P. 1
Tugas Makalah Led

Tugas Makalah Led

|Views: 2,903|Likes:
Published by Giri Angga Setia

More info:

Published by: Giri Angga Setia on Jun 04, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/07/2014

pdf

text

original

TEKNOLOGI TELEVISI LIGHT EMITTING DIODE (LED

)

I.

PENDAHULUAN Perkembangan Teknologi semakin cepat dan menuju ke teknologi ramah lingkungan.

Banyak perusahaan yang mencoba untuk mengurangi pemanasan global atau biasa dikenal dengan global warming untuk setiap produknya, baik produk elektronik maupun produk lainnya. Salah satu perkembangan teknologi elektronik yang ramah lingkungan adalah Televisi. Perkembangan teknologi televisi mengalami evolusi menuju penggunaan teknologi yang ramah lingkungan dengan fitur yang lebih modern. Perkembangan teknologi tak lepas dari perkembangan teknologi lainnya, dari ditemukannya hukum Gelombang Elektromagnetik oleh Joseph Henry dan Michael Faraday (1831) (awal dari era komunikasi elektronik), George Carey menemukan sinar katoda (1876) sampai ditemukannya televisi tabung pertama kali di dunia oleh Vladimir Kozma Zworykin pada tahun 1923 dan televisi berwarna pada tahun 1940 oleh Peter Goldmark. Tahun 1956 Robert Adler dan Eugene Polley menemukan remote control televisi. Penggunakan tabung dalam televisi yang dianggap tidak dinamis maka banyak penelitian yang ingin mengganti teknologi tabung menggunakan teknologi LCD (Liquid Crystal Display) dan gagasan ini pertama kali dikemukakan oleh Dr. Glenn Brownide pada tahun 1958 pada karya tulis ilmiahnya tentang LCD sebagai tampilan layar televisi. sedangkan LCD sendiri adalah perkembangan dari penemuan liquid crystals oleh Freidrich Reinitzeer (1888). Kemudian teknologi televisi berkembang pesat sampai ditemukannya teknologi Organic Light Emitting Diode (OLED) oleh Ilmuan perusahaan Kodak (1979), dan teknologi LCD berwarna yang stabil dan cemerlang (1995, oleh Larry Weber). Dan yang terbaru adalah penggunakan teknogi Light Emitting Diode (LED) pada Televisi. Televisi berbasis LED pertama kali dibuat oleh Sony pada tahun 2004, kemudian Philips elektronik tak mau ketinggalan dan diikuti oleh perusahaan elektronik asal korsel Samsung dan LG. Menyikapi perkembangan LED sebagai teknologi yang ramah lingkungan karena dipercaya dapat menghemat energi sebesar 48%.

dll).II. Sinyal yang datang membawa gelombang suara dan gambar karena gelombang yang diterima antena tv lebih dari satu macam (contoh gelombang stasiun RCTI. Berikut ini garis besar cara televisi bekerja : 1. PEMBAHASAN Televisi bekerja dengan cara menerima gelombang elektromagnetik dan merubahnya menjadi energi akustik dan cahaya yang bisa kita dengar dan lihat. Catu daya (power). Sirkuit penembak elektron menggunakan sinyal gambar ini untuk diproses ulang dengan bantuan kamera tv. Sinyal yang datang dialirkan menuju ke colokan antena yang ada pada televisi. 5. 4. Antena berfungsi untuk menangkap belombang yang dipancarkan oleh stasiun televisi. Sirkuit di dalam televisi memisahkan gelombang ini (berupa suara dan gambar) sesuai dengan saluran tv yang kamu pilih kemudian diproses lebih lanjut. 3. Tunner. Proses Kerja Televisi Secara garis besarnya bagian-bagian televisi berupa Antena. TRANS 7. hijau dan biru) menuju tabung sinar katoda . ANTV. Rangkain penguat video. hijau. Layar televisi menampilkan gambar yang berasal dari ribuan titik-titik kecil (pixel) yang ditembak dengan elektron yang berenergi tinggi. Rangkain detektor video. Bagian ini menembakan tiga elektron (merah. biru) inilah yang dikombinasikan dan ditampilkan di layar komputer dalam bentuk gambar seperti yang kita lihat. Alat pemisah disebut Tunner. 2. dan Rangkain Audio. a. GLOBAL TV. Pixel warna (merah. SCTV.

6. . Warna hitam akan menjadi benar-benar hitam. Kombinasi kombinasi warna inilah yang menghasilkan gambar di televisi. 8. Dan berkas elektron ini akan bergerak bolak-balik di layar televisi. hijau dan biru.000: . juga refresh rate yang tinggi untuk membantu menonton acara yang penuh dengan gerakan seperti olahraga dan film. Berkas cahaya ini akan diarahkan ke layar yang diberi bahan kimia berupa fosfor. dan warna Televisi LED memiliki kontras rasio 500. 7. LED menggunakan diode untuk membuat banyak vibrant dan image yang berwarna-warni. Sinyal suara yang sudah disaring dikeluarkan melalui alat yang disebut speaker . Saat berkas elektron ini mengenai fosfor akan menampilkan titik -titik warna merah. B l t t i i l t t. bukan hitam abuabu. Gelombang suara akan diproses pada bagian ini untuk menghilangkan berbagai gangguan. Proses Kerja Televisi LE LED bekerja dengan menggunakan cahaya pancaran diode (light emitting diode) sebagai sumber cahaya televisi. 9. El t dapat di darai ol magnit sebab mereka mempunyai elektron negati . Yang tidak kena tetap berwarna hitam. b.

Kutub kristal cair yang dilewati arus listrik akan berubah karena pengaruh polarisasi medan magnetik yang timbul dan oleh karenanya akan hanya membiarkan beberapa warna diteruskan sedangkan warna lainnya tersaring. Walau disebut sebagai titik cahaya. Titik cahaya yang jumlahnya puluhan ribu bahkan jutaan inilah yang membentuk tampilan citra. Kristal cair akan menyaring cahaya backlight. Lalu bagaimana caranya LCD bisa menampilkan banyak warna ? Disinilah peran dari kristal cair. Pada LCD berwarna semacam monitor terdapat banyak sekali titik cahaya (pixel) yang terdiri dari satu buah kristal cair sebagai sebuah titik cahaya. Perbedaan teknologi LED dengan teknologi LCD (Liquid Crystal Displey) dan CRT (Cathode Ray Tube) y Teknologi LCD LCD merupakan media tampilan yang menggunakan kristal cair sebagai penampil utama. namun kristal cair ini tidak memancarkan cahaya sendiri. Warna yang akan dihasilkan tergantung pada sudut refleksi. yaitu Backlight dan kristal cair. Backlight sendiri adalah sumber cahaya LCD yang biasanya terdiri dari 1 samp ai 4 buah (berteknologi seperti) lampu neon. Secara Sederhana LCD (Liquid Crystal Display) terdiri dari dua bagian utama. Dengan memberikan tegangan . Sumber cahaya di dalam sebuah perangkat LCD adalah lampu neon berwarna putih di bagian belakang susunan kristal cair tadi. Beberapa ratus cahaya tersebut akan terlihat jika cahaya putih mengalami refleksi atau perubahan arah sinar.c. Jadi jika beda sudut refleksi maka beda pula warna yang dihasilkan. Lampu Backlight ini berwarna putih. Cahaya putih merupakan susunan dari beberapa ratus cahaya dengan warna yang berbeda (jika anda masih ingat Pelajaran Fisika).

