Tugas Individu

BENTUK-BENTUK ORGANISASI

ANDREAS BOKA E211 08 276

ILMU ADMINISTRASI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS HASANUDDIN 2009

kebijaksanaan dan keputusan ada di tangan pimpinan. Direksi. hal itu akan mengakibatkan timbulnya kepemimpinan yang bersifat otoriter. karena mungkin kurang input sebagai bahan pertimbangan. maka keputusan tidak dapat diambil dengan cepat bahkan dapat membutuhkan waktu yang lama. Majelis. Nama dari kesatuan pimpinan itu ada bermacam-macam. Dalam organisasi jamak. tergantung dari jenis kegiatan atau fungsi organisasi atau lembaga tersebut. dll. Tentu karena segala sesuatunya diambil berdasarkan musyawarah untuk mufakat melalui rapat. misalnya Presiden. misalnya : Presidium. Organisasi Jamak Dinamakan organisasi jamak apabila pucuk pimpinan organisasi tersebut ada di tangan beberapa orang. sehingga hasil keputusan relative lebih baik dibandingkan dengan keputusan yang diambil secara perseorangan. tidak jarang keputusan yang telah ditetapkan tidak dapat dilaksanakan karena sudah kadaluwarsa. karena pucuk pimpinan ada di tangan beberapa orang maka segala ketentuan. dll. segala ketentuan. Menteri. Organisasi Staf Dalam organisasi staf hanya terdapat pucuk pimpinan dan staf yang memberikan bantuan pemikiran berupa saran atau nasihat kepada pucuk pimpinan. tanpa harus melalui prosedur (musyawarah). Dalam bidang pemerintahan. Karena dalam organisasi tunggal segala sesuatunya ada di tangan satu orang. kebijaksanaan dan keputusan ditentukan secara bersama melalui media rapat. Oleh karena itu dalam organisasi staf tidak ada garis komando ke bawah karena . Direktur. Organisasi tunggal karena pucuk pimpinan hanya ada di tangan satu orang . Nama pimpinan yang dipergunakan tergantung dari jenis kegiatan organisasi. Dewan.Organisasi Tunggal Dinamakan organisasi tunggal apabila pucuk pimpinan organisasi tersebut ada di tangan satu orang. Akan tetapi suatu keputusan yang diambil secara perseorangan belum tentu tepat. Beberapa orang pimpinan tersebut merupakan kesatuan. Karena keputusan selalu lamban. Hal ini mengakibatkan keputusan dapat diambil dengan cepat.

Pelaksana adalah orang-orang atau unit-unit di dalam organisasi yang secara langsung berhubungan dengan tercapainya suatu tujuan organisasi. Segala ketentuan.tidak ada pejabat pimpinan lini. Contoh Bagan : PIMPINAN STAFF Organisasi Lini/Garis STAFF Bentuk organisasi lini disebut juga bentuk organisasi garis atau bentuk organisasi komando. menurut garis komando. Olehkarena itu dalam bentuk organisasi lini/garis hanya dikenal unsure pimpinan dan pelaksana yangmerupakan pejabat lini. Dari pucuk pimpinan sampai ke bawahan berlangsung menurut garis komando. karena tidak ada pimpinan organisasi yang hanya membutuhkan nasihat saja. keputusan atau segala kebijaksanaan ada di tangan satu orang. Bentuk organisasi lini adalah suatu bentuk organisasi dimana pucuk pimpinan dipandang sebagai sumber kekuasaan tunggal. Di dalam prakteknya tidak ada organisasi yang murni organisasi staf. yaitu pimpinan. Wewenang dari pucuk pimpinan dilimpahkan kepada satuan-satuan organisasi dibawahnya untuk semua jenis atau bidang pekerjaan. tetapi biasanya dikombinasikan dengan bentuk organisasi lainnya. Contoh Bagan : General Manager Divisi Divisi Bagian Bagian Bagian Bagian Bagian Bagian . Yang dimaksud dengan pimpinan adalah pimpinan tunggal atau pucuk pimpinan organisasi.

Wewenang diserahkan dari pucuk pimpinan kepada unit-unit organisasi yang ada di bawahnya dalam semua bidang pekerjaan dan di bawah pucuk pimpinan ditempatkan staf. pemberi pertimbangan sesuai bidang keahliannya.Organisasi Staf dan Garis/Lini Bentuk organisasi lini dan staf merupakan perpaduan antara dua bentuk organisasi. Contoh Bagan : PIMPINAN STAFF STAFF BAGIAN BAGIAN BAGIAN BAGIAN BAGIAN Organisasi Staf dan Fungsi Bentuk organisasi staf dan fungsi merupakan gabuangan antara organisasi staf dan organisasi fungsi. Dengan demikian wewenang dala organisasi fungsional dilimpahkan oleh pucuk pimpinan kepada unit-unit di bawahnya atas dasar fungsi dan pimpinan dari tiap unit berhak untuk memerintah kepada semua pelaksana yang ada dibawahnya sepanjang menyangkut bidang . Staf ini tidak mempunyai wewenang lini/garis (wewenang komando) kebawah. Staf hanya berfungsi sebagai pemberi nasihat. Staf dapat pula ditempatkan disetiapsatuan organisasi apabila dibutuhkan. Tiap-tiap fungsi saling berhubungan karena satu fungsi dengan lainnya saling bergantung. yaitu organisasi lini dan organisasi staf.

dimana sataf tidak memiliki wewenang memerintah kebawah tetapi hanya pemberi nasihat pada pucuk pimpinan. General Contoh Bagan : Manager Divisi Divisi Divisi Bagian Bagian Bagian . Staf diletakkan di bawah pucuk pimpinan . Wewenang dari pucuk pimpinan dilimpahkan kepada unit-unit organisasi yang ada di bawahnya dalam bidangbidang pekerjaan tertentu sesuai kebutuhan organisasi. Masing-masing pimpinan dari setiap unit berhak memerintah semua satuan pelaksana yang ada sepanjang menyangkut bidang tugas masing-masing. Setiap satuan pelaksana mempunyai wewenang dalam semua bidang pekerjaan. Contoh Bagan: PIMPINAN STAFF STAFF BAGIAN BAGIAN BAGIAN BAGIAN BAGIAN PEKERJA/WORKERS Organisasi Fungsi dan Lini Bentuk organisasi fungsional dan lini merupakan perpaduan antara organisasi fungsional dan organisasi lini/garis.tugas masing-masing.

Jadi pada dasarnya sama dengan bentuk organisasi fungsional dan lini. dan organisasi fungsional. hanya dibawah pucuk pimpinan ditempatkan staf sebagai pembantu atau sebagai penasihat. Bentuk organisasi staf. Contoh Bagan : General Manager STAFF STAFF Divisi Divisi Divisi Bagian Bagian Bagian . dan fungsional adalah organisasi dimana wewenang dari pucuk pimpinan dilimpahkan kepada unit-unit organisasi yang ada dibawahnya dalam bidang-bidang pekerjaan tertentu sesuai kebutuhan organisasi. organisasi lini/garis. lini. yaitu organisasi staf. Lini dan Fungsi Bentuk organisasi ini adalah suatu organisasi yang merupakan perpaduan dari riga bentuk organisasi. Setiap satuan pelaksana mempunyai wewenang dalam bidang pekerjaannya dan dibawah pucuk pimpinan ditempatkan staf sebagai pembantu atau sebagai penasihat pimpinan. Masing-masing pimpinan dari setiap unit berhak memerintah semua satuan pelaksana sepanjang menyangkut bidang tugas masing-masing.Organisasi Staf.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful