PERALATAN DI DALAM AKUARIUM Kelompok 4 Dian Trianasari/H1K007003 Peralatan dan perlengkapan aquarium yang kita butuhkan diantaranya

adalah : 1. Jaring (serokan ) Jaring ini digunakan sebagai alat untuk menangkap ikan apabila anda hendak memasukkan atau memindahkan ke dan dari tempat yang lain. 2. Pompa air Alat ini berfungsi untuk mensirkulasi air sehingga mampu melarutkan oksigen yang ada dipermukaan dengan air yg diperlukan oleh ikan dan menyedot kotoran yang ada dalam tank kemudian disalurkan ke filter apabila pompa ini digabungkan dengan sistem filtrasi/saringan aquarium. Pompa air ini bisa dengan mudah diperoleh di toko-toko penjual ikan, aquarium atau aksesoris aquarium. Model dan merknya banyak pilihan dengan harga yang bervariasi. Silahkan anda pilih yg sesuai dengan selera anda dan budget yang anda miliki. Pompa ini secara garis besar dibedakan menjadi 2 berdasarkan model dan jenisnya yaitu model celup (submersible) dan model darat (diluar air). Model dan jenis pompa yang hendak anda miliki, sebaiknya disesuaikan dengan rencana dari model filtrasi yang hendak anda pilih. 3. Aerator (Air Pump) Fungsi dari alat ini hampir sama dengan pompa, yaitu sebagai penyuplai oksigen dan bisa berfungsi juga sebagai penyaring. Alat ini memerlukan perlengkapan tambahan yaitu selang aerator yang disambungkan dari aerator ke dalam air. Diujung selang ini biasanya dipasang ke alat untuk pemecah udara/gelembung (airstone) atau ke saringan/filter. Udara yang masuk ke dalam air (aerasi) tersebut akan berdifusi membuat sirkulasi hingga ketersedian oksigen (O2) dalam air tetap terjaga secara kontinyu. Disamping itu itu karbondioksida (co2) yang biasanya mengendap di dasar akan terdorong ke atas dan dilepaskan ke udara (menguap). Keberadaan CO2 di dalam air sifatnya berbahaya bagi ikan apabila jumlahnya berlebihan atau diatas ambang batas toleransi ikan. Alatnya harus diletakan di atas permukaan air, agar pas listrik mati atau anda mematikan alat ini karena alasan tertentu, air dari dalam aquarium tidak turun dan mengalir ke aerator dan kemudian membanjirinya yang kemudian bisa mengakibatkan korsleting pada saat alat ini berfungsi kembali (dinyalakan). Aerator bisa digabungkan dengan pompa air atau bisa pula hanya dipakai salah satu saja. Tergantung dari selera, tujuan dan budget yang anda miliki. 4. Selang (aerator dan penyipon) Selang yang dimaksud ada 2 jenis yang berbeda ukurannya. Pertama, selang untuk aerator yaitu mengalirkan udara yang dihasilkan mesin aerator ke dalam aquarium guna menghasilkan gelembung. Kedua, yaitu selang penyipon yang berfungsi sebagai alat penyedot kotoran yang ada dalam aquarium. Untuk selan penyipon ini ukurannya lebih besar dari selang aerator. Anda bisa membuat sendiri atau membeli yang sudah jadi dari toko-toko penjual aksesoris aquarium (biasanya dilengkapi sekaligus pompa sedotannya). Sedangkan apabila anda bermaksud untuk membuat sendiri dengan ukuran yang dikehedaki, bahanbahannya bisa anda dapatkan di toko-toko bahan bangunan, toko aquarium dsb.

Filter internal yang menempel pada salah satu dinding akuarium. untuk menghasilkan air yang selalu bersih bagi akuarium. Kran aerator Alat ini berfungsi untuk mengatur besar-kecilnya otuput udara dari mesin aerator. Dan karena dipecah menjadi banyak. maka membantu menjaga kejernihan dan kualitas air dalam aquarium. .5. artinya semakin banyak gelembung dihasilkan dan kecil. umumnya berbentuk prisma segitiga. 7. debu dsb. Airstone Seperti yang sudah disinggung dalam bag. Menurut peletakannya : . Menurut penempatannya : . sambungan plus ( + ).Filter yang ditempatkan dalam akuarium / filter internal (Internal Filter) . aerator. Filter air ini merupakan salah satu peralatan yang sangat penting dan wajib dimiliki oleh setiap pemelihara ikan hias dan tanaman hias air.Filter eksternal yang diletakan diatas akuarium . yang berada dalam aquarium (biasanya mengendap di dasar aquarium atau ditempat-tempat yang terlindung/dibawah benda-benda yang diletakkan dalam aquarium).Filter internal yang diletakan sejajar (horisontal) dengan dasar akuarium (undergravel filter).Filter yang ditempatkan di luar akuarium / filter eksternal (External Filter) 2. . sisa makanan. Ingat : jumlah gelembung banyak bukan berarti besar. Biasanya dipakai pada saat anda berencana untuk membagi tata letak gelembung dalam aquarium atau pembagian supplai udara dari satu mesin aerator ke dua atau lebih aquarium. Filter air ini mempunyai fungsi untuk menyaring air yang berada pada akuarium melalui proses filtrasi dengan beberapa media yang mempunyai tujuan penggunaan masing-masing. sambungan T. semakin bagus fungsinya untuk melarutkan (DO) udara ke dalam air. 6. Hal ini dapat dijelaskan sebagai berikut : 1. fungsi alat ini adalah untuk memecah udara atau gelembung yg dihasilkan aerator menjadi lebih banyak. Filter / Saringan Filter berfungsi untuk menyaring kotoran yang berasal dari feces ikan. Dengan adanya alat ini. maka gelembung/udara yang dihasilkan dari alat ini menjadi gelembung-gelembung kecil. Untuk aksesoris lainnya yang berhubungan dengan alat ini adalah sambungan selang. Bentuk dan jenis dari flter air ini sangat banyak. .Filter internal yang diletakan pada dasar dan sudut salah satu akuarium.

2. Bola-bola plastik berlubang / media plastik berongga lain yang dapat dilalui arus air yang merupakan tempat bermukimnya bakteri-bakteri pengurai. Pada filter air yang ideal terdapat beberapa media yang digunakan sebelum terakhir akan terfiltrasi dengan media kapas (kapas filter). Media filter yang ideal umumnya hanya terdapat dan teraplikasi dengan baik pada filter air yang berbentuk ember (canister) karena mempunyai tempat penyimpanan media yang cukup besar. dengan selang pemasukan dan pengeluaran air yang terpasang pada akuarium. dapat digunakan arang / karbon aktif dan kapas filter saja. 4.Filter eksternal yang diletakan terpisah dengan akuarium. dan mempunyai fungsi penting lainnya. media kapas ini biasanya digunakan pada tahap akhir dimana kapas ini mempunyai celah-celah yang sangat kecil yang bertujuan untuk menyaring kotoran kecil yang terlewati dari media sebelumnya dan partikel-partikel halus (sampai dengani 3 mm). yakni membantu menyerap racun-racun yang terdapat dalam air. Untuk menyederhanakan penggunaan media. 3. Kumpulan dari batu kecil berbentuk silindris berongga yang berguna untuk pemecah arus air yang masuk dari satu sumber pemasukan air.Filter eksternal yang diletakan mengantung pada salah satu dinding akuarium (hanging filter) . sehingga spons ini lebih berperan untuk menyaring kotoran yang berukuran lebih besar dari partikel terlarut. pada filter lain (yang tidak mempunyai tempat penyimpanan media yang cukup besar). biasanya lubang-lubang pada spons ini berukuran agak lebih besar dari kapas filter. umumnya berbentuk ember (canister). .. Arang / karbon aktif untuk air yang berfungsi untuk membantu mempertahankan dan mempercepat proses penjernihan air akuarium. Kapas filter. agar lebih merata ke media filtrasi berikutnya. Spons yang berfungsi untuk menyaring kotoran pada tahap awal. 5. Media tersebut diantaranya (sesuai urutan) : 1.

Dalam penggunaan lampu yang ber ultra violet. Penggunaan lampu yang mempunyai cahaya dengan cahaya yang mendekati spektrum matahari akan dapat membantu dan menggantikan peranan cahaya matahari bagi proses fotosintesa pada tanaman air dan membunuh bakteri (kuman). Sponge Pembersih kaca Alat ini berguna untuk membersihkan kaca yang sudah kotor dan kelihatan buram karena ditempeli oleh kotoran dan lumut yang tumbuh didalam aquarium. 10. Umumnya suhu air yang dapat ditolerir oleh ikan hias berada pada kisaran 26 . 3. akan membantu mengurangi perkembangan bakteri-bakteri yang merugikan bagi ikan hias. Dengan keadaan yang terang. 5.parasit yang menyukai dan berkembang pada keadaan gelap akan terhambat dan bahkan tidak berkembang. Lampu Lampu akuarium pada umumnya digunakan sebagai penghias dan ada juga yang mempunyai fungsi lain. Heater Heater merupakan peralatan akuarium yang dapat menghasilkan panas yang akan meningkatkan suhu air pada suatu akuarium. Mempermudah melihat parameter tertentu seperti kekeruhan air. Pada dataran . 2. Mempermudah para hobis dalam mengkontrol segala aktivitas dan perkembangan (ikan hias / tanaman hias air) dan isi (dekor) akuarium. 9. parasit .8. 4. Penggunaan lampu ini sebaiknya tidak 24 jam nonstop. yakni lampu yang menghasilkan cahaya yang mendekati spektrum cahaya matahari. Lampu pada akuarium ini mempunyai peranan sebagai berikut : 1.29 C. disarankan (maksimal) tidak lebih dari 13 jam sehari. Alat ini bisa dibuat sendiri atau bisa membeli yang sudah jadi. Untuk tanaman hias air umumnya dibutuhkan suhu yang lebih rendah dari kisaran tersebut.

parasit. . selain itu harganya juga relatif mahal. Sebaiknya tidak menggunakan Filter UV yang diletakan di dalam air dimana lampu / tabung lampu bersinggungan secara langsung dengan air. oleh karena itu heater hanya digunakan untuk tempat-tempat yang bersuhu dingin dan digunakan juga dalam proses pengobatan ikan.rendah umumnya suhu ruang lebih dari 28 C. karena jika terjadi kebocoran akan menyebabkan listrik mengaliri air. Filter UV / Sterilizer Filter UV ini merupakan alat yang menghasilkan cahaya ultraviolet (UV) yang mempunyai fungsi untuk menghilangkan / mengurangi organisme yang merugikan seperti bakteri. virus. Alat ini merupakan alat pilihan (optional) karena belum tentu alat ini berguna sepenuhnya dalam akuarium yang selalu terawat dengan baik. dan lumut (alga). 11.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful