P. 1
Materi Ajar Bahasa Indonesia SD

Materi Ajar Bahasa Indonesia SD

|Views: 831|Likes:
Published by Noviyanty Sumarga

More info:

Published by: Noviyanty Sumarga on Jun 01, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/03/2013

pdf

text

original

Materi Ajar Bahasa Indonesia SD

Buku Ajar ( Materi Ajar ) yang baik terdiri atas; buku siswa , buku guru dan buku kerja. Buku siswa merupakan buku yang terpenting; pada dasarnya buku siswa adalah buku yang digunakan siswa, tetapi menyiratkan bahwa buku siswa juga digunakan guru juga terutama ketika proses pembelajaran di kelas. Buku guru merupakan buku yang digunakan guru sebagai pedoman dalam melaksanakan KBM. Buku kerja digunakan siswa untuk mengerjakan tugas-tugas atau latihan sehubungan dengan pelaksanaan KBM. Fungsi buku ajar menurut Cunningsworth adalah sbb;  Sumber bahan yang disajikan untuk pelatihan bahasa lisan dan tulis.  Sumber kegiatan siswa dalam latihan komunikasi.  Sumber acuan siswa untuk belajar tata bahasa , kosa kata, lafal , dst.  Sumber gagasan dan dorongan kegiatan belajar – mengajar  Perwujudan silabus yang di dalamnya tujuan-tujuan pembelajaran telah digariskan  Sumber belajar dan tugas mandiri  Bantuan bagi guru yang kurang berpengalaman untuk mengembangkan kepercayaan diri.

Rancangan dan Organisasi Buku Ajar
Pengorganisasian buklu ajar harus memperhatikan gradasi tingkat kesulitan dan perkembangan, sesuai dengan kemampuan siswa . selain itu, harus memperhatikan pengulangan-pengulangan bahan latihan yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa. Hal-hal yang harus dicermati dalam penulisan materi ajar adalah sbb: 1. Kesesuaian dengan kurikulum; selain mengacu pada kurikulum yang tersurat, juga harus memperhatikan kurikulum tesirat, seperti; situasi/kondisi lingkungan siswa, sikap siswa yang dapat menekan tingkah laku siswa yang kurang produktif. 2. Acuan keilmuan yang relevan; bahasa Indonesia; Ilmu pendidikan, psikologi, sosiologi, aspek kebahasaan (menyimak, berbicara, membaca dan menulis), apresiasi sastra, disesuaikan dengan kebutuhan siswa; kebutuhan dalam kehidupan social maupun akademik.

kosa kata. agar dapat menumbuhkan rasa ingin tahu. Aspek visual. Tata letak huruf.3. Muatan kebahasaan: mencakup kata. kemampuan pengucapan dan kalimat. rasa senang. tata bahasa yang disajikan harus sesuai dengan konteks penggunaannya. . . minat siswa terhadap pelajaran. 4.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->