerja bagian pengolahan.3 Konsepsi Pengukuran Variabel Variabel – variabel yang akan di ukur dalam penelitian ini adalah 1. pengalaman kerja (tahun) 2. Produksi yaitu. . PT).1 Metode Pengumpulan Data Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder untuk data primer diperoleh melalui wawancara langsung dengan tenaga kerja berdasarkan daftar pertanyaan yang telah disiapkan terlebih dahulu sedangkan untuk data sekunder di peroleh dari perusahaan sebagai tempat penelitian 3..

Produktivitas Tenaga Kerja: Produktivitas = Output Input tenaga kerja Output : Jumlah hasil produksi dalam proses produksi Input : jumlah jam kerja yang digunakan dalam proses produksi (jam) 3.4 Waktu dan Tempat Penelitian Penelitian di lakukan sejak bulan mei sampai bulan juli dari persiapan hingga penyusunan laporan. Tempat penelitian berlokasi di pabrik Gula Desa Lakeya Kecamatan Tolangohula Kabupaten Gorontalo.7.4 Analisis Data Sesuai dengan permasalahan dan tujuan yang akan dicapai maka analisis data yang digunakan adalah analisis secara Deskriptif dan di sajikan dalam tabel 3. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful