PETUNJUK TEKNIS PROGRAM BEASISWA

PERGURUAN TINGGI AGAMA ISLAM

KEMENTERIAN AGAMA RI DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM DIREKTORAT PENDIDIKAN TINGGI ISLAM TAHUN 2011

KATA PENGANTAR
Syukur Alhamdulillah, akhirnya buku Petunjuk Teknis (JUKNIS) bantuan beasiswa ini dapat diselesaikan dengan baik. Terbitnya juknis ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan berbagai pihak yang berkenaan dengan program bantuan beasiswa pendidik dan tenaga kependidikan di lingkungan Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI). Juknis ini berfungsi sebagai acuan dalam pelaksanaan program bantuan beasiswa yang memuat tentang proses dan mekanisme pengajuan bantuan beasiswa, mulai dari pendaftaran, tahapan seleksi berkas/proposal, penilaian, penetapan penerimaan bantuan sampai pada tahapan pencairan dana serta evaluasi dan monitoring. Program beasiswa yang dilaksanakan oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Islam pada tahun 2011 terdiri atas Bantuan Biaya Pendidikan (BBP) yang bersifat lepas dan Biaya Studi (BS) yang terprogram secara penuh, dengan sasaran penerima bantuan beasiswa sebanyak 2.500 peserta. Program bantuan beasiswa ini diharapkan mampu mendorong upaya peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan perguruan tinggi secara mandiri dan berkelanjutan. Karena itu pelaksanaan program ini diperlukan perencanaan yang terarah, simultan dan dilakukan secara kompetitif, agar tercipta budaya bersaing yang sehat dan akuntabel secara internal dan eksternal. Akhirnya, mudah-mudahan buku petunjuk teknis (JUKNIS) ini dapat memenuhi kebutuhan dan harapan, bukan saja bagi Pengelola Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) tetapi juga semua pihak yang terkait dan memiliki kepentingan dengan informasi program bantuan beasiswa. Jakarta, Mei 2011 DIREKTUR JENDERAL ttd

H. MOHAMMAD ALI
1

2

berakhlak mulia. dan (2) lemahnya kualitas SDM. tenaga pendidik (dosen) dituntut untuk memiliki kualitas dan profesionalisme sehingga mampu berkontribusi bagi keberlanjutan dan keterjaminan pendidikan yang bermutu. serta mampu mengaktualisasikan dirinya dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara” perlu adanya langkah-langkah starategis yang dilakukan dengan berpijak kepada dua kondisi fundamental yang ada. Direktorat Pendidikan Tinggi Islam memandang perlu untuk merumuskan sebuah petunjuk teknis (JUKNIS) pelaksanaan bantuan beasiswa sebagai acuan seluruh unit pelaksana dan perguruan tinggi penyelenggara dalam 3 . Sejalan dengan upaya melaksanakan amanat Undang-Undang dan merealisasikan visi dan misi Pendidikan Islam. berkepribadian.BAB I PENDAHULUAN A. Menyadari hal tersebut. Latar Belakang Dalam upaya mewujudkan visi pengembangan pendidikan tinggi Islam ”mengantarkan peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa. khususnya di lingkungan PTAI. Dua kondisi tersebut tercermin dari (1) kurangnya pemerataan kesempatan pendidikan. Persepsi yang hingga saat ini ada pada masyarakat Indonesia adalah masyarakat merasa sangat berat dari sisi ekonomi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan tinggi. Di sisi lain. menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Direktorat Pendidikan Tinggi Islam memandang perlu untuk merumuskan berbagai kebijakan dan implementasi program yang diantaranya adalah memberikan kesempatan kepada tenaga pendidik untuk mengikuti studi lanjut baik yang sudah mengikuti perkuliahan maupun bagi yang belum dengan menyertakan mitra Perguruan Tinggi Penyelenggara.

Meningkatkan kapasitas dan profesionalitas tenaga pendidik di bidang akademik dan keilmuan. Dosen yang sedang menyelesaikan disertasi. Meningkatkan pemberdayaan mahasiswa. Dosen yang sedang kuliah. 4. Secara khusus. 2. program bantuan ini bertujuan untuk membantu meringankan beban peserta didik dan meningkatkan kapasitas tenaga pendidik pada Perguruan Tinggi Agama Islam. Tenaga Kependidikan PTAI D. Tujuan Secara umum. program bantuan ini bertujuan untuk mendorong tenaga pendidik agar dapat: 1. Dosen yang hendak melanjutkan studi. Memperkuat kapasitas kelembagaan PTAI. pelaksanaan. 3. Meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi. B. 2.implementasi program beasiswa kepada tenaga pendidik. Program Bantuan Program-program bantuan Beasiswa PTAI yang ada di Direktorat Pendidikan Tinggi Islam tahun 2011 ini terdiri dari 2 (dua) progam besar sebagai berikut: No. C. 4. Target Sasaran Sasaran program bantuan tahun anggaran 2011 meliputi: 1. dan evaluasi sehingga dapat memenuhi asas transparan dan akuntabel. Memperluas kesempatan memperoleh pendidikan tinggi bagi tenaga pendidik. Jenis Bantuan 1 Bantuan Beasiswa Studi 2 Bantuan Biaya Pendidikan 4 Kode BS BBP . 3. Juknis ini juga diharapkan mampu memberikan panduan dalam pelaksanaan program mulai dari perencanaan. 5.

berprestasi tinggi. B. Tujuan 1. berdaya saing tinggi. 5 . mandiri. 2. Dengan demikian lembaga pendidikan tinggi Islam pun dituntut mampu menyiapkan dosen yang berkualitas. Salah satu langkah yang dapat ditempuh adalah upaya peningkatan kompetensi dan kualifikasi dosen melalui program pemberian bantuan beasiswa kepada dosen. sehingga mampu menghasilkan output dalam hal ini lulusan yang bermutu. Memenuhi kualifikasi dosen di PTAI. Hal ini penting karena salah satu persoalan yang dihadapi PTAI adalah keterbatasan dana untuk mengikutsertakan dosen dalam menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi. produktif dan memiliki kepedulian sosial tinggi serta dapat terserap lapangan pekerjaan sesuai kebutuhan masyarakat. Meningkatkan kualitas dan profesionalitas dosen sesuai dengan standar nasional pendidikan. Rasional Dosen merupakan salah satu faktor penentu kualitas pendidikan di perguruan tinggi.BAB II PROGRAM BANTUAN BEASISWA STUDI A. Dosen yang berkualitas diharapkan dapat melakukan pelayanan akademik serta memproses pendidikan ke arah pencapaian tujuan yang diharapkan. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Islam memberikan bantuan beasiswa kepada dosen untuk mengikuti jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Bantuan Beasiswa Studi (BS) diberikan kepada dosen yang akan menempuh jenjang pendidikan lebih tinggi dengan pembiayaan secara penuh dan dilakukan secara selektif. Atas dasar itulah. Untuk memperoleh dosen yang bermutu perlu disiapkan langkah-langkah strategis yang terencana dan terukur.

yaitu 1. Sasaran Secara umum sasaran program ini adalah tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di bawah naungan Kemenag RI.3. 3. Form kesanggupan menyelenggarakan pendidikan dengan model satu pintu terlampir. profesionalitas lembaga dan status akreditasi program studi yang diselenggarakan serta kesanggupan menyelenggarakan pendidikan dengan model satu pintu. Dosen Tetap (PNS DPK maupun Non PNS) di Fakultas Agama Islam (FAI) pada Perguruan Tinggi Umum (PTU). serta terikat kontrak dengan satuan kerjanya selama waktu tertentu (Dosen dan tenaga kependidikan tetap). Tenaga Kependidikan PTAI (Laboran. C. Dosen Tetap Pendidikan Agama Islam (PAI) di PTU. E. Program Studi Pilihan Program studi yang dipilih ditentukan oleh calon penerima BS dengan syarat sesuai latar belakang program studi sebelumnya 6 . Pustakawan dan Tenaga Administrasi) D. 2. Perguruan Tinggi Penyelenggara Perguruan Tinggi Penyelenggara ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam melalui Direktur Pendidikan Tinggi Islam dengan mempertimbangkan kualitas. Melakukan penguatan kelembagaan melalui peningkatan kualitas dosen pada berbagai program studi guna meningkatkan status akreditasi PTAI. 4. Dosen Tetap Yayasan Non PNS/PNS DPK pada Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (PTAIS). Dosen Tetap/PNS pada Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN). yang bertugas penuh dan tidak menjabat pada satuan kerja lain. 5. Adapun sasaran khususnya.

1 2 3 4 5 6 7 Program Studi S-3 Ilmu Komunikasi S-3 Ilmu Hukum Islam S-3 Evaluasi Pendidikan S-3 Psikologi S-3 Menejemen Pendidikan S-3 Bimbingan Konseling Tempat Study UNPAD Bandung IAIN Semarang UNY Yogyakarta UGM Yogyakarta UPI Bandung UPI Bandung Alokasi 30 orang 30 orang 20 orang 15 orang 29 orang 28 orang 16 orang S-3 Pengembangan Kurikulum UPI Bandung 2. Penerima BS Tahun 2009 No.(S1/S2) dan/atau sesuai dengan bidang studi yang diampu atau bidang tugas yang menjadi tanggungjawabnya. Penerima BS Tahun 2008 No. Beasiswa Studi Lanjutan Tahun 2009 Program ini merupakan beasiswa tahun ke-3 yang diberikan kepada dosen Tahun Akademik 2009. F. Penerima Beasiswa Studi 1. 1 2 3 4 5 Program Studi S-2 Ilmu Perpustakaan S-2 Filologi S-3 Filologi Tempat Study UI Jakarta UI Jakarta UI Jakarta Alokasi 33 orang 1 orang 5 orang 19 orang 20 orang S-2 PGRA UIN Yogyakarta S-3 Sejarah Kebudayaan Islam UIN Yogyakarta 7 . Beasiswa Studi Lanjutan Tahun 2008 Program ini merupakan beasiswa lanjutan tahun ke-4 yang diberikan kepada dosen Tahun Akademik 2008/2009 yang tengah menyelesaikan program pendidikan S3.

Penerima BS Tahun 2010 No. 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 Tempat Studi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta UIN Malik Ibrahim Malang UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta UIN Sunan Gunung Djati Bandung UIN Alauddin Makassar IAIN Sumatera Utara IAIN Walisongo Semarang IAIN Sunan Ampel Surabaya Universitas Negeri Malang Universitas Negeri Yogyakarta Universitas Pendidikan Indonesia Institut Tekhnologi Bandung Institut Pertanian Bogor Universitas Gajah Mada Yogyakarta 8 Jenjang S2 19 20 35 30 23 50 25 39 28 18 23 14 8 11 S3 40 20 19 0 27 0 20 20 30 10 18 8 1 17 Jumlah 59 40 54 30 50 50 45 59 58 28 41 22 9 28 . Beasiswa Studi Lanjutan Tahun 2010 Program ini merupakan beasiswa tahun ke-2 yang diberikan kepada dosen Tahun Akademik 2010.6 7 8 9 10 11 12 13 14 S-2 Psikologi S3 Budaya dan Media S-2 Ilmu Falaq S-2 Hadits S-3 Hadits S-2 Bahasa Arab S-3 Bahasa Arab S-2 Perbandingan Agama S-3 Perbandingan Agama UGM Yogyakarta UGM Yogyakarta IAIN Semarang IAIN Medan UIN Makassar UIN Malang UIN Malang UIN Bandung UIN Bandung 22 orang 16 orang 20 orang 20 orang 20 orang 15 orang 15 orang 15 orang 15 orang 3.

Agama dan Filsafat (S2) c. Al Akhwal Syakhsiyah (S2) d. Beasiswa Studi Lanjutan Tahun 2011 Beasiswa Studi pada tahun 2011 merupakan program terkendali yang dialokasikan kepada 100 orang setelah lulus seleksi. 1 Tempat Study UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Prodi Kajian Islam (S2 dan S3) a. Menejemen Pendidikan Islam (S2 dan S3) c. Study Islam (S3) g. Pendidikan Agama Islam (S2) e. Studi Islam (S2) f. Ekonomi Syariah (S3) a. Pendidikan Guru MI (S2) a. Pendidikan Islam (S2) b. Calon penerima beasiswa diberi keleluasaan untuk memilih program studi sesuai dengan minatnya dengan mempertimbangkan linieritas. Pendidikan Bahasa Arab (S2 dan S3) b. mata kuliah yang diampu dan kebutuhan PTAI tempat bertugas. Interdisiplinary Islamic Study (S2) d.15 16 Universitas Indonesia Universitas Negeri Jakarta 6 17 17 31 23 48 4. Studi Agama-agama (S2 9 2 UIN Malik Ibrahim Malang 3 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 4 UIN Sunan Gunung . Program Studi yang ditawarkan pada Beasiswa Studi Tahun 2011 No. PGMI (S2) f. Hukum Islam (S2) e.

f. e. b. e. a. c. d. c.Djati Bandung b. Universitas Negeri Malang c. d. d. a. 5 UIN Alauddin Makassar c. Bahasa Inggris (S2 dan S3) Pendidikan Matematika (S2 dan S3) Menejemen Pendidikan . a. b. b. c. d. b. b. a. Bahasa Indonesia (S2 dan S3) Pend. e. d. g. f. a. 10 6 IAIN Sumatera Utara IAIN Walisongo Semarang IAIN Sunan Ampel Surabaya 7 8 9 dan S3) Ilmu Agama Islam (S2) Ekonomi Islam (S2) Hukum Islam (S3) Pendidikan Islam (S3) Bahasa Arab (S3) Ilmu Hukum (S3) Pemikiran Islam (S2 dan S3) Syariat dan Hukum Islam (S2 dan S3) Sejarah dan Peradaban Islam (S2) Pendidikan dan Keguruan (S3) Komunikasi Islam (S2) Pemikiran Islam (S2) Pendidikan Islam (S2) Ekonomi Syari’ah (S2) Hukum Islam (S2) Islamic Studies (S2 dan S3) Ilmu Falak (S2) Pendidikan Islam (S2 dan S3) Pemikiran Islam (S2 dan S3) Ekonomi Islam (S2 dan S3) Tafsir (S2 dan S3) Teknologi Pembelajaran (S2 dan S3) Bimbingan dan Konseling (S2 dan S3) Pend.

Pend. Pendidikan Sains (S2) h. Pendidikan IPA (S2 dan S3) g. Bimbingan dan Konseling (S2 dan S3) b. Pendidikan kimia (S2) k.10 Universitas Negeri Yogyakarta 11 Universitas Pendidikan Indonesia (S2 dan S3) g. Pendidikan Umum (S2 dan S3) 11 . Pendidikan Gepgrafi (S2) l. Linguistik Terapan (S2) a. Tekhnologi Pembelajaran (S2) j. Pendidikan Ekonomi (S2 dan S3) h. Pend. Pendidikan IPS (S2 dan S3) f. Bahasa Indonesia (S2 dan S3) c. Pendidikan Luar Sekolah (S2) m. Pendidikan Kejujuran (S2) o. Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (S2 dan S3) b. Pendidikan Dasar (S2) e. Pendidikan Fisika (S2) n. Tekhnologi Kejuruan (S2 dan S3) c. Pendidikan Biologi (S2 dan S3) i. Pendidikan Luar Sekolah (S2) g. Pendidikan Matematika (S2) d. Pendidikan Dasar (S2) j. Bahasa Inggris (S3) d. Menejemen Pendidikan (S2) i. Pendidikan IPS (S2) f. Pend. Pengembangan Kurikulum (S2 dan S3) e. Psikologi Pendidikan (S3) a.

Linguistik Terapan (S2) 12 . Pendidikan Olahraga (S2 dan S3) f. Ekonomi (S2 dan S3) e. Pend. Pendidikan Dasar (S2) k. Pendidikan Anak Usia Dini (S2 dan S3) g. Ilmu Hukum (S2 dan S3) b. Ekonomi ( S2 dan S3) a. Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (S2 dan S3) h. Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (S2 dan S3) b. Saintek (S2 dan S3) d. Statistik (S2 dan S3) b.12 13 Institut Tekhnologi Bandung Institut Pertanian Bogor Universitas Gajah Mada Yogyakarta 14 15 Universitas Indonesia 16 Universitas Negeri Jakarta h. Saintek (S2) a. Menejemen Lingkungan (S2 dan S3) i. Kewarganegaraan (S2 dan S3) a. Menejemen Pendidikan (S2 dan S3) c. Ilmu Hukum (S2 dan S3) b. ICRS (S2 dan S3) d. Ilmu Budaya (S2 dan S3) c. Pendidikan Bahasa (S2 dan S3) e. CRCS (S2 dan S3) a. Teknologi Pendidikan (S2 dan S3) d. Pendidikan Sejarah (S2) j. Saintek (S2 dan S3) c. Saintek (S2 dan S3) a. Astronomi (S2) b.

2) Fotokopi SK pertama dan SK terakhir penempatan sebagai dosen yang telah disahkan lembaga. c. e. 2) Dosen Tetap Yayasan Non PNS/DPK pada Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (PTAIS). Surat pernyataan tidak sedang menerima bantuan beasiswa dari Kementerian Agama atau lembaga lain (APBN/APBD) yang ditandatangani di atas materai. Persyaratan Umum a. b. 3) Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku. 13 . Mengisi formulir pendaftaran sesuai dengan form yang telah ditentukan.G. 4) Fotokopi ijazah dan transkrip nilai pendidikan (S1 untuk program S2 dan S1. 4) Dosen Tetap Pendidikan Agama Islam (PAI) di PTU. Berkas permohonan yang diajukan disertai: 1) Daftar Riwayat Hidup. Mendapat rekomendasi dari pimpinan perguruan tinggi tempat bertugas yang menyatakan bahwa program studi yang akan diambil dibutuhkan untuk penguatan satuan program studi/jurusan pada perguruan tinggi tersebut. Persyaratan 1. d. Bagi dosen non-PNS pada PTAI/PTU dianjurkan mendapatkan rekomendasi dari Koordinator Kopertais (Form usulan/rekomendasi terlampir). S2 untuk program S3) yang telah dilegalisir. 5) Tenaga Kependidikan PTAI (laboran. Pemohon berstatus sebagai: 1) Dosen Tetap/PNS pada Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN). Pustakawan dan tenaga administrasi). 3) Dosen Tetap (PNS DPK maupun Non PNS) di Fakultas Agama Islam (FAI) pada Perguruan Tinggi Umum (PTU).

Biaya seleksi dapat diganti setelah mahasiswa lulus. Mengajukan permohonan kepada Direktur Jenderal Pendidikan Islam cq. Mengajukan surat tugas belajar dari pimpinan PT tempat tugas yang dikirim kepada Sekretariat Jenderal Kementerian Agama. Mengikuti seleksi yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam bertempat di perguruan tinggi penyelenggara. manfaat. metodologi penelitian. g.00 untuk S3. Diutamakan yang memiliki latar belakang pendidikan liniar dengan pendidikan sebelumnya (untuk jenjang S-2 akan dilihat S-1 nya dan untuk jenjang S-3 dilihat S-1 dan S-2 nya). biaya dan jadwal riset. transportasi dan akomodasi ke tempat tes ditanggung peserta masingmasing. f.f. d. Usia maksimal adalah 45 tahun untuk S2 dan 50 tahun untuk S3. Direktur Pendidikan Tinggi Islam. Proposal penelitian memuat: Latar belakang. Melampirkan proposal penelitian Tesis/Disertasi yang telah dikonsultasikan kepada 2 orang dosen yang ahli di bidangnya dan memiliki kualifikasi akademik minimum S3 yang dibuktikan dengan tandatangan pengesahan dari masing-masing dosen. tujuan. Persyaratan khusus a. b. Pernyataan kesediaan untuk kembali bertugas dan mengabdi pada perguruan tinggi pengirim minimal 2 kali masa studi.75 untuk S2 dan 3. terhitung setelah kelulusan. 14 . e. kajian pustaka. dialamatkan kepada Direktur Pasca Sarjana dari Perguruan Tinggi Tempat Studi yang dituju. Indeks prestasi kumulatif (IPK) pendidikan sebelumnya minimal 2. c. g. Biaya seleksi. rumusan masalah. 2.

permohonan bantuan Beasiswa Studi ditujukan kepada Direktur Jenderal Pendidikan Islam.h. Apabila lulus seleksi.id dengan ketentuan sebagai berikut: a) Menggunakan email pelamar yang masih aktif. Berkas permohonan yang dikirim memenuhi ketentuan sebagai berikut: 1) dikirim secara perorangan. 5. b) Subjek email diberi judul “BS-11-Nama pelamar”. d) Email yang dikirim setelah melewati batas tanggal yang ditentukan tidak akan diseleksi lebih lanjut. peserta bersedia menandatangani kontrak perjanjian. 7. c) Email yang dikirimkan harus disertai dengan identitas dan kontak dari pengirim. Contoh “BS-11-ABDULLAH”. 15 . Pengumuman ditayangkan melalui website www.go. i.xls”. Dalam berkas permohonan tersebut.ditpertais. Prosedur Pengajuan Bantuan 1. H. 3. 6. Mengunduh (download) Form.net dan dikirimkan melalui surat kepada Pimpinan PTAI dan Kopertais di seluruh Indonesia. Mengisi formulir Form. BS-11 dan disimpan dengan nama sesuai dengan aturan: “BS-11-Nama Pelamar”.go.kemenag.id / www. Mengirim berkas permohonan yang dialamatkan kepada Direktur Pasca Sarjana dari Perguruan Tinggi Tempat Studi yang dituju. Contoh: “BS-11-ABDULLAH. BS-11 dari website tersebut. Mengirim formulir Form. 4. Peserta bersedia mengikuti pendidikan pada Perguruan Tinggi yang telah ditetapkan. 2. BS-11 yang telah diisi ke email: bs2011@kemenag.

2. e. copy ijazah pendidikan sebelumnya (dilegalisir).2) pemohon yang mengajukan berkas permohonan lebih dari satu Perguruan Tinggi tempat tugas yang berbeda. d. copy SK pertama dan SK terakhir penempatan sebagai dosen. hanya salah satu berkas yang akan diproses dan dipilih secara acak oleh panitia. b. I. ITB dan UI. b. c. g. Tes tertulis hanya dilakukan di perguruan yang telah ditunjuk oleh Direktorat Pendidikan Islam kecuali untuk peserta yang melamar IPB. 3) berkas permohonan terdiri dari: a. Seleksi administratif Seleksi administratif dilakukan oleh Tim yang dibentuk oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam. surat rekomendasi dari pimpinan PTAI tempat bertugas. copy transkrip pendidikan sebelumnya (dilegalisir). tes tertulis dilaksanakan sesuai dengan jadwal akademik Perguruan Tinggi masing-masing. h. daftar riwayat hidup. Seleksi Untuk memperoleh bantuan biaya pendidikan. 4) Tim seleksi tidak menerima berkas permohonan susulan atau berkas permohonan tambahan setelah berkas pertama diterima. copy Kartu Tanda Penduduk (KTP). print out formulir Form BS-11 yang telah diisi. Untuk mendapatkan 16 . Tes tertulis a. surat pernyataan tidak sedang menerima bantuan serupa dari pihak lain (APBN/APBD) yang ditandatangani di atas materai. Bagi peserta yang melamar IPB. f. ITB dan UI. calon harus menjalani serangkaian proses seleksi sebagai berikut: 1.

id. Biaya pendidikan. yaitu biaya yang diterimakan PT Penyelenggara. Gelar akademik yang dikeluarkan oleh perguruan tinggi sesuai dengan jenjang pendidikan yang diikuti. meliputi: SPP. Memperoleh layanan pendidikan dari PT bersangkutan. ITB dan UI. K. d. dll. Untuk UI dapat memperoleh keterangan dari http://penerimaan. Ujian-ujian. wisuda. Komponen Pembiayaan 1.sps.ac. Menerima bantuan biaya pendidikan. dll selama mengikuti masa studi (4 semester bagi peserta program S2 dan 7 semester bagi peserta S3). Mendapat pendidikan dan pengajaran dari dosen yang berkualitas dan ahli pada bidangnya.keterangan lebih lanjut peserta dapat mencari informasi langsung ke IPB. J. Calon mahasiswa diharuskan menyerahkan sertifikat TOEFL dengan nilai 475 atau ELPT nilai 75 dan TPA yang diselenggarakan oleh Bappenas dengan nilai di atas 475. Peserta dapat memilih lokasi tes sesuai dengan kondisi masing-masing. Formulir dapat diperoleh dari www. Materi tes tertulis sesuai jadwal yang ditetapkan. meliputi: living-cost. yaitu biaya yang diterimakan mahasiswa.ipb.ac. transport PP satu kali. c.itb. harus mengisi secara lengkap formulir secara online atau manual. d.pmbpasca.id. Hak a. penelitian.id . b. Untu calon mahasiswa IPB harus mendaftar online di www.ui.ac. Biaya mahasiswa. 17 . Khusus untuk calon mahasiswa ITB. 2. Hak dan Kewajiban Penerima 1. c.

Bagi dosen PNS. f. Apabila dalam masa studi belum dapat diselesaikan dalam batas waktu tersebut. melaporkan dan mengajukan surat tugas belajar dari PT masing-masing yang ditujukan kepada Sekretaris Jenderal Kementerian Agama. maka peserta wajib mengembalikan ke kas negara seluruh biaya sebesar bantuan yang telah dikeluarkan kepada peserta selama mengikuti pendidikan. Mengajukan surat tugas belajar dari pimpinan PT tempat tugas yang dikirim kepada Sekretariat Jenderal Kementerian Agama. PT Penyelenggara. maka biaya penyelesaian studi menjadi tanggung jawab peserta yang bersangkutan. i. c. 18 . b. Memperoleh pembebasan biaya kuliah dan biaya administrasi lainnya dari perguruan tinggi bersangkutan sesuai yang tercantum dalam RAB selama masa studi yang ditetapkan. Bantuan hanya diberikan dalam batas waktu yang telah ditentukan. 2. d. Mematuhi semua peraturan dan ketentuan yang berlaku pada perguruan tinggi penyelenggara program dan lembaga pemberi bantuan biaya pendidikan (beasiswa). dan PT Pengirim. Menjaga nama baik lembaga pemberi beasiswa. e. h. g.e. Lulus dalam jangka waktu secepat mungkin atau maksimal sesuai batas waktu yang ditentukan (S2 selama 4 semester dan S3 selama 7 semester). Menandatangani dokumen perjanjian bantuan BS. Apabila peserta tidak dapat menyelesaikan studi karena mengundurkan diri atau drop out. Mengikuti perkuliahan dengan sungguh-sungguh untuk mencapai prestasi belajar yang optimal. Kewajiban a.

penerima mengundurkan diri dari Program Beasiswa Studi atas kemauan sendiri. 3. N. 5. 4. Penghentian Beasiswa Studi Beasiswa Studi S2/S3 diberhentikan apabila: 1. M.j. hasil monitoring dan evaluasi menyatakan penerima tidak layak melanjutkan studi karena tidak mencapai standar mutu minimum prestasi akademik. tidak mampu menyelesaikan studi dalam batas waktu yang telah ditentukan. 6. maka yang bersangkutan berkewajiban mengganti kerugian negara sesuai ketentuan yang berlaku. Mengabdi pada perguruan tinggi pengirim minimal 2 kali masa studi. cacat atau sebab lain yang menyebabkan bersangkutan tidak dapat melanjutkan pendidikan sesuai dengan peraturan perundangan kepegawaian. 2. sakit. Sanksi Penerima bantuan biaya pendidikan yang tidak menggunakan dan/atau tidak melaporkan penggunaan dana bantuan sebagaimana ketentuan yang berlaku akan dikenakan sanksi berupa pengembalian uang sejumlah yang diterima ke kas Negara dan tidak dapat menerima bantuan serupa pada tahun berikutnya. L. Jadwal No. meninggal dunia. 1 Uraian Kegiatan Pendaftaran via email dan pengiriman berkas Waktu Pelaksanaan 16 Mei – 13 Juni 2011 19 . telah menyelesaikan studi yang dibuktikan dengan hasil ujian Tesis (S2) atau Disertasi (S3).

MA 081315823767 spsuin@centrin. 3 Pisangan Barat Cirendeu Ciputat 15419 Telp. Gajayana 50 Malang 65144 Telp.id 2 Dr. O.: (0274) 519709 20 . Samsul Hady.Ag 081334707435/0341 57703 hadysambudy@yahoo. M. 0341-577033 Kontak Person Prof. M. 021-74700919 UIN Malik Ibrahim Malang Jl.2 3 4 5 6 7 8 Seleksi administrasi Pengumuman hasil seleksi administrasi Tes Tertulis S2 dan S3 Tes Lisan (Khusus S3 PTAI) * Pengumuman kelulusan Pendaftaran Ulang Matrikulasi/Pra Pascasarjana/kuliah 16 – 20 Juni 2011 22 Juni 2011 5 Juli 2011 Ditentukan masingmasing PTAI Akhir bulan Juli 2011 Disesuaikan dengan kalender akademik PT penyelenggara.id Prof. 1 Lembaga & Alamat UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Jl. Alamat PT Penyelenggara dan Kontak Person No. Khoiruddin Nasution 081328307750 3 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Jalan Marsda Adisucipto Yogyakarta Telp. Kertamukti No. Dr. 021-7401472 Fax.net. Suwito.c o./Fak. *) Tes lisan dilakukan di Perguruan Tinggi yang dipilih dan mekanismenya diserahkan kepada Perguruan Tinggi bersangkutan.

Alauddin 63 Makassar Telp. 031 8420118 Fax. Pembangunan Komp. 0341-551334 Universitas Negeri Yogyakarta Karang malang Yogyakarta 55281 Telp. Aan Hasanah 081317199511 Dr. Jend. Yani 117 Surabaya 60237 Telp. 0274 -550835 21 Dra. H. 315) Fax. 031 8420118 Universitas Negeri Malang Jl. 022-7800249 Fak. 081330073777 6 7 8 9 Dra. 0411-862450 Fax. 061 8465290 Fax.com Prof. A. Ph. Kharis.id 10 . 70774414 IAIN Sunan Ampel Surabaya Jl.4 5 Faks.com/ ppsiain@indosat. 105 Bandung Telp.ac. 3 – 5 Semarang Telp / Fax 024 7614454.net. 061 8465290 IAIN Walisongo Semarang Jl. 0341-551312 (Psw.id Dra. A. M.: (0274) 557978 UIN Sunan Gunung Djati Bandung Jl.Ag 081361336630/08529631 7227 irwanfarin@gmail. 0411-864923 IAIN Sumatera Utara Jl.com Masdar Hilmy. Nasution no. Asnil Aidah Ritonga. Firdaus 085299361313 firdaus_uinmakassar@y ahoo. Dr. Walisongo No.co. 022-7800249 UIN Alauddin Makassar Jl. MA.id M. Djukri 081328837734 pps@uny.D. SH 081225196396 pascawalisongo@yahoo . Semarang 5 Malang 65145 Telp. Pondok Surya Helvetia Timur Medan 20214 Telp. Komariyah 081334704329 kasubbagtuppsum@yah oo.

itb. M. 022-2502360 Institut Pertanian Bogor Jl.itb.co. Dr.ac. 021 7270009 Universitas Negeri Jakarta Jl. 0274 5642369 Universitas Indonesia Kampus Universitas Indonesia Depok 16424 Telp. 0274-56600 Universitas Pendidikan Indonesia Jl. 022-2005090 Institut Tekhnologi Bandung Jl.11 12 Fax.id biemo@sps. Setiabudi no. Ganesha 10 Bandung 40132 Telp.id 022-2515032 022-2503659 Muladno 0251-8628448 14 Nurhiyati 08112505563 0274564239 15 Titik Pujiastuti 081388097108 16 Dra. 022-2515032 Fax.itb. 0251-8622642 Universitas Gajah Mada Yogyakarta Jl. Rawamangun Muka Jakarta 13220 Indonesia Telpon: 021-4890046 Fax: 021-4893726 Prof.ac.org 22 . Teknika Utara Pogung Yogyakarta Telp. Agus Rahayu 081223884400 agus_rhy07@yahoo.Pd 08121026762/ 021-4721340 tu@ppsunj. 022-2002320 Fax.ac. 0274 901210 Fak.id infos2@sps. Dr. 229 Bandung 40154 Telp. Sri Setiti HS. 021-7863528 – 29 Fak. Raya Darmaga Kampus IPB Darmaga Bogor 16680 Jawa B arat Telp.id 13 upik@fmipa.

Dengan terbatasnya peluang memperoleh beasiswa yang dapat diakses di satu sisi. Meningkatkan kualitas dosen pada Perguruan Tinggi Agama Islam. karena ada dua tuntutan sekaligus yaitu penyelesaian studi tepat waktu dan pemenuhan biaya untuk membiayai kelangsungan studi. 3. Rasional Dalam upaya pemenuhan kompetensi dan kualifikasi sebagai dosen seperti dipersyaratkan dalam Standar Nasional Pendidikan. Kondisi seperti ini pada gilirannya mengakibatkan terjadinya mahasiswa terlambat dalam penyelesaian studi. Atas dasar itulah. tuntutan kompetensi dan kualifikasi di sisi lain. 2. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Islam memberikan bantuan biaya pendidikan kepada dosen yang menempuh studi S2 atau S3 pada program studi di perguruan tinggi. telah mengkondisikan para dosen untuk melanjutkan studi dengan pendanaan sendiri.BAB III PROGRAM BANTUAN BIAYA PENDIDIKAN (BBP) A. 23 . B. atau bahkan tidak mampu menyelesaikan studi. Kondisi ini tentu berpengaruh terhadap konsentrasi studi. Mempercepat penyelesaian studi mahasiswa. Tujuan 1. Memperluas akses dan kesempatan studi lanjut bagi dosen. telah memotivasi para dosen untuk melanjutkan studi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Bantuan yang diberikan kepada dosen yang sedang melanjutkan proses pembelajaran dan masih menduduki sebagai mahasiswa pada perguruan tinggi tempat belajar.

Bantuan ini merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada sasaran yang sedang menempuh pendidikan S2 atau S3 dengan biaya mandiri dan tidak sedang mendapatkan bantuan atau beasiswa serupa dari pihak lain. Sasaran Secara umum sasaran program ini adalah tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di bawah naungan Kemenag RI. D. Persyaratan umum a. Persyaratan 1. Berstatus sebagai: 1) Dosen Tetap/PNS pada Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN). Adapun sasaran khususnya. 3) Dosen Tetap (PNS DPK maupun Non PNS) di Fakultas Agama Islam (FAI) pada Perguruan Tinggi Umum (PTU). 24 . E. yang bertugas penuh dan tidak menjabat pada satuan kerja lain. 5) Tenaga Kependidikan PTAI (Laboran. serta terikat kontrak dengan satuan kerjanya selama waktu tertentu (Dosen dan tenaga kependidikan tetap). yaitu 1) Dosen Tetap/PNS pada Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN). Jenis Bantuan Bantuan beasiswa yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Tahun Anggaran 2011 dalam program ini adalah Bantuan Biaya Pendidikan S2 dan S3 (BBP). 4) Dosen Tetap Pendidikan Agama Islam (PAI) di PTU. 2) Dosen Tetap Yayasan Non PNS/DPK pada Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (PTAIS). Pustakawan dan Tenaga Administrasi PTAI).C. 2) Dosen Tetap Yayasan Non PNS/DPK pada Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (PTAIS).

5) Tenaga Kependidikan PTAI (Laboran. 2) Fotokopi SK pertama dan SK terakhir penempatan sebagai dosen. Pustakawan dan Tenaga Administrasi PTAI). dan khusus bagi dosen non-PNS pada PTAIS dan PTU dianjurkan menyertakan rekomendasi dari Koordinator Kopertais (Form usulan/rekomendasi terlampir). 25 .b. d. IAIN dan STAIN). c. BPP-11. 3) Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku. 4) Fotokopi surat izin belajar dari pimpinan PT tempat tugas. Mengajukan berkas permohonan yang dilengkapi dengan: 1) daftar riwayat hidup. dilakukan secara kolektif yang diusulkan dan ditandatangani oleh Rektor/Ketua sebagaimana dalam formulir terlampir. Mengisi dan mengirim formulir From. Pengajuan bantuan biaya pendidikan S2 dan S3 bagi dosen pada PTAIN (UIN. 4) Dosen Tetap Pendidikan Agama Islam (PAI) di PTU. Mendapat rekomendasi dari pimpinan PT tempat bertugas. e. Sedangkan bagi S3 yang sedang promosi Doktor wajib menyertakan surat keterangan dari Direktur Pascasarjana tempat studi yang menyatakan bahwa pemohon sedang merencanakan ujian promosi doktor pada tahun 2011 dan proposal penelitian sebagaimana pada persyaratan khusus. 3) Dosen Tetap (PNS DPK maupun Non PNS) di Fakultas Agama Islam (FAI) pada Perguruan Tinggi Umum (PTU). 5) surat keterangan sebagai mahasiswa dari pimpinan PT tempat studi.

net dan dikirimkan melalui surat kepada Pimpinan PTAI dan Kopertais di seluruh Indonesia.xls” 26 . 8) surat pernyataan tidak sedang menerima bantuan biaya pendidikan atau bantuan penyelesaian studi dari Kementerian Agama atau lembaga lain yang ditandatangani di atas materai.6) Fotokopi Sertifikat Pendidik (khusus dosen non-PNS PTAIS untuk program S3) 7) Fotokopi transkrip Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) terakhir. Mengunduh (download) formulir Form. Persyaratan khusus Bagi Dosen yang sedang melaksanakan Promosi Doktor: 1) menyertakan surat keterangan Direktur Pascasarjana tempat studi yang menyatakan bahwa pemohon sedang merencanakan ujian promosi doktor pada tahun 2011. Contoh: “BBP-11AHMAD. NPWP dan referensi Bank yang menyatakan bahwa rekening tersebut masih aktif dan benar. Prosedur Pengajuan Bantuan 1. 2) melampirkan proposal penelitian yang memuat: Latar belakang. metodologi penelitian. rumusan masalah. kajian pustaka. BBP-11 dari website tersebut. manfaat.id / www. 2. 2. Pengumuman akan ditayangkan melalui website www. (untuk via kantor pos sesuai dengan ketentuan berlaku). tujuan.go. biaya dan jadwal riset.ditpertais. Mengisi formulir Form. 9) Fotokopi rekening Bank yang masih berlaku. F.kemenag. 3. BBP-11 dan menyimpan file tersebut dengan aturan: BBP-11-Nama Pelamar.

dikirim secara perorangan.4. BBP-11 yang telah diisi. menggunakan email pelamar yang masih aktif.go. 7) Fotokopi transkrip dari semester awal sampai semester terakhir. Mengirim formulir Form. 3-4 Jakarta.id dengan ketentuan sebagai berikut: a. c. dengan ketentuan sebagai berikut: a. berkas permohonan terdiri dari: 1) print out formulir Form. 8 Kamar B-806 Jl. d. pemohon yang mengajukan permohonan lebih dari satu Perguruan Tinggi tempat tugas yang berbeda. subjek email diberi judul “BBP-11-Nama pelamar”. 3) Fotokopi SK pertama dan SK terakhir penempatan sebagai dosen. 6) Fotokopi ijazah pendidikan sebelumnya. BBP-11 yang telah diisi ke email bbp2011@kemenag. b. hanya salah satu berkas yang akan diproses dan dipilih secara acak oleh panitia. email yang dikirimkan harus disertai dengan identitas dan kontak dari pengirim. email yang dikirim setelah melewati batas tanggal yang ditentukan tidak akan diseleksi lebih lanjut. Contoh “BBP-11-AHMAD”. 8) surat keterangan sebagai mahasiswa aktif dari pimpinan perguruan tinggi tempat studi. 4) Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP). b. 27 . Direktur Pendidikan Tinggi Islam. Lapangan Banteng Barat No. Mengajukan berkas permohonan kepada Direktur Jenderal Pendidikan Islam. 5) Fotokopi surat izin belajar dari perguruan tinggi tempat tugas. c. 5. dengan alamat Kementerian Agama RI Lt. cq. 2) daftar riwayat hidup.

Estimasi Kelulusan. Prestasi Akademik. dan Program studi yang ditempuh. 10)Fotokopi rekening Bank yang masih berlaku. tidak lagi berstatus sebagai dosen tetap. 11) tim seleksi tidak menerima berkas susulan atau berkas tambahan setelah berkas pertama diterima. 3. Program studi yang ditempuh dan judul disertasi/penelitian yang dihasilkan menunjang kebutuhan pengembangan lembaga. 6. dan S3 waktu tempuh 3 tahun + 2 semester) 4. dan 7. dilakukan oleh Tim yang dibentuk oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam. SK edukatif. Seleksi dan penilaian terhadap peserta didasarkan pada kriteria sebagai berikut: 1. 28 . Waktu tempuh studi (S2 waktu tempuh 2 tahun.9) surat pernyataan tidak sedang menerima bantuan biaya pendidikan atau bantuan penyelesaian studi dari Kementerian Agama atau lembaga lain yang ditandatangani diatas materai. H. Matakuliah yang diampu. b. NPWP dan referensi Bank yang menyatakan bahwa rekening tersebut masih aktif dan benar. Pembatalan Bantuan Biaya Pendidikan Bantuan Biaya Pendidikan dapat dibatalkan apabila: a. Linieritas antara latar belakang pendidikan. 5. Seleksi Seleksi administratif terkait dengan persyaratan yang ditentukan. Kelengkapan dan keakuratan data yang disampaikan 2. G. Lebih diutamakan bagi dosen yang belum pernah menerima bantuan serupa. penerima mengundurkan diri dari Program Bantuan Biaya Pendidikan.

2. d. meninggal dunia. J. Hak Memperoleh dana bantuan biaya pendididkan (BBP) sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. e. Kewajiban a. terbukti telah lulus sebelum tahun 2011. K. selambat-lambatnya 3 bulan setelah tanggal SK penetapan penerima bantuan biaya pendidikan. I. b. Sanksi Penerima bantuan biaya pendidikan yang tidak menggunakan dan/atau tidak melaporkan penggunaan dana bantuan sebagaimana ketentuan yang berlaku akan dikenakan sanksi berupa pengembalian uang sejumlah yang diterima ke kas Negara dan tidak dapat menerima bantuan serupa pada tahun berikutnya. 1 2 Uraian Kegiatan Pendaftaran via email dan pengiriman berkas Seleksi administrasi Waktu Pelaksanaan 15 Mei – 13 Juni 2011 Minggu III Juni 2011 29 . Hak dan Kewajiban Peserta Penerima Bantuan Biaya Pendidikan 1.c. melaporkan penggunaan dana bantuan sesuai dengan ketentuan kepada Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Islam. terbukti mendapat bantuan serupa dari APBN/APBD pada tahun yang sama. Jadwal No. menggunakan bantuan untuk proses pembelajaran dan penyelesaian studi sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

kemenag.ditpertais. 30 .net dan dikirimkan melalui surat kepada Pimpinan PTAI dan Kopertais di seluruh Indonesia.3 Pengumuman penerima bantuan Minggu I Juli 2011 Pengumuman penerima bantuan akan ditayangkan melalui website www.go.id / www.

31 . Lapangan Banteng Barat No. Jl. 3 – 4 Jakarta Pusat. Untuk informasi lebih lanjut terkait dengan program beasiswa yang tercantum dalam panduan ini dapat menghubungi Subdit Ketenagaan Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.BAB IV PENUTUP Pedoman ini merupakan acuan dan petunjuk dalam pelaksanaan program bantuan beasiswa Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam tahun 2011.

Rektor/Dekan/Ketua.FORM SURAT KETERANGAN TIDAK SEDANG/DIUSULKAN MENDAPAT BEASISWA Assalamu’alaikum Wr. Wb. …………….. Jika ternyata pernyataan saya tersebut tidak benar dan saya menerima beasiswa ganda. Saya pada saat/tahun ini tidak sedang atau akan menjadi penerima beasiswa dari manapun. 2. Wb. Yang membuat Pernyataan. Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan penuh kesadaran dan tanpa paksaan dari pihak manapun. …..) NIM: ……………………… 32 . Wassalamualaikum Wr. (…………………………. …… 2011 Mengetahui. maka saya sanggup mengembalikan beasiswa yang telah saya terima. Saya yang bertanda tangan di bawah ini : Nama : ________________________ Tempat & tanggal lahir : ________________________ Nomor Induk Mahasiswa : ________________________ Fakultas : ________________________ Jurusan/Prodi : ________________________ Semester : ________________________ Alamat : ________________________ dengan ini menyatakan bahwa: 1.) (…………………………….

Simpan file ini dengan format: BS-11-Nama Pemohon. Swasta 2. Perubahan atau modifikasi terhadap format formulir ini dapat menyebabkan data Anda tidak terbaca.xls dan kirimkan ke email bs2011@kemenag.FORMULIR PENGAJUAN BANTUAN BEASISWA STUDI (BS) DIREKTORAT PENDIDIKAN TINGGI ISLAM TAHUN ANGGARAN 2011 PERHATIAN: Form. Perempuan 33 . Laki . PNS 2. Negeri 1. Kepada Yth. TEMPAT TUGAS Nama PTAI Alamat PTAI Status Perguruan Tinggi Status Kepegawaian N I P (jika sebagai PNS) Fakultas/Jurusan Program Studi / Konsentrasi Akreditasi Program Studi Mata Kuliah yg diampu Jabatan Fungsional Angka Kredit Bidang Keahlian Jika sebagai Dosen DPK.go. DATA DIRI Nama Tempat Lahir Tanggal Lahir Jenis Kelamin Agama Nomor KTP Alamat Telepon Email B. Non-PNS (Tanggal / Bulan / Tahun) 1.wb.Laki 2. BS-11 Isian harus menggunakan format asli. Yang bertandatangan di bawah ini: A.id serta dicetak dan dikirim bersama berkas permohonan. Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama di Jakarta Assalamu'alaikum wr. PTAIN Tempat Tugas Utama 1.

LATAR BELAKANG PENDIDIKAN JENJANG NAMA PERGURUAN TINGGI S1 S2 PRODI/KONSETRASI TAHUN LULUS IPK D.C. Ada 1. Ada 2. Tidak Ada Tahun Tahun Tahun Tahun 2. BANTUAN YANG DIAJUKAN Program Studi (pilih salah satu) Jika Anda memilih Saintek. Ada Copy transkrip nilai pendidikan sebelumnya 1. 3. Apabila dikemudian hari terbukti ada hal yang tidak benar. Ada Copy SK terakhir penempatan sebagai dosen 1. Tidak Ada Tahun Tahun Tahun Copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku Surat Rekomendasi dari Pimpinan PTAI Tempat Tugas Surat Pernyataan Tidak Sedang Menerima Bantuan dari Kementerian Agama (APBN/APBD) Surat Pernyataan Kesediaan Untuk Kembali Bertugas dan Mengabdi Pada Perguruan Tinggi Pengirim Bermaksud untuk mengajukan bantuan Beasiswa Studi Tahun 2011. wb. Ada Copy Ijazah pendidikan sebelumnya 1. Tidak Ada 2. Tuliskan Prodinya Perguruan Tinggi Tempat Tes Seleksi Alasan Singkat Mengapa Anda Mengajukan Beasiswa Studi tersebut: E. saya sampaikan terima kasih. Tidak Ada 2. Semoga hal tersebut dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan atas usulan yang telah saya ajukan. Tidak Ada 2. Berkas permohonan ini dilengkapi dengan dokumen sebagaimana tersebut di atas. 2. 5. Yang Mengajukan. 8. Tidak Ada 2. Segala yang saya tulis dalam formulir ini adalah benar. Ada 1. 6. Wassalamu’alaikum wr. Copy SK pertama sebagai dosen 1. Demikian atas perhatian dan bantuan Bapak. Tidak Ada 2. KELENGKAPAN DALAM BERKAS PERMOHONAN 1. 4. Ada 1. 7. saya bersedia menanggung akibatnya. 0 34 . Ada 1. Tidak Ada 2.

id serta dicetak dan dikirim bersama berkas permohonan.go. Yang bertandatangan di bawah ini: A.Laki 2. Perempuan 35 . Perubahan atau modifikasi terhadap format formulir ini dapat menyebabkan data Anda tidak terbaca. Negeri 1. F Kepada Yth. Swasta 2. Laki . DATA DIRI Nama Tempat Lahir Tanggal Lahir Jenis Kelamin Agama Nomor KTP Alamat Telepon Email B. Simpan file ini dengan format: BBP-11-Nama Pemohon.xls dan kirimkan ke email bbp2011@kemenag.wb. Non-PNS (Tanggal / Bulan / Tahun) 1. Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama di Jakarta Assalamu'alaikum wr.FORMULIR PENGAJUAN BANTUAN BIAYA PENDIDIKAN (BBP) DIREKTORAT PENDIDIKAN TINGGI ISLAM TAHUN ANGGARAN 2011 PERHATIAN: Isian harus menggunakan format asli. PNS 2. PTAIN Tempat Tugas Utama 1. TEMPAT TUGAS Nama PTAI Alamat PTAI Status Perguruan Tinggi Status Kepegawaian N I P (jika sebagai PNS) Fakultas/Jurusan Program Studi / Konsentrasi Akreditasi Program Studi Mata Kuliah yg diampu Jabatan Fungsional Angka Kredit Bidang Keahlian Jika sebagai Dosen DPK.

Ada Copy Ijazah pendidikan sebelumnya 1. 9. Bantuan Biaya Pendidikan S2 2. 6. Ada 1. Ada 2. Tidak Ada Tahun 2. Bantuan Biaya Pendidikan S3 3. Tidak Ada 2. TEMPAT STUDI Jenjang Pendidikan Nama Perguruan Tinggi Alamat Fakultas/Jurusan Program Studi / Konsentrasi Tahun Masuk 1. Ada Copy Surat Izin Belajar dari PTAI Tempat Tugas 1. Ada Surat Rekomendasi dari PTAI Tempat Tugas 1. Ada Copy SK pertama sebagai dosen 1. 7. Tidak Ada Tahun 2. 4. Promosi Doktor Alasan Singkat Mengapa Anda Layak Mendapatkan Bantuan Biaya Pendidikan F. Ada Copy transkrip nilai pendidikan sebelumnya 1. Ada Fotocopy Kartu Mahasiswa 1. BANTUAN Bantuan yang diajukan 1. 3. Tidak Ada Tahun 2. Tidak Ada Copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku 36 . Tidak Ada Tahun Tahun 2. 8. LATAR BELAKANG PENDIDIKAN JENJANG NAMA PERGURUAN TINGGI S1 S2 PRODI/KONSETRASI TAHUN LULUS IPK E. Daftar Riwayat Hidup 1. Tidak Ada 2. 2. KELENGKAPAN BERKAS 1. Tidak Ada 2.C. Ada Copy SK terakhir penempatan sebagai dosen 1. S2 2. Tidak Ada Tahun Tahun 2. S3 D. 5.

Ada 12. Segala yang saya tulis dalam formulir ini adalah benar adanya. Tidak Ada 2. wb. Tidak Ada Tahun Tahun Tahun 11. 0 37 .10. Fotocopy Transkrip Indek Prestasi Bermaksud untuk mengajukan bantuan biaya pendidikan tahun 2011sebagaimana yang tersebut diatas. Surat Pernyataan Belum Menerima Bantuan dari Kementerian Agama (APBN/APBD) Yang Mengajukan. Demikian atas perhatian dan bantuan Bapak. Rekomendasi dari PT Tempat Studi 1. Ada 2. Apabila terdapat hal-hal yang tidak benar dikemudian hari. Tidak Ada 2. saya bersedia menanggung akibatnya. 1. Wassalamu’alaikum wr. Formulir ini juga dilengkapi dengan proposal sesuai dengan data yang telah saya rangkum. saya sampaikan terima kasih. Ada 1. Semoga hal ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan atas usulan tersebut.

Form Usulan Rekomendasi KOP PTAIN/KOPERTAIS Nomor Lamp. Dalam rangka penguatan lembaga dan pengembangan diri dosen/tenaga kependidikan. Wb. Perihal : : : Usulan/rekomendasi beasiswa Diktis 2011 Kepada Yth Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementriaan Agama RI diJakarta Assalamu’alaikum Wr.Lamp. Sebagai bahan pertimbangan. Rektor/Ketua/Koordinator KOPERTAIS ……………………… merekomendasikan Saudara: Nama : ……………………………*) NIP : …………………………… Dosen pada**) :PTAI/Fakultas/Jurusan ……………. kami sampaikan data pendukung sebagai berikut: No 1 2 3 … Nama Prodi Jumlah Dosen Tetap S1 S2 S3 Jml Keterang an Mhs 38 . Matakuliah diampu : ……………………………………………… untuk dapat memperoleh bantuan/beasiswa pendidikan S2/S3 dari Direktorat Diktis tahun 2011.

. ………………………………………………… … NIP Tembusan: ………………………………………. *) dapat dibuat secara kolektif dengan menyebutkan dalam daftar.Selain itu perlu disampaikan bahwa dalam DIPA/POK kami tahun anggaran 2011 terdapat alokasi untuk bantuan/beasiswa dosen/tenaga kependidikan PTAI sebesar Rp……………………………………… untuk ……………… orang/paket. Wb. Demikian. ……………. 2011 Rektor/Ketua/Koordinator …………………………………………………. Wassalamu’alaikum Wr.. . **) sebutkan pustakawan atau laboran jika berstatus tenaga kependidikan. atas perhatian Bapak/Saudara dan kerjasama yang baik kami sampaikan terima kasih. 39 .. ………………… .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful