PETUNJUK INSTALASI TBDOS - NIDN

Fotokopi Ijazah dapat dipakai sebagai pengganti KTP, bila kesulitan mendapatkan fotokopi KTP dari Dosen TBDOS terbaru dapat di download setiap hari Senin 1. Apa saya harus download semua file yang ada..? Jawab: TIDAK PERLU. Anda bisa download file yang anda butuhkan saja. Misalnya P.T. anda berlokasi di Kopertis VII maka anda cukup download TBDOS untuk Kopertis VII saja. Namun, bila lokasi P.T. anda di kota perbatasan propinsi, misalnya, antara Jatim dan Jateng, dan ada dosen dari wilayah Jateng yang mengajar di P.T. maka download juga TBDOS Kopertis VI. Bolehkah saya download dan install TBDOS yang lengkap..? Jawab: Boleh saja. Untuk itu waktu download akan lebih lama. Apa perbedaan dari setiap TBDOS yang ada? Kenapa dipisah-pisah? Jawab TBDOS berisi data NIDN dosen seluruh Indonesia yang jumlahnya lebih dari 100.000 orang/record. Dengan demikian datanya “buesar” dan ukuran file bisa mencapai 15 MB. Data TBDOS akan selalu di-update sesuai dengan penambahan data dosen. Apabila data tidak dipisahkan per Wilayah Kopertis maka setiap minggu anda harus download file yang ukurannya besar sehingga tentunya akan merepotkan. Oleh karena itu kami pisahkan sesuai dengan wilayah Kopertis agar ukuran file lebih kecil demi kenyamanan anda semua. Bagaimana cara menggabungkan TBDOS bila kami download dari 2 buah TBDOS wilayah Kopertis? Jawab Ikuti petunjuk Instalasi TBDOS melalui program Sinkronisasi TBDOS NIDN yang telah disediakan. Ikuti petunjuk instalasi pada halaman berikut. Dosen di P.T. saya sudah terdaftar di TBDOS dengan tempat lahir Jakarta dan tanggal lahir 10-08-1975. Data tersebut salah yaitu pada tanggal lahir seharusnya 09-10-1975 sehingga ketika proses NIDN tidak pernah bisa. Bagaimana cara mengubahnya..? Apakah kami boleh mengubah data di TBDOS..? Jawab a. Anda TIDAK BOLEH mengubah data di TBDOS. Bila anda mengubah sendiri maka ketika data di-posting di Dikti/Kopertis akan ditolak oleh sistem karena sistem akan menggunakan TBDOS yang “asli” sebagai data referensi; b. Untuk itu anda bisa kirim fax ke (021) 5696-2887 atau sms ke 0815-812-4567 atau e-mail sta@wartono.com memberitahukan kesalahan dan minta perbaikan; c. Tim Teknis akan memperbaiki data pada TBDOS dan anda melakukan download pada data update berikutnya.

2.

3.

4.

5.

