Puasa dalam Islam

Puasa dalam agama Islam atau Shaum (dalam Bahasa Arab ) artinya menahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hinggalah terbenam matahari, untuk meningkatkan ketakwaan seorang muslim. Perintah puasa difirmankan oleh Allah pada Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 183. Berpuasa merupakan salah satu dari lima Rukun Islam. Terdapat puasa wajib dan puasa sunnah, namun tata caranya tetap sama. Waktu haram puasa adalah waktu saat umat Muslim dilarang berpuasa. Hikmah puasa adalah ketika semua orang bergembira, seseorang itu perlu turut bersama merayakannya.
y y y

Hari Raya Idul Fitri (1 Syawal) Hari Raya Idul Adha (10 Zulhijjah) Hari-hari Tasyrik (11, 12, dan 13 Zulhijjah)

Perintah dalam Al-Quran
Perintah berpuasa dari Allah terdapat dalam Al-Quran di surat Al-Baqarah ayat 183. "Yaa ayyuhaladziina aamanuu kutiba alaikumus siyaamu kamaa kutiba 'alalladziina min qablikum la allakum tataquun" ³ Wahai orang-orang yang beriman, telah diwajibkan ke atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan ke atas umat-umat yang sebelum kamu, semoga kamu menjadi orang-orang yang bertaqwa."

Hikmah Puasa
Ibadah shaum Ramadhan yang diwajibkan Allah kepada setiap mu¶min adalah ibadah yang ditujukan untuk menghamba kepada Allah seperti yang tertera dalam QS. Al- Baqarah/2: 183. Hikmah dari ibadah shaum itu sendiri adalah melatih manusia untuk sabar dalam menjalani hidup. Maksud dari sabar yang tertera dalam al-Quran adalah µgigih dan ulet¶ seperti yang dimaksud dalam QS. Ali µImran/3: 146.

Secara Aktivitas
Puasa adalah menahan. secaara artian adalah menahan keinginan hawa nafsu(atau jasad/diri).namun justru malah menjalankan keinginan keinginan Allah lah yang terkandung di dalam AlQuran. sehingga lebih optimal lagi dalam menjalankan ibadah yang Allah inginkan.

Jenis-jenis Puasa y y Puasa yang hukumnya wajib o Puasa Ramadan o Puasa karena nazar o Puasa kifarat atau denda Puasa yang hukumnya sunah o Puasa 6 hari di bulan Syawal o Puasa Arafah o Puasa Senin-Kamis o Puasa Daud (sehari puasa. Beragama Islam Berakal sehat Baligh (sudah cukup umur) Mampu melaksanakannya Orang yang sedang berada di tempat (tidak sedang safar) PUASA ISLAMI Puasa dalam islam pada pokoknya ada 72 hari/tahun untuk selama hidup di tambah ibadah malam total 73 cara rosul beribadah selama hidupnya di luar senin dan kamis. sehari tidak) o Puasa Asyura (pada bulan muharam) y o Puasa 3 hari pada pertengahan bulan (menurut kalender islam). dimana mampunya kita untuk menahan hawa nafsu kita (bahkan hingga makan dan minum pun kita tahan) kemudian menjalankan keinginan Allah sepenuhnya.. sehingga meraih Taqwa perintah pusa jatuh pada madinah.perintah puasa lebih menekankan kedalam aktifitas sendi kehidupan. sebab kita umat Rosululloh saw yang nyata dan terbukti. 14. dimana dikondisi ummat islam saat itu baru saja hijrah dari mekkah setelah di tekan dari berbagai sisi kehidupan. 3. 2. tidak lesu.jika mau puasa senin kamis jangan hanya senin dan kamis tapi senin sampai kamis ( 4 hari ) itu baru sampai apa yang di harapkan . namun di sinilah terlihat sifat kesabaran(tidak lemah.menurut kenyataan yang telah di praktekan bahwa puasa senin dan kamis dan puasa Daud pada prinsipnya terputu-putus. pantang mundur) dari semangat ummat islam untuk bangkit menyebarkan ayat-ayat Allah. 5. 4.. tanggal 13.ke seluruh wilayah. sebaiknya untuk yang rajin melaksanakan puasa daud bukan melarang hanya saran gak usah melaksanakan tapi laksanakanlah puasa cara Rosululloh saw. dan 15 Syarat wajib puasa 1.

Islam (tidak murtad) Mummayiz (dapat membedakan yang baik dan yang buruk) Suci dari haid dan nifas Mengetahui waktu diterimanya puasa Rukun puasa 1.jumlah 72 hari tambah satu ibadah malam itulah Kunci Ibadah islam yang sudah dapat dirasakan.kami tegaskan jika sudara muslim sekalian melaksanakan seperti uraian di atas di pastikan akan mendapat sesuatu yang di cari selama ini.Puasa Syawal 6 hari di mulai tgl 5 s/d 10. Sebagai muslim yang sejati.annisa 48 semoga manfaat jelasnya kunjungi di Syarat sah puasa 1.diatas semuanya berdasarkan petunjuk dan sunnah yaitu : Puasa Romadhon sebulan atau 30 hari. 4.itulah di antara perbedaan puasa islami dan puasa ke elmuan. dengan menunaikan ibadah Ramadhan.dengan niat ikhlas ibadah tanpa tujuan lain. Baik disini akan saya uraikan jadawal puasa tsb. Niat 2.15 Jika saudara muslim sekalian Yakin pada Alloh pasti akan melaksanakan tapi jika ragu yakin saudaraku banyak alasan yang di buat. Betapa tidak. kedatangan dan kehadiran Ramadhan yang mulia pada tahun ini merupakan sesuatu yang amat membahagiakan kita.jumlah di hitung sama dengan jumlah pasaran dan naftu. ibadah-ibadah yang lain yang tak kalah padilahnya adalah banyaklah melek malam(tidak tidur malam ) sambil tetap ibadah paling tidak sampai pukul 02.puasa zulhijjah/bulan haji 2 hari tgl 8 dan 9.surat yusuf 106. Disinilah letak pentingnya bagi kita untuk membuka tabir rahasia puasa sebagai salah . 2. 5.kami memastikan hal ini sebab selama ini bersama para sahabat kami tetap melaksanakan terus tanpa henti. 3. perbbedaan puasa ilmu dan puasa ke elmuan Ingat Buat Muslim yang yakin hati-hati berpuasa sia-sia terutama puasa ingin mendapatkan ke elmuan dalam pelaksanaannya tanpa berpedoman dari petunjuk Alloh (qur'an) dan sunnah. amat banyak keuntungan yang akan kita peroleh. RAHASIA PUASA 4.ciri-ciri puasa ingin mendapatkan ke elmuan adalah : puasa berdasarkan hitungan naptu dan pasaran. baik dalam kehidupan di dunia maupun di akhirat kelak.bacaan kalimat qur'an di campur mantra.puasa Muharram bukan tgl 10 tapi puasa selama 10 hari dari tgl 5 s/d 14 (ini telah di buktikan jika hanya puasa satu hari di tgl 10 muharram saja tidak terdapat apapun yang turun) Kemudian puasa 3 hari di tengah bulan di 8 bulan yang lainnya. Meninggalkan segala hal yang membatalkan puasa dari terbit fajar hingga terbenam matahari 3. jika orang muslim melaksanakan hal tersebut di atas terkesan akan melaksanakan kesyirikan baca di : surat fatihah ayat 5.

Tirmidzi) 2. (HR. manusia akan memperoleh derajat yang tinggi seperti layaknya malaikat yang suci dan ini akan membuatnya mampu mengetuk dan membuka pintu-pintu langit hingga segala do&#8217.anya dikabulkan oleh Allah Swt. Menguatkan Jiwa Dalam hidup hidup. (QS 45:23) Dengan ibadah puasa.a mereka: orang yang berpuasa hingga berbuka. pemimpin yang adil dan do&#8217. bahkan dengan demikian. Allah memerintahkan kita memperhatikan masalah ini dalam firman-Nya yang artinya: Maka pernahkah kamu melihat orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai Tuhannya dan Allah membiarkannya sesat berdasarkan ilmu-Nya. tak sedikit kita dapati manusia yang didominasi oleh hawa nafsunya. bukan membunuh nafsu yang membuat kita tidak mempunyai keinginan terhadap sesuatu yang bersifat duniawi. malapetaka besar akan terjadi karena manusia yang kalah dalam perang melawan hawa nafsu itu akan mengalihkan penuhanan dari kepada Allah Swt sebagai Tuhan yang benar kepada hawa nafsu yang cenderung mengarahkan manusia pada kesesatan. Puasa yang baik akan membuat seseorang terus mempertahankan keinginannya yang baik. lalu manusia itu menuruti apapun yang menjadi keinginannya meskipun keinginan itu merupakan sesuatu yang bathil dan mengganggu serta merugikan orang lain. Mendidik Kemauan Puasa mendidik seseorang untuk memiliki kemauan yang sungguh-sungguh dalam kebaikan. . Rasulullah Saw menyatakan: Puasa itu setengah dari kesabaran. 1. maka manusia akan berhasil mengendalikan hawa nafsunya yang membuat jiwanya menjadi kuat. meskipun peluang untuk menyimpang begitu besar. di dalam Islam ada perintah untuk memerangi hawa nafsu dalam arti berusaha untuk bisa mengendalikannya. Yusuf Qardhawi dalam kitabnya Al Ibadah Fil Islam mengungkapkan ada lima rahasia puasa yang bisa kita buka untuk selanjutnya bisa kita rasakan kenikmatannya dalam ibadah Ramadhan. Karena itu. meskipun untuk melaksanakan kebaikan itu terhalang oleh berbagai kendala. Rasulullah Saw bersabda yang artinya: Ada tiga golongan orang yang tidak ditolak do&#8217. Dr. Manakala dalam peperangan ini manusia mengalami kekalahan.a orang yang dizalimi. Karenanya.satu bagian terpenting dari ibadah Ramadhan.

Hal ini tidak hanya dinyatakan oleh Rasulullah Saw. Maka dengan puasa. Dapat satu tidak terasa nikmat karena menginginkan dua. 3. Disinilah letak pentingnya ibadah puasa guna mendidik . Padahal kalau manusia mau memperhatikan dan merenungi. dan pada saat kita berbuka puasa.Dalam kaitan ini. Menyehatkan Badan Disamping kesehatan dan kekuatan rohani. puasa yang baik dan benar juga akan memberikan pengaruh positif berupa kesehatan jasmani. Kekuatan rohani yang prima akan membuat seseorang tidak akan lupa diri meskipun telah mencapai keberhasilan atau kenikmatan duniawi yang sangat besar. apalagi di dalam Islam. isi perut kita memang harus dibagi menjadi tiga. manusia bukan hanya disuruh memperhatikan dan merenungi tentang kenikmatan yang sudah diperolehnya. tapi banyak pula manusia yang tidak pandai mensyukurinya. perut memang harus diistirahatkan dari bekerja memproses makanan yang masuk sebagaimana juga mesin harus diistirahatkan. Hal ini karena baru beberapa jam saja kita tidak makan dan minum sudah terasa betul penderitaan yang kita alami. dapat dua tidak terasa nikmat karena menginginkan tiga dan begitulah seterusnya. Mengenal Nilai Kenikmatan Dalam hidup ini. sebenarnya sudah begitu banyak kenikmatan yang Allah berikan kepada manusia. tapi juga disuruh merasaakan langsung betapa besar sebenarnya nikmat yang Allah berikan kepada kita. tetapi juga sudah dibuktikan oleh para dokter atau ahli-ahli kesehatan dunia yang membuat kita tidak perlu meragukannya lagi. dan kekuatan rohani juga akan membuat seorang muslim tidak akan berputus asa meskipun penderitaan yang dialami sangat sulit. maka puasa akan membuat kekuatan rohani seorang muslim semakin prima. sepertiga untuk air dan sepertiga untuk udara. terasa betul besarnya nikmat dari Allah meskipun hanya berupa sebiji kurma atau seteguk air. 4. apa yang diperolehnya sebenarnya sudah sangat menyenangkan karena begitu banyak orang yang memperoleh sesuatu tidak lebih banyak atau tidak lebih mudah dari apa yang kita peroleh. sepertiga untuk makanan. Mereka berkesimpulan bahwa pada saat-saat tertentu.

