P. 1
USAHA BARU

USAHA BARU

|Views: 44|Likes:
Published by Vj Putra

More info:

Published by: Vj Putra on Jun 05, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/05/2011

pdf

text

original

KERANGKA RENCANA USAHA BARU

ADI TRI SAPUTRA

PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA dan KOMPUTER BANDAR LAMPUNG 2011

@nakbangsa

Page 1

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Kebutuhan hidup kini telah menuntut kita untuk bekerja dan berusaha untuk mempertahankan serta meningkatkan kesejahteraan hidup, yaitu dengan cara mendirikan usaha sendiri. Sebelum mendirikan usaha haruslah membuat rencana atau kerangka usaha agar mempermudah kita dalam proses pembuatan usaha baru.

1.2 Rumusan Masalah
1. Bagaimana dan seperti apakah usaha yang akan dibuat? 2. Dimana lokasi dan pemasaran produk?

1.3 Tujuan
1. Mengetahui segala hal yang dibutuhkan untuk memulai usaha. 2. Mengetahui peluang-peluang yang terdapat diberbagi pasar.

@nakbangsa

Page 2

BAB II LANDASAN TEORI

2.1 Mendefinisikan Jenis Usaha
Jenis usaha yang akan didirikan adalah pembuatan makanan. Usaha penjualan makanan memang mempunyai prospek yang sangat menjajikan, karena memang menjadi salah satu kebutuhan masyarakat pada umumnya. Sifat manusia pada umumnya yang cenderung prakmatis sangat mendorong agar semua kebutuhannya di suplai secara instan, cepat dan mudah. Dengan prospek yang menjajikan, dan segment pasar yang tidak terbatas, maka sudah pasti resiko yang dihadapi oleh usaha semacam ini juga sangat besar, banyak sekali resiko yang mengancap usaha jenis ini, antara lain factor internal dan eksternal, faktor internal dapat timbul dari pesaing penjual produk yang hampir sama, dan faktor eksternalnya adalah kadaluarsa makanan atau tidak habis dalam 1 hari.

@nakbangsa

Page 3

BAB III IDENTITAS USAHA

3.1 Nama Usaha
Untuk nama perusahaan ini sendiri adalah ³JAVA COMPANY´, dinamakan JAVA COMPANY karena pemilik dari usaha ini orang jawa. Dengan nama produk ³Pastel Kentang´, yang berasal dari bahan baku kentang.

3.2 Lokasi Usaha
Perusahaan ini akan dibangun didaerah Lampung, tepatnya dikota Bandar Lampung yang sangat padat penduduknya dan sangat cocok dengan usaha yang akan dibuat. Karena usaha ini bergerak didalam jenis usaha makanan siap saji, jadi sangat cocok apabila didaerah itu padat penduduk dan ramai.

3.3 Jenis Usaha
Perusahaan ini bergerak dalam bidang pembuatan makanan, tepatnya makanan ringan atau kering. Karena peluang usaha dalam menjual makanan sangat besar, dan dengan didukung dengan pemilihan lokasi penjualan yang sangat tepat maka akan cepat berkembang pesat.

@nakbangsa

Page 4

BAB IV PEMASARAN

4.1 Konsumen Yang Dituju
Produk JAVA COMPANY ini akan didistribusikan kepada semua kalangan, karena harga yang sangat terjangkau dan makanan yang terbuat dari bahan yang banyak disukai oleh masyarakat. Konsumen yang utama dituju adalah masyarakat yang berada dipasar, karena ramainya masyarakat yang berada dipasar.

4.2 Pasar Yang Akan Dimasuki
Produk ini akan didistribusikan dengan terjun langsung kepasar dan juga melalui : a. Retailer Hypermarket dan Supermarket diLampung, atau pusat perbelanjaan yang ada diBandar Lampung dengan cara Wiralaba (usaha sewa teras). b. Agen Toko kue dan roti dibeberapa daerah disekitar Bandar Lampung.

@nakbangsa

Page 5

BAB V MODAL

5.1 Modal Awal
Modal yang dibutuhkan untuk pertama Rp.5.000.000, sudah termasuk untuk pembuatan gerobak yang akan menjadi tempat pembuatan produk dan sekaligus tempat menjual dipasaran.

5.2 Peralatan
Untuk perlengkapan atau peralatan yang akan digunakan dalam pembuatan produk maupun pemasaran adalah : 1. Gerobak Digunakan untuk tempat memasarkan produk dan sekaligus dalam membuat produk yang akan langsung dipasarkan. 2. Penggorengan Digunakan untuk menggoreng adonan yang baru diolah. 3. Pencetak kue Alat ini digunakan untuk mencetak atau membentuk makanan yang akan dibuat agar lebih menarik. 4. Kemasan Kemasan ini akan digunakan untuk membungkus makanan yang sudah siap dijual dan agar lebih praktis apabila akan dibawa pulang.

@nakbangsa

Page 6

BAB VI ANALISA SWOT

6.1

Strengths ( Kekuatan )
y y Makanan ini terbuat dari bahan yang mudah didapat dan banyak dipasaran. Makanan ini banyak mengandung vitamin dan juga protein yang baik untuk tubuh. y y Harga dari produk ini sangat terjangkau oleh semua kalangan. 100 % dijamin halal.

6.2

Weakness ( Kelemahan )
y Makanan ini tidak bisa tahan lama karena tidak menggunakan bahan pengawet.

6.3

Opportunities ( Peluang )
y Jenis makanan seperti ini masih jarang dan sangat berpeluang, karena pesaing yang masih sedikit. y Jenis produk ini makanan, jadi sangat dibutuhkan oleh setiap orang.

6.4

Threat ( Ancaman )
y y Makanan ini tidak bisa tahan lama. Pemalsuan produk dengan membuat produk yang sama, tapi kualitas yang lebih rendah.

@nakbangsa

Page 7

BAB VII PENUTUP

7.1 Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka ditulis kesimpulan sebagai berikut : 1. Usaha yang akan saya jalankan haruslah sesuai dengan kemampuan kita. 2. Usaha yang dijalankan oleh perusahaan ini bergerak dalam bidang makanan, yaitu makanan ringan yang berbahan utama dari kentang dengan proses digoreng.

7.2 Saran
1. Apabila akan membuat usaha baru haruslah ada perencanaan yang baik, agar dapat berkembang dengan cepat. 2. Pemilihan tempat atau lokasi penjualan sangatlah mempengaruhi kemajuan usaha, karena memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi dimasa akan datang.

@nakbangsa

Page 8

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->