PERGAULAN DAN GEJALA PENDIDIKAN

Oleh : Nurwito, S.Ag., M.Pd. STAB Maitreyawira Jakarta

A. PERBEDAAN PERGAULAN DENGAN PROSES PENDIDIKAN
1. 2. 3. 4. 5.

Pengertian Pergaulan Macam-macam Pergaulan Pentingnya Pergaulan Manfaat Pergaulan Perbedaan Proses Pendidikan dengan Pergaulan

Pergaulan merupakan sarana untuk mencapai hasil pendidikan . Pengertian Pergaulan Pergaulan adalah kontak langsung antara satu individu dengan individu lain atau antara pendidik dan peserta didik.1.

sehingga menimbulkan rasa minder atau harga diri kurang . tidak berdaya. tidak berani mengeluarkan isi hatinya.Beberapa abad lalu. pendidikan sangat berkuasa. merasa dirinya kecil. Pendidik bersifat otoriter menimbulkan pergaulan yang tidak wajar. pendidik menentukan segala sesuatunya. peserta didik tertekan.

2. Menurut bidangnya: 1) pergaulan yang bersifat ekonomis 2) pergaulan yang bersifat seni 3) pergaulan yang bersifat paedagogis . Menurut siapa yang terlibat dalam pergaulan: 1) pergaulan anak dengan anak 2) pergaulan anak dg orang dewasa 3) pergaulan orang dewasa dengan orang dewasa b. Macam-macam Pergaulan Macama.

Pentingnya pergaulan dalam pendidikan Pergaulan merupakan ladang yang memungkinkan terjadinya pendidikan .3.

d. b. Manfaat Pergaulan a. c.4. Memungkinkan terjadinya pendidikan Merupakan sarana untuk mawas diri Menimbulkan cita-cita Memberi pengaruh secara diamdiam .

dll. membiasakan olah raga. Pendidikan adalah usaha sadar orang dewasa untuk mendewasakan yang belum dewasa dan bertanggung jawab secara terus-menerus Sedangkan pergaulan«? . melaksanakan sembahyang. Perbedaan Proses Pendidikan dengan Pergaulan Proses pendidikan merupakan hal-hal yang menyangkut langkah/sistematika suatu kegiatan. misalnya: latihan berhitung.5.

INTERAKSI DALAM PERGAULAN DAN ASPEK PENDIDIKAN Dalam pergaulan sehari-hari terjadi interaksi sosial pd diri seseorang. Faktor imitasi 2.B. yaitu: 1. Faktor simpati . Faktor sugesti 3. yang didasari oleh berbagai faktor psikologis. Faktor identifikasi 4.

GT Arde menyatakan bahwa imitasi merupakan satu-satunya faktor yang melandasi interaksi sosial dan sangat berperan penting dalam kehidupan seseorang. Imitasi datang dari pihak yang meniru. Faktor Imitasi  Faktor imitasi merupakan dorongan untuk meniru orang lain. seperti anak mengimitasi orang lain (ayah) thd apa yang dilihat atau didengar .1.

2. Faktor Sugesti  Sugesti merupakan dorongan bagi seseorang untuk melakukan atau bersikap seperti apa yang diharapkan oleh si pemberi sugesti .

3. Faktor Identifikasi  Identifikasi adalah faktor perasaan yang mendorong untuk menjadi identik (sama) dengan orang lain .

Faktor Simpati  Simpati adalah faktor perasaan tertarik kepada orang lain. sehingga akan terjadi saling pengertian yang mendalam dan menimbulkan rasa sosial .4.

PERGAULAN DALAM KELUARGA. SEKOLAH. 3.C. 2. Pergaulan dalam keluarga Pergaulan dalam sekolah Pergaulan dalam masyarakat . DAN MASYARAKAT 1.

anak paling suka untuk identik dengan orang tuanya seperti anak laki-laki terhadap ayahnya . biasanya anak akan meniru kepada orang tuanya.1. Pergaulan dalam Keluarga Hubungan anak dengan anak atau orang tua dalam keluarga satu sama lain saling memengaruhi.

Contoh kegiatan kepramukaan yang diadakan di sekolah merupakan satu organisasi yang mengembangkan cara pergaulan untuk membentuk kepribadian anak menjadi dewasa. kerja bakti. dsb . baris berbaris.2. selain kegiatan intra sekolah seperti berolah raga. Pergaulan dalam Sekolah Pendidikan adalah cara yang paling efektif dan baik dalam pembentukan pribadi anak.

atau hub seorang anak dengan orang tua. kelembagaan. politik dsb yg cenderung mendewasakan dan mengandung gejala2 pendidikan karena tokoh masyarakat dlm pergaulan mengarah kpd pengaruh yang positif. tokoh masyarakat.3. Pergaulan dalam Masyarakat Ajar Tonis membedakan pergaulan hidup dlm persekutuan & perbuatan. menuju kepada tujuan yang mencakup nilai yang tinggi . pimpinan organisasi.

