SILABUS MATA KULIAH

Program Studi Kode Mata Kuliah Nama Mata Kuliah \Jumlah SKS Semester Mata Kuliah Prasarat Deskripsi Mata Kuliah : Islam merupakan ajaran yang memberikan petunjuk hidup manusia sepanjang masa dan di manapun. Fungsi ajaran Islam tersebut menempatkan Islam sebagai agama yang relevan bagi siapapun, dimanapun berada dan kapan saja. Mata kuliah Studi Islam 1 ini dimaksudkan untuk mengantarkan para mahasisiwa mampu memahami Islam bukan secara normative semata, melainkan menelaah Islam actual secara kritis, obyektif dan sistematis. Kerangka berpikir tersebut pada gilirannya mengantarkan pada pemahaman Islam yang universal, dan Islam yang rahmatan li al-‘amin , sehingga mahasiswa memiliki aqidah yang kuat dan ibadah yang baik, dan sekaligus memiliki pemahaman islam yang sebenarnya. Studi Islam1memuat persoalan-persoalan yang sangat mendasar dalam kehidupan keagamaan,yakni tentang aqidah yang menyangkut hubungan manusia dengan Allah dan implikasinya dalam hidup dan kehidupan diri, keluarga.lingkungan alam semesta serta bangsa dan dan negara. Buku ini juga membahas tentnag akhlaq sebagai manisfestasi pemahaman manusia yang bertauhid. Mata kuliah ini ini merupakan bagian paling awal yang diberikan kepada mahasiswa dari 4 mata kuliah lain yang sejenis yaitu studi Islam 2, Keumuhammadiyah dan Studi Islam 3. Standar Kompetensi : Mahasiswa dapat mengetahui, memahami, menguasai dan mampu mengimplementasikan aqidah, tauhid, dan akhlak dalam kehidupan sehari-hari guna mencapai penguatan keagamaan sehingga terwujud pribadi muslim yang berakhlak mulia, cakap, percaya diri dan berguna untuk masyarakat, bangsa dan agama. : : : Studi Islam I : 2 (Dua) : I (Satu) :

Kompetensi dasar 1. Mengetahui dan memahami materi yang akan dipelajari. 2. Memahami tujuan pembelajaran dan sistem evaluasi yang akan dipergunakan. 3. Membekali dan mempersiapkan diri dengan materi dan segala kesepakatan dalam proses belajar-mengajar.

Indikator Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat : 1. Menggambar kan materi-materi yang akan dipelajari. 2. Mengemukak an ulang tujuan pembelajaran yang diharapkan. 3. Menyebutkan kriteria dan sistem penilaian yang akan diperguna kan oleh fasilitator. 4. Menyimpulk an hal-hal yang boleh dan yang dilarang untuk dilakukan pada waktu proses belajar-mengajar.

Pengalaman Materi Ajar Wak Alat/Bahan/Sumber Penilaian Pembelajaran tu Belajar 1. Memperhatikan 1. Orientasi 100’ 1. OHP, kertas, 1. Portof orientasi yang Kuliah: papan tulis dan spidol. olio disampaikan oleh a. Pengenalan 2. Sudarno Shobron 2. Kinerj fasilitator. Materi. dkk, Studi Islam I, a 2. Membuat o 2006. kesepakatanCOL ( Course kesepakatan yang Out line ) bertujuan untuk o mencapai kelancaran LO (Tujuan proses belajar – Pembelajaran). mengajar. o 3. Mendiskusikan Sistem Evaluasi. dan menetapkan 2. Kontrak Belajar. kontrak belajar.

1.

Memahami

Setelah mengikuti 1.

Mengkaji

1.

Pengertian 100’ 1.

OHP, Kertas,

1.

Port

dan memiliki perkuliahan pengertian aqidah, pengetahua istilah lain aqidah tentang aqidah mahasiswa dan ruang lingkup Islam dengan bahasan aqidah benar. diharapkan dapat: dengan menjawab 2. Memahami pertanyaan. ruang lingkup Mendiskusika 1. Menjelaska 2. bahasan aqidah. n materi. n pengertian 3. Mengaplika aqidah baik sikan aqidah secara etimologi Islam dalam maupun kehidupan terminologi. sehari-hari. 2. Menyebutka n dan menjelaskan kata-kata dalam al-Qur’an yang seakar kata dengan aqidah. 3. Menyebutka n dan menjelaskan Istilah lain tentang aqidah. 4. Menguraika n perbedaan antara aqidah, iman dan tauhid. 5. Menjelaska n tingkatan –

Aqidah. 2. Istilah Lain tentang Aqidah 3. Ruang lingkup Aqidah.

2.

Papan Tulis, Spidol. Sudarno Shobron dkk, Studi Islam I, 2006: 1-8.

ofolio 2. Kine rja.

Sudarno Shobron dkk. Kertas. Memahami dan memiliki pengetahuan tentang sumber dan tingkatan aqidah. 2. 2. Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat: 1. 3. 6. Sumber Aqidah. Tingkatan Aqidah. 100’ 1. tingkatan yang terlebih dulu dialami sebelum seseorang berada pada tingkatan yakin ( ilmu ).Menjelaskan tentang taqlid dan dalil pelarangannya. 1. . Kine rja. Studi Islam I.Menjelaskan tentang haq al yaqin. 2006: 8-11. Menjelaska n ruang lingkup bahasan aqidah. OHP. 2. Mengaplika sikan aqidah Islam dalam kehidupan sehari-hari. 4.Menjelaskan tentang ‘ilm al yaqin. 6. Spidol. Papan Tulis.Menjelaskan sumber-sumber aqidah Islam. 2. Port ofolio 2.1.Menjelaskan tentang ‘ain al yaqin.Mengidentifakasi tingkatan yang Mengkaji dan mendiskusikan sumbersumber aqidah dan tingkatan dalam beraqidah dengan mempresentasikan hasil kerja (guide). 5. 1.

kedudukan dan fungsi tauhid. Meng uraikan syaratsyarat yang harus dipenuhi oleh seseorang yang mengikrarkan syahadat. 1. 2. fungsi Tauhid. Kedudukan dan 2. Papan perkuliahan pengertian. Menj meyakininya. . 2. Studi Islam I. Port ofolio. Pengertian 100’ 1. mahasiswa kedudukan dan 2. secara etimologi kalimat tauhid dan  Prinsip aldan terminologi. Memahami syarat dan rukun dalam kalimat tauhid. Kertas. 4. Meng 1. Menj 2. 1. Spidol. Kine rja 3. 3. Mengimpleme ntasikan esensi tauhid dalam kehidupan seharihari. dkk. elaskan  Syarat kedudukan dan meyakini fungsi tauhid kalimat dalam Islam. Tauhid. Tulis. Mengkaji 1.paling ideal bagi seorang muslim. OHP. Mendiskusi 3. 3. elaskan kan prinsipyang “ La ilaha illa pengertian tauhid terkandung dalam Allah “. al-Itsbat. Menj elaskan rukun atau syarat yang terdapat dalam kalimat tauhid. syarat-syarat Nafyu dan 2. Setelah mengikuti 1. Tauhid. Kalimat Tauhid 2006: 13-22. Mengetahui dan memahami pengertian. Sudarno Shobron diharapkan dapat: fungsi tauhid. 5.

Menjelaskan keterkaitan dan keterikatan antara tauhid al . tulis. dkk. uluhiyah. Studi IslamI. Kinerja. Sudarno Shobron tauhid. mendiskusikan tauhid dalam2. tauhid al pengkriteriaan kartu rububiyyah. Mengkaji dan 2006: 22-32. 1. Macam-macam 100’ 1. 2. al Asma wa al Sifat dan tauhid uluhiyah dalam kehidupan sehari-hari. al yang dipresentasikan Asma wa al Sifat oleh kelompok yang dan tauhid sekriteria.uraikan hal-hal yang dapat merusak kalimat tauhid.. papan 1. Portofolio pemahaman yangperkuliahan kartu yang sekriteria Tauhid. 4. Memberikan contoh penerapan tauhid al rububiyyah. Mengelompokkan 1. 1. spidol dan . Mengimpleme macam-macam 2. Memiliki Setelah mengikuti 1. Menjelaskan a. 3. Menyebutkan macam-macam kehidupan sehari. OHP. kertas. 2. ntasikan esensi tauhid.perbedaan antara tauhid melalui hari. macam-macam diharapkan dapat: mempresentasikanny 2. lengkap tentangmahasiswa dan kartu indeks.

an kepada dkk. dan Rasul Syahadat sebagai merefleksikanny Allah. an kepada Nabi dalam kalimat iman dan qodlo dan qadar. papan 1. . an dan memberi e. 2. Mempelajari dan 1. Mengkaji hikmah Allah SWT. nabi dan c. an kepada Menjelask Kitab-kitab. Kinerja. Im membatalkan an kepada syahadat. malaikat. Im yang terkandung makna rukun rasul. Memahami Setelah 1. kertas. Qadla dan 3. pengetahuan perkuliahan konsekuensi dalam 2. Konsekuensi 100’ 1. 1. aspek kehidupan. konsekuensi 2. Im Menjelask sebagai inti dari Allah SWT. kitab Malaikat. Im contoh hal-hal an kepada yang dapat Hari Akhir. hari akhir. an makna iman kepada Allah SWT. Rukun Iman. tulis. Memahami Allah. kartu indeks. 2. kalimat syahadat 1.rububiyyah. Im 2. inti dari tauhid a dalam semua d. Studi IslamI. 2006: 35-49. spidol dan . beriman kepada b. utuh tentang mahasiswa mengikrarkan a. an kepada an konsekuensitauhid Islam. merusak atau f. OHP. Menjelask Qadar. Sudarno Shobron makna diharapkan syahadat. melafalkan dapat: 2. Im Islam. al Asma wa al Sifat dan tauhid uluhiyah. Portofolio dan memiliki mengikuti mendiskusikan Syahadat.

Menjelask an makna iman kepada qadla dan qadar. iman. njukkan perilaku an pengertian kehidupan.Menjelask an makna iman kepada malaikat. Menu 1. . Menjelask iman bagi kehidupan. cabang-cabang mahasiswa 2. Menginfentarisir Hikmah Iman 2. Studi IslamI. . OHP. yang cabang-cabang 3. Menjelask an makna iman kepada kitabkitab. Menjelask an makna iman kepada hari akhir. 9. Sudarno Shobron 2. 4. Menjelask infentarisasi. Menginfentarisir 1. 7. Mengurai kan hikmah dari rukun iman. papan 1. Mem Setelah mengikuti 1. kertas. spidol. Kinerja. Menjelask an makna iman kepada nabi dan rasul. 8. 2006: 40-55. Cabang Iman 100’ 1. mengkaji dan mencerminkan iman. 2. mendiskusikan hasil keimanan dalam2. 1. 5. 6. Portofolio ahami substansiperkuliahan cabang-cabang iman. Manfaat dan tulis. 2. diharapkan dapat : manfaat dan hikmah bagi dkk.

. 3. 4. 1. Memperagakan mahami perkuliahan kasus perbuatan. Mengurai kan contoh dan manfaat iman bagi kehidupan. sinopsis . Kinerja. Portofolio tulis. 4. OHP. diharapkan dapat: berunsur kufur atau 2. 2. peragaan. dengan 2. cerita. Mengidentifikasi keimanan dan syirik. 2006: 55-70. Menjelaskan persamaan dan Hal-hal merusak keimanan: 1. 2. Mengkaji dan menghindari dan menjelaskan mendiskusikan kufur perbuatan macam-macam dan syirik. semua aspek an kriteria kehidupan. Kufur. Me 1. syirik. Studi IslamI. murnikan pengertian kufur 2. Menjelaskan syirik. papan 1.. Me Setelah mengikuti 1. Menjelaskan hukum dan akibat hukum bagi pelaku kufur (kafir) dan syirik (musyrik). kufur dan kufur dan syirik. Syirik. Menyebutkan 3. hakekat kufur mahasiswa kejadian yang dan syirik. kertas. spidol. cabang iman. 1. yang 100. Mengemu kakan contoh perilaku-perilaku yang mencerminkan keimanan. 2. 3. Sudarno Shobron dkk.

Macam-macam Riddah 1. Menyebutkan dan menjelaskan tentang macammacam riddah 6. Buku Studi Islam I hal 71-75 1. Hakekat riddah 4. Portofolio 2. Memahami dan memiliki wawasan tentang hakekat dan macam-macam nifaq 2. Menjelaskan tentang definisi nifaq 2. Menyebutkan dan menjelaskan tentang jenisjenis nifaq 3. Definisi Nifaq 100’ 2. Menghindari perilaku yang mencerminkan perbuatan riddah dan nifaq dalam kehidupan sehari-hari perbedaan antara kufur dan syirik. Kinerja . Menjelaskan konsekwensi hukum bagi pelaku riddah • Mengkaji dan menggali materi dengan cara mencocokkan kata kunci dengan kata kunci temannya • Mengelompokkan dua-dua sesuai dengan kata kunci yang tepat • Mempresentasikan hasilnya • Klarifikasi 1. Memahami dan memiliki wawasan tentang hakekat dan macam – macam Riddah 3. Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat : 1. kertas. OHP. Menguraikan tentang hakekat Riddah dengan tepat 5. papan tulis. Membedakan antara Nifaq I’tiqady dan nifaq ‘Amaly 4.1. Jenis-jenis nifaq 3. Spidol 2.

7. Memahami pengertian dan akibat dari sihir. Hakekat 100’ bid'ah 2. • Klarifikasi 1. peramalan. Macammacam bid’ah 3. Menghindari perilaku yang mencerminkan perbuatan Bid’ah. Menyebutkan dan menjelaskan tentang macam-macam bid’ah 3. Portofolio papan tulis. perdukunan dan peramalan 3. Mengetahui dan menjelaskan tentang hukum bid’ah 4. 1. kertas. Menjelaskan tentang hakekat bid’ah 2. Membedakan antara riddah dan nifaq 8. OHP. dan perdukunan dalam aktifitas sehari-hari Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat : 1. Pengertian dan akibat dari Sihir perdukunan dan peramalan 1. Sihir. Memahami dan memiliki wawasan tentang hakekat. Buku Studi Islam I hal 75-82 . Spidol 2. Menjelaskan pengertian dan • Mengkaji dan menggali materi dengan cara menuangkan satu pertanyaan tersulit • Mengelompokkan sesuai dengan jenis pertanyaan • Mendiskusikan sesuai dengan pertanyaanpertanyaan yang ada dalam kertas • Mempresentasikan hasilnya. Kinerja 2. Menyebutkan contoh-contoh bid’ah 5. Hukum bid’ah 4. Mencari contoh-contoh Riddah dan Nifaq 1. macam-macam hukum bid’ah 2.

moral dalam beberapa dan etika kelompok • Meresume dan 3. perdukunan dan peramalan 7. Mengaplikasik an Akhlak. Memahami hakekat akhlak. kertas. Mendefinisika n dengan tepat pengertian akhlak. moral dan etika • Mengkaji materi 1. Buku Studi Islam I hal 85-98 Portofolio Kinerja . Laptop.1. perdukunan dan peramalan 6. moral dan etika 3. Membandingk an persamaan dan perbedaan antara akhlak. Perbedaan membagi mahasiswa akhlak. Spidol 2. moral dan etika 2. Menyebutkan contoh-contoh akhlak. moral dan etika 2. etika dan moral sesuai dengan Al qur’an dan hadits akibat sihir. papan tulis. • Klarifikasi 100’ 1. perdukunan dan peramalan Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat : 1. Sumbersumber akhlak mendiskusikan dengan kelompoknya • Mempresentasikan hasilnya. Menyebutkan contoh-contoh sihir. Pengertian akhlak dengan cara 2. Membedakan antara sihir.

Menjelaskan maksud karakteristik 100’ • Mengkaji materi 1. papan tulis. Memahami karakteristik akhlak Islam 4. Hubungan kepada mahasiswa Akhlak dengan yang berisi satu Iman dan Ihsan pernyataan atau 3. Buku Studi Islam I hal 98-108 Portofolio Kinerja . Laptop dan LCD. Kedudukan Akhlak dalam dengan cara Islam membagi kartu 2. Menguraikan hubungan antara akhlak. sesuai dengan katakata yang ditempel di depan kelas • membacakan hasilnya • Klarifikasi 1. Menjelaskan kedudukan akhlak sebagai ukuran keimanan seseorang 3. kartu. Spidol 2. iman dan ihsan 2. Memahami kedudukan akhlak dalam Islam serta menguraikan hubungan antara akhlak. Menjelaskan kedudukan akhlak sebagai tema sentral ajaran Islan 2.1. Menguraikan tentang sumbersumber akhlak Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat : 1. Menjelaskan beberapa indikator orang yang mencapai derajat muhsin 5. Karakteristik permasalahan akhlak Islam • Meminta mahasiswa untuk mencari pasangan atas pernyataan tersebut. iman dan ihsan 4.

Akhlak berdasarkan huruf kepada • Memberi keluarga permasalahan untuk d. kartu. kepada pastikan semua masyarakat mahasiswa memiliki e. Akhlak catatan hasil diskusi kepada alam • Mengelompokkan semesta mahasiswa berdasarkan angka • Meminta mahasiswa untuk 1. Menjelaskan akhlak kepada Masyarakat 5. Buku Studi Islam I hal 108-127 Portofolio Kinerja . Akhlak angka secara acak kepada • Mengelompokkan manusia mahasiswa c. Menguraikan ciri-ciri akhlak Islam 7. Akhlak didiskusikan. Spidol 2.akhlak Islam 6. Laptop. Menjelaskan akhlak kepada keluarga 4. Menjelaskan istilah-istilah akhlak menurut Ahmad Azhar Basyir Memahami ruang lingkup Akhlak Islam Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat : 1. Menjelaskan akhlak kepada alam semesta 100’ • Menggali informasi Ruang Lingkup Akhlak materi dengan cara Akhlak membagi kartu yang a. papan tulis. kepada Allah berisi huruf dan b. Menjelaskan tentang akhlak kepada manusia 3. Menguraikan tentang akhlak kepada Allah 2.

papan tulis. Spidol 2. Buku Studi Islam I hal 127-146 Portofolio Kinerja . Memahami hakekat serta ciri-ciri akhlak tercela dan menyebutkan macammacamnya 2. Menyebutkan ciri-ciri akhlak tercela 3. Menghindari perbuatan yang mencerminkan Akhlak madzmumah dalam kehidupan sehari-hari Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat : 1. Menjelaskan maksud dari Al Buhtan ( berdusta ) 5. Menjelaskan maksud dan ciri-ciri Al • Menggali materi 1. Hakekat akhlak dengan cara Madzmumah mengajukan beberapa pernyataan 2. kertas. Menjelaskan tentang hakekat akhlak tercela 2. Macammacam akhlak • Meminta mahasiswa Madzmumah menentukan sikap setuju maupun tidak setuju • Meminta mahasiswa untuk memberikan argumennya sesuai dengan pilihannya • Klarifikasi 100’ 1.mempresentasikan dan mendiskusikan dengan kelompok angka ( setiap mahasiswa menjadi jubir kelompoknya masing-masing) • Klarifikasi 1. Laptop dan LCD. Menguraikan ciri-ciri Ananiyah ( Egoistis) 4.

Menjelaskan maksud dari Al Hasad (dengki ) dan sebab-sebab yang menimbulkan perasaan dengki 8. Menyebukan cara-cara menghentikan marah 7. Menjelaskan cara pencegahan terhadap penyakit Hasad 9. Menjelaskan sebab-sebab munculnya perbuatan Istikbar 11. Menjelaskan tentang Al . Menjelaskan sifat dan ciriciri dari Al Istikbar ( Sombong) 10.Ghadlab 6.

tulis. Menjelaskan tentang Al Ifsad ( Berbuat kerusakan) 14. Buku Studi Islam I hal 146-156 Portofolio Kinerja . Macamdalam beberapa macam akhlak kelompok Mahmudah • Membuat yel-yel atau lagu sesuai 100’ OHP. Menjelaskan tentang Al Sikhriyah ( Mengolokolok) 1. Menjelaskan tentang Al Namimah ( Mengadu domba) 15. kertas.Israf ( Berlebihlebihan) 12. Menjelaskan tentang Al Liwathah ( Homo Sexual/ Lesbian) 13. papan 1. Memahami Hakekat dan macam-macam Akhlak Mahmudah 2. Spidol 2. Mempraktekka n Akhlak Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat : 1. Menjelaskan Hakekat Akhlak • Mengkaji materi 1. Hakekat akhlak dengan cara Mahmudah membagi mahasiswa 2.

Spidol Kinerja Buku Studi Islam I hal 156 . Menjelaskan Al Amanah ( dapat dipercaya) 3. Rukun membagi kertas Iman kosong kemudian sebagai meminta mahasiswa realisasi untuk membuat satu kalimat pertanyaan tentang syahadat semua materi yang 100’ OHP. Tauhid 3. Menjelaskan isi materi tentang Aqidah dengan baik tema • Mementaskan hasilnya. papan Portofolio tulis. • Klarifikasi • Mengkaji materi 1. Menjelaskan Al ‘Afwu ( Pemaaf) 4. Rukun Iman sebagai Realisasi kalimat syahadat dan akhlak dengan Mahmudah 2. Menguraikan Perwujudan dari sifat sabar 6. kertas. Aqidah dengan cara 2. Menjelaskan sifat dan ciri Qana’ah ( Merasa Cukup) 7. Memahami Aqidah.Tauhid . Menjelaskan tentang Al Nadzafah ( Kebersihan) Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat: 1. Menjelaskan Al Shabru ( Sabar) 5.Mahmudah dalam kehidupan sehari-hari 1.

Mempraktekka n seluruh materi dalam kehidupan sehari-hari 2. Akhlak .baik 2. Menjelaskan isi materi tentang Rukun Iman sebagai Realisasi kalimat syahadat 4. Menjelaskan isi materi tentang Tauhid dengan benar 3. Menjelaskan materi tentang Akhlak dengan sistematis sudah dipelajari • Mengkocok kertas dan membagi kembali kepada mahasiswa dan dipastikan tidak mendapatkan soal sendiri • Meminta mahasiswa untuk menjawab soal yang sudah diberikan • Klarifikasi 4.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful