PENGAJUAN NUPTK BARU

Penambahan Individu Baru Untuk penambahan individu baru, harus melalui sekolah/institusinya, sehingga tidak ada individu yang tidak mempunyai tempat tugas (lost link). Pada saat melakukan entri, juga harus dipastikan bahwa individu tersebut belum ada didatabase dengan menggunakan fasilitas pencarian yang ada di aplikasi. Hal ini untuk memastikan kemungkinan individu terdaftar di sekolah/instansi lain. Langkah penambahan individu berikut dilakukan untuk penambahan PTK di sekolah. 1. Klik short cut Sekolah & Madrasah yang ada didepan aplikasi. 2. Pilih di drop down menu Propinsi, Kabupaten/Kota dari sekolah yang dicari. Klik icon open untuk menampilkan daftar sekolah. Akan tampil daftar sekolah di daerah tersebut. 3. Klik ganda sekolah yang ingin ditambahkan PTK nya. Akan tampir form Fptk_list 4. Klik tombol Buat PTK Baru. Akan tampil Form Biodata PTK. 5. Cari dahulu Individu yang ingin tambahkan untuk memastikan individu tersebut belum ada didatabase di sekolah/instansi yang berbeda. Tulis nama PTK kemudian klik tombol Cari. 6. Jika nama individu ada didaftar, select individu tersebut, kemudian klik tombol Pilih. Lakukan beberapa perbaikan atau pemutakhiran data individu sesuai keperluan, kemudian Klik icon Simpan, dialog konfirmasi akan muncul.

klik OK 7. Jika pada proses pencarian individu tidak ditemukan maka anda harus melakukan entri data individu tersebut. Klik tombol skip pada tampilan cari. 8. Isi data-data individu dengan lengkap. Klik pula icon Edit untuk memasukkan data-data tempat tugas PTK. Sama dengan sebelumnya, Klik icon Simpan, form konfirmasi akan muncul. Klik OK.

• Pilih di drop down menu Propinsi. . Akan tampil daftar sekolah di daerah tersebut. Klik icon open untuk menampilkan daftar sekolah.8 9. • Klik tombol EDIT DATA. Detil data Individu akan tampil dengan informasi Tempat Tugas telah terisi. sama dengan yang dijelaskan diatas. Pastikan adalah Sekolah/ Instansi Induk tidak di tandai karena bukanlah sekolah induk. Akan tampir form Fptk_list • Klik tombol Buat PTK Baru. • Klik shortcut Sekolah & Madrasah yang ada depan aplikasi.Klik edit data untuk mengubah atau melengkapi data individu Klik icon EDIT Gambar 1. • Pilih individu yang ada didaftar hasil pencarian kemudian klik tombol Pilih. • Klik ganda sekolah yang ingin ditambahkan PTK nya.9) 10. Proses tersebut akan membuat status individu dalam keadaan Diajukan (gambar 1. • Cari Individu yang ingin ditambahkan tempat tugasnya. (gambar 1.10). Kabupaten/Kota dari sekolah yang dicari. Akan tampil Form Biodata PTK. Tulis nama individu/PTK kemudian klik tombol Cari. Jika anda ingin menambahkan tempat tugas lebih dari satu maka anda harus menambahkannya melalui sekolah kedua dahulu dengan cara yang sama seperti awal penambahan individu baru: • Dari menu depan aplikasi cari sekolah/instansi dimana individu/PTK bertugas.

(gambar 1.10 • Klik icon EDIT yang ada di pengisian Tempat Tugas.11) Gambar 1.Pastikan pilihan kosong Icon EDIT untuk mengisi data detail tugas pokok PTK Gambar 1.12) Gambar 1.11 • Isi semua data.lalu klik tombol OK. Data sudah langsung tersimpan.12 . Keluar dahulu untuk memeriksa bahwa individu tersebut bertugas lebih dari 1 Instansi (gambar 1. Form Tugas PTK tampil.

Pada proses cross-check dibandingkan antara Individu dengan semua pengajuan NUPTK yang informasinya terdapat dikolom bawah. .13. kemudian klik tombol CrossCheck. 2. Pilih nama PTK yang ingin dilakukan cross-check.PANDUAN CROSS-CHECK PENGAJUAN NUPTK OLEH DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN/KOTA Pengajuan NUPTK secara on-line dapat dilakukan menggunakan SIM NUPTK CS. Jalankan SIM NUPTK Web Browser kemudian login menggunakan user dan password anda. Langkah-langkah cross-check pengajuan adalah: 1. Klik untuk menampilka n daftar Pilih individu kemudian crosscheck satu per satu Form untuk memantau sejauh mana proses pengajuan Gambar 1. Akan muncul daftar pengajuan PTK yang sebelumnya dilakukan. Klik icon nuptk yang berwarna hijau kemudian pilih Pengajuan NUPTK kemudian klik tombol View ALL. Setelah melakukan langkah terakhir yaitu meng klik tombol sincron. maka langkah selanjutnya adalah melakukan proses cross-check yang dilakukan dengan menggunakan NUPTK WEB Browser. Daftar pengajuan NUPTK 3.

4.14 Cross-check pengajuan NUPTK 5. Data pengajuan dibandingkan dengan data pebanding yang terdapat kolom bawah Isi keterangan secara otomatis dengan double klik data pembanding Gambar 1. Gambar 1. maka anda dapat melanjutkan kesemua proses crosscheck hingga selesai.Tmp Lahir . Jika perbandingan pengajuan dengan informasi individu yang terdapat dibagian bawah anda yakini sama.15 cross-check dengan pembanding tidak ditemukan 6. Anda dapat mengisi Keterangan secara otomatis dengan melakukan double klik di Info data pebanding. Jika kolom data pembanding kosong. Lanjutkan proses cross-check sampai proses perbandingan Nama . maka anda dapat memilih Status Cross-Check dan mengisi field Keterangan.

Proses Cross-check ditandai dengan terbukanya ke 4 tab dan filter pembandingan Gambar 1. Setelah pada proses ke empat selesai isi Status Cross-Check NUPTK Diajukan. kemudian klik tombol Save. Lanjutkan proses ke pengajuan PTK lain yang berada di daftar pengajuan. Pada form bagian bawah pilih Progress OPEN untuk pengajuan yang masih menunggu diproses oleh LPMP. anda sebagai dinas pendidikan kab/kota dapat melihatnya melalui aplikasi ini. .16 Proses cross-check terakhir yang memenuhi syarat diajukan 7. Akan mucul daftar pengajuan sesuai progressnya. Untuk melihat progress atau sampai mana pengajuan anda. 8. Klik tombol View.

Progress Close berarti.Pilih OPEN untuk pengajuan yang belum diproses LPMP Gambar 1.Progress Prosess berarti proses masih dilakukan oleh LPMP. . keseluruhan proses pengajuan selesai dengan output NUPTK atau pengajuan ditolak dengan alasan tertentu 10.17 Form cross-check pengajuan 9.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful