RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP

)

Tahun KF Alamat

: 2010/2011 : Dasan Malang Kec. Masbagik

Pertemuan ke- : 1 dan 2 Alokasi waktu : 6 jam

A. Indikator
y y y y

Membaca huruf vokal (A, I, U, E, O) Dapat menulis vokal abjat latin dengan lancar (A, I, U, E, O, a, i, u, e, o) Menghitung jumlah vokal. Membaca suku kata sekurang-kurangnya 2 huruf B dan C (besar dan kecil) yang digabung dengan vokal.

y y

Mendapatkan suku kata sekurang-kurangnya 2 huruf B ddan C (besar dan kecil) Menghitung banyak obyek (benda atau gambar dll) secara berurutan 1-10.

B. Tujuan Pembelajaran WB dapat :
y Membaca huruf vokal (A, I, U, E, O) y Dapat menulis vokal abjat latin dengan lancar (A, I, U, E, O, a, i, u, e, o) y Menghitung jumlah vokal. y Membaca suku kata sekurang-kurangnya 2 huruf B dan C (besar dan kecil) yang

digabung dengan vokal.
y Mendapatkan suku kata sekurang-kurangnya 2 huruf B ddan C (besar dan kecil) y Menghitung banyak obyek (benda atau gambar dll) secara berurutan 1-10.

C. Materi pokok: membaca, menulis dan berhitung

D. Strategi pembelajaran : Situasional E. Langkah-langkah pembelajaran a. Pendahuluan memaparkan tujuan dari pelaksanaan pembelajaran memotivasi WB agar tetap mengikuti KF sampai selesai

b. Kegiatan inti

-

menyampaikan materi pembelajaran memberikan contoh sesuai dengan kegiatan WB sehari-hari memberikan kesempatan kepada WB untuk memahami apa yang sedang mereka pelajari.

-

WB membaca huruf vokal satu-satu Menghitung banyak huruf vokal

c. Penutup menarik kesimpulan dari proses pembelajaran memberitahukan materi berikutnya dan memberikan PR do¶a

F. Sumber/bahan belajar
y y

poster alphabet lingkungan sekitar

G. Penilaian Teknik Bentuk Instrumen : lisan/tanya jawab : bacaan huruf vokal : A, I, U, E, O, a, i, u, e, o

Masbagik ,04 april 2011 Mengetahui Dosen Pembimbing lapangan (DPL) Tutor

L. MUHAMMAD FAUZI, M. Pd. Si NIS.

MUNAWARAH. B NPM. 07210095

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Tahun KF Alamat

: 2010/2011 : Dasan Malang Kec. Masbagik

Pertemuan ke- : 3 dan 4 Alokasi waktu : 6 jam

A. Indikator
y membaca suku kata sekurang-kurangnya dua huruf (D dan F) yang digabung dengan

vokal, membaca bilangan 11-20.
y Menulis suku kata sekurang-kurangnya dua huruf (D, F) digabung dengan vokal menulis

lambang bilangan cacah 11-20.
y Menghitung banyak obyek secara berurutan 11-20 y Membaca suku kata sekurang-kurangnya dua huruf (G, H) yang digabung dengan vokal. y Menulis suku kata sekurang-kurangnya dua huruf (G, H) yang digabung dengan vokal

dan menulis bilangan cacah 21-30
y Berhitung bilangan cacah dan obyek.

B. Tujuan pembelajaran Warga belajar dapat :
y

membaca suku kata sekurang-kurangnya dua huruf (D dan F) yang digabung dengan vokal, membaca bilangan 11-20.

y

Menulis suku kata sekurang-kurangnya dua huruf (D, F) digabung dengan vokal menulis lambang bilangan cacah 11-20.

y y y

Menghitung banyak obyek secara berurutan 11-20 Membaca suku kata sekurang-kurangnya dua huruf (G, H) yang digabung dengan vokal. Menulis suku kata sekurang-kurangnya dua huruf (G, H) yang digabung dengan vokal dan menulis bilangan cacah 21-30

y

Berhitung bilangan cacah dan obyek.

C. Materi pokok : membaca, menulis dan berhitung D. Strategi pembelajaran : pendekatan terhadap WB E. Lengkah-langkah pembelajaran a. Pendahuluan

Sumber/bahan belajar : lingkungan sekitar dan poster G. Si NIS. M. Masbagik . MUHAMMAD FAUZI. 07210095 . Pertemuan ke-3 y y WB diperkenalkan minimal dengan dua huruf konsonan (D dan F) WB membaca huruf D dan F kemudian menulis suku kata yang digabungkan dengan huruf vokal. F. Penilaian Teknik Bentuk Instrumen : lisan : : WB membaca suku kata D.y y Apersepsi/motivasi warga belajar untuk tetap mengikuti proses pembelajaran Memaparkan tujuan/manfaat dari pembelajaran yang berlangsung Kegiatan inti b. MUNAWARAH. y y y y y WB berhitung bilangan cacah dari objek yang ada Penutup Menarik kesimpulan dari proses pembelajaran Memberikan pr dan informasi materi selanjutnya Do¶a F. G dan H yang digabungkan dengan huruf vokal. WB membaca angka 11-20 dan menulisnya pada buku catatan mereka y Pertamuan ke-4 y y WB diperkenalkan minimal dengan dua huruf konsonan (G dan H) WB membaca huruf G dan H kemudian menulis suku kata yang digabungkan dengan huruf vokal.04 april 2011 Mengetahui Dosen Pembimbing lapangan (DPL) Tutor L. Pd. B NPM.

Pendahuluan y Apersepsi/motivasi warga belajar untuk tetap mengikuti proses pembelajaran y Memaparkan tujuan/manfaat dari pembelajaran yang berlangsung . Masbagik Pertemuan ke. K) yang digabung dengan vokal (besar. M) yang digabung dengan vokal (besar. M) yang digabung dengan vokal (besar. y Menulis suku kata sekurang-kurangnya dua huruf (L. Menulis suku kata sekurang-kurangnya dua huruf (L. Tujuan pembelajaran Warga Belajar dapat : y Membaca suku kata sekurang-kurangnya dua huruf (J. Materi pokok : membaca. kecil) y y y Berhitung bilangan cacah dan obyek. Langkah-langkah pembelajaran a. y Membaca suku kata sekurang-kurangnya dua huruf (L. kecil) y Berhitung bilangan cacah dan obyek. kecil) y Berhitung bilangan cacah dan obyek. B. C. K) yang digabung dengan vokal (besar. Membaca suku kata sekurang-kurangnya dua huruf (L. M) yang digabung dengan vokal. K) yang digabung dengan vokal. Indikator y y Membaca suku kata sekurang-kurangnya dua huruf (J. M) yang digabung dengan vokal. K) yang digabung dengan vokal. kecil) y Berhitung penjumlahan sederhana. Strategi pembelajaran : situasional E. Menulis suku kata sekurang-kurangnya dua huruf (J.: 5 dan 6 Alokasi waktu : 6 jam A.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Tahun KF Alamat : 2010/2011 : Dasan Malang Kec. y Menulis suku kata sekurang-kurangnya dua huruf (J. menulis dan berhitung D.

MUHAMMAD FAUZI. Penutup y Menarik kesimpulan dari proses pembelajaran y Memberikan pr dan informasi materi selanjutnya y Do¶a F. Pd. MUNAWARAH.04 april 2011 Mengetahui Dosen Pembimbing lapangan (DPL) Tutor L. 07210095 . kecil) y WB berhitung bilangan cacah dari objek yang ada Pertemuan ke-6 y WB diperkenalkan minimal dengan dua huruf konsonan (L dan M) y WB membaca huruf L dan M kemudian menulis suku kata yang digabungkan dengan huruf vokal (besar. Kegiatan inti Pertemuan ke-5 y WB diperkenalkan minimal dengan dua huruf konsonan (J dan K) y WB membaca huruf J dan K kemudian menulis suku kata yang digabungkan dengan huruf vokal (besar. K. M. kecil) y WB berhitung bilangan cacah dari objek yang ada c. Si NIS.b. Sumber/bahan belajar : lingkungan sekitar dan poster G. L dan M yang digabungkan dengan huruf vokal. Masbagik . B NPM. Penilaian Teknik Bentuk : lisan : Instrumen : WB membaca suku kata J.

menulis dan berhitung D. R) y Berhitung pengurangan sederhana. Strategi pembelajaran : situasional E.: 7 dan 8 Alokasi waktu : 6 jam A. y y Pendahuluan Apersepsi/motivasi warga belajar untuk tetap mengikuti proses pembelajaran Memaparkan tujuan/manfaat dari pembelajaran yang berlangsung Kegiatan inti b. P) yang digabung dengan vokal (besar. P) yang digabung dengan vokal. Indikator y y Membaca suku kata sekurang-kurangnya dua huruf (N. y Membaca kata dan menyebutkan kata dengan awalan Q. R Menulis suku kata sekurang-kurangnya dua huruf (Q. Langkah-langkah pembelajaran a. .RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Tahun KF Alamat : 2010/2011 : Dasan Malang Kec. P) yang digabung dengan vokal. kecil) y y y y Berhitung penjumlahan sederhana. P) yang digabung dengan vokal (besar. C. Materi pokok : membaca. R y Menulis suku kata sekurang-kurangnya dua huruf (Q. Menulis suku kata sekurang-kurangnya dua huruf (N. Tujuan pembelajaran Warga Belajar dapat : y Membaca suku kata sekurang-kurangnya dua huruf (N. Masbagik Pertemuan ke. kecil) y Berhitung penjumlahan sederhana. R) Berhitung pengurangan sederhana B. Membaca kata dan menyebutkan kata dengan awalan Q. y Menulis suku kata sekurang-kurangnya dua huruf (N.

R y WB berhitung pengurangan sederhana c. y y y Penutup Menarik kesimpulan dari proses pembelajaran Memberikan pr dan informasi materi selanjutnya Do¶a F. kecil) y WB berhitung penjumlahan sederhana Pertemuan ke-8 y WB diperkenalkan minimal dengan dua huruf konsonan (Q dan R) y WB membaca dan menuliskan kata dengan awalan Q.04 april 2011 Mengetahui Dosen Pembimbing lapangan (DPL) Tutor L. Penilaian Teknik Bentuk : lisan : Instrumen : WB membaca suku kata yang berawalan N. 07210095 . Masbagik . Q dan R WB berhitung penjumlahan dan pengurangan sederhana. MUHAMMAD FAUZI. M.Pertemuan ke-7 y WB diperkenalkan minimal dengan dua huruf konsonan (N dan P) y WB membaca huruf N dan P kemudian menulis suku kata yang digabungkan dengan huruf vokal (besar. B NPM. Pd. Sumber/bahan belajar : linkungan sekitar dan kartu alfabet G. P. MUNAWARAH. Si NIS.

. Y dan menyambungkan kata menjadi kalimat (sekurang-kurangnya 3 kata). y Berhitung pengurangan sederhana C. T dan menyambungkan kata menjadi kalimat Menulis suku kata sekurang-kurangnya dua huruf (S. T) dan menulis operasi pengurangan bilangan sederhana. y Berhitung pengurangan sederhana B. Y dan menyambungkan kata menjadi kalimat (sekurang - kurangnya 3 kata). y Menulis suku kata sekurang-kurangnya dua huruf (W. Y) dan menulis operasi pengurangan bilangan (-). T dan menyambungkan kata menjadi kalimat pengurangan bilangan sederhana. Masbagik Pertemuan ke.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Tahun KF Alamat : 2010/2011 : Dasan Malang Kec. Membaca awalan W. Y) dan menulis operasi pengurangan bilangan (-). Indikator y y Membaka kata awalan S. T) dan menulis operasi y Membaca awalan W. Tujuan pembelajaran Warga Belajar dapat : y Membaka kata awalan S. y y Menulis suku kata sekurang-kurangnya dua huruf (W.: 9 dan 10 Alokasi waktu : 6 jam A. Strategi pembelajaran : kondisional E. Materi pokok : membaca. Langkah-langkah pembelajaran a. y Menulis suku kata sekurang-kurangnya dua huruf (S. y y Pendahuluan Apersepsi/motivasi warga belajar untuk tetap mengikuti proses pembelajaran Memaparkan tujuan/manfaat dari pembelajaran yang berlangsung Kegiatan inti Pertemuan ke-9 b. menulis dan berhitung D.

Penilaian Teknik Bentuk : lisan : Instrumen : WB membaca suku kata yang berawalan S. Sumber/bahan belajar : lingkungan sekitar dan kartu Alfabet G. W dan Y WB berhitung pengurangan sederhana. MUNAWARAH. T dan menyambung kata menjadi kalimat (sekurangnya 2 kata) WB menulis suku kata sekurany-kuranya 2 huruf (S. 07210095 . Si NIS. WB dibimbing untuk menyambung kata menjadi kalimat WB menulis suku kata sekurang-kurangnya 2 huruf (W. MUHAMMAD FAUZI.04 april 2011 Mengetahui Dosen Pembimbing lapangan (DPL) Tutor L. 1. 2. M. T) dan menulis operasi bilangan sederhana. 5 ± 3 = «. 10 ± 5 = «. c. Pd. Y dan menyalin dalam buku catatan. B NPM. y WB berhitung pengurangan sederhana. Masbagik . T.. WB berhitung pengurangan sederhana y y Pertemuan ke-10 y y y WB diperkenalkan dengan huruf W. Penutup y y y Menarik kesimpulan dari proses pembelajaran Memberikan pr dan informasi materi selanjutnya Do¶a F. Y) dan menulis operasi pengurangan bilangan.y WB dipekanalkan dengan huruf S.

Pendahuluan y y Apersepsi/motivasi warga belajar untuk tetap mengikuti proses pembelajaran Memaparkan tujuan/manfaat dari pembelajaran yang berlangsung b.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Tahun KF Alamat : 2010/2011 : Dasan Malang Kec. Berhitung pengurangan sederhana Membaca peta. simbol gambar dan simbol bilangan Menulis kata yang ada dalam peta Menulis jarak dan lambang bilangan sederhana C. Materi pokok : membaca. Kegiatan inti Pertamuan ke-11 y y Membimbing WB untuk membaca dan memahami petunjuk Membimbing WB untuk menulis biodata diri dan menulis operasi pengurangan sederhana. . Strategi pembelajaran : kondisional E. Berhitung pengurangan sederhana Membaca peta. Langkah-langkah pembelajaran a. Tujuan pembelajaran Warga belajar dapat : y y y y y y Membaca dan memahami petunjuk Menulis biodata diri dan menulis operasi pengurangan sederhana. Indikator y y y y y y Membaca dan memahami petunjuk Menulis biodata diri dan menulis operasi pengurangan sederhana. menulis dan berhitung D.: 11 dan 12 Alokasi waktu : 6 jam A. Masbagik Pertemuan ke. simbol gambar dan simbol bilangan Menulis kata yang ada dalam peta Menulis jarak dan lambang bilangan sederhana B.

WB menulis kata yang ada pada peta WB menulis jarak dan lambang bilangan sederhana. 07210095 . M. Si NIS. 2. 15 ± 5 = «. 1. Masbagik . MUNAWARAH. Penilaian Teknik Bentuk : lisan : Instrumen : WB membaca petunjuk sederhana dan biodata diri WB berhitung pengurangan sederhana. 13 ± 3 = «.04 april 2011 Mengetahui Dosen Pembimbing lapangan (DPL) Tutor L. MUHAMMAD FAUZI. Penutup y y y Menarik kesimpulan dari proses pembelajaran Memberikan pr dan informasi materi selanjutnya Do¶a F. B NPM. simbol gambar dan simbol bilangan. Sumber/bahan belajar : linkungan dan peta sederhana G.. Pd. c.y WB berhitung pengurangan sederhana Pertemuan ke-12 y y y Membimbing WB untuk membaca peta.

Masbagik Pertemuan ke. Pendahuluan y y Apersepsi/motivasi warga belajar untuk tetap mengikuti proses pembelajaran Memaparkan tujuan/manfaat dari pembelajaran yang berlangsung b. Kegiatan inti . nama desa dan nama kecamatan Membaca kalimat sederhana (S-P-O) dan angka 1-10 dengan menggunakan bahasa indonesia. no. no. y y y y Menulis alamat. nama desa dan nama kecamatan Membaca kalimat sederhana (S-P-O) dan angka 1-10 dengan menggunakan bahasa indonesia. y y y y Menulis alamat. Langkah-langkah pembelajaran a. angka bilangan cacah dan simbol operasi Mengurutkan obyek besar kecil Membaca nama hari dan bulan Mangenal satuan waktu C. angka bilangan cacah dan simbol operasi Mengurutkan obyek besar kecil Membaca nama hari dan bulan Mangenal satuan waktu B. Materi pokok : membaca dan menulis D. Indikator y y y Membaca dan berkomunikasi lisan (tanya jawab) Membaca nama jalan.: 13 dan 14 Alokasi waktu : 6 jam A. RT/RW. Strategi pembelajaran : kondisional E. rumah. rumah. Tujuan pembelajaran Warga belajar dapat : y y y Membaca dan berkomunikasi lisan (tanya jawab) Membaca nama jalan.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Tahun KF Alamat : 2010/2011 : Dasan Malang Kec. RT/RW.

WB membaca kalimat sederhana (S-P-O) dan angka 1-10 menggunakan bahasa Indonesia y WB menuliskan identitasnya masing-masing dan menulis angka bilangan cacah dan simbolnya. M.Pertemuan ke-13 y y Mengajak WB untuk berkomunikasi secara lisan tentang identitas dan alamatnya. MUNAWARAH. Pertemuan ke-14 y y y y Mengajak WB membaca dan berkomunikasi secara lisan WB membaca nama hari dan bulan WB menulis nama hari dan bulan WB diperkenalkan pada satuan waktu c. penilaian Teknik Bentuk : lisan : Instrumen : WB membaca identitas diri masing-masing. B NPM.04 april 2011 Mengetahui Dosen Pembimbing lapangan (DPL) Tutor L. Penutup y y y Menarik kesimpulan dari proses pembelajaran Memberikan pr dan informasi materi selanjutnya Do¶a F. 07210095 . Pd. MUHAMMAD FAUZI. nama hari dan bulan Masbagik . Si NIS. Sumber/bahan belajar : kalender G.

rencana kegiatan dan satuan waktu. Langkah-langkah pembelajaran a. Tujuan pembelajaran Wrga belajar dapat : y Berkomunikasi (tanya jawab) dalam bahasa Indonesia y Membaca label dan merk suatu benda y Menulis label.: 15 dan 16 Alokasi waktu : 6 jam A. Pendahuluan y y Apersepsi/motivasi warga belajar untuk tetap mengikuti proses pembelajaran Memaparkan tujuan/manfaat dari pembelajaran yang berlangsung b. Mengenal satuan waktu (jam) B. Kegiatan inti Pertemuan ke-15 . y Mengenal satuan waktu (jam) C.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Tahun KF Alamat : 2010/2011 : Dasan Malang Kec. Masbagik Pertemuan ke. Indikator y y y y y y y Berkomunikasi (tanya jawab) dalam bahasa Indonesia Membaca label dan merk suatu benda Menulis label. Strategi pembelajaran : situasional E. merek dan satuan waktu Mengenal satuan waktu Membaca kalimat sederhana dan berkomunikasi dari bahasa daerah ke bahasa Indonesia Menulis kalimat sederhana. Materi pokok : membaca dan menulis D. merek dan satuan waktu y Mengenal satuan waktu y Membaca kalimat sederhana dan berkomunikasi dari bahasa daerah ke bahasa Indonesia y Menulis kalimat sederhana. rencana kegiatan dan satuan waktu.

Sumber/bahan belajar : lingkungan. merk dan satuan waktu Tutor mengenalkan satuan waktu kepada WB WB diminta untuk membaca kalimat sederhana dan berkomunikasi dari bahasa daerah ke bahasa Indonesia Pertemuan ke-16 y y y WB menulis kalimat sederhana. B NPM. MUNAWARAH. Pd. Penutup y y y F. 07210095 . Penilaian Teknik Bentuk : lisan : Instrumen : WB membaca beberapa label dan merk barang Masbagik .y y y y WB dan tutor berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia WB membaca label dan merk suatu barang WB menuliskan label. MUHAMMAD FAUZI. Si NIS.04 april 2011 Mengetahui Dosen Pembimbing lapangan (DPL) Tutor L. kalender G. M. rencana kegiatan dan satuan waktu Tutor mengenalkan satuan waktu (jam) Menarik kesimpulan dari proses pembelajaran Memberikan pr dan informasi materi selanjutnya Do¶a c.

Kegiatan inti Pertemuan ke-17 y Membimbing WB untuk belajar membaca pesan dengan kalimat sederhana. menyusun banyak obyek dan satuannya C. Materi pokok : Membaca. Membaca resep dalam kalimat sederhana dan berkomunikasi dalam bentuk komunikasi tertulis y y Menulis resep kue dalam kalimat sederhana. Masbagik Pertemuan ke. Berhitung banyak obyek. Langkah-langkah pembelajaran a. satuan berat serta harga y Mampu menghitung banyak dalam bentuk satuan berat dan perkiraan harga. . satuan berat serta harga Mampu menghitung banyak dalam bentuk satuan berat dan perkiraan harga. Strategi pembelajaran : Ceramah E. menyusun banyak obyek dan satuannya B. Tujuan pembelajaran Warga belajar dapat : y y y y Membaca pesan dan berkomunikasi Menuliskan pesan dalam betuk daftar belanja sederhana. y Membaca resep dalam kalimat sederhana dan berkomunikasi dalam bentuk komunikasi tertulis y Menulis resep kue dalam kalimat sederhana.: 17 dan 18 Alokasi waktu : 6 jam A. Indikator y Membaca pesan dan berkomunikasi y Menuliskan pesan dalam betuk daftar belanja sederhana. y Berhitung banyak obyek. menulis dan berhitung D. Pendahuluan y y Apersepsi/motivasi warga belajar untuk tetap mengikuti proses pembelajaran Memaparkan tujuan/manfaat dari pembelajaran yang berlangsung b.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Tahun KF Alamat : 2010/2011 : Dasan Malang Kec.

WB menghitung banyak obyek dan mengurutkannya. Sumber/bahan belajar : sumber acuan yang relevan G. 07210095 . Penilaian Teknik Bentuk : lisan : Instrumen : WB membaca pesan dan resep dalam bentuk kalimat sederhana. WB menghitung satuan barang dan harga barang Masbagik . B NPM. c. Penutup y y y Menarik kesimpulan dari proses pembelajaran Memberikan pr dan informasi materi selanjutnya Do¶a F. y y WB menulis resep kue dalam kalimat sederhana.y y WB membuat suatu pesan dalam bentuk daftar harga belanja sederhana. Pd. MUNAWARAH. WB bisa menghitung banyak dalam satuan berat dan satuan harga.04 april 2011 Mengetahui Dosen Pembimbing lapangan (DPL) Tutor L. M. Si NIS. Pertemuan ke-18 y membimbing WB untuk membaca resep dalam kalimat sederhana dan berkomunikasi secara tertulis. MUHAMMAD FAUZI.

Kegiatan inti Pertemuan ke-19 y WB berdialog dimuka kelas dengan menggunakan bahasa Indonesia sederhana.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Tahun KF Alamat : 2010/2011 : Dasan Malang Kec. Berhitung banyak obyek.: 19 dan 20 Alokasi waktu : 6 jam A. berkomunikasi dalam bentuk tulisan dan lisan Menulis pesan dan petunjuk Menghitung berat satuan obyek. Masbagik Pertemuan ke. Tujuan pembelajaran Warga belajar dapat : y Membaca petunjuk (resep kue) dan berkomunikasi dalam bentuk tulisan dan lisan y Menulis resep kue dalam kalimat sederhana dan satuannya secara lengkap. Langkah-langkah pembelajaran a. berkomunikasi dalam bentuk tulisan dan lisan y Menulis pesan dan petunjuk y Menghitung berat satuan obyek. Strategi pembelajaran : situasional E. y Membaca pesan dan petunjuk. Membaca pesan dan petunjuk. C. y WB membuat dialok dan resep kue dengan kalimat sederhana. y Berhitung banyak obyek. Pendahuluan y y Apersepsi/motivasi warga belajar untuk tetap mengikuti proses pembelajaran Memaparkan tujuan/manfaat dari pembelajaran yang berlangsung b. satuan serta perkiraan harga. menulis dan berhitung D. B. Materi pokok : membaca. y WB menghitung banyak obyek dan perkiraan harga . satuan serta perkiraan harga. Indikator y y y y y y Membaca petunjuk (resep kue) dan berkomunikasi dalam bentuk tulisan dan lisan Menulis resep kue dalam kalimat sederhana dan satuannya secara lengkap.

Penutup y Menarik kesimpulan dari proses pembelajaran. Contoh : tentukan harga 5 kg cabe jika 1 kg harganya Rp.- Masbagik . MUHAMMAD FAUZI. B NPM. c. Sumber/bahan belajar : linkungan dan kartu alfabet G. Si NIS. 07210095 .Pertemuan ke-20 y WB membaca pesan dan petunjuk sederhana serta berkomunikasi menggunakan tulisan dan lisan y WB membuat pesan dan petunjuk sederhana. WB menghitung berat suatu barang .04 april 2011 Mengetahui Dosen Pembimbing lapangan (DPL) Tutor L. 50.000. y Memberikan pr dan informasi materi selanjutnya y Do¶a F. penilaian Teknik Bentuk : lisan : Instrumen : WB membaca pesan dan petunjuk dalam kalimat sederhana. y WB menghitung berat suatu barang atau obyek. M. Pd. MUNAWARAH.

Tujuan pembelajaran Warga belajar dapat : y Membaca petunjuk dan pesan serta berkomunikasi dalam bentuk lisan dan tulisan.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Tahun KF Alamat : 2010/2011 : Dasan Malang Kec. Langkah-langkah pembelajaran a. Materi pokok : membaca. Strategi pembelajaran : kondisional E. menulis dan berhitung D. y Berhitung penjumlahan dan pengurangan dalam pekerjaan sehari-hari. y Mengetahui takaran penggunaan obat dalam penggunaanya sehari-hari Pertemuan ke-22 .: 21 dan 22 Alokasi waktu : 6 jam A. y Menulus merk dan petunjuk penggunaan dan takarannya. B. y Menulus merk dan petunjuk penggunaan dan takarannya. Masbagik Pertemuan ke. C. Kegiatan inti Pertemuan ke-21 y WB menulis merk dan petunjuk penggunaan obat dan takaran dalm pemakaiannya. y Mengenal takaran pemakaian obat y Membaca kalimat sederhana dan berkomunikasi menggunakan simbol dan gambar y Menulis kalimat sesuai dengan simbol gambar. y Berhitung penjumlahan dan pengurangan dalam pekerjaan sehari-hari. y Mengenal takaran pemakaian obat y Membaca kalimat sederhana dan berkomunikasi menggunakan simbol dan gambar y Menulis kalimat sesuai dengan simbol gambar. Indikator y Membaca petunjuk dan pesan serta berkomunikasi dalam bentuk lisan dan tulisan. Pendahuluan y Apersepsi/motivasi warga belajar untuk tetap mengikuti proses pembelajaran y Memaparkan tujuan/manfaat dari pembelajaran yang berlangsung b.

Si NIS. c.04 april 2011 Mengetahui Dosen Pembimbing lapangan (DPL) Tutor L. M. y WB menulis kalimat sesuai dengan gambar yang disediakan tutor. Pd. MUNAWARAH. MUHAMMAD FAUZI. 07210095 . B NPM. penilaian Teknik Bentuk : lisan : Instrumen : WB membaca kalimat sederhana dan petunjuk. Penutup y Menarik kesimpulan dari proses pembelajaran y Memberikan pr dan informasi materi selanjutnya y Do¶a F. Masbagik . Sumber/bahan belajar : linkungan dan alat peraga G. WB menghitung upah yang biasa mereka terima dalam bekerja sehari-hari. y WB berhitung penjumlahan dan pengurangan dalam kehidupan sehari-hari.y WB membaca kalimat sederhana dengan bimbingan tutor.

Menghitung penjumlahan metode susun ke bawah Membaca kalimat sederhana (S-P-O-K) sekurang-kurangnya 7 kalimat dan berkomunikasi dengan bahas Indonesia dengan menggunakan kata ³DIMANA´ y y Menulis kalimat sederhana (S-P-O-K) dan menulis angka berdasarkan symbol Menghitung penjumlahan dengan metode susun ke bawah. Materi pokok : menulis. Masbagik Pertemuan ke. Tujuan pembelajaran Warga belajar dapat : y Membaca kalimat sederhana (S-P-O-K) sekurang-kurangnya 7 kalimat dan berkomunikasi dengan bahas Indonesia dengan menggunakan kata ³SIAPA´ y y y Menulis kalimat sederhana dan menulis angka berdasarkan simbol operasional. Strategi pembelajaran : situasional E. . B.: 23 dan 24 Alokasi waktu : 6 jam A. y y Pendahuluan Apersepsi/motivasi warga belajar untuk tetap mengikuti proses pembelajaran Memaparkan tujuan/manfaat dari pembelajaran yang berlangsung Kegiatan inti b. Langkah-langkah pembelajaran a.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Tahun KF Alamat : 2010/2011 : Dasan Malang Kec. y Menghitung penjumlahan metode susun ke bawah y Membaca kalimat sederhana (S-P-O-K) sekurang-kurangnya 7 kalimat dan berkomunikasi dengan bahas Indonesia dengan menggunakan kata ³DIMANA´ y Menulis kalimat sederhana (S-P-O-K) dan menulis angka berdasarkan symbol y Menghitung penjumlahan dengan metode susun ke bawah. belajar dan berhitung D. C. Indikator y Membaca kalimat sederhana (S-P-O-K) sekurang-kurangnya 7 kalimat dan berkomunikasi dengan bahas Indonesia dengan menggunakan kata ³SIAPA´ y Menulis kalimat sederhana dan menulis angka berdasarkan simbol operasional.

04 april 2011 Mengetahui Dosen Pembimbing lapangan (DPL) Tutor L. Si NIS. MUHAMMAD FAUZI. penilaian Teknik Bentuk : lisan : Instrumen : WB membaca kalimat sederhana sekurang-kurangnya 7 kalimat. M. Sumber/bahan belajar : lingkungan sekitar. MUNAWARAH. sumber acuan yang relevan G. Masbagik . B NPM. WB berhitung dengan cara bersusun ke bawah Contoh : 56 76 + «.Pertemuan ke-23 y y y WB membaca kalimat sederhana dan berdialog menggunakan kata ³siapa´ Menulis kalimat sederhana dan menulis angka berdasarkan simbol operasional Tutor membimbing Wb untuk berhitung menggunakan cara bersusun ke bawah WB membaca kalimat sederhana dan berdialog menggunakan kata ³DIMANA´ WB Menulis kalimat sederhana dan menulis angka berdasarkan symbol WB berhitung dengan cara bersusun ke bawah Penutup Pertemuan ke.24 y y y c. 07210095 . y y y Menarik kesimpulan dari proses pembelajaran Memberikan pr dan informasi materi selanjutnya Do¶a F. Pd.

Pendahuluan y Apersepsi/motivasi warga belajar untuk tetap mengikuti proses pembelajaran . Langkah-langkah pembelajaran a. Strategi pembelajaran : situasional E. Menghitung penjumlahan. Materi pokok : membaca. Masbagik Pertemuan ke. y Menulis kalimat sederhana (S-P-O-K) dan menulis angka berdasarkan simboloperasi pengurangan (-) y Menghitung pengurangan C.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Tahun KF Alamat : 2010/2011 : Dasan Malang Kec. y Menulis kalimat sederhana (S-P-O-K) dan menulis angka berdasarkan simboloperasi pengurangan (-) y Menghitung pengurangan B. Membaca kalimat sederhana (S-P-O-K) sekurang-kurangnya 7 kalimat dan berkomunikasi dengan bahas Indonesia dengan menggunakan kata ³KAPAN´. Indikator y Membaca kalimat sederhana (S-P-O-K) sekurang-kurangnya 7 kalimat dan berkomunikasi dengan bahas Indonesia dengan menggunakan kata ³APA´ y Menulis kalimat sederhana dan menulis angka berdasarkan simbol.: 25 dan 26 Alokasi waktu : 6 jam A. y Membaca kalimat sederhana (S-P-O-K) sekurang-kurangnya 7 kalimat dan berkomunikasi dengan bahas Indonesia dengan menggunakan kata ³KAPAN´. menulis dan berhitung D. Tujuan pembelajaran Warga belajar dapat : y Membaca kalimat sederhana (S-P-O-K) sekurang-kurangnya 7 kalimat dan berkomunikasi dengan bahas Indonesia dengan menggunakan kata ³APA´ y y y Menulis kalimat sederhana dan menulis angka berdasarkan simbol. y Menghitung penjumlahan.

M.y Memaparkan tujuan/manfaat dari pembelajaran yang berlangsung b. penilaian Teknik Bentuk : lisan : Instrumen : WB membaca kalimat sederhana sekurang-kurangnya 7 kalimat. Masbagik . MUNAWARAH. Si NIS. MUHAMMAD FAUZI. Sumber/bahan belajar : Sumber acuan yang relevan G. Pd.04 april 2011 Mengetahui Dosen Pembimbing lapangan (DPL) Tutor L. WB berhitung dengan cara bersusun ke bawah Contoh : 98 76 «. B NPM. Kegiatan inti Pertemuan ke-25 y y y WB membaca kalimat sederhana dan berdialog menggunakan kata ³APA´ Menulis kalimat sederhana dan menulis angka berdasarkan simbol operasional Tutor membimbing Wb untuk berhitung menggunakan cara bersusun ke bawah Pertemuan ke. 07210095 .26 y y y WB membaca kalimat sederhana dan berdialog menggunakan kata ³KAPAN´ WB Menulis kalimat sederhana dan menulis angka berdasarkan symbol WB berhitung pengurangan dengan cara bersusun ke bawah c. Penutup y y y Menarik kesimpulan dari proses pembelajaran Memberikan pr dan informasi materi selanjutnya Do¶a F.

Membaca kalimat sederhana (S-P-O-K) sekurang-kurangnya 7 kalimat dan berkomunikasi ³BAGAIMANA´.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Tahun KF Alamat : 2010/2011 : Dasan Malang Kec. y Membaca kalimat sederhana (S-P-O-K) sekurang-kurangnya 7 kalimat dan berkomunikasi dengan bahas Indonesia dengan menggunakan kata ³BAGAIMANA´. y Menulis kalimat sederhana dan menulis angka berdasarkan simbol. dengan bahas Indonesia dengan menggunakan kata y y y Menulis kalimat sederhana dan menulis angka berdasarkan simbol. . Menghitung penjumlahan dengan satuan isi. y y y Menulis kalimat sederhana dan menulis angka berdasarkan simbol. y Membaca kalimat sederhana dan berkomunikasi tanya jawab tentang kehidupan sehari - hari.: 27. Masbagik Pertemuan ke. Menghitung penjumlahan dengan satuan berat. Indikator y Membaca kalimat sederhana (S-P-O-K) sekurang-kurangnya 7 kalimat dan berkomunikasi dengan bahas Indonesia dengan menggunakan kata ³MENGAPA´. B. Tujuan pembelajaran Warga belajar dapat : y Membaca kalimat sederhana (S-P-O-K) sekurang-kurangnya 7 kalimat dan berkomunikasi dengan bahas Indonesia dengan menggunakan kata ³MENGAPA´. y Menghitung penjumlahan dengan satuan isi. 28 dan 29 Alokasi waktu : 9 jam A. Membaca kalimat sederhana dan berkomunikasi tanya jawab tentang kehidupan sehari-hari. y Menghitung penjumlahan dengan satuan berat. y Menulis kalimat sederhana dan menulis angka berdasarkan simbol dan operasional y Berhitung dengan operasional penambahan dengan satuan jarak. y Menulis kalimat sederhana dan menulis angka berdasarkan simbol.

Berhitung dengan operasional penambahan dengan satuan jarak. Menghitung penjumlahan dengan satuan jarak c. C. Langkah-langkah pembelajaran a.y y Menulis kalimat sederhana dan menulis angka berdasarkan simbol dan operasional. Sumber/bahan belajar : Sumber acuan yang relevan G.28 y ³BAGAIMANA´ y y WB Menulis kalimat sederhana dan menulis angka berdasarkan symbol WB berhitung penjumlahan dengan satuan isi Pertemuan ke-29 y y y WB berdialog tentang kehidupan sehari-hari di depan kelas Menulis kalimat sederhana dan menulis angka berdasarkan simbol. Strategi pembelajaran : situasional E. y y Pendahuluan Apersepsi/motivasi warga belajar untuk tetap mengikuti proses pembelajaran Memaparkan tujuan/manfaat dari pembelajaran yang berlangsung Kegiatan inti Pertemuan ke-27 y y y b. WB membaca kalimat sederhana dan berdialog menggunakan kata ³MENGAPA´ Menulis kalimat sederhana dan menulis angka berdasarkan simbol operasional Tutor membimbing Wb untuk berhitung dengan satuan berat WB membaca kalimat sederhana dan berdialog menggunakan kata Pertemuan ke. menulis dan berhitung D. Materi pokok : membaca. Penutup y y y Menarik kesimpulan dari proses pembelajaran Memberikan pr dan informasi materi selanjutnya Do¶a F. penilaian Teknik Bentuk : lisan : Instrumen : .

04 april 2011 Mengetahui Dosen Pembimbing lapangan (DPL) Tutor L. Si NIS. Pd. MUHAMMAD FAUZI. 07210095 .Masbagik . MUNAWARAH. M. B NPM.

y Menulis isi pesan dan berhitung satuan jarak y Membaca kalimat sederhana dan berkomunikasi dengan bahasa Indonesia y Menulis kalimat sederhana y Berhitung menyusun objek dalam penjumlahan dan pengurangan B. y Menulis isi pesan dan berhitung satuan jarak y Membaca kalimat sederhana dan berkomunikasi dengan bahasa Indonesia y Menulis kalimat sederhana y Berhitung menyusun objek dalam penjumlahan dan pengurangan C.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Tahun KF Alamat : 2010/2011 : Dasan Malang Kec. Kegiatan inti Pertemuan ke-30 y y WB membaca isi pesan dan tanya jawab tentang suatu masalah sehari-hari. Tujuan pembelajaran Warga belajar dapat : y Membaca isi pesan dan tanya jawab tentang suatu masalah. Masbagik Pertemuan ke. Langkah-langkah pembelajaran a. Memaparkan tujuan/manfaat dari pembelajaran yang berlangsung b. Strategi pembelajaran : situasional E. berhitung dan membaca D.: 30. 31 dan 32 Alokasi waktu : 9 jam A. Pertemuan ke-31 y y WB membaca kalimat sederhana dan berkomunikasi dengan bahasa Indonesia WB menulis kalimat sederhana . Materi pokok : menulis. WB menulis isi pesan dan berhitung satuan jarak dengan bimbingan tutor. Indikator y Membaca isi pesan dan tanya jawab tentang suatu masalah. Pendahuluan y y Apersepsi/motivasi warga belajar untuk tetap mengikuti proses pembelajaran.

07210095 .y WB berhitung menyusun objek penjumlahan dan pengurangan. Penutup y y y Menarik kesimpulan dari proses pembelajaran Memberikan pr dan informasi materi selanjutnya Do¶a F. Pertemuan ke-32 y Evaluasi akhir KF c. Si NIS. Sumber/bahan belajar : lingkungan G. MUNAWARAH.04 april 2011 Mengetahui Dosen Pembimbing lapangan (DPL) Tutor L. penilaian Teknik Bentuk : lisan : Instrumen : Masbagik . B NPM. Pd. MUHAMMAD FAUZI. M.

DAFTAR VALIDASI WARGA BELAJAR KEAKSARAAN FUNGSIONAL URUT NO INDUK NAMA L/P TEMPAT TGL. LAHIR ALAMAT PEKERJAAN FOTO .

.

.DAFTAR VALIDASI WARGA BELAJAR KEAKSARAAN FUNGSIONAL NO URUT INDUK NAMA L/P TEMPAT TGL. Kepala Desa/Lurah««««««««««. KIAHMAH L. Pd. LAHIR ALAMAT PEKERJAAN PAS PHOTO Mengetahui. Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Tutor. Si MUNAWARAH . M. MUHAMMAD FAUZI.

-------------------------------------------------------- --------------------------------------------- ------------------------------------------ .