P. 1
Keunggulan & Kelemahan Web Browser

Keunggulan & Kelemahan Web Browser

|Views: 2,389|Likes:
Published by Afia AF
Berisi keunggulan dan kelemahan 10 web browser, yaitu IE, Mozila Firefox, Opera, Google Chrome, Netscape Navigator, Flock, Safari, Greenbrowser, Avant Browser, dan Maxthon.
Berisi keunggulan dan kelemahan 10 web browser, yaitu IE, Mozila Firefox, Opera, Google Chrome, Netscape Navigator, Flock, Safari, Greenbrowser, Avant Browser, dan Maxthon.

More info:

Published by: Afia AF on Jun 05, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/01/2012

pdf

text

original

Tugas TIK kelas 9

Anggota kelompok: ∞ Afia Ana Fadila ∞ Firnanda Raafi’ulia Azhar ∞ Harisatul Agustin ∞ Karomatul Afidah

*Numpang narsis ya..*

KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN WEB BROWSER
1. Internet Explorer

a. Keunggulan
IE memiliki keunggulan dalam hal kestabilan konektivitas, support untuk kegiatan apapun dan jarang mengalami error. Jika dalam akses internet menggunakan limited bandwith dan tanpa mengaktifkan show image, IE lebih bisa memberikan tool-tool yang tidak diperlihatkan oleh web browser lain. Windows XP Service Pack 2 keluaran Microsoft beberapa waktu ini juga menambah beberapa fitur keamanan penting pada Internet Explorer, termasuk Windows firewall yang sudah dimutakhirkan dan pemblokir pop-up. Ini dilakukan untuk meredam kekhawatiran mengenai spyware yang telah menyerang Explorer dengan berat. Microsoft menganjurkan para pengguna untuk memutakhirkan Microsoft Windows melalui Windows Update secara berkala. Microsoft secara berkala mengeluarkan patch keamanan yang bisa diunduh secara otomatis dan dipasang untuk memutakhirkan penjelajah web-nya. IE juga kompatible dengan bahasa pemrograman web seperti ASP, JAVA, PHP, dan Javascript. Menyediakan add ons, walaupun tidak sebanyak Firefox(IE 8). Khusus IE8, tampilannya lebih elegan dan menarik. Bagi pengguna Windows Live maka akan di manjakan dengan tab bookmark yang terhubung ke fitur-fitur milik Windows Live.

1

b. Kelemahan Dalam hal download, surfing, browsing dan upload dapat dikatakan lambat. Gagal membaca script dibeberapa halaman situs (khususnya CSS). Berat saat awal start dan saat membuka tab baru. Menjadi target utama serangan hacker.

2. Mozila Firefox

a. Keunggulan
Ukuran aplikasi yang relative kecil, yaitu sekitar 4,7 MB. Mendukung berbagai jenis jalan pintas untuk aksi, baik yang berupa tombol pintas misalnya Ctrl+T untuk membuka tab baru maupun gerakan mouse pintas (mouse gesture) misalnya menekan tombol kanan mouse sambil menggeser mouse ke kiri menuju halaman sebelumnya. Penghentian pop up, yang secara otomatis telah terintegrasi dalam penginstalan awal. Mampu mematahkan pembatasan aksi pengguna, misalnya penyembunyian status bar atau penguncian browser, sehingga pengguna tidak dapat memperbesar atau memperkecil ukuran browser. Penampilan halaman yang lebih lapang dengan area toolbar lebih ringkas. Fitur organisasi bookmark yang sekaligus. mampu mengorganisasi beberapa tab

Tampilan browser dapat dikustomisasi menggunakan skin. Fitur menjelajah internet dengan tab. Fitur demikian akan memungkinkan pengguna untuk membuka beberapa URL sekaligus dalam satu jendela browser. Hasil cetak halaman secara otomatis diperkecil, sehingga tidak terpotong seperti halnya IE

1

Lebih aman, tidak ada lubang-lubang sekuritas seperti yang terdapat pada IE. Banyak fitur tambahan (add ons), ibarat kepingan puzzle, add ons ini bisa dibongkar pasang sesuai dengan kebutuhan user. Bandel, cocok untuk membuka situs-situs multimedia. Updatenya mudah. Sistem security kuat. Download manager yang sudah terintegrasi di dalamnya yang mengijinkan pengguna untuk melakukan resume dan suspend proses download. Kemampuan untuk menjangkau sebuah site yang tidak dapat dibuka oleh browser lainnya.

b. Kelemahan
Loading lama saat mulai start, apalagi jika banyak adds-on yang terinstall. Waktu proses halaman situs tertentu lebih lambat, diperkirakan karena masalah kompatibilitas atau kesesuaian antara pengkodean halaman situs dengan browser Mozilla Firefox. Tidak terintegrasi dengan Outlook maupun Outlook Express, beberapa fasilitas e-mail tidak bekerja dengan baik, seperti melihat e-mail HTML maupun membuka link langsung dari e-mail di Outlook. Tidak mendukung sinkronisasi dengan PocketPC Windows dan sinkronisasi USB-cradle,misalnya untuk men-download web calendar. Terdapat perbedaan penampilan halaman situs dengan IE, terlebih apabila halaman situs dirancang untuk menampilkan halaman tersebut dengan benar. Instalasi plug-in tidak semudah pada IE, misalnya untuk menginstal Flash Player, Shockwave, Java Virtual Matchine diperlukan instalasi secara manual (tidak otomatis). Firefox juga tidak mendukung instalasi aplikasi Microsoft secara online, misalnya aktivasi Microsoft Reader. Beberapa formulir online tidak merespon penekanan tombol Enter sebagai jalan pintas untuk menekan tombol “submit” di layar.

1

3. Opera

a. Keunggulan
Ringan. Tampilannya terlihat cukup canggih dan modern. memiliki konten khusus yang dapat dijalankan di handphone yang berbasis Java dengan nama OperaMini. Memiliki Preference yang lumayan banyak dan bisa diatur dengan mudah. Fitur Tabs misalnya, jauh lebih unggul dibandingkan Mozilla dan apalagi Internet Explorer. Kita dapat mengatur situs-situs yang paling sering kita kunjungi, seperti layaknya menu favorit di IE, namun dengan tampilan situs favorit tersebut. Memiliki email client dan rss sendiri, jadi tidak perlu memakai email client lain seperti Outlook, Thunderbird dan lainnya. Pemanggilan kembali Cache cepat.

Paling cepat mengunduh dalam beberapa uji coba.

Lisensi gratis untuk versi iklan atau US$ 39 untuk versi tanpa iklan.

Dilengkapi prangkat untuk memblokir iklan pop up.

Bisa mencegah virus pengintip data masuk.

Halaman baru dibuka tanpa jendela baru.

Dilengkapi dengan perintah ganti halaman atau mengubah ukuran jendela dengan suara, cukup pasang mikrofon dan aktifkan fasilitas ini.

Mudah mengubah tampilan.

Pembuka e-mail menyatu.

1

b. Kelemahan

sering terjadi masalah dalam mengakses situs-situs tertentu seperti blogger misalnya.

Supported yang disertakannya masih memiliki kekurangan, sehingga sering terjadi error atau not completed result, didalam mengakses situs-situs tertentu.

Agak lambat dalam membaca script pada beberapa halaman situs. Untuk meng-update-nya harus men-download kembali file masternya.

4. Google Chrome

a. Keunggulan
Ringan dan gesit, termasuk ketika start pertama kali dan berpindah tab. Updatenya mudah. Sistem security kuat, saat ini menjadi browser yang paling tahan terhadap serangan hacker. menggabungkan desain simple dan minimal dengan teknologi canggih agar Web dapat diakses dengan lebih cepat, aman, dan mudah.

Pada Interface dari Chrome terlihat bahawa google ingin para penggunanya lebih fokus pada web dan melupakan browser yang digunakan. Ini atinya Google Chrome memilii tampilan yang tidak mengusik dan nyaman ketika sedang digunakan, seperti penempatan tab di posisi teratas jendela browser. Memiliki “modus penyamaran” Pada modus ini memungkinkan para penggunanya dapat mengakses website tanpa meninggalkan jejak. Terdapat opsi “Make Application Shortcut”. Dengan feature ini sebuah aplikasi web seperti GMail atau Google Teader dapat dijalankan lewat shrtcut pada Desktop atau Start Menu. Sehingga kelihatan seperti sebuah aplikasi lokal.

1

Pada setiap TAB yang dibuka di Chrome memiliki proses yang terpisah, sehingga ketika eror/crash pada salah satu tab tidak akan meyebabkan seluruh browser eror. (ini kekurangan yang terdapat pada FireFox dan browser lainnya). Memiliki fungsi pencarian yang sangat baik. Contohnya, chrome dapat mendeteksi ketika pengguna pernah melakukan pencarian di suatu website dan memasukkan website tersebut dalam daftar penyedia pencarian. Menyediakan kemampuan menebalkan nama domain sebuah website. Contohnya ada sebuah website penipuan beralamatkan ibank.klikbca.d60pc.com, maka d60pc.com akan ditebalkan sehingga akan diharapkan para pengguna sadar bawah itu bukan situs/website resmi KlikBCA. Memudahkan user untuk mendiagnosa masalah dengan menghilangkan plugin dengan mudah, dan user dapat mengetahui halaman web mana yang mengkonsumsi power paling banyak. Akan menjalankan Flash dan gambar terberat sekalipun, namun paling cepat di antara browser lainnya, yakni dengan waktu sekitar 12 detik, dan power CPU 40%. b. Kelemahan Ketika user membuka 40 hingga 50 tab dalam satu browser, maka loading browser Chrome tampak melambat dan membuat aplikasi lain di komputer juga menjadi lambat. Hal inilah yang mungkin telah dilupakan Google mengenai dampak JavaScript. Tidak adanya fitur tambahan program add-on seperti Flashblock yang dapat mengatur dan memblokir jalnnya Flash, agar browser tidak menjadi lambat dan tidak boros power komputer. Statis, fiturnya kurang banyak. Installnya harus online, Chrome tidak menyediakan file masternya, jadi kalau mau menginstall hanya diberi file lauchernya saja. Menyimpan 2% data pencarian pengguna, lengkap dengan alamat IP-nya. Walaupun dalam beberapa waktu tertentu data ini akan dianonimkan. Ini artinya google bisa saja tahu “siapa mencari apa, dan dimana.” Google sempat mencantumkan pada Terms of Service mereka, bahwa semua muatan dari pengguna yang hak ciptanya dimiliki oleh pengguna akan

1

diserahkan haknya pada Google. Tapi point ini telah dicabut oleh pihak Google. Beberapa pakar security menemukan adanya lubang kecil/bugs pada chrome. Sehingga ketika membuka suatu halaman website akan membuat browser ini menjadi crash. Lalu Chrome juga memiliki feature Download Otomatis yang dikhawatirkan akan disalah gunakan oleh Hacker. Tidak terdapat extension/plugin/addons yang dapat ditambahkan. Tidak seperti Firefox yang memiliki banyak aplikasi2 tambahan yang dapat membuat dan meningkatkan kinerja browser. Pada chrome, ketika kita memilih untuk menggunakan Bahasa Indonesia, maka akan terdapat beberapa kejanggalan dalam bahasanya. 5. Netscape Navigator

a. Keunggulan
Netscape Navigator sangat kompatibel dengan sistem operasi UNIX dan Mac OS, Web browser ini juga support dengan JavaScript web programming karena memang Javascript diperkenalkan pertama kali oleh Netscape pada tahun 1995. Merupakan web browser yang stabil jika digunakan untuk surfing, browsing, upload dan download. Merupakan gagasan bagi browser Mozilla Firefox.

b. Kelemahan
Secara GUI (Graphical User Interface) web browser ini kurang bagus (kasar). 6. Flock

a. Keunggulan
Upload foto ke layanan situs sosial seperti Flickr, Facebook, Twitter, My Space menggunakan menu photo uploader. Terintegerasi langsung dengan situs jaringan sosial. Update status Facebook langsung tanpa membuka website (tentunya harus sudah login), dan juga mengetahui update status teman melalui People Sidebar. Juga bisa terintegrasi dengan Flickr, Twitter, Youtube, MySapce dan Digg. Cek email melalui menu webmail.

1

Posting artikel blog langsung tanpa masuk dashboard melalui menu Blog Editor. Terintegerasi dengan Blogger, Blogsome, LiveJournal, Typepad, wordpress, Xanga dan juga akun blog pribadi anda.

b. Kelemahan
Flock membutuhkan resources yang lebih besar. Di beberapa komputer, memulai Flock untuk pertama kalinya akan memakan waktu agak lama. Skin Flock saat ini masih terbatas. 7. Safari

a. Keunggulan
Diterapkannya Nitro Engine, dengan aplikasi ini, browser bisa mengolah aplikasi-aplikasi web dengan lebih cepat karena Nitro Engine dapat mengeksekusi java script delapan kali lebih cepat dibanding dengan browser lainnya. Dilengkapi juga dengan Cover Flow yang membuat tampilan bookmark dan history browser lebih nyaman. Mendukung format modern web berbasis html 5 yang dapat mengumpulkan web-web favorit yang sering dibuka oleh pengguna dalam bentuk thumbnail, mirip dengan yang dimiliki oleh Opera. Loading dan drawing web-nya 2 kali lebih cepat daripada IE 7 dan 1.6 kali lebih cepat dari firefox.

b. Kelemahan
Tampak aneh sebagai aplikasi Windows, jika anda pertama kali menggunakannya. Tidak ada fitur restore jika terjadi error. Adanya bug pada Safari. Peneliti keamanan, Nitesh Dhanjani mengatakanbahwa bug pada Safari dapat berakibat attacker mampu untuk membuang desktop korban dengan eksekusi file executable (.exe), sebuah penyerangan yang dikenal dengan nama Carpet Bombing. Tidak ada plugin pada versi windows. Settingnya harus mengikuti setting windows yg dipakai, artinya akan sama dengan IE dan itu cukup sulit bila kita sering mengganti koneksi. 8. Greenbrowser

a. Keunggulan

1

Ukuran browser ini kecil. Fitur tidak kalah dengan browser yang sedang populer saat ini. Lumayan cepat. Pada tampilan utama, ada banyak panel dari situs-situs populer.

b. Kelemahan
Tampilannya kurang elegan. 9. Avant Browser

a. Keunggulan
Dapat menyimpan Profile secara online. Mem-filter Animasi Flash. Built-in AD/Pop-up Blocker. Built-in RSS/ATOM Reader.

Real Full Screen Mode dan Alternative Full Desktop mode, ketika
membuka halaman web dengan Avant Browser Full Screen Mode, semua yang dilihat hanyalah webspace, tanpa toolbars atau menu lain.

b. Kelemahan
Penggunaan IE plug-in dapat menyebabkan program fatal error. Kecepatan biasa-biasa saja. Fitur keamanan belum memadai. 10.

Maxthon

a. Keunggulan Mempunyai screen capture untuk membuat screenshot pada web. Pada sidebar sebelah kiri ada sidebar khusus untuk pengguna facebook, dengan sidebar tersebut kita dapat melihat status teman kita. Ringan, tidak banyak memakan resource. b. Kelemahan

Interfacenya tidak enak dilihat, terasa kuno. Manajemen tabnya agak aneh.

1

Sumber informasi:
http://id.answers.yahoo.com/ http://apoenkresearch.wordpress.com/ http://ilowirawan.wordpress.com/ http://www.uvebana.com/ http://anjar-kluwut.blogspot.com/ http://wharone.wordpress.com/ http://bhinneka.blogspot.com/ http://www.kaskus.com/

1

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->