P. 1
Desa Siaga Gab

Desa Siaga Gab

|Views: 136|Likes:
Published by Evelyn Johnlin

More info:

Published by: Evelyn Johnlin on Jun 04, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/04/2011

pdf

text

original

Desa Siaga Aktif

Latar Belakang
‡ Ditetapkan dalam Kepmenkes tahun 2006 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengembangan Desa Siaga ‡ Berdasarkan evaluasi 2009 : baru 56,1% desa di Indonesia yang melaksanakannya. ‡ Target tahun 2015 : 80% Desa Siaga Aktif

bencana.Apa itu Desa Siaga ? Desa Siaga : desa yang penduduknya memiliki kesiapan sumber daya dan kemampuan serta kemauan untuk mencegah dan mengatasi masalah-masalah kesehatan. . dan kegawatdaruratan kesehatan secara mandiri.

surveilance berbasis masyarakat yang meliputi gizi. dan perilaku sehingga masyarakatnya menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) . penyakit. penanggulangan bencana dan kegawatdaruratan.Apa itu Desa Siaga Aktif? Desa Siaga Aktif : Desa yang mempunyai Poskesdes (Pos Kesehatan Desa) atau Upaya kesehatan bersumberdaya Masyarakat (UKBM) lainnya yang buka setiap hari dan berfungsi sebagai pemberi pelayanan kesehatan dasar. lingkungan.

dll) sebagai pendukung kebijakan/dana/tenaga/sarana . Semua individu. keluarga di desa supaya mampu melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat.Siapa Saja Sasaran Desa Siaga? 1. pemuda). camat. petugas kesehatan yang berpengaruh terhadap perilaku individu dan keluarga di desa 3. perempuan. LSM. Tokoh Masyarakat (agama. kader. serta peduli dan tanggap terhadap masalah kesehatan di desa 2. kades. Sektor terkait (para pejabat Pemda kab/kota.

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) . Pelayanan Kesehatan Dasar 2.Kegiatan desa siaga aktif 1. Pemberdayaan Masyarakat melalui UKBM 3.

Pelayanan rujukan .Pengamatan dan pemantauan penyakit (baik gejala maupun tanda) . pneumonia .Pelaporan cepat (<24jam) untuk respon cepat .Pemantauan tanda2 lumpuh layu.Ibu hamil .A. ASI eksklusif . PMT.Pelaporan kematian . vit.Promosi gizi dan kesehatan reproduksi -Penyediaan rumah dan kendaraan untuk membawa pasien dari desa ke PKM /RS .Pertolongan persalinan oleh tenakes Ibu menyusui .Pelayanan dan perawatan ibu nifas .Pelayanan KB Pelayanan Kesehatan Dasar Anak .Promosi makanan bergizi. TTD .PMT bagi ibu hamil kurang gizi . PMT dg berat Bawah Garis Merah . ISPA.Penimbangan BB & TB Balita .A.Imunisasi Survailans .Perawatan bayi baru lahir .Pencegahan sederhana penyakit dan masalah kesehatan . diare.Pemberian MP-ASI.Buku KIA .Pemberian Tablet Tambah Darah .Pemberian kapsul Vit.

pelayanan kesehatan) Relawan donor darah Pra bencana Kedaruratan Kesehatan Pemberdayaan Masyarakat melalui UKBM Penanggulangan Bencana Saat bencana Pasca bencana Promosi sanitasi dasar Penyehatan Lingkungan Bantuan pemenuhan sarana sanitasi dasar Pencegahan pencemaran lingkungan . bantuan sarana sanitasi dasar.Penyakit (menular/tidakmenular ) Survailans Berbasis Masyarakat Kesehatan ibu dan anak Gizi Pengungsian (tempat.

PHBS Di tatanan Rumah Tangga Di tatanan Institusi Pendidikan Di tatanan tempat kerja Di tatanan tempat umum Di tatanan fasilitas pelayanan kesehatan .

DESA SIAGA AKTIF Tujuan umum Tujuan khusus .

tanggap. sehingga derajat kesehatannya meningkat. . mencegah serta mengatasi permasalahan kesehatan yang dihadapi secara mandiri.DESA SIAGA AKTIF TUJUAN UMUM Percepatan terwujudnya masyarakat desa dan kelurahan yang peduli. dan mampu mengenali.

untuk pengembangan Desa dan Kelurahan Siaga Aktif Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Rumah Tangga . dan swasta/dunia usaha. pertumbuhan anak. dana. masyarakat. survailans berbasis masyarakat (meliputi pemantauan penyakit. Meningkatkan ketersediaan sumber daya manusia.TUJUAN KHUSUS DESA SIAGA AKTIF Mengembangkan kebijakan pengembangan Desa dan Kelurahan Siaga Aktif di setiap tingkat Pemerintahan Desa atau Kelurahan Meningkatnya komitmen dan kerjasama semua pemangku kepentingan di Desa dan Kelurahan Siaga Aktif Meningkatnya akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan dasar di desa dan kelurahan Mengembangkan UKBM dan melaksanakan penanggulangan bencana dan kedaruratan kesehatan. yang berasal dari Pemerintah. kesehatan ibu. maupun sember daya lain. serta penyehatan lingkungan. lingkungan. dan perilaku).

mencegah dan mengatasi masalah kesehatan yang dihadapi Meningkatnya kepercayaan masyarakat dan citra mempraktikkan PHBS meningkatkan status kesehatan masyarakat Meningkatkan citra diri sebagai kepala pemerintahan Desa/Kelurahan yang aktif .MANFAAT DESA SIAGA AKTIF Bagi masyarakat Mendapatkan pelayanan kesehatan dasar Bagi Toma/ormas Membantu upaya pemberdayaan dan penggerakkan masyarakat di bidang kesehatan Bagi Kades Optimalisasi fungsi fasilitas kesehatan yang ada Efisiensi dalam menggerakkan dan menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk berPHBS Peduli. tanggap dan mampu mengenali.

KRITERIA DESA SIAGA AKTIF .

sudah direalisasikan Min 70% rumah tangga yg ada . belum direalisasikan Min 20% rumah tangga yg ada  Posy :  UKBM : 3 pemerintah  Lainnya 2 Peran masy  Ormas 2 Ada. belum rutin tiap triwulan PURNAMA Berjalan tiap triwulan MANDIRI Berjalan tiap bulan Min 2 orang 3-5 orang 6-8 orang 9 orang atau lebih   Posy :  UKBM : 2 pemerintah  Lainnya 1 Peran masy  Ormas 1 Ada. sudah direalisasikan Min 40% rumah tangga yg ada  Posy :  UKBM : 4 pemerintah  Lainnya 2 Peran masy  Ormas lebih dari 2 Ada.Desa atau Kelurahan Siaga Aktif KRITERIA Forum Desa/Kelurahan KPM/Kader Kesehatan Akses Pelayanan Kesehatan Dasar Posyandu & UKBM lain yg aktif Dukungan dana Peran Serta Masyarakat & ormas Peraturan Kades /Bupati/Walikota Pembinaan PHBS Posy :  UKBM : pemerintah  Lainnya Peran masy  Ormas Belum ada < 20% rumah tangga yg ada PRATAMA Ada tapi belum berjalan MADYA Berjalan.

Lembaga Kemasyara katan Forum desa Tokoh Masyarakat Kader Kades Dukungan dan Peran yang diharapkan untuk Pengembangan Desa Siaga Aktif Masyarakat .

Dukungan dan Peran Kepala Desa Menerbitkan peraturan tingkat desa dan mengawasi pelaksanaannya Mengintegrasikan Rencana Pengembangan Desa Siaga Aktif ke dalam RKP Mengupayakan bantuan dana dan sumber daya lebih baik Alokasi Dana Desa Ä untuk penyuluhan dll Memanfaatkan Forum Desa/Kelurahan. Melakukan konsultasi dengan BPD dan masyarakat Melaksanakan pencatatan dan pelaporan yg terintegrasi dalam LPJ Kades .

Dukungan dan Peran Forum Desa Melakukan rapat berkala (minimal 4 kali setahun) Ä untuk pemantauan perkembangan Desa Siaga Aktif Secara berkala melaporkan perkembangan Desa Siaga Aktif kepada Kepala Desa .

Dukungan dan Peran Lembaga Kemasyarakatan Menyusun rencana pengembangan Desa Siaga Aktif Memberdayakan dan menggerakkan partisipasi masyarakat Memantau dan mengevaluasi pengembangan Desa Siaga Aktif .

pengelolaan kegiatan Menggerakkan masyarakat untuk berperan aktif dalam kegiatan .Dukungan dan Peran Tokoh Masyarakat memotivasi masyarakat untuk mau dan mampu mengatasi masalahnya secara mandiri dengan melakukan PHBS menggali potensi yang ada di masyarakat baik materiil maupun non materiil Mengkoordinir gerakan masyarakat agar mau memanfaatkan sarana pelayanan kesehatan dan UKBM Memberi dukungan sarana dan prasarana .

Dukungan dan Peran Kader Peran Pendataan PHBS. kadarzi dan kondisi rumah Pengamatan sederhana berbasis masyarakat Peningkatan PHBS. kadarzi dan kesehatan lingkungan Peningkatan kesehatan Ibu. memantau dan evaluasi kegiatan Poskesdes bersama Bidan Mengembangkan dan mengelola UKBM surveilance berbasis masyarakat Pemecahan masalah bersama masyarakat . bayi dan balita Peran Penanggulangan kegawatdaruratan sehari-hari Penyiapan untuk menghadapi bencana Pengelolaan pos kesehatan desa (pokesdes) atau UKBM lainnya Fungsi Melakukan pencatatan.

Dukungan dan Peran Masyarakat Memanfaatkan pelayanan kesehatan yang ada di Poskesdes atau sarana kesehatan lainnya Mengembangkan UKBM dan melaksanakan survailans berbasis masyarakat Menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) .

PENYELENGGARAAN DAN PENGEMBANGAN DESA SIAGA AKTIF .

.

. prioritas. serta merencanakan pembangunan kesehatan di desanya menuju terbentuknya Desa Siaga.Forum Desa Siaga Forum Desa Siaga adalah wadah sekaligus proses bagi masyarakat di tingkat desa untuk menyalurkan aspirasi dan berpartisipasi menentukan arah.

Komponen dalam POKJA ‡ ‡ ‡ ‡ POKJA Upaya Kesehatan POKJA Gotong Royong POKJA Pengamatan dan Pemantauan POKJA Pembiayaan Kesehatan .

INDIKATOR KEBERHASILAN DESA SIAGA AKTIF .

masyarakat & dunia usaha Adanya peran aktif masyarakat dan ORMAS dalam kegiatan kesehatan Adanya peraturan di desa Adanya pembinaan PHBS di Rumah Tangga .INDIKATOR KEBERHASILAN DESA SIAGA AKTIF Keberadaan dan keaktifan Forum Desa Adanya Kader kesehatan Pemberdayaan Masyarakat/kader         Kemudahan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan dasar Keberadaan UKBM Adanya pendanaan APBDes.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->