1.

Seorang wanita berusia 65 tahun mengeluh lemah pada alat gerak kanan, dan tidak bisa bicara, terjadi tiba-tiba setelah bangun tidur, muntah, penurunan kesadaran (-). Ia sudah menderita diabetes mielitus selama 3 tahun, namun kontrol secara tidak teratur. Diagnosis pasien ini adalah ...... A. Stroke infark tromboembolik B. Stroke perdarahan C. Meningitis D. Parkinson E. Demensia alzheimer Seorang pria berusia 65 tahun ditemukan polisi tak sadarkan diri di jalan. Ia terlihat baru saja muntah, tidak demam, dan tidak ada tanda luka di kepala. Pernafasan regular 25x/menit, gula darah sewaktu 140mg/dl. Tekanan darah 190/100 mmHg, EKG normal. Pada saat pemeriksaan ditemukan kelemahan anggota gerak sebelah kanan dan refleks babinski (-). Keluarganya tidak ada. 2. Diagnosis pasien ini menurut algoritma gajah mada adalah.... A. Stroke perdarahan intraserebral B. Stroke iskemik C. Meningitis D. Parkinson E. Bukan salah satu di atas 3. Pada pemeriksaan fisik ditemukan tidak membuka mata walaupun telah diberikan rangsangan apapun, hanya diam jika dipanggil dan tidak mengeluarkan sepatah katapun, jika diberikan rangsangan nyeri tangan kirinya hanya mampu ekstensi (decerebrasi), maka tingkat kesadaran pasien ini adalah.... A. E1M5V1 B. E1M4V1 C. E1M3V1 D. E1M2V1 E. E1M1V1 4. Penanganan pertama untuk menyelamatkan otak yang penting untuk penderita koma yang dicurigai adalah suatu stroke adalah .... A. Pasang infus salin normal B. Pemberian dekstrosa 5% C. Pemberian neuroprotektor D. Pemberian antihipertensi E. Bukan salah satu di atas 5. Arteri apa yang biasanya pecah? A. Arteri serebeli anterior B. Arteri serebeli superior C. Arteri basilaris D. Arteri lentikulostriata E. Arteri meningea media

Sedangkan kekuatan otot anggota gerak sebelah kiri adalah normal. Wajahnya terlihat kaku seperti topeng... Seorang pria berusia 60 tahun dirawat di ruang rawat inap. 7. Penurunan/ tidak adanya pengiriman dopamin dari substansia nigra ke globus pali us d D. Tiga hari yang lalu ia merasakan anggota gerak sebelah kanan tidak dapat bergerak dan berjalan. Latihan luas gerak sendi secara aktif anggota gerak sebelah kanan C. Hasil CT Scan mendapatkan adanya perdarahan pada kapsula interna otak sebelah kanan. A. Penurunan/ tidak adanya pengiriman dopamin dari substansia nigra ke mesensefalon B. Difenilhidantoin C. Penurunan/ tidak adanya pengiriman dopamin dari substansia nigra ke cerebelli 8. Pada pemeriksaan fisik didapatkan kekuatan otot anggota gerak atas sebelah kanan nilainya 0. Karbamazepin B. dan refleks patologisnya tidak ada. Penurunan/ tidak adanya pengiriman dopamin dari substansia nigra ke thalamus C. Latihan mobilisasi duduk E... Mencegah degradsi dopamin D. Langsung mengganti dopamin yang produksinya sangat menurun E. Latihan peregangan anggota gerak sebelah kanan D. Refleks fisiologis sebelah kanan menurun. Luminal D. Psikoterapi dengan menggunakan jasa seorang psikolog untuk mengkaji sistem kognitif C. A.. Tangan kiri terlihat bergetar-getar seperti menghitung uang. Melatih fungsi buang air besar dan buang air kecil E. Penghambat aksi neurotransmitter asetilkolin di otak C. A. Bukan salah satu diatas 10. Cara kerja dari obat diatas untuk mengurangi gejala parkinson adalah. Fisioterapi dengan latihan gelang bahu dengan menggunakan tongkat B. A.. Penurunan/ tidak adanya pengiriman dopamin dari substansia nigra ke otak E. Obat yang cocok untuk pasien ini adalah. Kesadaran tidak menurun. Tekanan darah 170/100 mmHg. berusia 73 tahun masuk rumah sakit dengan keluhan sulit menggerakkan anggota tubuhnya baik sebelah kanan maupun kiri.. Terapi wicara D.. Cara berjalannya terlihat kaku dan langkahnya kecil kecil.. Levodopa 9. Penyakit yang diderita oleh Tuan M disebabkan oleh. Bukan salah satu di atas . Ergotamin E. Latihan luas gerak sendi secara pasif anggota gerak sebelah kanan Tuan M. Penghambat aksi neurotransmitter dopamin di otak B..6. Latihan penguatan otot sebelah kanan B. dan anggota gerak bawah sebelah kanan adalah 1. Terapi rehabilitatif yang dapat diberikan pada tuan M. Manakah pemulihan yang paling tepat? A..

