P. 1
Cara Bagaimana Menentukan Target Pasar Yang Tepat

Cara Bagaimana Menentukan Target Pasar Yang Tepat

|Views: 185|Likes:

More info:

Published by: Gilang Künstler Ramadhan on Jun 01, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/08/2015

pdf

text

original

Cara Bagaimana Menentukan Target Pasar yang Tepat Sekarang mari kita diskusi tentang bagaimana cara menentukan

target konsumen yang benar. Bahasan kali ini agak rumit. Jadi anda harus baca pelan-pelan, karena targeting merupakan salah satu pondasi utama dalam strategi pemasaran. Targeting juga termasuk penentu berhasil tidaknya sebuah produk laku di pasaran. Jadi kalau ada yang kurang jelas anda bisa tanyakan lewat kotak komentar. Insya Allah saya akan jawab, kalau saya bisa lho… Ok, mari kita bahas. Perlu anda ketahui bahwa kesalahan membidik target pasar bisa mengakibatkan terbuang sia-sia sumberdaya yang telah anda keluarkan. Saya pernah terangkan pada artikel yang lalu tentang segmentasi pasar. Anda harus paham bahwa pada dasarnya setiap produk mempunyai konsumen sendiri-sendiri. Membuat sebuah produk untuk semua jenis konsumen adalah hal yang mustahil. Mengapa? Karena setiap orang mempunyai selera dan kebutuhan yang berbeda-beda. Gampangnya seperti ini, jika tetangga anda suka motor sport, apakah anda juga suka motor sport? Belum tentu kan? Bisa jadi anda lebih suka motor yang ringan seperti motor matic. Atau lebih parah lagi, anda nggak suka kedua-duanya. Anda lebih suka mobil barangkali. Kalau yang ini mah kemaruk namanya, ha..ha..ha.. Nah, untuk menentukan targeting ada dua langkah awal yang harus anda lakukan. 1. Menentukan Kelompok-Kelompok Pembeli Pertama-tama, anda tentukan kelompok-kelompok pembelinya. Dalam menentukan kelompok pembeli (biasa disebut segmentasi pasar), anda jangan terjebak pengelompokan hanya berdasarkan demografi semata. Anda juga harus lihat kebiasaan mereka dalam melakukan pembelian. Misalnya kelompok pecinta kuliner malam hari. Mereka ini kebiasaannya makan lagi setelah mereka makan malam. Bisa jam 12 malam bahkan ada yang makan jam 2 pagi. Mentong kalau orang Jawa Timur bilang. Di sini anda bisa lihat ada banyak kelompok pembeli. Ada yang suka bakmi Jawa, ada yang suka gudeg, ada yang demen nasi jamblang atau ada yang hobinya makan di angkringan. Kemudian anda pilih salah satu dari kelompok pembeli tersebut. Misalkan pecinta gudeg. Dari sini anda masih bisa menyempitkan lagi, istilahnya pasar ceruk, menjadi segmen pasar pecinta kuliner malam hari gudeg Jogja yang kering dan tidak begitu manis. Paham kan? 2. Menentukan Manfaat-Manfaat Utama yang Dicari oleh Kelompok Pembeli Pada Suatu Produk Setelah poin pertama sudah anda tentukan, langkah selanjutnya adalah mengetahui manfaat utama yang paling dicari oleh target konsumen anda tadi. Masih menggunakan contoh segmen pasar pecinta gudeg, anda harus cari tahu apa yang paling mereka inginkan.

Apakah yang paling mereka inginkan adalah warung gudeg yang tempatnya santai supaya mereka juga bisa nongkrong. kedua hal di atas bisa anda dapatkan jika dan hanya jika anda melaksanakan riset konsumen. Ada 3 hal yang harus anda perhatikan untuk menguji apakah segmen pasar yang anda pilih layak untuk dijadikan target pasar anda atau tidak. Ukuran pasar atau Pangsa Pasar Anda harus bisa melihat berdasarkan pengamatan dan fakta dari riset pasar berapa besarnya pangsa pasar pada segmen pasar yang anda tuju. anda harus cari tahu apa yang paling diinginkan kelompok pembeli tersebut. see ya… (sumber gambar : andrymuharyo. Persaingan Siapa saja pesaing anda dan pesaing utama anda di segmen pasar tersebut? Seberapa jauh mereka bisa memuaskan pasar yang ada? Seberapa besar tingkat loyalitas pasar pesaing? Berapa besarnya pasar dari pesaing yang memungkinkan untuk keluar mencoba layanan yang baru? Anda harus mencari tahu segera karena hal tersebut berhubungan dengan poin ketiga di bawah ini! 3. Silahkan anda baca artikel saya tentang riset pasar jika anda tidak percaya. Dan ingat. Kemarin saya menyebutkan bahwa ada 3 hal yang harus anda lakukan untuk menguji apakah segmen pasar yang anda pilih tersebut layak untuk anda jadikan target pasar ataukah tidak. So don’t miss it. Ketiga hal tersebut bisa anda ketahui pada artikel saya selanjutnya. Pokoknya. Jadi anda tidak boleh menebak-nebak tanpa ada data yang valid. Sekarang pertanyaannya adalah. Kapabilitas Organisasi Anda Kapabilitas organisasi adalah kemampuan organisasi yang anda miliki untuk melayani manfaat yang diinginkan pasar sasaran anda tadi dengan catatan. Walaupun ide bisnis anda terlihat sangat brilliant dan tidak ada duanya! 2. maka anda bisa masuk ke langkah selanjutnya. Apakah ukuran dari jenis pasar yang menjadi target anda itu memungkinkan untuk menghasilkan laba yang memadai bagi usaha anda ataukah tidak? Jika terlalu kecil sehingga tidak bisa menghasilkan laba yang cukup bagi usaha anda.com) Mari kita lanjutkan sambungan dari artikel bagaimana cara menetapkan target pasar yang tepat bagian 1. Jika kedua hal tersebut sudah anda dapatkan. Misalnya jenis usaha anda adalah usaha cuci motor. anda harus lebih baik dari para pesaing. yaitu menguji pasar.wordpress. Akibatnya bisa fatal. Atau yang paling mereka inginkan adalah gudeg yang porsinya tidak begitu banyak tetapi harganya relatif murah. mampukah organisasi anda menyediakan layanan cuci motor yang lebih cepat dan bersih di mata konsumen dibanding dengan layanan pesaing anda? Inilah . sebaiknya anda tinggalkan. Manfaat utama yang diinginkan customer cuci motor adalah kecepatan membersihkan motor dan kebersihannya. Tiga hal tersebut adalah : 1.

selamat memilih target market anda… (sumber gambar : ozgrown. maka anda harus melupakan target sasaran ini. Jika ketiga parameter diatas tidak mampu anda jawab atau jawabanya adalah tidak.net/2010/10/09/cara-bagaimana-menentukan-target-pasaryang-tepat-bagian/ .dokterbisnis.yang disebut kapabilitas organisasi.com. Untuk itu rancangan desain produk dan jasa anda sangat penting pada tahapan ini. Anda bisa beralih pada segmen pasar lain yang bisa menjawab ketiga parameter diatas.au) http://www. Jadi.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->