P. 1
LAPORAN OBSERVASI

LAPORAN OBSERVASI

|Views: 853|Likes:
Published by Citus Cubitus

More info:

Published by: Citus Cubitus on Jun 05, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/14/2013

pdf

text

original

LAPORAN OBSERVASI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING SMAN 22 SURABAYA

Oleh : Nitro Anjana Halimatus S Syaifudin M . Sabut Mubarak (095514054) (095514058) (095514063) (095514273)

S1 ELKOM 3 2009

JURUSAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA 2011

dan sste nilai.1 LATAR BELAKANG Pendidikan dapat diartikan sebagai suatu proses bantuan yang diberikan olehorang dewasa kepada anak yang belum dewasa untuk mencapai kedewasaan. bakat. Jelaslah bahwa layanan bimbingan dan konseling merupakan salah satu unsur terpadu dalam keseluruhan program pendidikan disekolah. potensi. permasalahan yang dialami peserta didik. kehidupan sosial. . Pelayanan konseling di sekolah merupakan usaha membantu peserta didik dalam pengembangan kehidupan pribadi.sosial. Konseling adalah pelayanan bantuan untuk peserta didik. Pelayanan ini juga membantu mengatasi kelemahan dan hambatan serta masalah yang dihadapi peserta didik. dalam bidang pengembangan kehidupan pribadi. kemampuan belajar. Pendidikan tidak hanya menyangkut aspek akademis tetapi juga menyangkut perkembangan aspek pribadi. Diperlukan kerjasama yang harmonis antara pengelola dan pelaksana manajemen pendidikan. program pelayanan. kelompok dan atau klasikal. secara individual. Pelayanan konseling memfasilitasi pengembangan peserta didik. dan bimbingan karena ketiganya merupakan bidang-bidang utama dalam pencapaian tujuan pendidikan. serta tujuan dan pelaksanaan pelayanan. serta peluang-peluang yang dimiliki. minat.BAB I PENDAHULUAN 1. Mampu mengantarkan peserta didik pada pencapaian standar kemampuan profesionaldan akademis. berdasarkan norma-norma yang berlaku. dan perencanaan karir. Prinsip-prinsip konseling berkenaan dengan sasaran layanan. serta perencanaan dan pengembangan karir. kegiatan belajar. baik secara perorangan maupun kelompok. Oleh karena itu. tetapi juga mampu memfasilitasi perkembangan yang sehat dan produktif. pendidikan yang bermutu dilingkungan pendidikan haruslah merupakan pendidikan yang seimbang. kehidupan sosial. kematangan intelektual. pengajaran. Dewasa berarti bisa hidup mandiri terlepas dari ketergantngan terhadap orang lain. melalui berbagai jenis layanan dan kegiatan pendukung. perkembangan. kondisi. sesuai dengan kebutuhan. agar mampu mandiri dan berkembang secara optimal.

Adapun metode yang dilakukan dalam proses pengumpulan data yang optimal antara lain: Interview.4 TUJUAN PENULISAN Tujuan disusun dan ditulisnya laporan ini salah satunya untuk menambah referensi dalam hal layanan BK disekolah sebaga bagian dari bidang utama dalam pencapaian pendidikan. Apa sajakah bentuk layanan yang ada di BK SMAN 22 Surabaya? 3. keterbukaan. keahlian. Bagaimanakah strategi BK dalam mengatasi berbagai macam permasalahan yang dialami oleh siswa? 1. dan tut wuri handayani. 1. kedinamisan. Oleh karena itu pelayanan BK sebagai bagian dari keseluruhan program pendidikan di sekolah juga mengalami berbagai macam permasalahan.3 METODE PENGUMPULAN DATA Dalam proses pengumpulan data.Asas-asas konseling meliputi asas kerahasiaan.2 PERMASALAHAN Proses pembelajaran pada tiap satuan pendidikan tidak akan pernah dapat disamakan sebagaimana dituangkan dalam kurikulum konvensional yang telah banyak direvisi melalui Kurikulum saat ini yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. kekinian. dengan melakukan wawancara dengan pihak terkait dalam hal ini yaitu koordinator BK SMAN 22 Surabaya. dengan mencari referensi-referensi di perpustakaan maupun pada jaringan internet mengenai materi-materi seputar layanan BK (Bimbingan dan Konseling) di sekolah. Studi Literatur. alih tangan kasus. kesukarelaan. Bagaimanakah gambaran umum layanan BK di SMAN 22 Surabaya? 2. kenormatifan. kemandirian. kami tidak melakukan sendiri dalam hal ini sebagaimana tim yang dibentuk terdiri atas 4 orang. Beberapa kajian permasalahan yang kami ajukan melalui observasi pelayanan BK di SMAN 22 Surabaya adalah sebagai berikut: 1. kegiatan. 1. keterpaduan. .

Selain itu. . Fakultas Teknik. Universitas Negeri Surabaya. laporan hasil observasi ini ditulis untuk memenuhi tugas mata kuliah Psikologi Pendidikan yang kami ambil dalam perkuliahan di Pendidikan Teknik Elektro.

asas alih tangan. BK juga merupakan mata pelajaran yang ditempuh oleh siswa SMAN 22 Surabaya didalam kelas dengan frekuensi pertemuan 1x seminggu masing-masing selama 2 jam pelajaran. asas keahlian. Berikut layanan-layanan yang disediakan beserta contoh yang terjadi di SMAN 22 Surabaya. Hingga saat ini. 2. layanan penempatan dan penyaluran. dan asas tut wuri handayani. Profil tenteng koordinator BK telah kami lampirkan pada bagian akhir dari laporan ini. Dalam menjalankan fungsinya. asas kedinamisan.1 GAMBARAN UMUM LAYANAN BK SMAN 22 SURABAYA SMAN 22 Surabaya merupakan salah satu dari sekian banyak sekolah yang menyediakan layanan bimbingan dan konseling disekolah. asas keterpaduan asas kenormatifan. asas keterbukaan.Wiyung Surabaya ini mempunyai BK yang melaksanakan berbagai kegiatan pengembangan diri yang dilakukan melalui kegiatan pelayanan Bimbingan dan Konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi. asas kekinian. asas kesukarelaan. layanan informasi. dan pengembangan karir peserta didik. layanan konseling perorangan.BAB II LAPORAN HASIL OBSERVASI 2. dan layanan mediasi. layanan konsultasi. SMA negeri yang beralamat di Jl. layanan penguasaan konten. SMA ini memiliki seorang koordinator dan dua orang pembimbing dalam menjalankan BK di sekolah. BK di SMAN 22 Surabaya mempunyai fungsi yang sama seperti di sekolahsekolah yang lain. belajar. BK SMAN 22 Surabaya telah menangani berbagai macam permasalahan yang dialami oleh para siswa yang berkaiatan dengan pelayanan yang disediakan oleh BK. asas kemandirian. Balasklumprik Kec. kehidupan sosial. layanan konseling kelompok. . asas kegiatan. layanan bimbingan kelompok. BK tidak melupakan asas-asas yang menyertainya. Mencakup layanan orientasi. yaitu asas kerahasiaan. Selain melayani bimbingan di luar kelas.2 LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMAN 22 SURABAYA Secara umum.

c. Contoh : siswa dapat mengkonsultasikan berbagai macam permasalahan yang dialaminya. b. hingga konflik dengan pacar. terutama lingkungan sekolah. dan kemampuan dirinya. . Konten ini meliputi pengembangan sikap terhadap diri sendiri. Contoh : BK memberikan informasi kepada siswa melalui berbagai media. keluarga. Layanan Penguasaan Konten: Merupakan layanan yang memungkinkan siswa mengembangkan sikap dan kebiasaan yang baik dalam menguasai materi yang cocok dengan kecepatan. Contoh : layanan ini diberikan BK saat tatap muka dalam proses belajar mengajar dikelas. Layanan Informasi : Merupakan yang memungkinkan siswa menerima. meliputi informasi pengembangan diri dan karier. Layanan Konseling perorangan : Merupakan layanan yang memungkinkan siswa mendapatkan layanan langsung tatap muka untuk mengentaskan permasalahan. Layanan Orientasi : layanan yang memungkinkan siswa memahami lingkunagan baru.Layanan konseling meliputi : a. meliputi masalah kesulitan belajar. berbagai informasi. Contoh : Pembimbing BK untuk kelas X memberikan Layanan ini untuk membantu siswa menentukan jurusan pada kelas XI yang dipilih sesuai dengan minat dan kemampuan siswa. dan lingkungan. d. e. objek-objek yang dipelajari untuk mempermudah dan memperlancarkan peran siswa Contoh : Layanan ini diberikan BK kepada siswa kelas X yang baru memasuki lingkungan SMAN 22 Surabaya agar mampu beradaptasi dengan baik terhadap lingkungan sekolah yang baru. Layanan Penempatan dan Penyaluran : Merupakan layanan memungkinkanm siswa memperoleh penempatan yang tepat. memahami. Masalah yang dikonselingkan tidak terbatas.

Layanan Mediasi:Merupakan layanan yang memungkinkan fihak-fihak yang sedang dalam keadaan saling tidak menemukan kecocokan menyelesaikan permasalahan dan memperbaiki hubungan mereka. siswa secara bersama-sama membahas suatu topikuntuk mencari jalan keluar daripermasalahan tersebut. Contoh : layanan ini diberikan melalui materi yang disampaikan dalam kelas. .  Konferensi kasus: Merupakan kegiatan untuk membahas permasalah siswa dalam suatu pertemuan yang dihadiri oleh pihak-pihak yang dapat memberi keterangan. pemahaman. Layanan Konseling Kelompok : Merupakan layanan memungkinkan siswa masingmasing anggota kelompok memperoleh kesempatan untuk membahas dan pengentasan permasalahan pribadi melalui dinamika kelompok. Contoh : Seorang siswa yang memiliki konflik internal dengan orang tua yang berakibat pada prestasinya disekolah. Contoh : seorang siswa yang mempunyai masalah broken home dapat mengungkapkan permasalhannya dalam kelompokuntukmendapatkan solusi. h. Pada kegiatan pendukung ini kasus bersifat terbatas dan tertutup.  Himpunan data: Merupakan kegiatan untuk menghimpun seluruh data dan keterangan yang relevan dengan pengembangan siswa. Layanan Konsultasi: Merupakan layanan yang memungkinkan seseorang memperoleh wawasan. dan cara-cara yang perlu dilaksanakan dalam menangani kondisi dan atau permasalahan orang lain yang menjadi kepeduliannya. g. Contoh : dalam proses KBM. BK melaksanakan fungsinya sebagai mediator dalam menyelesaikan masalah. i. Selain layanan diatas. antara lain sebagai berikut : Kegiatan Pendukung meliputi:  Aplikasi Instrumentasi: Merupakan kegiatan untuk mengumpulkan data dan keterangan siswa. Layanan Bimbingan Kelompok : Merupakan layanan yang memungkinkan sejumlah siswa secara bersama-sama melalui dinamika kelompok memperoleh bahan dan membahas topik tertentu.f. masih terdapat pula kegiatan pendukung BK.

2. Alih Tangan Kasus: Merupakan kegiatan pendukung untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat dan tuntas masalah yang dialami siswa dengan memindahkan penangan kasus. dan asas BK. layanan.  Kunjungan rumah: Merupakan kegiatan memperoleh data keterangan. 1. .  Tampilan Kepustakaan: Merupakan kegiatan dengan menyediakan berbagai media informasi. kemudahan dan kemitraan bagi terentaskannya permasalahan siswa.3 CONTOH KASUS DAN ANALISIS Berikut adalah beberapa contoh kasus yang ditangani oleh BK SMAN 22 Surabaya berkaitan dengan fungsi. kegiatan pendukung.

2 SARAN .BAB III PENUTUP 3.1 KESIMPULAN 3.

com/2008/11/03/makalah-dan-artikel-bimbingan-dan-konseling/ .id/2008/05/05/program-kerja-pelayanan-bimbingan-konseling-dalam-ktsp-smanegeri-7-yogyakarta.DAFTAR PUSTAKA http://bandono.wordpress.php http://vhajrie27.com/2009/01/27/laporan-observasi-pelayanan-children-with-special-need/ http://akhmadsudrajat.wordpress.web.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->