BEBAN YANG DITANGGUHKAN

Beban yang ditangguhkan merupakan biaya yang telah terjadi atau ditangguhkan karena dirasakan manfatnya dapat dirasakan pada periode mendatang Contoh : Biaya penelitian dan pengembangan serta pengeluaran piranti Komputer Tujuan dari beban yang ditangguhkan ini adalah agar dapat mengaitkan manfaat yang diharapkan

peralatan dan fasilitas yang dibeli. eksporasi. dan pengembangan yang dilakukan di perusahaan ‡ Biaya biaya yang didefinisikan sebagai aktifitas litbang yaitu : ‡ 1.Penelitian dan Pengembangan ‡ Yaitu aktivitas penelitian . atau aset tidak berwujud yang dibeli dan tidak memiliki penggunaan masa depan alternatif . dibuat untuk proyek litbang tertentu. Bahan baku.

Gaji dan Pengeluaran lain yang berhubungan dengan karyawan yang terlibat dalam aktiitas litbang ‡ 4. ‡ 3. serta penyusutan bahan baku tersebut.‡ 2. Bahan Baku yang digunakan dalam aktivitas litbang. Alokasi biaya tidak langsung di luar biaya umum dan administrasi yang tidak secara langsung berhubungan dengan aktivitas litbang . Jasa yang diberikan pihak lain sehubungan dengan aktivitas litbang ‡ 5.

‡ tujuannya yaitu untuk mempermudah pekerjaan. dapat mempermudah proses akuntansi di perusahaan.Beban Peranti lunak Komputer ‡ Pengembangan piranti lunak komputer merupakan aktivitas litbang noraml. contohnya dalam bidang keuangan. .

Biaya Eksplorasi dan pengembangan pada Industri Pertambangan ‡ Badan Pembuat standar akuntansi telah mengeluarkan Succesful effort untuk membatasi keberagaman akuntansi pertambangan. . ‡ Standar ini meminta biaya eksplorasi kecuali pengeboran sumur eksplorasi dikapitalisasikan saat terjadi.

. ‡ SEC meminta FASB mewajibkan pengungkapan tambahan yang diminta untuk perusahaan publik yang memproduksi minyak dan gas sebagai berikut : ‡ 1. ‡ Ukuran diskonto arus kas bersih masa depan untuk cadangan cadangan terbukti. biaya yang berasal dari aktivitas akuisisi. hasil operasi aktivitas produksi minyak dan gas bumi. Jumlah cadangan minyak dan gas bumi terbukti ‡ 2. biaya yang dikapitalisasi terkait dengan aktivitas produksi ‡ 3. eksplorasi dan pengembangan ‡ 4.‡ Seiring perkembangannya SEC mengeluarkan pula reserve recognation accounting atau metode nilai sekarang.

Implikasi Analisis Industri Pertambangan ‡ Dua metode umum yang digunakan dalam industri pertambangn dapat memeberikan hasil yang jauh berbeda. . dan lebih konsisten dengan praktik akuntansi saat ini. Banyak analis yang lebih memilih succesful effort daripada ful cost karena lebih baik dalam mengaitkan biaya dan pendapatan. ‡ Succesful effort : mewajibkan hubungan langsung antar biaya yang terjadi dengan cadangan spesifik yang spesifik yang ditemukan sebelum biaya eksplorasi dan pengembanagn dikapitalisasi ‡ Full cost : membolehkan perusahan mengklasifikasikan antara aktivitas eksplorasi dan pengembangan yang tidak berhasil sebagai aset.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful