P. 1
Kiat Sukses Menjadi Seorang Wirausaha

Kiat Sukses Menjadi Seorang Wirausaha

|Views: 195|Likes:
Published by turrbo

More info:

Published by: turrbo on Jun 02, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/19/2012

pdf

text

original

KIAT SUKSES MENJADI SEORANG WIRAUSAHA Kiat sukses Ala Bob Sadino nih dia rahasia bisnis om Bob

Sadino diantaranya adalah : 1. Tidak ada sukses yang instan/jalan pintas menuju kesuksesan. 2. Kesuksesan itu akibat dari seluruh kegagalan yang sudah terlewati. 3. Menjalani semuanya tanpa rencana karena yang penting adalah tetap melangkah. 4. Definisi sukses itu adalah relatif. Pelajaran #1 Tidak ada sukses yang instan/jalan pintas menuju kesuksesan. "Cara cepat jadi kaya", "Cara mudah menuju sukses", dan beberapa bahan jualan seminar motivasi atau pelatihan yang akhir2 ini mewabah tentu saja sering anda baca atau anda ikuti. Namun, seorang Om Bob Sadino sama sekali tidak percaya pada kata-kata tersebut, atau pada materi2 semunar/pelatihan tersebut. "Itu omong kosong," lanjutnya. Karena menurutnya, tidak ada sukses yang instan. Semuanya memerlukan waktu serta memerlukan effort yang lebih untuk mewujudkannya. Tidak serta merta bisa langsung 'cling' terwujud sebuah kesuksesan. Bahkan ketika ada salah satu dari kita bertanya, "Kira2 ada gak jalan pintas untuk meraih kesuksesan?" Maksud si penanya ni tentunya adalah meminta Om Bob bercerita langkah2 apa saja yang sudah ia lakukan hingga akhirnya bisa seperti sekarang. Apa jawab Om Bob: "Kalian itu mau enaknya saja, tidak mau melewati proses yang seharusnya kalian lalui. Kalian ingin mendapatkan emas, tapi tidak ingin bersusah payah, bermandikan keringat, darah, dan cucuran air mata untuk mendapatkan emas yang kalian inginkan...!" "Tidak ada sesuatu yang instan. Kalaupun saya ceritakan apa yang sudah saya lakukan, tentu saja hal itu belum tentu sama dengan problem2 yang pernah saya lalui..." Degggggg.....! Jawaban Om Bob ini cukup menghantam pemikiran kita. Intinya disini Om Bob ingin mengatakan. Jika kita ingin memperoleh emas idaman kita, maka kita harus siap untuk bersusah payah menambang, bermandikan keringat, darah, dan cucuran air mata, agar emas yang kita inginkan tersebut tetap bisa di raih. Semua itu adalah proses. Tidak ada sesuatu yang instan"

. "Apa rencana Om Bob selanjutnya?" Apa jawabnya coba? "Saya tidak memiliki rencana. semenit.. Kegagalan gukannya untuk dihindari. apapun itu bentuknya. Jadi. sehari. sedang 99% sisanya adalah kerja keras" Begitu pula dengan Om Bob Sadino. Janganlah takut pada kegagalan. Tapi yang pasti saya tetap harus melangkah. sejam. kegagalan justru harus dicintai.!!!! "Saya tidak memiliki rencana..! Pelajaran # 4 Definisi sukses itu adalah relatif. karena kita tidak tahu apapun yang akan terjadi selanjutnya. artinya kita akan semakin dekat dengan kesuksesan. serta bersifat kebendaan duniawi lainnya. semakin cepat kita bertemu kegagalan dan semakin cepat kita bisa melalui kegagalan tersebut... "Sukses itu hanya 1%. setahun kedepan kita tidak pernah tahu. dipeluk-peluk. Seseorang yang mampu menaklukkan ketakutannya untuk berbicara di depan orang banyak.! Pelajaran # 3 Menjalani semuanya tanpa rencana karena yang penting adalah tetap melangkah. disayang-sayang. sebulan.. Pada poin ini ada korelasinya dengan kata2 yang dipopulerkan oleh Soichiro Honda.. kegagalan tersebut harus kita lalui. Kebanyakan dari kita mendefinisikan sukses itu adalah bergelimangan harta. dibelai-belai. maka 1% kesuksesan itu barulah boleh kita nikmati. bukannya berhenti melangkah.!" Mengapa tidak memiliki rencana..Pelajaran # 2 Kesuksesan itu akibat dari seluruh kegagalan yang sudah terlewati. Padahal sesungguhnya sukses itu adalah relatif. kaya materi. Jangan membenci atau menghindari kegagalan. tapi saya akan terus melangkah.. Jika "jatah" kegagalan kita sudah habis kita lalui.... Setiap orang sudah pasti akan terbentur pada sebuah kegagalan. Namun untuk tetap ingin meraih kesuksesan. Alasannya sederhana.!!" Glodakkkkkkkk. atau orang yang mampu menyingkirkan rasa malu .

yaitu berinisiatif dan tegas 2. yang tercermin dalam padangan dan bertindak terhadap peluang. seorang wirausaha memiliki ciri-ciri tertentu pula. Keberanian menghadapi risiko yang didukung oleh komitmen yang kuat. Ia berani mengambil resiko terhadap pekerjaannya karena sudah diperhitungkan artinya risiko yang di ambil tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah. mengutamakan kualitas pekerjaan. Dalam mencapai keberhasilannya. 2. Zimmerer (1993. 6. Komitmen kepada orang lain. Ia tidak setengah-setengah dalam melakukan pekerjaannya. dan mengutamakan monitoring 3. 6-7 ) mengemungkakan delapan karakteristik yang meliputi : 1. 5. orientasi efisiensi.5) dikemungkinan beberapa karakteristik kewirausahaan yang berhasil. Memiliki ketrampilan dalam mengorganisasikan sumber daya untuk menciptakan nilai tambah 8. immerer 1993. dan berwawasan jauh ke depan Memiliki semangat kerja dan kerja keras untuk mewujudkan keinginannya demi masa depan yang lebih baik . Diantaranya memiliki ciri-ciri : 1. Wirausaha selalu komitmen dalam melakukan tugasnya sampai berhasil. Percaya akan kemampuan dirinya untuk berhasil Selalu menghendaki umpan balik yang segera Berorientasi ke masa depan. namun nti kapan2 di tulis lagi yaa? KARAKTERISTIK WIRAUSAHA Pendapat M. Scarborough dan Thomas W.untuk berjualan/berdagang. perspektif. Dalam Enterpreneurship and Small Enterprise Development Report (1986) yang dikutip oleh M. maka uang selalu dikelolah secara proaktif dan dipandang sebagai sumber daya. . Masih ada lagi beberapa pemikiran2 dari seorang Bob Sadino. itu adalah merupakan kesuksesan juga. berencana. 3. Lebih memilih risiko yang moderat. Berorientasi pada prestasi. Dengan semangat optimis yang tingggi karena ada hasil yang diperoleh. misalnya dalam mengadakan kontrak dan hubungan bisnis. 4. mendorong wirausaha untuk terus berjuang mencari peluang sampai ada hasil. Scarborough dan Thomas W. Proaktif. Hasil-hasil ini harus nyata/jelas dan objektif dan merupakan umpan balik bagi kelancaran kegiatannya. Jadi sukses itu tidak semata-mata bersifat kebendaan duniawi. Memiliki rasa tanggung jawab atas usaha-usaha yang dilakukannya. 7. Selalu menilai prestasi dengan uang.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->