petunjuk-tbdos-nidn-2006-06-10.wpd

1

? Jawab Bawa fotokopi KTP dosen yang bersangkutan ke Kopertis sesuai dengan wilayah P.. 7.com untuk kami perbaiki datanya.T. Beberapa dosen kami memiliki 2 buah NIDN. UGM dan PTS di Solo. tertulis kode P.T. IPB dan PTS di Jakarta. anda.T. Apakah dosen tersebut harus kami mintakan NIDN ? Bila tidak. Yang mana harus kami pilih? Jawab Pilih yang nomornya lebih kecil. Hal ini menyebabkan data tidak valid. Beberapa dosen mengajar di lebih dari SATU P. Dosen kami ada yang belum memiliki NIDN. bagaimana kami mendapatkan NIDN-nya? Jawab Anda download TBDOS untuk Kopwil VII (Jatim) dan kemudian lakukan Sinkronisasi untuk menggabungkan ke TBDOS yang sudah ada.? Jawab Dalam kasus dosen yang sudah keluar dan sudah meninggal. Selanjutnya. Dosen tetap kami sudah memiliki NIDN pada TBDOS tetapi pada Kode P. harap dicatat dosen yang memiliki lebih dari satu NIDN dan kirim ke sta@wartono. 8. Bagaimana cara memperolehnya. di TBDOS sama sekali tidak menyatakan ikatan kerja dosen tersebut tetapi hanya merupakan catatan bahwa dosen tersebut didaftarkan oleh P.com). Walaupun hanya satu dosen anda tetap harus download TBDOS di mana dosen tersebut berasal.T. ITB dan PTS di Jakarta. Untuk dosen PNS dari PTN Depdiknas dapat melakukan scan KTP dosen dan dikirim ke e-mail sta@wartono. mis. Pada P. yang berbeda wilayah.6.T. Apabila salah satu berawalan “00" maka harus dipilih yang berawalan “00".T.wpd 2 . Oleh karena itu kami tidak bisa mendapatkan fotokopi KTP-nya dan tentunya tidak ada NIDN-nya. ke e-mail: sta@wartono.I. dll. dan IPB.T. dan jenis kelamin. 9. Untuk itu sebaiknya P. Ikatan kerja dosen TETAP mengacu pada MSDOS dari masing-masing P. tersebut.com. 10. Kami memiliki dosen yang mengajar pada semester-semester yang lalu namun saat ini sudah tidak mengajar lagi dan ada yang meninggal. tanggal lahir. Bila dosen tersebut berasal dari PTN Depdiknas seharusnya sudah ada pada TBDOS. tempat lahir.: U. maka anda cukup mengirimkan: nama. anda DOWNLOAD juga TBDOS dari wilayah “tetangga” sehingga tidak kesulitan mencari NIDN-nya. termasuk dosen asing. petunjuk-tbdos-nidn-2006-06-10. kami yang berlokasi di Pontianak memiliki seorang “dosen terbang” dari salah satu PTN di Surabaya. Solo dan Madiun.T. Bagaimana cara merubahnya ? Jawab Anda TIDAK PERLU merubahnya karena Kode P. ke Kopertis atau ke Dikti (untuk PTN.. lain padahal dia dosen tetap kami. Yogya dan Purwokerto. Bagaimana cara mengatasinya.T.

c. dikti. Solusi ini telah dilakukan di Kopertis VI. pesannya “jauh” dari masalah. Ketika proses Gabung Data di Kopertis. petunjuk-tbdos-nidn-2006-06-10. Kenapa bisa begitu . prosesnya begini: a. Validasi sudah valid tetapi ketika divalidasi di Kopertis menjadi tidak valid Laporan sudah valid ketika dijalankan dengan program P. program memeriksa NIDN yang ada di data P. Lakukan perubahan NIDN seperti ketika membuat NIDN. yang “kebetulan” masih menggunakan TBDOS yang lama sehingga menyebabkan tidak valid pada TRNLM dan TRAKM. dosen salah “tempat”. b. Download TBDOS yang terbaru lalu jalankan Validasi lagi. Perbaikan record pada TBDOS ini mungkin terjadi pada TBDOS di P. Dari situ akan tercantum dosen mana yang NIDN-nya tidak valid. Tabel Dosen tersebut adalah yang terbaru di mana record dobel sudah dihapus.T. Laporan diserahkan ke Kopertis.. salah tanggal lahir.wpd 3 .T.. Oleh Kopertis dilakukan proses Gabung Data menggunakan program Kopertis dan ketika divalidasi menjadi tidak valid pada TRNLM dan TRAKM. b. c.? Jawab Menjadi tidak valid di Kopertis itu ternyata disebabkan oleh NIDN yang tidak ada. dengan Tabel Dosen (TBDOS) yang ada di komputer Kopertis. PNS diberi kode Kopertis. Solusinya: a.T.com.11.

.NIDN dosen anda sudah ada pada TBDOS tetapi SETELAH sinkronisasi dengan data TBDOS yang baru. misalnya dosen anda di Jakarta dobel dengan dosen anda yang juga terdaftar di Bogor. Bila sama sekali tidak ketemu beritahu kami (lihat butir 7) Anda memberitahu kami adanya kesalahan pada tanggal lahir atau status PNS-nya. Perbaikan atas kesalahan tersebut akan di-create NIDN yang baru. ??? (jangan lapor ke Polisi) # # NIDN berlaku SEUMUR HIDUP .. NIDN yang sudah ada “menghilang” # Hal ini bisa terjadi karena ada data dobel yang kami hapus (satu orang dosen memiliki dua NIDN).. setelah NIDN. Solusi: searching lagi untuk mendapatkan NIDN yang lain... petunjuk-tbdos-nidn-2006-06-10. kami akan melakukan verifikasi data dosen dengan DUK (untuk PNS) dan dokumen lain yang ada di Kopertis/BAN-PT Oleh karena itu.. Solusi: download TBDOS dari wilayah “tetangga” anda untuk memeriksanya. bila sama sekali tidak ketemu beritahu kami (lihat butir 7) Data dobel pada wilayah yang berbeda. !!! # # Dosen PNS (Depdiknas) yang keluar (mengundurkan diri dari PNS) atau pensiun dan kemudian menjadi dosen tetap di suatu PTS º NIDN-nya tetap (tidak berubah) Seorang dosen yang sudah memiliki NIDN diterima sebagai PNS (Depdiknas) º NIDN-nya tetap (tidak berubah) VERIFIKASI DATA NIDN # # # Lakukan verifikasi data dosen SEKARANG dengan data yang sebenarnya Tahap berikutnya.. sebaiknya anda melakukan verifikasi SEKARANG agar tidak mengalami kesulitan dalam merubah data pada kemudian hari .. Anda “kehilangan” NIDN .wpd 4 .

.or. Gambar 2 petunjuk-tbdos-nidn-2006-06-10.id Klik menu Download pada menu kiri. 2. Klik baris Download TBDOS NIDN Untuk Mengisi . warna biru. .. Masuk ke website http://evaluasi. Gambar 1 3.wpd 5 . .PETUNJUK INSTALASI TBDOS 1.

Pada bidang kanan cari lokasi file download anda. anda. Jalankan Total Commander.4. Gambar 3 6. 7. Gambar 4 petunjuk-tbdos-nidn-2006-06-10. 8. Download tbdosxx.wpd 6 . Download Petunjuk dengan klik Link yang ada. 5.zip sesuai dengan wilayah lokasi P.T. biasanya di desktop. Pada bidang kiri buka folder c:\temp.

wpd 7 . Gambar 5 11. 14.zip sehingga terlihat seperti gambar di samping.com. 2005/1 secara KUMULATIF berada pada c:\dikti sehingga ketika melakukan pendataan NIDN semua kode dosen yang berada pada berbagai file dan berbagai semester akan diubah secara otomatis oleh program petunjuk-tbdos-nidn-2006-06-10. Jalankan program evaluasi dikti. Pastikan kedua option diberi tanda U. Tekan OK. Gambar 7 PASTIKAN data anda sejak Semester 2002/1 s. 13. Klik ganda file tbdos12. 10. Tekan Ctrl+A pada bidang kanan.d. Gambar 6 12. atau Select All file yang ada di bidang kanan.9. Kemudian tekan F5 untuk mengcopy ke bidang kiri.

Bila anda melakukan download data baru. 19. Masukkan tahun akademik. 17. semester. 20. Pindahkan kursor ke butir D. Ketik Pilihan 1 lalu isikan kode wilayah. Proses selesai. Sinkronisasi & Cetak TBDOS NIDN. lakukan hal yang sama. Tekan Enter. Gambar 9 18. misalnya. dan kode PT.wpd 8 . 12 kemudian tekan Enter.15. Gambar 8 16. Gambar 10 petunjuk-tbdos-nidn-2006-06-10.

2005/1 secara KUMULATIF berada pada c:\dikti sehingga ketika melakukan pendataan NIDN semua kode dosen yang berada pada berbagai file dan berbagai semester akan diubah secara otomatis oleh program petunjuk-tbdos-nidn-2006-06-10. 8. Tekan F1.MENGISI NIDN 1.d. Besarkan dialog window dengan klik ujung atas kanan untuk melihat tanggal lahir.wpd 9 . Gambar 12 7. Gambar 11 4. Akan tampil dialog window untuk mengisi Bagian Nama Dosen. Ketik hendra atau budiman JANGAN ditulis lengkap karena bisa tidak ketemu. 9. 6. Tekan Enter. Pindahkan kursor ke nama Hendra Budiman. Jalankan Pendataan Master Dosen lalu tekan Enter pada dosen yang akan diisi NIDNnya. 3. Gambar 13 PASTIKAN data anda sejak Semester 2002/1 s. 2. 5. Tekan enter satu kali untuk memindahkan kursor ke NIDN.

wpd 10 . ikuti petunjuk bagaimana cara untuk mendapatkan NIDN. 13. Bila nama dosen tidak ditemukan pada Tabel Dosen yang sudah ada. Lakukan hal yang sama untuk mengisi NIDN.Gambar 14 10. NIDN akan tampil pada field yang tersedia. 14. 12. petunjuk-tbdos-nidn-2006-06-10. 11. Tekan PgUp datu PdDn untuk pindah ke record dosen berikutnya. Tekan F4 untuk menyimpan.

Implementasi NIDN NIDN MSDOS MSPDS TBKMK TRAKD TRLSD TRPUD Data Harus Terkumpul Kumulatif SELURUH PROGRAM STUDI dan Sejak 2002/1 s. 2005/1 petunjuk-tbdos-nidn-2006-06-10.d.wpd 11 .