Jadi semakin besar Contrast Ratio maka semakin bagus pula LCD dalam menampilkan warna. Kristal Cair akan menutup serapat-rapatnya sehingga tidak ada cahaya backlight yang yang menembus (sehingga di layar akan tampil warna hitam).listrik dengan nilai tertentu. Response Time yang lambat akan menimbulkan cacat gambar yang disebut ghosting atau jejak gambar. Jika warna hitam tersebut cenderung abu-abu maka masih ada sedikit cahaya backlight yang berhasil menembus kristal cair. Dan karena tugas kristal cair adalah untuk merefleksikan cahaya dari backlight maka cahaya backlight yang sebelumnya putih bisa berubah menjadi banyak warna. Cara paling mudah untuk mengetahui seberapa bagus Contrast Ratio LCD adalah dengan menampilkan warna hitam di layar. Karena itulah ada istilah Response Time di LCD. Contrast ratio Contrast Ratio adalah perbandingan tingkat terang (brightness) pada posisi paling putih dan paling hitam. Akan tetapi . Jadi semakin cepat response time maka semakin baik. Jika ingin menampilkan warna lainnya tinggal atur sudut refleksi kristal cair. Namun kenyataannya masih ada cahaya backlight yang bisa menembus kristal cair sehingga tidak bisa menampilkan warna hitam dengan baik. Inilah salah satu kekurangan LCD. Sudut Pandang (Viewing Angle) Monitor LCD memiliki sudut pandang yang terbatas jika dibandingkan dengan monitor CRT. Response Time adalah waktu yang diperlukan untuk berubah dari posisi kristal cair tertutup rapat (waktu menampilkan warna hitam) ke posisi kristal cair terbuka lebar (waktu menampilkan warna putih). Response Time Kristal cair pada LCD bekerja dengan cara membuka dan menutup layaknya tirai. Jika pandangan kita sedikit bergeser dari LCD maka gambar objek akan terlihat lebih gelap atau lebih terang. Kristal cair bekerja seperti tirai jendela. Jika ingin menampilkan warna putih kristal cair akan membuka selebar-lebarnya sehingga cahaya backlight yang berwarna putih akan tampil di layar. Namun tidak dengan monitor LCD. Kristal cair dapat berubah sudutnya. Pada waktu kristal cair menutup serapat-rapatnya untuk menghasilkan warna hitam seharusnya tidak ada cahaya backlight yang menembusnya. Proses buka tutup ini berlangsung sangat cepat (mengikuti pergerakan gambar di layar). Gambar objek pada monitor CRT bisa dilihat dengan jelas dari sudut 180 derajat sekalipun. Namun Jika ingin menampilkan warna hitam. Biasanya pada objek yang bergerak cepat dan menimbulkan jejak gambar seperti beberapa bujur sangkar yang terlihat seperti persegi. Jika anda seorang yang butuh privasi maka hal ini tidak menjadi masalah karena orang disamping anda tidak dapat melihat apa yang ada di monitor anda dengan mudah.

monitor video. dapat dibentuklah gambar. untuk membentuk sebuah gambar. LCD dan bentuk teknologi TV lainnya. sama dengan prinsip kerja televisi yang berbasis CRT. y Teknologi CRT Ditemukan oleh Karl Ferdinand Braun.jika anda ingin melihat film bersama-sama dengan teman-teman tentu hal ini akan menjadi masalah. Dari pixel-pixel tersebut. Elektron ditembakkan dari belakang tabung gambar menuju bagian dalam tabung yang dilapis elemen yang terbuat dari bagian yang memiliki kemampuan untuk memendarkan cahaya. Teorinya. terciptalah teknologi yang mampu mengatur pixel-pixel tersebut untuk berpendar dengan intensitas cahaya tertentu. Sinar elektron tersebut melewati serangkaian magnet kuat yang membelok-belokkan sinar menuju bagian-bagian tertentu dari tabung bagian dalam. Teknologi CRT merupakan dasar perkembangan dari layar plasma. Begitu sinar tersebut sampai ke bagian kaca tabung TV atau monitor. Sinar katoda adalah aliran elektron kecepatan tinggi yang dipancarkan dari katoda yang dipanaskan dari sebuah tabung vakum. Prinsip kerja monitor konvensional. Setiap tempat tertentu mewakili pixel tertentu. menyebabkan pixel-pixel tadi berpendar dengan intensitas cahaya sesuai dengan tegangan yang telah diatur. sinar tadi menyapu sebuah garis horizontal dari kiri ke kanan. menyebabkan tempat-tempat tertentu untuk berpendar secara temporer. Dengan mengontrol tegangan dari sinar tersebut. monitor CRT (Cathode Ray Tube). Proses tersebut terjadi pada semua garis horizontal yang . televisi dan oskiloskop. merupakan sebuah tabung penampilan yang banyak digunakan dalam layar komputer. dia akan menyinari lapisan berpendar.

Keunggulan dan Kelemahan Teknologi LED Keunggulan dari teknologi televisi LED : y Ramah Lingkungan dan Hemat Energi. dan tidak menggunakan semprotan cat. sinar tersebut akan mati sementara untuk mengulang proses yang sama untuk menghasilkan gambar yang berbeda. dan itu membutuhkan detil gambar yang tinggi. Jadi kualitas pixel yang dihasilkan juga tidak seoptimal sekarang. Dulu. seiring dengan perkembangan teknologi komputer yang membutuhkan kualitas TV dan monitor tabung yang lebih baik. Sayangnya. Seperti yang kita tahu. lapisan yang berpendar dalam tabung gambar kualitasnya nggak sebaik sekarang. teknologi monitor dengan tabung CRT ini ditengarai memiliki banyak pengaruh buruk bagi kesehatan penggunanya. eh maksudnya belum mampu menampilkan detail gambar seperti sekarang. Wajar aja. d. TV zaman baheula belumlah sekeren dan secanggih sekarang. Denfan menggunakan Teknologi LED bebas merkuri dan dapat menghemat daya listrik hingga 40% maka emisi CO2 menjadi lebih sedikit.ada pada pixel layar. soalnya komputer banyak berurusan dengan text. Kini. Kemudian radiasi yang dihasilkan dari pancaran LED lebih sedikit. para ilmuwan yang merancang televisi dan tabung gambar menemui hambatan teknis. Hasilnya diperoleh tabung gambar yang mampu menghasilkan gambar dengan resolusi yang lebih tinggi. Sejumlah riset mengindikasikan bahwa ekspos berlebihan monitor pada mata dapat menyebabkan penurunan kualitas penglihatan. Pada masa awal-awal kelahiran teknologi televisi. untungnya kualitas lapisan berpendar dalam tabung monitor telah lebih baik. y y y y Kualitas gambar yang sempurna Designnya elegant Hemat energy Fasilitas multimedia . dan ketika telah sampai ujung. Dan penggunakan Frame bezel yang daur ulangnya tidak berisi VOCs. Hal ini disebabkan oleh radiasi sinar elektron pada tabung gambar monitor atau televisi tabung. Dengan teknologi tersebut kita bisa ikut serta dalam mengurangi Global warming. Makanya kita dapat nonton objek yang seolah-olah bergerak di layar televisi atawa monitor.

dan tidak menggunakan semprotan cat. . Dan penggunakan Frame bezel yang daur ulangnya tidak berisi VOCs. KESIMPULAN Dari pembahasan mengenai teknologi Light Emitting Diode (LED) maka dapat diambil kesimpulan : y Televisi berbasis LED pertama kali dibuat oleh Sony pada tahun 2004. hemat energy. dan warna Televisi LED memiliki kontras rasio 500. Menyikapi perkembangan LED sebagai teknologi yang ramah lingkungan karena dipercaya dapat menghemat energi sebesar 48%. Kemudian radiasi yang dihasilkan dari pancaran LED lebih sedikit. Dengan teknologi tersebut kita bisa ikut serta dalam mengurangi Global warming. Selain itu kualitas gambar yang sempurna. y Keunggulan dari teknologi televisi LED : Ramah Lingkungan dan Hemat Energi. juga refresh rate yang tinggi untuk membantu menonton acara yang penuh dengan gerakan seperti olahraga dan film. Denfan menggunakan Teknologi LED bebas merkuri dan dapat menghemat daya listrik hingga 40% maka emisi CO2 menjadi lebih sedikit. LCD dan bentuk teknologi TV lainnya. bukan hitam abu-abu. III. designnya elegant. y LCD merupakan media tampilan yang menggunakan kristal cair sebagai penampil utama. y LED bekerja dengan menggunakan cahaya pancaran diode (light emitting diode) sebagai sumber cahaya televisi. LED menggunakan diode untuk membuat banyak vibrant dan image yang berwarna-warni. fasilitas multimedia. y Televisi bekerja dengan cara menerima gelombang elektromagnetik dan merubahnya menjadi energi akustik dan cahaya yang bisa kita dengar dan lihat. kemudian Philips elektronik tak mau ketinggalan dan diikuti oleh perusahaan elektronik asal korsel Samsung dan LG.Kelemahan dari teknologi televisi LED : Kelemahan dari penggunaan LED TV adalah cepat panas dan harga yang ditawarkan Lebih mahal daripada LCD TV dengan ukuran yang sama. Warna hitam akan menjadi benar-benar hitam.000:1. y Kelemahan dari penggunaan LED TV adalah cepat panas dan harga yang ditawarkan Lebih mahal daripada LCD TV dengan ukuran yang sama. sedangkan Teknologi CRT merupakan dasar perkembangan dari layar plasma. Sinar katoda adalah aliran elektron kecepatan tinggi yang dipancarkan dari katoda yang dipanaskan dari sebuah tabung vakum.

blogspot.com/2009/02/cara-kerja-televisi-tv.html http://id.com/2010/11/08/cara-kerja-dan-perbedaan-monitor-lcdled-dancrt/ http://hermawayne.wordpress.blogspot.answers.html http://satrioriawan.com/question/index?qid=20100613211430AASn1mQ .Referensi : http://berita-iptek.com/2008/12/cara-kerja-televisi.yahoo.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->