BAGAIMANA CARA MEMBUAT PEMBUKUAN SEDERHANA

Oleh: Ahmad Gozali Dikutip dari CBN CyberSHOPPING Pak, orangtua saya punya rencana untuk membuka usaha warung yang menjual bahan untuk kue, termasuk alat-alatnya. Yang ingin saya tanyakan adalah, bagaimana cara pembukuan yang harus digunakan, mengingat tempat usaha saya masih disewa dengan biaya total 5 juta untuk 2 tahun. Ada juga biaya renovasi Rp 1 juta, dan beli etalase Rp 1,5 juta. Untuk bahanbahan modal dianggarkan Rp 2 juta. Terima kasih sebelumnya. Arris --- Bandung

Jawaban: Mas Arris, Jika yang Anda tanyakan adalah teknis pembukuan untuk usaha orang tua Anda, tentunya tidak bisa dijelaskan dengan sempurna hanya dengan melalui e-mail saja. Akan lebih baik jika Anda membaca beberapa buku yang membahas mengenai hal ini. Anda bisa cari buku yang membahas mengenai pembukuan untuk usaha kecil, atau membeli software pembukuan yang sederhana jika menggunakan komputer. Namun singkatnya saja, catat dengan baik semua pemasukan dan pengeluaran uang serta barang. Untuk memudahkan, gunakan nota penjualan untuk setiap penjualan yang dilakukan. Walaupun pembeli tidak meminta nota atau penjualanya dalam jumlah yang kecil-kecil, tetap buatkan saja nota. Nota ini bisa Anda simpan dan dibukukan belakangan. Sedangkan untuk pengeluaran lainnya yang tidak ada buktinya, bisa Anda catat di buku khusus. Begitu juga dengan pembelian barang dagangan maupun untuk peralatan toko, minta semua notanya dan simpan baik-baik. Jika semua bukti pemasukan dan pengeluaran disimpan dengan baik, Anda tidak perlu melakukan pembukuan sendiri. Minta saja mahasiswa akuntansi atau lulusan SMEA untuk mengerjakannya untuk Anda.

Begini Mas. melainkan untuk menghitung keuntungan kotor ketika barang tersebut dijual. Artinya.Sedangkan perlakukan akuntasi untuk biaya sewa yaitu diakui selama masa sewanya atau selama 2 tahun. Selisih antara harga jual dan harga beli adalah keuntungan kotornya. Keuntungan kotor ini dikurangi lagi dengan biaya-biaya seperti sewa.5 juta sisanya diakui di tahun depan. orang tua saya ingin membuka usaha kelontong dan bahan-bahan sembako. Benar-benar banyak manfaatnya bagi pengelolaan keuangan keluarga saya. Perkenalkan nama saya Zainal dan saya adalah pembaca setia rubrik yang Anda asuh ini Mas. saya lagi bingung nih. 23 Maret 2008 Mas Safir. Sedangkan untuk renovasi dan etalase seharunya didepresiasikan atau dijadikan sebagai beban sesuai dengan usia ekonominya. Terima kasih sebelumnya. Sedangkan untuk bahan-bahan modal sebagai barang dagangan tidak diakui sebagai beban bulanan. Salam. dan sebagainya untuk mendapatkan keuntungan bersih. Ahmad Gozali Perencana Keuangan PEMBUKUAN SEDERHANA USAHA KECIL Oleh: Safir Senduk Dikutip dari Sindo. Berarti setiap tahun Anda mengakui beban sebesar 1/5 dari total biaya renovasi dan etalase. Yang jadi permasalahan saya adalah bagaimana yah dengan pembukuan yang harus saya buat agar bisa terkontrol dengan baik pemasukan dan pengeluarannya. Tempat usaha sudah saya sewa untuk 3 tahun sebesar 6 juta dan ada juga biaya renovasi sebesar 700 ribu. Ada juga biaya untuk membeli etalase sebesar 1 juta dan untuk modal awal usaha perkiraan membutuhkan kurang lebih Rp 2.5 juta. misalnya renovasi dan etalase itu masih baik digunakan sampai dengan 5 tahun. satu tahun pertama ini Anda mengakui beban sewa sebesar Rp 2. listrik.5 juta dan Rp 2. .

Nah. Tapi tenang saja mas. coba Anda catat dengan baik semua pemasukan dan pengeluaran uang dan barang. Gampang. kan? Jadi Anda nggak perlu pusing lagi sekarang dalam masalah pembukuan usaha. Kalau yang dimaksud teknis pembukuannya. bisa dimasukkan saja langsung ke dalam buku aliran kas usaha. mulai dari mengisi waktu luang dan menambah penghasilan buat keluarga. ada perencanaan yang baik tetap harus ada sehingga usaha Anda nggak akan berhenti di jalan sebelum tujuannya tercapai. ada jalan keluarnya kok. untung dan untung. Nanti mereka juga akan membantu menghitungkan berapa keuntungan yang dapat Anda peroleh setiap bulannya dan tentunya nilai penyusutan dari perlengkapan-perlengkapan yang Anda miliki. Gimana caranya biar gampang? Pakai saja nota penjualan untuk setiap transaksi yang dilakukan. Sekecil apapun transaksi yang dilakukan dan ± kalaupun si pembeli nggak meminta notanya . saya coba jelaskan singkatnya saja. . Anda tidak perlu melakukan pembukuan sendiri kok. mau dibawa kemana nanti usaha itu. supaya Anda jadi tahu. Setiap orang punya berbagai tujuan dalam mendirikan usaha. atau membeli software pembukuan yang sederhana dengan komputer. Coba deh baca beberapa buku yang membahas tentang ini. Mudah-mudahan usaha Anda sukses ya Mas. Coba minta pelajar SMK jurusan akuntansi untuk membuat pembukuan usaha Anda tersebut. karena bisa jadi akan terlalu panjang penjelasannya. menjalankan usaha memang butuh perencanaan dan perhitungan yang matang.tetap buatkan saja notanya sebagai catatan Anda. Anda bisa cari buku di toko buku yang membahas tentang pembukuan untuk usaha kecil. Tapi yaa. kalau Anda takut lupa.Surabaya Jawaban: Mas Zainal.Zainal . apapun tujuan Anda. Begitu juga dengan pembelian barang dagangan. sampai mencari untung. Simpan saja nota-nota ini dan setiap satu bulan baru Anda bukukan. Ya nggak? Kembali ke pertanyaan Anda. bagaimana pembukuan yang baik untuk usaha Anda. Tapi tapi. wah kayaknya gak bisa dijelaskan disini mas. minta semua notanya dan simpan baik-baik.

Safir Senduk Perencana Keuangan .Salam.