Tujuan terapi dari penyakit parkinson adalah mengontrol gejala dan tanda yang timbul dengan segera. Adanya zat antibodi terhadap inti sel (sel DNA) C. Pada pemeriksaan kedua lutut didapatkan krepitasi. Osteoartritis C... Penyebab yang paling mungkin dari penyakit wanita tersebut adalah.. pergelangan tangan. Osteoartritis D. SLE E. A.. Artritis reumatoid B. Diagnosis yang paling mungkin adalah. SEBAB (E) Obat yang spesifik dan efektif untuk gejala tremor adalah selegiline Seorang wanita berusia 30 tahun. Terapi non farmakologis dari penyakit ini adalah KECUALI.. A. kedu lutut a dan pergelangan kaki. Degenerasi rawan sendi D. Inflamasi jaringan ikat sendi akibat proses autoimun B.. LED 84 mm pada jam pertama dan kadar asam urat serum 9 mg/ dl. Artroplasti . Artritis gout D. sejak 6 bulan terakhir mengeluh nyeri dan bengkak sendi pada sendi metakarpofalangeal dan interfalang proksimal kedua tangan.. Penurunan berat badan E.. Kaku sendi dirasakan saat bangun pagi sampai siang hari. Artritis reumatoid B.. Deposisi kristal monosodium urat di jaringan E. SLE E. A. Bukan salah satu di atas 15. A. Latihan penguatan otot C. Pada pemeriksaan foto rontgen didapatkan osteofi t dengan penyempitan celah sendi. Bukan salah satu di atas Seorang wanita berusia 50 tahun bertubuh gemuk mengeluh nyeri pada kedua lututnya. Bukan salah satu di atas 13. meminimalisasikan efek samping pengobatan serta menyembuhkan penyakit. Diagnosis paling mungkin adalah. Artritis gout C.11. Tampak tanda-tanda radang pada sendi tersebut. Edukasi mengenai penyakitnya dan perawatan terhadap diri sendiri B.. 14. Latihan perbaikan lebar jangkauan gerakan D. 12..

Salah seorang sahabatnya memberi obat yang membuatnya tidak sedih lagi. sklerosis subkondral. Aktivitas sosial. 17. meloxicam 1 x 7. Diagnosis yang paling mungkin adalah. Terapi farmakologis untuk mencegah progresifitas dari penyakit diatas adalah. Pada pemeriksaan radiologi didapatkan penyempitan celah sendi.. paracetamol 3 x 500mg B. A. Dislokasi genu D. Artritis reumathoid E. diagnosis kerja yang mungkin adalah. pembentukan kista subkondral dan osteofit. SLE D. Kriteria diagnosis untuk suatu ketergantungan zat adalah KECUALI . Pasien menyangkal adanya kaku di pagi hari. Diclofenac Seorang gadis 19 tahun merasa sedih karena pacarnya memutuskan hubungan secara sepihak. Artritis reumatoid B. Osteoartritis B. Artritis gout C. Pada pemeriksaan lutut tidak didapatkan deformitas.5 mg C.. Akhir-akhir ini ia sering keluar malam untuk dugem bersama teman-temannya untuk melupakan kesedihan hatinya. C. A... Pemakaian zat dilanjutkan walaupun mengetahui masalah fisik atau psikologis . pekerjaan yang penting dihentikan karena penggunaan zat D. Dari temuan klinis tersebut. 19. A. dengan pergerakan sendi yang terbatas. Osteoartritis E. atrofi betis kanan. Capsaicin topikal E..16. SLE 18.. Bukan salah satu di atas Seorang wanita berusia 55 tahun datang ke Poli bedah RSUD dengan jalan membungkuk dan disertai pincang.. Nyeri semakin memberat dengan aktivitas fisik. Diacerrhein 2 x 1 tab D. didapatkan efusi ringan dan krepitasi. Adanya toleransi obat (kebutuhan untuk meningkatkan jumlah zat secara jelas untuk mencapai intoksikasi atau efek yang diinginkan) B. Sejak itu ia menjadi ketagihan dan menkonsumsi obat tersebut dalam jumlah/ dosis yang semakin meningkat. Ia mengeluh nyeri lutut kanan yang hilang timbul sejak 3 bulan yang lalu.. A. dan disertai dengan kekakuan sendi. terutama pada saat istirahat. Pada pemeriksaan klinis ditemukan pembengkakan pada lutut kanan.. Seorang wanita berusia 60 tahun yang bertubuh gemuk datang dengan keluhan nyeri lutut kiri dan kanan yang dirasakan jika berdiri lama. Terdapat keinginan terus-menerus atau usaha yang gagal untuk menghentikan atau mengendalikan penggunaan zat. Miositis C.

Pola pemakaian zat maladaptif yang menyebabkan gangguan atau penderitaan yang terjadi dalam waktu 1 bulan 20. Penggunaan capsaicin topikal yang merupakan alkaloid cabe digunakan untuk terapi simtomatik terhadap penyakit osteoartritis SEBAB (A) Capsaicin topikal merangsang pelepasan substansi P (mediator untuk trasmisi nyeri) dari saraf perifer dan mencegah reakumulasi dalam sel dan ujung saraf sentral dan perifer .E.