Komponen Motherboard

Organisasi Komputer

Dosen : Sulfikar Sallu, S.Kom.,M.Kom

Oleh :

Erwin Prayoga (090155201012)
Fakultas Teknik Jurusan Teknik Informatika Universitas Maritim Raja Ali Haji 2010

Papan PCB (Printed Circuit Board) Komponen ini berguna sebagai PCB (Printed Circuit Board) adalah suatu papan rangkaian tercetak yang terbuat dari bahan ebonite atau fiber glass yang satu atau dua permukaannya dilapisi dengan lapisan tembaga. PCB yang memiliki satu permukaan tembaga disebut single side atau single layer dan tyang memiliki dua permukaan tembaga disebut double side atau double layer. atau dengan kata lain sebagai pengganti sistem pengawatan dari rangkaian. Gambar PCB Motherboard .Komponen-komponen yang ada pada sebuah motherboard dan kegunaannya 1. Fungsi dari lapisan ini adalah sebagai penghantar atau sebagai penghubung antara satu komponen dengan komponen lainnya.

Jadi soket tertentu hanya bisa dipasang prosesor tertentu saja. Socket Processor Soket ini merupakan tempat dimana prosesor dipasang. processor ini biasanya menggunakan socket AM/ AM2. Begitu pula dengan Amd. jadi harus dipasang pada shocket LGA 775. Gambar socket intel Gambar Socket AMD Soket berbentuk Slot . Socket ini ada yang berbentuk pin dan ada juga yang berbentuk slot. Jenis soket menentukan prosesor apa yang bisa dipasang pada soket tersebut. jadi harus sesuai socketnya. Contoh intel dan Amd. Intel biasanya berjenis LGA 775.2.

Slot memori sangat mudah dikenali karena memiliki pin atau (kaki) yang banyak. Setiap tipe motherboard memiliki jenis slot memori yang berbeda. RAM yang digunakan pada suatu motherboard tergantung jenis slot RAM yang ada. POST) . fungsi dari BIOS :  Inisialisasi (penyalaan) serta pengujian terhadap perangkat keras (dalam proses yang disebut dengan Power On Self Test. Kebanyakan versi DOS memiliki sebuah berkas yang disebut "IBMBIO.SYS" (MS-DOS) yang berfungsi sama seperti halnya CP/M disk BIOS. Istilah BIOS pertama kali muncul dalam sistem operasi CP/M. Jenis slot RAM pada motherboard sebagai berikut. BIOS umumnya dibuat dengan menggunakan bahasa rakitan (assembly) yang digunakan oleh mesin yang bersangkutan.COM" (IBM PC -DOS) atau "IO. dan dapat mengendalikan banyak jenis perangkat keras (seperti keyboard). Fungsi dari slot ini adalah untuk meletakkan RAM. RAM merupakan memori eksternal sebagai tempat penyimpanan data sementara yang akan diproses oleh prosesor. BIOS (Basic input output system) BIOS menyediakan antarmuka komunikasi tingkat rendah. Karena kedekatannya dengan perangkat keras. Slot Memori. yang merupakan bagian dari CP/M yang dimuat pada saat proses booting dimulai yang berhadapan secara langsung dengan perangkat keras (beberapa mesin yang menjalankan CP/M memiliki boot loader sederhana dalam ROM).  Slot RAM EDO dengan kaki 30 pin (soket SIMM RAM) dan 72 pin (soket DIMM RAM)  Slot ADRAM dengan kaki 168 pin  Slot DDR SDRAM dengan kaki 182 pin  Slot RDRAM (Rambus) dengan kaki 182 pin 4.3.

kinerja. konfigurasi proses booting. . Memuat dan menjalankan sistem operasi  Mengatur beberapa konfigurasi dasar dalam komputer (tanggal. waktu. yaitu perangkat keras pada komputer berupa chip memori semikonduktor yang isinya hanya dapat dibaca. ROM tidak dapat digolongkan sebagai RAM. konfigurasi media penyimpanan. 5.ROM berbeda dengan RAM. walaupun keduanya memiliki kesamaan yaitu dapat diakses secara acak (random). ROM ROM kependekan dari Read Only Memory. serta kestabilan komputer)  Membantu sistem operasi dan aplikasi dalam proses pengaturan perangkat keras dengan menggunakan BIOS Runtime Services.

Dan bila Jumper kita ubah pada posisi 2 dan 3. maka kita hanya akan membahas ketiga hal itu. Harddisk dan Optical Disk. Fungsinya adalah untuk menyimpan dan me-reset CMOS (sebuah IC program pada Motherboard) pada posisi default (Setting Awal/Pabrik). Gambar Jumper Jumper pada Motherboard  Jumper Clear CMOS Jumper CMOS biasanya terletak di dekat Baterai CMOS. Sebab. dan pada beberapa VGA Card tertentu. maka komputer akan kembali pada posisi default. Jumper pada komputer biasanya digunakan pada Motherboard. Beruntunglah kita yang pada saat ini penyettingan lewat Jumper sudah mulai berkurang penggunaannya. Tetapi karena penggunaannya lebih banyak pada Motherboard dan Harddisk serta Optical Disk. Jumper Jumper pada sebuah komputer sebenarnya adalah connector (penghubung) sirkuit elektrik yang digunakan untuk menghubungkan atau memutus hubungan pada suatu sirkuit. Biasanya terdapat 3 kaki (pin) pada jumper ini. Jumper juga digunakan untuk melakukan setting pada papan elektrik seperti motherboard komputer. Fungsi Jumper ini dalam komputer digunakan untuk menyetting perlengkapan komputer sesuai dengan keperluan. Biasanya pada pin ke 1 dan 2 bila dihubungkan dengan sebuah Jumper maka CMOS pada posisi normal akan menyimpan setiap settingan yang kita ubah pada CMOS/BIOS.6. . Baiklah kita fokuskan sebuah Jumper pada sebuah komputer. semua fungsi setting saat ini sudah menggunakan outo setting sehingga memudahkan pengguna atau perakit komputer untuk tidak banyak menggunakan Jumper.

maka password yang anda buat akan hilang dengan sendirinya. hampir bisa dibilang jumper ini jarang digunakan. jumper ini pun bisa dibilang sudah tidak dipergunakan kembali. Dengan melakukan Clear CMOS.  Jumper Bus Ratio Seperti halnya jumper Bus Clock/FSB.Lalu untuk apa posisi default? Tentu saja. Bus ini terdapat pada processor.  Jumper Bus Clock/Bus Speed Jumper ini berfungsi untuk menyeting Bus Clock pada processor. Misalnya processor Pentium I 133 MHz dengan Bus/FSB 66. ada petunjuk mengenai penggunaan jumpernya. maka dengan melakukan Clear CMOS komputer akan kembali ke posisi awal sebelum kita melakukan perubahan pada CMOS/BIOS. yang terdiri dari Bus 50. 60. maka Rationya adalah 2x. Jumper ini adalah ratio perkalian dari processor. biasanya terdiri dari 3 kaki/pin yang digunakan untuk memilih apakah yang digunakan VGA onboard nya atau Slot VGA. Pada saat ini. Fungsi setting yang tadinya diatur oleh jumper sekarang sudah dibuat outo atau bisa disetting lewat BIOS. Begitu pula Jumper Clear CMOS ini bisa digunakan bila komputer tidak bisa hidup akibat kita lakukan perubahan pada hardware. 55. Disetiap Bus yang kita pilih. 66 dan 75.  Jumper VGA Jumper ini biasanya terdapat pada Motherboard yang menyediakan VGA onboard beserta Slot VGA sebagai tambahan. Pada gambar disamping ini adalah salah satu contoh dari komputer Pentium I. tetapi karena CMOS/BIOS anda telah menyimpan setting pada komputer yang lama dan tidak mampu membaca processor yang baru saja anda gantikan maka Jumper ini bisa anda gunakan. bila kita melakukan setting yang salah terhadap CMOS/BIOS maka bila terjadi kesalahan yang mengakibatkan komputer tidak bisa hidup. Jumper ini juga digunakan bila anda lupa pada password yang anda buat di BIOS. Maka kita melakukan setting sesuai dengan petunjuk yang terdapat pada keterangan baik di Motherboard maupun buku manual. Jumper. Sama . misalnya processor.