tapi juga bagi kita yang mengeluarkannya agar dengan demikian.alah untuk mereka. Mengingat dan Merasakan Penderitaan Orang Lain Merasakan lapar dan haus juga memberikan pengalaman kepada kita bagaimana beratnya penderitaan yang dirasakan orang lain. seperti penderitaan saudara-saudara kita di Ambon atau Maluku. sebagai simbol dari rasa solidaritas itu. Allah berfirman yang artinya: Dan (ingatlah juga).kita untuk menyadari tinggi nilai kenikmatan yang Allah berikan agar kita selanjutnya menjadi orang yang pandai bersyukur dan tidak mengecilkan arti kenikmatan dari Allah meskipun dari segi jumlah memang sedikit dan kecil. (QS 14:7) 5. Dari sini.Sesungguhnya jika kamu bersyukur. dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendo&#8217. Kosovo. Oleh karena itu. kikir dan sebagainya. pasati Kami akan menambah (nikmat) kepadamu. tatkala Tuhanmu memaklumkan: &#8220. kita diwajibkan untuk menunaikan zakat agar dengan demikian setahap demi setahap kita bisa mengatasi persoalan-persoalan umat yang menderita. dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku). hilang kekotoran jiwa kita yang berkaitan dengan harta seperti gila harta. Rasa syukur memang akan membuat nikmat itu bertambah banyak. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.a kamu itu (menjadi) ketentraman jiwa bagi mereka. sebelum Ramadhan berakhir. baik dari segi jumlah atau paling tidak dari segi rasanya. Bahkan zakat itu tidak hanya bagi kepentingan orang yang miskin dan menderita. (QS 9:103) Sambut dengan Gembira . Sesungguhnya do&#8217. Allah berfirman yang artinya: Ambillah zakat dari sebagian harta mereka. Irak. maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih. Sebab pengalaman lapar dan haus yang kita rasakan akan segera berakhir hanya dengan beberapa jam. Palestina dan sebagainya. semestinya puasa akan menumbuhkan dan memantapkan rasa solidaritas kita kepada kaum muslimin lainnya yang mengalami penderitaan yang hingga kini masih belum teratasi. sementara penderitaan orang lain entah kapan akan berakhir. Aceh dan di berbagai wilayah lain di Tanah Air serta yang terjadi di berbagai belahan dunia lainnya seperti di Chechnya.

3. Di antara ibadah sunnah yang disyariatkan oleh Alloh kepada umat ini adalah puasa sunnah. 2. yaitu puasa pada bulan Muharrom terutama pada hari Assyuro¶. Keutamaannya adalah bahwa puasa di bulan ini adalah puasa yang paling utama setelah puasa bulan Romadhon (HR. Dan juga sebagai simpanan yang dapat memperberat timbangan di hari kiamat kelak. Puasa Muharrom. Karena hari ke-10 adlah hari raya kurban dan diharomkan untuk berpuasa. Muslim). sesuatu yang memang amat kita perlukan bagi upaya meraih keberkahan dari Allah Swt bagi bangsa kita yang hingga kini masih menghadapi berbagai macam persoalan besar. yaitu puasa pada hari ke-9 bulan Dzuhijjah. Sehingga kaum muslimin mempunyai kesempatan yang amat banyak untuk menutupi dan menambal kekurangan yang ada pada ibadah-ibadah wajib. Yang dimaksud dengan dosa-dosa di sini adalah khusus untuk dosa-dosa kecil. 4. keluarga dan masyarakat kearah pengokohan atau pemantapan taqwa kepada Allah Swt. Keutamaan puasa romadhon yang diiringi puasa Syawal ialah seperti orang yang berpuasa selama setahun (HR. Kegembiraan kita terhadap datangnya bulan Ramadhan harus kita tunjukkan dengan berupaya semaksimal mungkin memanfaatkan Ramadhan tahun sebagai momentum untuk mentarbiyyah (mendidik) diri. Puasa enam hari di bulan Syawal. Adapun macam-macam puasa sunnah beserta keutamaannya masing-masing yaitu: 1. yang dimaksud adalah puasa di sembilan hari yang pertama dari bulan ini. Puasa hari Arofah. Kita tentu harus prihatin akan kondisi bangsa kita yang sedang mengalami krisis. Muslim). Bukhori) . karena dosa besar hanya bisa dihapus dengan jalan bertaubat. Puasa sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah. tidak termasuk hari yang ke-10. maka sudah sepantasnyalah kalau kita harus menyambut kedatangan Ramadhan tahun ini dengan penuh rasa gembira sehingga kegembiraan kita ini akan membuat kita bisa melaksanakan ibadah Ramadhan nanti dengan ringan meskipun sebenarnya ibadah Ramadhan itu berat. [Ayani] Puasa Sunnah Segala pujian yang terbaik hanya milik Alloh Ta¶ala yang telah mensyariatkan bagi hamba-Nya ibadah-ibadah yang sunnah di samping ibadah yang wajib. Keutamaan: akan dihapuskan dosa-dosa pada tahun lalu dan dosa-dosa pada tahun yang akan datang (HR. tapi malah dengan menggunakan cara sendiri-sendiri yang akhirnya malah memicu pertentangan dan perpecahan yang justeru menjauhkan kita dari rahmat dan keberkahan dari Allah Swt. krisis yang seharusnya diatasi dengan memantapkan iman dan taqwa.Karena rahasia puasa merupakan sesuatu yang amat penting bagi kita. baik dilakukan secara berturutan ataupun tidak.

Keduanya merupakan hari di mana amal-amal hamba diangkat dan diperlihatkan kepada Alloh. Namun tidak ada kewajiban mengiringi puasa hari Senin dengan puasa hari Kamis atau sebaliknya. dsb. Demikianlah beberapa jenis puasa sunnah yang disyariatkan dalam agama ini. Muslim). Tubuh akan mengeluarkan sejumlah besar racun melalui aliran darah. dan 15 setiap bulan. 8. Puasa Sya¶ban. 14. Kita memohon kepada Alloh agar diberikan rasa cinta dalam diri kita terhadap amalan yang dapat mendekatkan diri ini kepadaNya Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Puasa justru memiliki banyak manfaat bagi tubuh. pori dan organ pembuangan lain. Dianjurkan untuk memperbanyak amal ibadah pada bulan-bulan tersebut termasuk ibadah puasa. Anda Nurlaila VIVAnews . telur putih. Menyembuhkan dengan cepat Hari-hari awal berpuasa merupakan fase tersulit. Puasa Dawud. Disunnahkan untuk melakukannya pada hari-hari putih (Ayyaamul Bidh) yaitu tanggal 13. Bukhori-Muslim). Keutamaannya adalah karena puasa ini adalah puasa yang paling disukai oleh Alloh (HR.Berpuasa didefinisikan sebagai periode tubuh yang pantang mengasup semua jenis makanan atau makanan tertentu. 9. puasa justru memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Keutamaan: bulan ini adalah bulan di mana semua amal diangkat kepada Robb semesta alam (HR.500 kalori yang bisa digunakan untuk melakukan aktivitas fisik berat seharian. 12 Agustus 2010. dan Rojab. Berikut beberapa efek positif berpuasa. Puasa pada bulan Harom (bulan yang dihormati) yaitu bulan Dzulqa¶dah. Nabi sholallohu µalaihi wasssalam memerintahkan umatnya untuk berpuasa pada hari Assyuro¶ ini dan mengiringinya dengan puasa 1 hari sebelum atau sesudahnhya. Profesor Fisiologi di Universitas Chicago seperti dikutip dari MedIndia menyatakan. 7. Puasa Senin dan Kamis. 10. orang sehat dan tidak memiliki masalah stres serta gangguan emosi dapat bertahan tanpa makanan selama 50-75 hari. Hal ini bertujuan untuk menyelisihi umat Yahudi dan Nasrani yang hanya berpuasa pada hari ke-10. Setiap pon lemak manusia setara dengan 3. Hari Assyuro¶ adalah hari ke-10 dari bulan Muharrom. Keutamaan: akan dihapus dosa-dosa (kecil) di tahun sebelumnya (HR. hasan). . Ini terlihat dari menebalnya lapisan lidah dan nafas yang biasanya lebih berbau pada hari-hari pertama.5. Disunnahkan memperbanyak puasa pada bulan Sya¶ban. Puasa tiga hari setiap bulan. Sehingga tidaklah benar anggapan sebagian orang yang menganggap bahwa puasa pada harai putih adalah puasa dengan hanya memakan nasi putih. Dzulhijjah. Muharrom. Menurut AJ Carlson. yaitu puasa sehari dan tidak puasa sehari. 6. An-Nasa¶i & Abu Daud. 03:21 WIB Pipiet Tri Noorastuti. Kamis. air putih. Puasa Assyuro¶. Bertolak belakang dengan persepsi bahwa berpuasa memburuk kesehatan tubuh.