Dengan kedewasaan proses pendidikan berjalan dengan wajar dan peserta didik dapat bersifat kritis terhadap perbuatan orang dewasa .Kewibawaan dalam Pergaulan Kewibawaan adalah syarat bagi pendidik dan digunakan untuk membawa peserta didik menjadi dewasa.

sopan. dll -Memecahkan masalah yang sedang dihadapi -Menganalisis suatu kebenaran -Membuat suatu laporan 19 2. dilatih utk baik. Pendidikan Budi Pekerti Contoh Perbuatan/Sikap Perbuatan/ -Pembentukan kata hati agar anak memiliki kepekaan thp yg baik dan buruk -Pembentukan keamanan yang kuat thp hal2 baik. jujur. Pendidikan Kecerdasan . bertingkah laku yg baik. sopan. jujur. baik.Bagan Aspek-Aspek Pendidikan AspekNo Pendidikan 1.

tolong menolong. saling menolong. Pendidikan Sosial Contoh Perbuatan/Sikap Perbuatan/ -Sabar. Pendidikan . sportif. bertanggung sportif. kerja sama.No Pendidikan 3.membiasakan berpakaian rapi Keindahan dan -Mengatur rumah. ramah tamah. santun. jawab. sopan Sabar. menyanyi. tamah. santun. dll Jasmani Displin . 5. Estetika halaman -Membiasakan menari. menyanyi. jawab. kamar dan dan rumah. menari. menghargai -Mengumpulkan dana sosial 4. dll sama. Pendidikan 20 .

berpuasa. 7. demi kesejahteraan bersama-sama bersama- lain8. Sembahyang.No Pendidikan 6. mengikuti upacara keagamaan. Pendidikan Agama Contoh Perbuatan/Sikap Perbuatan/ Sembahyang. dll keagamaan. Dan lain-lain 21 . rumah. Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Mengubah anak untuk tidak bersikap malu dan segan mengerjakan pekerjaan rumah. berpuasa.

Hubungan sekolah dengan masyarakat 2. HUBUNGAN TIMBAL BALIK ANTARA SEKOLAH DAN MASYARAKAT 1. Pengaruh sekolah terhadap masyarakat 3.4. Pengaruh masyarakat terhadap sekolah .

Hubungan sekolah dengan masyarakat sekolah harus membina hubungan dengan masyarakat.1. dll . seperti kerja bakti. mengadakan penyuluhan tentang bahaya narkotika. Ikut berpartisipasi dengan masyarakat merupakan titik tolak untuk bekerja sama dalam usaha meningkatkan hubungan erat antara sekolah dengan masyarakat.

guru mempunyai peranan cukup penting.2. Makin luas sebaran produk sekolah di tengah2 masyarakat makin meningkat kualitasnya dan membawa pengaruh positif terhadap perkembangan masyarakat . baik sebagai pemimpin masyarakat di sekolah maupun di luar sekolah. Pengaruh sekolah terhadap masyarakat Sekolah merupakan salah satu lembaga masyarakat dalam mengemban fungsi sekolah sebagai lembaga pengembang masyarakat.

Pengaruh masyarakat terhadap sekolah Masyarakat selalu tumbuh dan berkembang. yang berangsur memengaruhi sekolah. sebagai sumber belajar d. sebagai masukan dalam menentukan PBM c. antara lain: a. sebagai pemberi dana dan fasilitas lainnya e. memiliki identitas karakteristik tersendiri dengan sosial budaya dan latar belakang sosial ekonominya. sebagai arah dalam menentukan tujuan b. sebagai laboratorium guna pengembangan dan penelitian sekolah . Pengaruh dan peranan masyarakat terhadap sekolah.3.

Bila anak merasa tidak bebas.PENUTUP Pergaulan amat penting dalam pendidikan. menjadi pembohong. Oleh karena itu. agar tidak mengarah ke hal yang negatif. maka nalurinya protes sehingga berdampak. Namun pengontrolan hendaknya dilakukan secara bijaksana supaya tidak mendatangkan akibat sampingannya. dll . misalnya tidak mau berterus terang. pergaulan harus terus dikontrol.

SEKIAN  SELAMAT SORE  TERIMA KASIH .