Jumper ini terdiri dari 3 kaki/pin. Jumper ini biasanya terdiri dari 10 pin berjejer dengan pin nomor 8 kosong. misalnya Motherboard yang memiliki slot memory SDRAM dan DDR1. Bila tidak dipasang. juga pin nomor 9 dan 10. Bila di pasang pada salah satu kaki. maka untuk memilih salah satu slot diperlukan setting jumper memory.  Jumper USB Power Anda pernah mengalami kejadian USB anda tidak bisa berfungsi? atau berfungsi hanya di Windows? Tidak di DOS (misalnya dengan penggunaan Keyboard USB)? Mungkin anda tidak mengaktifkan Jumper USB Power. maka akan punya pengaruh yang berbeda. Bila anda mengaktifkan Audio di depan Casing. persiapkanlah sebuah jumper untuk menghubungkan pin nomor 5 dan 6.sepert jumper bus clock. adalah jumper yang dipergunakan untuk mengaktifkan suara. VGA akan memilih sendiri yang mana yang dipergunakan. misalnya pin 1 dengan pin 2 atau pin 2 dengan pin 3. Dan kejadian ini sering terjadi dimana Audio tidak bisa terdengar dan orang yang tidak mengerti akan kebingungan dan mengira Sound onboard dari Motherboard anda mati. jumper ini sudah jarang dipergunakan dan diganti dengan outo setting. Tapi bila tidak. maka USB anda tidak akan berfungsi. soket Audio di casing telah mengaktifkan jumper Audio ini.  Jumper Memory/RAM Jumper ini biasanya terdapat pada Motherboard yang memiliki fasilitas 2 jenis Slot memory. maka otomatis. sebab bila tidak suara tidak akan keluar sekalipun driver telah masuk.  Jumper Audio Jumper Sound. . Jumper ini ada di hampir semua Motherboard yang memiliki USB Socket. atau DDR1 dengan DDR2. sehingga tanpa melakukan setting apapun. Yang satu tidak akan bisa mengaktifkan USB di DOS.

7. kadangkadang dijumpai hanya terdiri dari sebuah chip saja. bukan chipset yang ada pada komponen atau perangkat komputer lainnya. Misalnya mengarahkan data dari CPU (prosesor) menuju kartu grafis (video card) atau ke sistem memori (RAM). Pada sistem hardware komputer. Pada kasus ini. serta mengarahkan aliran data melalui bus PCI. bahwa yang dibahas pada bab ini difokuskan pada chipset yang ada pada motherboard. Perlu diketahui. Lebih jelasnya. dapat dikatakan bahwa chipset yang biasa terdapat pada motherboard berfungsi untuk mengatur aliran data dari satu komponen ke komponen lainnya. drive IDE dan port I/O. atau pada peralatan komputer lainnya. chipset berupa sekumpulan IC kecil atau chips yang dirancang untuk bekerjasama dan memiliki fungsi-fungsi tertentu. card-card (kartukartu) ekspansi. Chipset Secara fisik. misalnya pada kartu grafis (video card). Chipset pada video card berfungsi untuk mengontrol rendering grafik 3 dimensi dan output berupa gambar pada monitor. dapat diibaratkan bahwa chipset seakan -akan berfungsi sebagai . chipset ini bisa terdapat pada motherboard. Sedangkan chipset pada motherboard berfungsi untuk mengontrol input dan output (masukan dan keluaran) yang mendasar pada komputer. Fungsi chipset pada motherboard tidak sama dengan chipset pada kartukartu ekspansi. Masingmasing memiliki fungsi sendiri yang bersifat spesifik. Begitu pula fungsi chipset pada peralatan komputer lainnya. Chipset sebenarnya tidak selalu terdiri dari sekumpulan IC atau sekumpulan chip.

Sedangkan AMD. dan southbridge. dan menentukan standart IDE. Perusahaan pembuat chipset yang menggunakan nama sebutan MCH ini adalah Intel. yaitu northbridge dan southbridge. VIA dan perusahaan lainnya lebih banyak menggunakan nama sebutan northbridge. bus grafis. bus memori. dibagi kepada kedua bagian chipset tersebut. Asal mula istilah northbridge dan southbridge Pemunculan istilah northbridge dan southbridge berawal dari kebiasaan dalam menggambar suatu bagan atau peta tentang arsitektur suatu komponen. CPU biasanya diletakkan pada bagian atas (puncak) bagan. lebih detail lagi dapat dijelaskan bahwa chipset tradisional pada motherboard terdiri dari dua bagian.‘polisi lalu lintas’ pengatur aliran data pada motherboard di sebuah PC (Personal Computer). Tugas -tugas umum chipset seperti yang telah dijelaskan tadi. Itu lah sebabnya bagian yang langsung berhubungan dengan CPU tersebut disebut northbridge. Northbridge bertugas mengendalikan/ menangani komunikasi antara CPU. Masing-masing bagian chipset (northbridge atau southbridge) mempunyai tugas sendiri-sendiri yang bersifat spesifik dan bekerja sesuai fungsinya. Northbridge memiliki peran khusus yang sangat penting dalam suatu sistem motherboard. Northbridge ini kemudian dihubungkan dengan bagian bawah unit chipset melalui slow bridge atau jalur penghubung yang lebih lambat. Dengan demikian. serta turut menentukan kecepatan FSB (Front Side Bus). bagian atas selalu identik dengan arah utara.  Northbridge Northbridge disebut juga dengan nama memory controller hub (MCH). dan ke southbridge. Itulah sebabnya disebut dengan istilah southbridge. dengan sendirinya bagian bawah menyimbolkan arah selatan. chipset juga ikut menentukan piranti apa saja yang dapat didukung oleh PC tersebut. Unit chipset bagian bawah ini kemudian disebut southbridge. CPU kemudian dihubungkan dengan chipset melalui fast bridge atau jalur penghubung cepat yang menyambung langsung di bagian atas unit chipset. Selain mengatur aliran data. Pada suatu peta. Northbridge adalah bagian yang menghubungkan prosesor (CPU) ke sistem memori dan graphics controller (AGP dan PCI Express) melalui bus berkecepatan tinggi. di dalam northbridge juga berisi integrated . Bahkan pada sebagian chipset. kapasitas serta tipe memori yang dapat didukung oleh motherboard yang bersangkutan. juga tipe port yang didukung oleh sistem. Jika bagian atas menyimbolkan arah utara. RAM. AGP atau PCI Express. Sebenarnya.