Keluarnya darah haid dan nifas. .Puasa membantu menurunkan kadar kolesterol. serta menyembuhkan sel-sel tubuh dari berbagai penyakit. . atau nifas batallah puasanya. meningkatkan kesehatan fisik dan mental serta meremajakan tubuh. bersentuhan. Racun yang dibersihkan dari sistem limfatik meningkatkan konsentrasi dan energi untuk melakukan aktivitas 8. e. dengan mengeluarkan makanan atau minuman dari perut melalui mulut. baik pada pagi hari atau sore hari sebelum terbenam matahari. Hal ini didasarkan pada sabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam. sel-sel mati. f.Hal-Hal Yang Membatalkan Puasa 8. Lebih Energik Mengapa orang merasa lebih energik setelah berpuasa? Selain itu. limbah aliran darah dikeluarkan lewat hati.Mengatasi kecanduan kafein. lapisan lendir menebal di dinding usus. darah. Ahmad. Puasa mengistirahatkan sistem pencernaan. Sehingga mempercepat proses penyembuhan dan sekaligus menghemat energi. d.Puasa meningkatkan kewaspadaan mental. Mengeluarkan mani dalam keadaan terjaga karena onani. Tubuh akan menggunakan mineral penting dan vitamin untuk membuang racun dan jaringan tua. .Puasa dengan kontrol pada penderita diabetes membuat perubahan gaya hidup dan pola makan sehingga akan memperbaiki kondisi mereka. HAL-HAL YANG MEMBATALKAN PUASA a. . dan gastritis. narkoba dan alkohol. Adapun keluar mani karena mimpi tidak membatalkan puasa karena keluarnya tanpa sengaja. Tidak banyak yang mengetahui bahwa tubuh memerlukan energi besar untuk mencerna makanan. Memasukkan makanan ke dalam perut. Puasa meningkatkan kekebalan tubuh. sedang barangsiapa yang muntah dengan sengaja maka wajib qadha. Termasuk dalam hal ini adalah suntikan yang mengenyangkan dan transfusi darah bagi orang yang berpuasa. Ibnu Majah dan At- . rasa lapar orang yang berpuasa berkurang dibandingkan saat normal. nikotin. Abu Dawud.Puasa mengurangi gangguan sistem pencernaan seperti sembelit. kembung. racun yang terakumulasi dalam sel tubuh akan dikeluarkan. dan ginjal. c. efisiensi setiap sel ditingkatkan. Energi akan digunakan untuk membersihan dan detoksifikasi usus. limpa. rokok. ´Barangsiapa yang muntah tanpa sengaja maka tidak wajib qadha." (HR. Makan dan minum dengan sengaja. Lemak tubuh yang tidak bermanfaat.Setelah puasa berlanjut pada hari-hari setelahnya. Jima' (bersenggama). Manfaat khusus . b. proses pembersihan tubuh disempurnakan. ciuman atau sebab lainnya dengan sengaja. Sel yang sakit. Sengaja muntah. Sehingga energi disimpan untuk menyembuhkan diri dan memperbaiki sel tubuh. Jika dilakukan karena lupa maka tidak batal puasanya. Manakala seorang wanita mendapati darah haid. Saat beban racun tubuh berkurang.

