SILABUS

Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Tema Standar Kompetensi : SD Islam Al-Fauzien : Bahasa Indonesia :I/2 : Energy and Movement :

Mendengarkan 5. Memahami wacana lisan tentang deskripsi benda-benda di sekitar dan dongeng Berbicara 6. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara lisan dengan gambar, percakapan sederhana dan dongeng Membaca 7. Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak Menulis 8. menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung melalui kegiatan dikte dan menyalin Kompetensi Dasar Mendengarkan 5.1 mengulang deskripsi tentang bendabenda di sekitar Berbicara 6.1 Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti 6.3 Menyampaikan rasa suka atau tidak suka tentang suatu hal atau kegiatan dengan alasan sederhana Membaca 7. 1 Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3-5 kata dengan intonasi yang tepat Menulis 8.1 Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung Alokasi Waktu : 12 :

x 2 x 30

Materi Pokok/Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Teknik Tes dan non tes Penilaian Bentuk Instrumen . Menulis : Prosedur menulis huruf dengan huruf tegak bersambung 1. Mendeskripsikan benda yang diambil dari mystery box 3. Menulis kata dengn huruf tegak bersambung di kertas tahap 2 9. Mengerjakan Latihan soal Mendengarkan:  Mendeskripsikan benda-benda yang ada di sekitar dengan tepat Berbicara :  Menceritakan isi gambar tunggal dengan menggunakan 3 kalimat sederhana  Menceritakan isi gambar seri yang terdiri dari 4-6 gambar dengan runut  Menyampaikan rasa suka atau tidak suka dengan alasan sederhana Membaca :  Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang mengandung tanda baca titik dan koma Menulis :  Menulis huruf kecil tegak bersambung pada kertas tahap 2 sesuai prosedur yang benar  menulis kata dengan huruf tegak bersambung pada kertas tahap 2 sesuai prosedur yang benar  Menulis kata yang Contoh Instrumen Tertulis: Tuliskan kata ini dengan menggunakan huruf tegak bersambung pada kertas tahap 2 Lisan: Ceritan kembali cerita tadi dengan menggunakan bahasamu sendiri Tindakan: Bacalah cerita berikut Obervasi: Ekspresi saat bercerita Alokasi Waktu 2 X 30 menit Sumber Belajar Sumber : • Buku paket bahasa Indonesia • Buku Elektronik • Internet • Lingkungan Media : • Kartu gambar • Teks cerita/ dongeng • Alat tulis • Worksheet . Mewawancarai alasan teman tentang kesukaan/ketidaksukaannya akan suatu hal 12. Membuat komik mini dari guntingn majalah yang kemudian anak menceritakan tiap potongan gambar yang dibuatnya 8. Membaca kalimat dengan memperhatikan tanda (. Mendengarkan : deskripsi benda dan dongeng Berbicara : ungkapan pikiran dan perasaan 3. Membaca : teks pendek 4.Tindakan .Observasi 1. Game ABC namun penulisannya menggunakan huruf tegak bersambung 16.) 13. Mengemukakan alasan suka atau tidak suka tentang suatu hal dengan alasan sederhana 10. Menuliskan kata yang didiktekan dengan huruf tegak bersambung 15. Menceritakan isi gambar tunggal yang disediakan 4. Membuat diagram suka dan tidak suka tentang mainan 11.) (.Lisan . 2. Membuat graphic design 2. Membaca cerita sederhana dengan memperhatikan tanda baca (.) 14. Menulis dengan huruf tegak bersambung 5. Menceritakan gambar seri secara lisan 6. Menulis dengan huruf tegak bersambung 7.Tertulis .)(.

Pd Noormala Ria Fitriani. Kepala Sekolah Guru Kelas 1M Depok. S. 5 Januari 2011 Guru Kelas 1R Wiwik Suprianingsih.didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung pada kertas tahap 2 sesuai prosedur yang benar Mengetahui. S.Pd .

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.