CONTOH PARAGRAF DESKRIPSI, EKSPOSISI, ARGUMENTASI, NARASI, DAN PERSUASI CONTOH PARAGRAF DESKRIPSI, EKSPOSISI, ARGUMENTASI, NARASI, DAN

PERSUASI Paragraf Deskripsi Siang itu aku sedang duduk santai di sofa empuk di dalam apotik milikku yang baru saja dibuka. Apotik ini adalah impianku sejak aku kuliah di Farmasi dulu. Sekarang aku memandang puas pada usahaku selama ini. Aku bisa mendirikan apotik di kota kelahiranku. Apotik ini cukup luas, beberapa rak besar tempat obat-obatan berjejer rapi dengan kemasankemasan obat warna-warni yang disusun menurut khasiat obatnya. Pandangan saya tertuju pada rak buku di pojok ruangan yang berisi buku-buku tebal. Ku ambil satu buku yang disampulnya tertulis Informasi Spesialis Obat atau yang biasa disebut kalangan farmasi dengan buku ISO. Setelah ku pandangi aku tersenyum dan mengembalikannya ke tempat semula. Aku memandang lagi secara keseluruhan apotik ini, sebuah televisi 14 inci dan sebuah computer di meja kasir. Hembusan angin dari AC cukup membuat udara terasa sejuk di bulan Mei yang panas ini.

Paragraf Eksposisi Paragraph 1 Ozone therapy adalah pengobatan suatu penyakit dengan cara memasukkan oksigen murni dan ozon berenergi tinggi ke dalam tubuh melalui darah. Ozone therapy merupakan terapi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, baik untuk menyembuhkan penyakit yang kita derita maupun sebagai pencegah penyakit. Paragraph 2 Pernahkan Anda menghadapi situasi tertentu dengan perasaan takut? Bagaimana cara mengatasinya? Di bawah ini ada lima jurus untuk mengatasi rasa takut tersebut. Pertama, persipakan diri Anda sebaik-baiknya bila menghadapi situasi atau suasana tertentu; kedua, pelajari sebaik-baiknya bila menghadapi situasi tersebut; ketiga, pupuk dan binalah rasa percaya diri; keempat, setelah timbul rasa percaya diri, pertebal keyakinan Anda; kelima, untuk menambah rasa percaya diri, kita harus menambah kecakapan atau keahlian melaluin latihan atau belajar sungguh-sungguh.

Sumber : www.telukbone.org

Akan tetapi semuanya gagal. Dengan cepat ia mengayunkan pedang itu ke tubuh Tunjungsekar. dan sikap kritis serta kreatif terhadap karya musik. Persentuhan emosi sang ibu dengan berbagai irama yang didengarkan akan ikut dirasakan oleh janin. sebelum mengenai tubuh Tunjungsekar. Ketiga. Besar kemungkinan akan terjadi respons motorik janin yang dirasakan oleh sang ibu. Untuk itu. pedang itu jatuh ke tanah. seiring dengan pertumbuhan fisik dan kognisinya. Pertama. gadis yang rumahnya di Perumahan Kampung Meruyung.com Paragraf Narasi Narasi ekspositoris Siang itu. Ramin dan tujuh kawannya berbaris seperti serdadu masuk ke tangsi. Sabtu pekan lalu. apresiasi musik dikembangkan melalui pendidikan formal. mengiringi Ahmad.Paragraf Argumentasi Mempertahankan kesuburan tanah merupakan syarat mutlak bagi tiap-tiap usaha pertanian. Sumber : Terampil Menulis Paragraf 2004: 66 dari alamat website www. lalu bergantian dengan klarinet. Lambat-laun. Sumber : Tempo. Mereka membawakan lagu ³Mars Jalan´ yang dirasa tepat untuk mengantar Ahma. 20 Februari 2005 dari alamat website www. pemahaman. sebelum mengenai tubuh Tunjungsekar. Kedua. sejak anak dilahirkan ia dibiasakan dengan berbagai irama musik yang mengiringnya pada saat menjelang tidur atau bermain. kesuburan tanah ini akan berkurang. Alat pendengar anak menjadi peka menangkap berbagai irama dari instrumen musik yang didengarnya. Teladan terbaik tentang cara menggunakan tanah dan menjaga kesuburannya dapat kita peroleh pada hutan yang belum digarap petani. Patih Pranggulang memungut pedang itu dan membacokkan lagi ke tubuh Tunjungsekar.scribd. Tapi aneh.publicopinion. musik akan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan anak. Kebiasaan itu dimulai sejak anak masih berupa janin dalam rahim ibunya.com Narasi sugestif Patih Pranggulang menghunus pedangnya.com Contoh lain : Kemampuan apresiasi musik pada seorang anak dapat dibentuk melalui tiga cara. Tapi aneh. Tiga kali Patih Pranggulang melakukan hal itu. Selama tanaman dalam proses menghasilkan. meniupkan garis melodi utamanya.scribd. Ramin bermain bagus. sang pengantin«. secara alamiah seseorang dibiasakan mendengarkan karya musik. pendidikan musik diarahkan kepada pengenalan. penghayatan. Padahal kesuburan tanah wajib diperbaiki kembali dengan pemupukan dan penggunaan tanah itu sebaik-baiknya. Sumber : www. mempelai pria yang akan menyunting Mulyati. . Mula-mula ia menyodorkan sebuah kontramelodi yang hebat.

Matematika. pelaksana pendidikan. Thailand. Anak-anak di Indonesia hanya dapat menguasai 30% materi bacaan. dan IPA dari tahun ke tahun semakin menurun. rata-rata nilai tes siswa SD kelas VI untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia.14 Mei 2009 dengan perubahan seperlunya . Hal ini dapat terlihat dari keterampilan membaca siswa kelas IV SD di Indonesia yang berada pada peringkat terendah di Asia Timur setelah Philipina. berdasarkan penelitian. Selain itu. dan Hongkong. Kenyataan ini disajikan bukan untuk mencari kesalahan penentu kebijakan. Hal tersebut dapat dilakukan dengan memperbaiki sistem pendidikan nasional. Singapura. dan keadaan yang sedang melanda bangsa. Sumber : Kompas.scribd.Sumber : www.com Paragraf Persuasi Sistem pendidikan di Indonesia yang dikembangkan sekarang ini masih belum memenuhi harapan. Oleh karena itu. semua pihak perlu menyelamatkan generasi mendatang. tapi semata-mata agar kita menyadari sistem pendidikan kita mengalami krisis.