Jika wanita nifas telah suci sebelum sempurna empat puluh hari. Termasuk lupa atau tertidur. Kalau itu terjadi. Jadi segala hal yang termasuk pra atau mukadimahnya itu sudah termasuk memakruhkan puasa. Nabi SAW bersabda. Hal-hal yang membatalkan puasa 02 September 2009 Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Hal yang membatalkan puasa itu terinventarisasi dengan baik sebagaimana yang telah disepakati para ulama. Berikutnya yang tentu saja merupakan poin yang sudah diketahui secara umum adalah makan dan minum secara sengaja. harus diganti dengan kafarah. Perbuatan ini menghapuskan segala amal kebaikan. Kedua adalah di berpuasa dua bulan berturut-turut. ³barang siapa yang berpuasa dan dia lupa sehingga makan dan minum. lagi-lagi bonus. Firman Allah Ta'ala: Seandainya mereka mempersekutukan Allah. dia memberi makan 60 orang miskin. tapi orang itu bisa memundurkan waktu mandinya sampai tiba waktu subuh." DiriwayatRan oleh Al-Harbi dalamGharibul Hadits (5/55/1) dari Abu Hurairah secara maudu' dan dishahihRan oleh AI-Albani dalam silsilatul Alhadits AshShahihah No. kalau permainan itu tidak menimbulkan syahwat seperti anak-anak main itu. Itulah yang harus dipahami bahwa Islam ini memberikan pembebanan kepada orang-orang yang sadar dan mampu memikul beban dari itu. Tapi kalau gambar- . Hanya sangat disayangkan jika pada bulan puasa ada orang secara sengaja berniat untuk tidur biar lupa makan dan minum. "(Al-An'aam:88). Secara singkat apa yang membatalkan puasa adalah jima atau melakukan hubungan suami istri pada siang hari. g. Pada dasarnya orang yang tertidur itu boleh. sekarang ini tidak ada budak. niscaya lenyaplah dari mereka amalan yang telah mereka kerjakan. Demikian pula jika tenggorokannya kemasukan debu. 923. hukumannya hanya mengganti puasa pada hari-hari yang lain. Tapi. maka hendaknya ia mandi. Jika dia tidak mampu. makan dan minum karena lupa. atau air tanpa disengaja. Dalam lafazh lain disebutkan : "Barangsiapa muntah tanpa disengaja. Yang dimaksud dengan onani adalah yang berada dalam alam kesadaran kita. itu pun bonus dari Allah.´ Kalaupun dia sudah menghabiskan satu piring kemudian ia ingat. puasanya itu sah. Tentunya wajib mandi. puasa batal. shalat dan berpuasa. tetapi tetap membatalkan puasa. lalat. Murtad dari Islam (semoga Allah melindungi kita darinya). maka ia tidak (wajib) mengganti puasanya). Ketika itu dilakukan. meski pada sisi lainnya mendonor darah itu menolong orang. lupa atau dipaksa.Tirmidzi). Adapun ketika seseorang mimpi basah. Ada fenomena adanya permainan online yang banyak dimainkan saat ini. Batalnya puasa tersebut Insya Allah tidak berdosa karena hal tersebut dilakukan untuk menolong orang lain. terpaksa mendonor darah. Andaikan ada orang yang tidur dari subuh sampai sahur. Hal lain adalah mengenai donor darah. itu tidak membatalkan kualitas puasanya. yang mana hukumannya itu dia membebaskan seorang budak. tidak ada masalah. Karena itu. dia tidak termasuk hal-hal yang membatalkan puasa. Selanjutnya adalah onani atau mengeluarkan air mani secara sengaja juga termasuk kategori yang membatalkan puasa. hendaknya dia menyempurnakan puasanya karena sesungguhnya Allah yang memberikan makan dan minum itu. Tidak batal puasa orang yang melakukan sesuatu yang membatalkan puasa karena tidak tahu.

y Murtad dari Islam -semoga Allah melindungi kita darinya. ciuman atau sebab lainnya dengan sengaja. Ibnu Majah dan AtTirmidzi). Jima¶ (bersenggama). 2009 By Hamba Allah Hal-hal yang membatalkan puasa. Abu Dawud. y y y y y Barangsiapa yang muntah tanpa sengaja maka tidak wajib qadha. . sedang barangsiapa yang muntah dengan sengaja maka wajib qadha. Adapun keluar mani karena mimpi tidak membatalkan puasa karena keluamya tanpa sengaja. ³(Al-An¶aam: 88). Hal ini didasarkan pada sabda Nabi shallallahu µalaihi wasallam .gambar porno dan lain sebagainya ini masuk kategori ada kaitannya dengan onani atau menyaksikan sesuatu maka dapat memunculkan syahwatnya. atau nifas batallah puasanya. Perbuatan ini menghapuskan segala amal kebaikan. niscaya lenyaplah dari mereka amalan yang telah mereka kerjakan.´ DiriwayatRan oleh Al-Harbi dalamGharibul Hadits (5/55/1) dari Abu Hurairah secara maudu¶ dan dishahihRan oleh AI-Albani dalam silsilatul Alhadits Ash-Shahihah No. Mengeluarkan mani dalam keadaan terjaga karena onani. 923. bersentuhan. Firman Allah Ta¶ala: Seandainya mereka mempersekutukan Allah. baik pada pagi hari atau sore hari sebelum terbenam matahari. Jika dilakukan karena lupa maka tidak batal puasanya. Keluamya darah haid dan nifas. dengan mengeluarkan makanan atau minuman dari perut melalui mulut. Dalam lafazh lain disebutkan : ³Barangsiapa muntah tanpa disengaja. Memasukkan makanan ke dalam perut. Ahmad. Termasuk dalam hal ini adalah suntikan yang mengenyangkan dan transfusi darah bagi orang yang berpuasa. Sengaja muntah. antara lain : y Makan dan minum dengan sengaja. ´ (HR. maka ia tidak (wajib) mengganti puasanya). Manakala seorang wanita mendapati darah haid. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Hal-Hal Yang Membatalkan Puasa August 18.

Hendaklah ia menjaga telinga. atau air tanpa disengaja. hari Senin dan Kamis.Tidak batal puasa orang yang melakukan sesuatu yang membatalkan puasa karena tidak tahu. laknat mendo¶akan orang dijauhkan dari rahmat Allah) dan mencaci-maki. disebut shaumul biidh). namimah (mengadu domba). Kewajiban orang yang berpuasa : Orang yang berpuasa. 9 hari pertama bulan Dzul Hijjah (lebih ditekankan tanggal 9. juga lainnya. lupa atau dipaksa. shalat dan berpuasa. mata. yaitu hari Arafah). wajib menjauhkan diri dari perbuatan dusta. ghibah (menyebutkan kejelekan orang lain). makan dan minum yang haram. Jika wanita nifas telah suci sebelum sempurna empat puluh hari. Puasa yang disunatkan : Disunatkan puasa 6 hari pada bulan Syawwal. maka hendaknya ia mandi. hari µAsyura (tanggal 10 Muharram) ditambah sehari sebelum atau sesudahnya untuk mengikuti jejak Nabi dan para sahabatnya yang mulia serta menyelisihi kaum Yahud . penglihatan yang haram. lalat. 3 hari pada setiap bulan (yang afdhal yaitu tanggal 13. 14 dan 15. lidah dan perutnya dari perkataan yang haram. Demikian pula jika tenggorokannya kemasukan debu. pendengaran yang haram.