P. 1
Slide Peran Probiotik dalam Industri Unggas

Slide Peran Probiotik dalam Industri Unggas

|Views: 293|Likes:
Published by Putra Syah
Membahas mengenai peran probiotik dalam industri perunggasan
Membahas mengenai peran probiotik dalam industri perunggasan

More info:

Categories:Types, Research
Published by: Putra Syah on Jun 04, 2011
Copyright:Traditional Copyright: All rights reserved

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX or read online from Scribd
See more
See less

03/09/2014

original

Pendahuluan

Skala Pemeliharan Besar Industri Unggas Kegiatan ekonomi yg penting pd Banyak negara Masalah Terpapar Stress, Penyakit, Kemerosotan Kondisi Lingkungan

Penggunaan Obatobatan (antibiotik) untuk memicu pertumbuhan

Efek samping : Peningkatan Resistensi bakteri patogen

Pendahuluan
Skala Pemeliharan Besar Industri Unggas Kegiatan ekonomi yg penting pd Banyak negara Masalah Terpapar Stress, Penyakit, Kemerosotan Kondisi Lingkungan

Ahli gizi dan Kedokteran Hewan u/ pemanfaatan tepat nutrisi dan penggunaan probiotik untuk peningkatan pertumbuhan unggas

Efek samping tidak ada Lebih disukai

Apakah Probiotik Itu?
Crawford ³sebuah kultur spesifik dari mikroorganisme hidup (terutama Lactobacillus spp.) yang terdapat pada hewan untuk memastikan pembentukan secara efektif populasi usus dari kedua organisme usus yang menguntungkan dan yang patogen"

Fuller Memberikan definisi yang unik dari probiotik yaitu "suplemen pakan hidup mikroba yang menguntungkan berpengaruh terhadap hewan inang dengan meningkatkan keseimbangan mikroba ususnya"

Apakah Probiotik Itu?
FAO/WHO "mikroorganisme hidup yang bila diberikan dalam jumlah yang cukup akan memberikan manfaat kesehatan pada host"

Mikroorganisme hidup nonpathogenic dan tidak beracun di alam, yang bila diberikan melalui jalur pencernaan, akan menguntungkan bagi kesehatan host.

Spesies digunakan dalam preparasi probiotik
€

€

Lactobacillus bulgaricus, Lactobacillus acidophilus, Lactobacillus casei, helveticus Lactobacillus, Lactobacillus lactis, Lactobacillus salivarius, Lactobacillus plantarum, Streptococcus thermophilus, Enterococcus faecium, Enterococcus faecalis, Bifidobacterium spp. Beberapa probiotik lainnya adalah jamur mikroskopis seperti strain ragi termasuk dalam jenis Saccharomyces cerevisiae

Mekanisme Kerja Probiotik
Mode kerja dari probiotik dalam unggas meliputi :
€

€

€ €

(I) mempertahankan mikroflora usus normal dengan melakukan persaingan dan antagonisme. (II) mengubah metabolisme dengan meningkatkan aktivitas enzim pencernaan dan penurunan aktivitas enzim bakteri patogen dan produksi amoniak (III) meningkatkan konsumsi pakan dan pencernaan (IV) merangsang sistem kekebalan tubuh

Competitive Exclusion
€ €

€

€

Merupakan salah satu metode untuk mengendalikan agen endemik dan zoonosis pada unggas. Metode ini pertama kali diterapkan oleh Nurmi dan Rantala saat mereka berusaha untuk mengendalikan outbreak hebat dari S. infantis pada ternak ayam pedaging Finlandia. competitive exclusion pada inokulasi anak ayam berumur sehari dengan mikroflora unggas dewasa berhasil menunjukkan dampak dari mikrobiota usus pada fungsi usus dan ketahanan terhadap penyakit Dengan menggunakan model ini, sejumlah probiotik telah terbukti mengurangi kolonisasi dan peluruhan Salmonella dan Campylobacter

Competitive Exclusion

Isolat dr Induk ayam

Kriteria Pemilihan Probiotik dalam Industri Unggas

Kriteria-kriteria Probiotik yang dapat digunakan dalam industri unggas yaitu : € Harus menjadi penghuni normal di usus, dan harus mampu menempel pada epitel usus (berkolonisasi di usus) € Mampu mengatasi hambatan potensial, seperti pH rendah dari lambung, dan keberadaan asam empedu dalam usus. € Mampu berkompetisi dalam melawan mikroorganisme lainnya (patogen) dalam saluran pencernaan.

Kriteria Pemilihan Probiotik dalam Industri Unggas
Cara sementara untuk seleksi probiotik sebagai biokontrol agen dalam industri unggas adalah Sbb:

Pada akhirnya, probiotik harus bertahan dalam kondisi penyimpanan normal dan teknologi yang sesuai untuk proses industri (misalnya, lyophilized, mikroenkapsulasi)

Evaluasi Pengaruh Probiotik Terhadap Performa Pertumbuhan
Setelah dikonsumsi Jumlah BAL dalam pencernaan

€

€

Membantu pencernaan pakan dalam tubuh ternak dengan menghasilkan enzim-enzim pencernaan seperti enzim amilas, protese, dll yang dapat meningkatkan aktivitas amilase dan protease usus, sehingga membantu penyerapan pakan lebih banyak (efisiensi pakan) menyebabkan pertumbuhan ternak lebih cepat dan produksi dapat meningkat. Dengan peningkatan kecernaan penyerapan, maka kotoran ternak akan lebih sedikit kering, serta produksi amoniak akan diturunkan.

Ev l si rf r
€

g r rt

r

i tik T r

p

Studi tentang dampak menguntungkan pada performa unggas telah menunjukkan bahwa suplemen probiotik dapat memiliki efek positif terhadap peningkatan berat badan unggas. Hal ini jelas terlihat pada beberapa studi yg telah dilakukan :
Jin et al.

Suplementasi L. acidophilus atau campuran kultur Lactobacillus yang diberikan pada ayam dapat meningkat secara signifikan (P <0,05) kadar amilase setelah 40 hari pemberian pakan. Hasilnya, akan meningkatkan daya cerna pakan, penyerapan zat nutrisi dan efisiensi penggunaan ransum

Ev l si rf r

g r rt

r

i tik T r

p

Jin et al., Kalavathy et al, Islam et al, Kamruzzaman et al, Gil de los Santos et al, Ashayerizadeh et al. menunjukkan peningkatan berat badan hidup pada unggas yang diberi probiotik Torres-Rodriguez et al melaporkan bahwa pemberian selected probiotik (FM-B11) untuk kalkun meningkatkan keuntungan rata-rata harian dan pasaran berat badan, merepresentasikan alternatif yang lebih ekonomis untuk meningkatkan produksi kalkun. Lan et al

menemukan keuntungan berat lebih tinggi ( , 1) pada ayam pedaging yang diberi dua spesies probiotik

Evalusi Efek Probiotik pada Usus dan Morfologi Mikrobiota Usus

Kabir et al. Organisme probiotik menghambat beberapa patogen yang tidak menguntungkan dengan berkolonisasi di usus. Mereka juga mendemonstrasikan bahwa ayam yang diberi pakan dengan probiotik memiliki kecenderungan untuk menampilkan perubahan kejelasan histologi usus seperti dorongan aktif pada mitosis sel dan peningkatan ukuran nuklir dari sel, dibandingkan dengan kontrol Watkins dan Kratzer anak ayam yang diobati dengan strain Lactobacillus memiliki jumlah coliform yang lebih rendah pada ususnya dibandingkan kontrol.

Ev l si Ef k r i tik p M rf l gi Mikr i t s s
Baru-baru ini Yaman t al. [2006]; Mountzouris t al. [2007]

s s

Mendemonstr sik n s esies robiotik dari Lact acill s, tr t c cc s, acill s, ifi act ri , t r c cc s, As r ill s, Candida, dan Sacc ar yc s memiliki efek otensial ada modulasi mikroflora usus dan menghambat atogen di usus.

Evaluasi Efek Probiotik pada Respon Imun
Penggunaan Probiotik pada ayam diketahui dapat meningkatkan daya tahan tubuh pada ayam dengan beberapa mekanisme sbb:
€

Pemberian Probiotik akan meningkatkan jumlah bakteri anaerobik fakultatif dan gram positif yang dapat menghasilkan asam laktat dan hydrogen peroksidan serta zat-zat anti bakteri lainnya di usus yang dapat menekan pertumbuhan mikroorganisme patogen di usus.

Evaluasi Efek Probiotik pada Respon Imun
€

€

Probiotik akan menurunkan produksi amonia dalam usus dengan cara menurunkan aktivitas urease, suatu enzim yang bekerja menghidrolisis urea menjadi amonia sehinggga pembentukan amonia menjadi berkurang. Kandungan amonia dalam kotoran ternak akan berkurang sampai 50%, sehingga akan meningkatkan daya tahan tubuh ternak, dan dapat menurunkan kontaminasi lalat dari kotoran ternak. Probiotik yang diberikan dapat meningkatkan serum dan antibodi alami usus terhadap antigen asing pada usus. probiotik terus mengadakan beberapa tindakan perlindungan melalui modulasi imun meskipun dosis bakteri patogen melimpah.

Evaluasi Efek Probiotik pada Respon Imun
Haghighi et al Memperlihatkan bahwa pemberian probiotik meningkatkan serum dan antibodi alami usus terhadap antigen asing pada beberapa ayam

Kabir et al. Mengevaluasi dinamika probiotik pada respon imun ayam broiler, mereka melaporkan produksi antibodi secara signifikan lebih tinggi (P<0,01) pada unggas percobaan dibandingkan yang kontrol.

Evaluasi Efek Probiotik pada Respon Imun
Khaksefidi dan Ghoorchi melaporkan titer antibodi pada 50 mg/kg kelompok yang ditambah probiotik secara signifikan lebih tinggi pada 5 dan 10 hari postimmunization (PI) dibandingkan dengan kontrol

Dalloul et al. meneliti efek dari pemberian pakan Lactobacillus-based probiotic terhadap respon imun usus ayam selama infeksi E. acervulina, mereka melaporkan, probiotik terus mengadakan beberapa tindakan perlindungan melalui modulasi imun meskipun dosis dari E. acervulina melimpah. Mereka juga menyarankan suatu dampak positif dari adanya probiotik pada stimulasi beberapa respon kekebalan awal terhadap E. acervulina yang ditandai dengan sekresi awal IFN dan IL-2, sehingga meningkatkan pertahanan imun lokal terhadap koksidiosis.

Evaluasi Efek Probiotik terhadap Kualitas Daging
Pemberian Probiotik pada unggas telah dilaporkan dapat memberikan kualitas daging unggas yang lebih baik. Baik terhadap karakteristik sensoris (aroma, intensitas aroma, flavor, kelembutan, juiciness, karakteristik warna dan aspek keseluruhan) maupun kualitas mikrobiologisnya.

Evaluasi Efek Probiotik terhadap Kualitas Daging
€

€

Dengan pemberian probiotik akan meningkatkan daya cerna pakan dan penyerapan nutrisi dalam usus ayam, serta dapat menghasilkan vitamin B dari proses fermentasi yang dilakukan hal tersebut mengakibatkan peningkatan produksi dan perbaikan kualitas bobot karkas ayam. Pemberian pakan probiotik juga dapat menurunkan lemak perut pada ayam broiler, dengan perbaikan nutrisi dalam usus oleh probiotik maka dapat mengontrol komposisi karkas terutama proporsi kadar lemak.

Evaluasi Efek Probiotik terhadap Kualitas Daging
€

€

Kabir et al. Yg mengevalusi efek probiotik terhadap karakteristik sensor dan kualitas mikrobiologis dari daging broiler. Mereka melaporkan bahwa suplementasi probiotik dalam ransum ayam pedaging meningkatkan kualitas daging pada penyimpanan prefreezing dan postfreezing. Mahajan et al. yg melakukan penilain terhadap bakso ayam. menyatakan bahwa skor untuk sifat sensoris penampilan bakso, tekstur, juiciness dan penerimaan secara keseluruhan, nyata (p60.001) lebih tinggi dan untuk flavor lebih rendah pada kelompok yang diberi pakan probiotik (Lacto-Sacc).

Evaluasi Efek Probiotik terhadap Kualitas Daging
€

Zhang et al. melakukan eksperimen dengan pada ayam jantan umur 240 hari untuk mengetahui pengaruh komponen sel Saccharomyces cerevisiae (SC) pada kualitas daging, mereka melaporkan bahwa keempukan daging dapat ditingkatkan oleh ragi utuh (WY) maupun ekstrak Saccharomyces cerevisiae (YE).

Kesimpulan
€

€ €

Konsep pemberian probiotik pada saat ini merupakan aspek penting dari penelitian bioteknologi dan dapat menjadi tandingan dari antibiotik dan obat kemoterapi yang dapat digunakan untuk peningkatan pertumbuhan pada unggas. Probiotik menawarkan potensi besar untuk menjadi alternatif terhadap antibiotik. Probiotik dapat berhasil digunakan sebagai perangkat gizi pakan pada unggas untuk peningkatan pertumbuhan, modulasi mikroflora usus dan menghambat patogen, immunomodulation dan meningkatkan kualitas daging unggas.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->