Chipset ini dihubungkan langsung ke CPU (prosesor). termasuk menentukan jumlah. lagi pula banyak faktor pembatas lain yang tidak memungkinkan diterapkannya fitur RAM tersebut. memory controller yang menangani komunikasi antara CPU dan RAM tidak lagi berada pada chipset. kebanyakan dirancang hanya untuk mendukung seri prosesor tertentu saja. Biasanya chipset semacam ini baru diproduksi bila muncul standart baru yang ditetapkan oleh pabrik karena munculnya perkembangan teknologi baru. type dan kecepatan CPU yang dapat dipasangkan pada motherboard. chipset untuk prosesor AMD64 (misalnya chipset NVIDIA nForce3) menjadi single chip (chip tunggal) yang merupakan gabungan dari semua fitur southbridge dengan port AGP. yaitu mengintegrasikan memory controller tersebut ke dalam prosesor . Pada motherboard untuk prosesor Pentium (sebelum Pentium II). Sedangkan motherboard untuk Pentium 4. memory controller tersebut dipindahkan ke prosesor. Contoh prosesor yang telah dilengkapi dengan memory controller ini adalah prosesor AMD64. dengan jumlah RAM yang dapat dipasangkan bervariasi bergantung type prosesor dan desain motherboardnya sendiri. kapasitas RAM yang dapat dipasangkan seringkali dibatasi sampai 128 MB saja. Contoh lainnya adalah chipset Intel i875. Chipset tersebut dapat bekerja dengan prosesor Intel Pentium 4 dan Celeron yang menggunakan menggunakan DDR maupun DDR2. biasanya 36 bit. Sedangkan contoh chipset yang dapat mendukung dua tipe RAM adalah chipset Intel i915. sehingga mampu mendukung RAM hingga 64 GB. Namun. Northbridge juga berperan menentukan jumlah. terintegrasi dengan die prosesor. Chipset ini hanya dapat dipasangkan dengan prosesor AMD yang didesain menggunakan soket A yang dikombinasi dengan pemakaian DDR SDRAM.3 GHz yang dikombinasi dengan pemakaian DDR SDRAM. kecepatan dan type RAM yang dapat digunakan. Akibatnya. Pada perkembangan selanjutnya. Perlu diketahui bahwa sejak era Pentium Pro muncul. Chipset ini hanya dapat bekerja dengan prosesor Pentium 4 atau Celeron yang memiliki clock speed lebih tinggi dari 1.video controller (pengendali video terintegrasi). arsitektur Intel yang diterapkan prosesor tersebut dapat mengakomodasi address fisik lebih besar dari 32 bit. tidak begitu banyak chipset yang mampu mendukung dua tipe RAM sekaligus. misalnya keterbatasan dukungan dari OS dan mahalnya harga RAM). kapasitas RAM yang dapat dipasangkan dibatasi 4 GB. Pada sistem Intel istilah integrated video controller ini disebut dengan nama Grap hics and Memory Controller Hub (GMCH). Contoh northbridge yang hanya mendukung satu type RAM adalah northbridge dari chipset NVIDIA nForce. Setiap jenis chipset. Sampai saat ini. Sedangkan Intel juga akan melakukan hal yang sama. jarang ada motherboard yang didesain mampu mendukung RAM hingga 64 GB.

dukungan Plug and Play. dan aud io. Southbridge berhubungan dengan pheriperal. Pada beberapa chipset modern. fitur power management dan sejumlah perangkat lainnya. memalui jalur penghubung yang kecepatannya (kecepatan bus) lebih lambat (misalnya bus PCI dan bus ISA) dibandingkan jalur penghubung yang digunakan oleh northbridge. seperti ethernet. USB.  Southbridge Southbridge adalah bagian dari chipset yang mengontrol bus IDE. mengontrol keyboard dan mouse. menjembatani PCI dan Isa. Rencananya kelak akan diterapkan pada prosesor yang berbasis mikroarsitektur Nehalem. Gambar Chipset .produksinya. USB. southbridge sebenarnya mengandung (memuat) pheripheral yang terintegrasi pada chip.

CMOS Battray Baterai CMOS. dan lainnya. 10. Selain fungsi utama tersebut. Memang karena baterai CMOS sudah menjadi bagian dari mainboard pada paket pembeliannya. Anda dapat melakukan pengaturan terhadap kinerja serta fungsi-fungsi sebuah mainboard. Port Power Konektor power adalah pin yang menyambungkan motherboard dengan power supply di casing sebuah komputer. atau bahkan Anda belum mengenal benda yg satu ini. Pada tipe ATX. casingyang dibutuhkan adalah tipe AT juga. benda kecil yg sering dilupakan orang. Konektor power tipe AT terdiridari dua bagian. 13. Port SATA bisa digunakan untuk menghubungkan Hard Disk dengan sistem komputer. BIOS memiliki fungsi untuk pengaturan waktu (jam dan tanggal) dikomputer Anda. Video Share. 12. di mana dua kabel dari power supply akan menancap disitu. dgn ukuran yg cukup kecil (sekitar 1cm). . CPU Speed. Port Floppy Disk Digunakan untuk menghubungkan media removable atau media penyimpanan yang bisa dilepaskan yaitu Disket atau Floppy Disk. Bentuknya yg kecil namun memiliki fungsi yang cukup penting bagi komputer Anda. Port IDE Merupakan antarmuka media penyimpanan sebelum generasi SATA.8. Slot PCI Merupakan slot umum yang biasa digunakan untu memasang kartu atau card dengan kecepatan di bawah slot AGP dan PCI Express. Melalui BIOS. Didekat chipset BIOS itulah terletak baterai CMOS. Pada motherboard tipe AT. 9. sehingga Anda tinggal menancapkannya di motherboard. BIOS memiliki chipset tersendiri dalam sebuah mainbord. kabel power supply menyatu dalam satu header yang utuh. Perlu Anda ketahui. Hal inilah yg membuat orang-orang tidak mengetahui apa itu baterai CMOS. BIOS merupakan sebuah aplikasi bawaan dari mainboard untuk dapat melakukan pengontrolan dan pendeteksian terhadap komponen-komponen lain yg terhubung ke mainboard (hardware lain). Pada BIOS Anda dapat melakukan pengaturan seperti konfigurasi BOOT Device. 11. Port SATA Merupakan antarmuka untuk media penyimpanan generasi terbaru. Fungsi utama baterai CMOS adalah untuk mensuplai tenaga bagi BIOS untuk melakukan settingan terhadap sebuah mainboard.

d. menggantikan bus ISA. Port USB. . digunakan untuk memasang periferal kecepatan rendah dengan mode transfer data serial. untuk memasang periferal kecepatan rendah dengan lebar data delapan bit. 14. line-in dan line-out. Port atau colokan yang biasanya ada di belakang casing komputer PC adalah: a. digunakan untuk menghubungkan komputer dengan periferal audio seperti home theatre. bus VESA atau bus PCI yang sebelumnya digunakan. untuk menghubungkan mouse dengan komputer. AT dan ATX. Port PS/2 Mouse. e. Port Paralel. dalam sebuah sistem. Port Firewire. untuk menghubungkan peralatan eksternal kecepatan tinggi seperti video capture atau streaming video. f. 15. Port RJ45. secara fisik. Ada beberapa motherboard yang menyediakan dua tipe konektor power.Kabel initerdiri dari dua kolom sesuai dengan pin di motherboard yang terdiri atas dua larik pin juga. Port PS/2 Keyboard. b. Biasanya digunakan untuk memasang printer sebelum generasi USB. logis dan secara elektronik. Sebenarnya AGP dibuat berdasarkan bus PCI. digunakan untuk memasang keyboard. Kebanyakan motherboard terbaru sudah bertipe ATX. digunakan untuk menghubungkan komputer dengan sistem audio seperti speaker. Namun saat ini jarang digunakan. Tidak seperti bus PCI yang dalam sebuah sistem bisa terdapat beberapa slot. singkatan dari Accelerated Graphics Port adalah sebuah slot yang dikhususkan sebagai bus pendukung kartu grafis berkinerja tinggi. Back Panel Merupakan kumpulan port yang biasanya diletakkan di belakang casing atau wadah komputer PC. Port SPDIF. AGP (Accelerated Graphics Port) Slot AGP atau Bus AGP. hanya boleh terdapat satu buah slot AGP saja. mikrofon. digunakan untuk antarmuka dengan periferal atau peralatan eksternal generasi baru yang menggantikan port paralel dan Serial. AGP bersifat independen dari PCI. tapi memiliki beberapa kemampuan yang lebih baik. h. g. Port Serial. i. Port Audio. Selain itu. digunakan untuk menghubungkan komputer dengan jaringan LAN. c.

wordpress.blogspot.com/2010/03/jumper-pada-komputer-apa-dan-untuk-apa.com/2009/11/fungsi-cmos.wordpress.com/2010/08/definisi-rom.um.yahoo.com/2010/03/18/komponen-penyusun-motherboard/ http://community.blogspot.wordpress.ac.com/question/index?qid=20080807074332AAVxir3 http://ruhuldf.Sumber http://ukmsrr.html http://gpinkom.ac.php?75100-Slot-memori-ram-dan-power-suplay http://id.com/2009/11/11/papan-pcb/ http://davidusman.com/2008/08/19/pengertian-chipset/ http://ciburuan.answers.id/theblues/2010/06/08/komponen-komponen-dari-motherboard/ http://the-cpu.unand.id/showthread.blogspot.html .html http://blog.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful