LAPORAN PRAKTIKUM BIOLOGI

UJI ZAT MAKANAN

Disusun Oleh : Muhammad Balyan XI ± IPA4

Kamis /10-Februari-2011 T.P 2010-2011 MAN 1 Medan

karbohidrat. dan lemak. Saya harap laporan praktikum ini dapat menambah wawasan teman ± teman yang membacanya. Saya menyelidiki dan melakukan observasi secara ilmiah dengan menggunakan berbagai bahan makanan yang masing ± masing akan diuji kadar amilum. 20 Februari 2011 Penulis .KATA PENGANTAR Puji dan syukur Saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena berkat ridho dan karunia ± Nya saya dapat menyelesaikan laporan praktikum dengan lancar dan tidak lupa saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Adil selaku guru pembimbing saya. protein. ³Tak ada gading yang tak retak´. Walau demikian Saya menyadari kekurangan dari makalah ini seperti ada tertulis pada pepatah. Di dalam karya ilmiah ini saya menyajikan laporan dari perobaan uji zat makanan. Terima kasih dan selamat membaca! Medan. Saya mengharapkan kritik dan saran yang dapat membangun laporan praktikum saya.

karena mandapatkan perlakuan yang khusus. susu. Untuk mengetahui adanya kandungan amilum dalam bahan makanan 3. Kesimpulan 2. Tujuan 3. putih telur.Permasalahan 4.  Variabel bebas: semua bahan makanan tersebut. larutan gula. kuning telur. karena kondisinya semua sama. glukosa. atau lemak? Indikator apa yang dapat digunakan? Sistematika Cover Kata pengantar Bab I Pendahuluan 1. Untuk mengetahui adanya kandungan lemak dalam bahan makanan Permasalahan Apa bukti kalau suatu makanan mengandung zat makanan seperti amilum. dan larutan kanji. Tujuan 1.BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang Yang melatarbelakangi penelitian kami adalah karena kami ingin mengetahui secara langsung zat makanan apakah yang terdapat dari berbagai bahan makanan yang akan kami uji coba.  Variabel terikat : semua bahan makanan. protein. Untuk mengetahui adanya kandungan protein dalam bahan makanan 4. . Sistematika 5. Untuk mengetahui adanya kandungan karbohidrat dalam bahan makanan. 2. Saran 3. sirup. Variabel Tinjauan Pustaka/literature Pembahasan masalah Penutup 1. Daftar Pustaka Bab II Bab III Bab IV Variabel  Objek yang akan diteliti yaitu beberapa bahan makanan seperti : nasi. Latar belakang 2. mentega.

lemak campuran (fosfolipid dan lipoprotein). Mereka yang tidak suka memakan daging dan sejenisnya disebut vegetarian yaitu orang yang hanya memakan sayuran sebagai makanan pokok mereka. oksigen (O). Protein terbagi menjadi asam amino esensial dan asam amino non esensial. mengatur metabolisme lemak. Cairan dipakai untuk maksud ini sering disebut minuman. Terdapat 9. tetapi kata 'makanan' juga bisa dipakai. mengangkut zat ± zat gizi. dimakan oleh makhluk hidup untuk memberikan tenaga dana nutrisi. sebagai sumber asam lemak esensial. memelihara suhu tubuh. oksigen (O).3 kkal energy tiap gram lemak. hidrogen (H). hidrogen (H). Sedangkan yang berasal dari tumbuhan disebut makanan nabati. tapi kadang kadang juga terdapat fosfor (P) dan nitrogen (N). dan sebagai bahan penyusun membran sel. Terdapat 4. asam lemak dibagi menjadi 2. Makanan pasti dimakan oleh seluruh manusia di dunia ini. Makanan adalah bahan. disakarida. Terdapat 4. Molekul karbohidrat terdiri atas unsur ± unsur karbon (C). biokatalisator. dan lemak asli (asam lemak dan sterol).1 kkal energi tiap gram. Setiap makanan pasti berasal dari hewan dan tumbuhan. dan nitrogen (N). Fungsi lemak yaitu penghasil energi terbesar bagi tubuh. dan sumber energi. Lemak dibagi menjadi tiga macam: lemak sederhana (minyak).BAB II LITERATUR Tinjauan Pustaka/literature Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi manusia. fungsi karbohidrat yang lain yaitu: memberi rasa manis pada makanan. Lemak disusun oleh unsur unsur karbon (C). telur dan lain-lain. Kebutuhan makanan setiap orang di dunia ini berbeda. Asam amino esensial diperlukan oleh tubuh tetapi tidak dapat dibuat sendiri oleh tubuh. Orang yang tinggal di Kutub Utara dan Kutub Selatan. yaitu asam lemak jenuh dan asam lemak tak jenuh. Karbohidrat terdiri atas monosakarida. seperti "makanan untuk pemikiran". Kecukupan makanan dapat dinilai dengan status gizi secara antropometri Makanan yang dibutuh manusia biasanya dibuat melalui bertani atau berkebun yang meliputi sumber hewan dan tumbuhan. Istilah ini kadangkadang dipakai dengan kiasan.1 kkal energi tiap gram. memberi rasa kenyang dan kelezatan.Fungsi utama protein yaitu untuk pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh. biasanya berasal dari hewan atau tumbuhan. menghemat penggunaan protein. dan oksigen (O) dengan rumus CH2O. dan membantu pengeluaran feses. dan polisakarida berdasarkan susunan molekulnya. Selain sumber energi utama. melindungi tubuh. dan kadang ± kadang terdapat belerang (S) dan fosfor (P). memelihara netralitas tubuh. daging. mengangkut vitamin larut lemak. Fungsi yang lain yaitu untuk mengatur keseimbangan air. Berdasarkan tingkat kejenuhannya. Beberapa orang menolak untuk memakan makanan dari hewan seperti. Untuk makanan yang berasal dari hewan disebut makanan hewani. membutuhkan banyak makanan untuk membantu menghangatkan dirinya agar suhu . hidrogen (H). membentuk antibodi. Protein disusun oleh unsur ± unsur karbon (C). Asam amino non esensial dapat dibuat oleh tubuh.

Di Amerika Serikat. Lemakdigunakan oleh tubuh kita sebagai cadangan makanan dan sebagai cadangan energi.membantu pertumbuhan badan dan otak. Selera makanan orang di setiap negara pasti berbeda.hamburger dan hot dog sebagai makanan pokok mereka. Jagung dan Ketela. makhluk hidup akan sulit dalam mengerjakan aktivitas sehari-harinya. rata-rata penduduknya memakan nasi sebagai makanan pokok mereka disamping beberapa bahan makanan alternatif yang banyak juga dijumpai di beberapa wilayah di Indonesia. dapat dipastikan. Memakan makanan yang bergizi akan membantu pertumbuhan kita. mereka justru membutuhkan banyak minuman dibandingkan dengan makanan. Sedangkan bagi orang yang tinggal di daerah tropis. Jadi. baik otak maupun badan. Protein digunakan oleh tubuh untuk membantu pertumbuhan kita. pigmen dan lain-lain. Karbohidrat merupakan sumber tenaga yang kita dapatkan sehari-hari. Di Indonesia. dan lain-lain. enzim. mijumiju. bahwa setiap negara mempunyai makanan khas masing-masing. Makanan yang biasa dikonsumsi oleh Manusia Sumber tumbuhan      Sumber Hewan    Buah Sayuran Biji Padi-padian Biji Tumbuhan Polong (Buncis. karbohidrat. . Lemak akan digunakan saat tubuh kekurangan karbohidrat. Salah satu contoh makanan yang mengandung karbohidrat adalah nasi. lemak. Tanpa makanan. sehingga setiap negara mempunyai makanan khas sendiri. lemak. baik otak maupun tubuh kita. Setiap makanan mempunyai kandungan gizi yang berbeda. protein.tubuhnya tetap normal. dan lain-lain adalah salah satu contoh gizi yang akan kita dapatkan dari makanan. rata-rata penduduknya memakan pizza.kacang ijo. Setiap jenis gizi yang kita dapatkan mempunyai fungsi yang berbeda. dan lemak akan memecah menjadi glukosa yang sangat berguna bagi tubuh kita saat kita membutuhkan energi. Protein. Pada umumnya bahan makanan mengandung beberapa unsur atau senyawa seperti air. seperti Sagu. vitamin. Makanan dapat membantu kita dalam mendapatkan energi. karbohidrat.) Tumbuhan-tumbuhan bumbu Bumbu Daging Telur Produk-produk Perusahaan Susu   Setiap makhluk hidup membutuhkan makanan. Begitupun dengan Eropa dan negara-negara lainnya.

Amatilah perubahan warna yang terjadi pada tabung reaksi tersebut. Setelah semua selesai.C.panaskanlah campuran larutan yang ada ditabung reaksi tersebut dengan lilin spritus. Tambahkan masing-masing tabung reaksi dengan 6 tetes d. . b. Siapkan 12 tabung reaksi dan 8 cawan porselin. dan D. Lakukan tahap-tahap berikut:  Tahap 1 (larutan benedict) a. 2. Beri nama masing-masing tabung reaksi dengan huruf A.     Tabung A diberi 6 tetes gula pasir Tabung B diberi 6 tetes tepung terigu Tabung C diberi 6 tetes putih telur Tabung D diberi 6 tetes minyak goreng c. Siapkan 4 tabung reaksi. e.B.1 mol Tepung terigu. gula. minyak dan putih telur Cara kerja : 1.BAB III PEMBAHASAN MASALAH Alat dan Bahan  Alat             Tabung Reaksi Penjepit tabung reaksi Mortal Lilin / lampu spritus Pipet tetes Kertas  * Bahan Lugol Larutan biuret Fehling A dan Fehling B Larutan benedict Larutan NAOH 0.

Taburkanlah kacang tanah yang telah dihaluskan dan minyak makan pada masing-masing kertas.  Tahap 4 (Kertas) a. . Siapkan 1 tabung reaksi b. Tahap 2 (Biuret) a. Tambahkan masing-masing tabung reaksi dengan larutan Biuret sebanyak 6 tetes. Beri nama masing-masing reaksi dengan huruf A. Amatilah perubahan warna yang terjadi. c.  Tahap 3 (Lugol) a. Siapkan dua lembar kertas b. Tambahkan masing-masing tabung reaksi dengan larutan lugol sebanyak 6 tetes. Amatilah yang terjadi. y y Tabung A diberi sedikit potongan tahu Tabung B diberi sedikit potongan tempe c. Beri nama masing-masing reaksi dengan huruf A dan B. d. d. Amatilah perubahan warna yang terjadi. Siapkan 2 tabung reaksi b. y Tabung A diberi sedikit tepung terigu c.

T = Transparan . Buatlah tabel pengamatan dari hasil praktikum zat makanan! Tabel pengamatan Indikator No Bahan Lugol Hasil Biuret hasil Benedict hasil Kertas hasil Ket 1 Gula pasir halus _ _ _ _ ¥ MB _ _ Karbohidrat 2 Tepung terigu ¥ BK _ _ ¥ KK _ _ Amilum 3 Minyak makan _ _ _ _ ¥ H ¥ T + Lemak 4 Putih telur rebus _ _ _ _ ¥ MB _ _ Protein 5 Tahu _ _ ¥ U _ _ _ _ Protein 6 Tempe _ _ ¥ U _ _ _ _ Protein 7 Kacang tanah _ _ _ _ _ _ ¥ T + Lemak Keterangan : y y y MB = Merah bata KK = Kuning kehijauan BK = Biru kehitaman . H = Hijau .Soal Beserta Jawaban 1. U = Ungu .

Hijau FCF Misal: untuk pemberi warna es krim. jelly. yoghurt.2. Zat Pemutih Selain zat pewarna makanan kita mengenal zat pemutih makanan. Akibat keracunan itu. Zat Pewarna Adalah bahan yang dapat memperbaiki atau memberi warna pada makanan agar menarik. Zat Pewarna Alami Contoh : .Daun pandan dan suji pemberi warna hijau . . Penetapan itu dilakukan setelah terjadi kasus keracunan zat pewarna pada kembang gula dan popcorn dengan dosis yang terlalu tinggi.Kunyit pemberi warna kuning .Karamel pemberi warna hitam coklat b. Zat Pewarna Buatan Contoh: . . Hasil penelitian FAO/WHO tidak menetapkan ambang batas pemakaian zat warna tetapi ambang batas konsumsi perhari yang diperkenankan yang dikenal dengan singkatan ADI (Acceptable Daily Intake). dll. Misalnya: natrium hipoklorit digunakan agar pati yang tidak larut dalam air menjadi larut dalam air. a. Zat pemutih ini baik untuk memperbaiki warna bahan makanan tanpa merusak komposisi bahan makanan. Contoh: tepung yang masih baru biasanya berwarna kuning kecoklat-coklatan atau kuning keabu-abuan.Coklat pemberi warna coklat . hydrogen peroksida. Buatlah Kriteria dalam penggunaan zat adiktif ! MACAM-MACAM ZAT ADITIF 1. anak menderita diare. 2.Kuning FCF pemberi warna kuning Misal: untuk es krim. Hidrogen peroksida biasa digunakan untuk memutihkan warna susu yang digunakan untuk membuat keju. jem. yaitu sebagai pemutih warna zat makanan juga sebagai pereaksi untuk menjadikan bahan makanan itu larut dalam air.Wortel pemberi warna kuning merah . saus apel dan udang kalengan. Zatzat pemutih tersebut dapat digunakan untuk memutihkan tepung tadi. jelly. Zat pewarna dibedakan atas zat pewarna alami dan zat pewarna buatan. benzoil peroksida. jem. Ada zat pemutih yang memiliki fungsi ganda.Eritrosin pemberi warna merah Misal: untuk minuman ringan dan makanan cair . buah pir kalengan. Misalnya: oksidaklor.

lelah atau sesak napas. Oktil asetat untuk pemberi aroma buah jeruk 8. Zat pemanis yang tidak menghasilkan kalori ini misalnya: .3. merica laos. Contoh penyedap rasa lainnya: natrium/kalium guanilat dan natrium/kalium inosinat. Isobutil propionat untuk pemberi aroma buah rum 7. Zat penyedap rasa jika penggunaannya berlebihan maka menimbulkan penyakit. Oleh Karena itu. Zat Penyedap Rasa Zat penyedap rasa makanan yang paling banyak digunakan adalah MSG (Monosodium glutamat) atau sering disebut Vetsin dan asam cuka. Gula baik yang terbuat dari tebu maupun dari enau atau kelapa diuraikan oleh zat dalam tubuh manusia menjadi glukosa. Etil butirat untuk pemberi aroma buah nanas 3. dll. Metil salisilat untuk pemberi aroma minyak gandapura (wintergreen). bahan ini digunakan sebagai bahan pengganti gula pada penderita kencing manis. Amil asetat untuk pemberi aroma buah pisang 4. Zat manis tidak berkalori dan tidak ikut dalam proses metabolisme tubuh. Zat Pemanis Pemanis buatan adalah zat aditif yang dapat menyebabkan rasa manis pada makanan. Zat Penyedap Rasa dan Pemberi Aroma Ini sering disebut sebagai zat cita rasa makanan. tetapi bahan ini tidak mempunyai nilai gizi. Misalnya. contoh: pala. MSG dibuat dari fermentasi tetes tebu dengan bantuan bakteri Micrococcus glutamicus. Glukosa ini dioksidasi oleh oksigen menjadi gas CO2 dan H2O disertai dengan kalor atau tenaga. 9. Propil asetat untuk pemberi aroma buah pir. bumbu-bumbuan yang berasal dari alam. Contoh penggunaan MSG di restoran Cina dan Jepang. 4. Benzaldehida untuk pemberi aroma buah lobi-lobi 2. a. jika penggunaan MSG berlebihan maka menimbulkan penyakit yang dikenal dengan nama Sindrom Restoran Cina (Chinese Restaurant Syndrome) dengan gejalanya pusing. Amil valerat untuk pemberi aroma buah apel 5. Contoh : 1. b. Zat Pemberi Aroma Zat pemberi aroma banyak digunakan dari golongan ester dengan rasa atau aroma buah. Kebanyakan zat pemberi aroma digunakan dalam minuman. Isoamil asetat untuk pemberi aroma buah pisang ambon 6.

Rumus struktur sorbitol sebagai berikut: CH2OH H C OH C HO C H H C OH H C OH CH2OH d. Natrium Siklamat Natrium siklamat mempunyai tingkat kemanisan 50 kali lebih manis dari gula. Adapun hasil penelitian pada tikus menunjukkan ada kemungkinan besar bahwa pembuangan senyawa ini melalui urine dapat merangsang tumbuhnya tumor dalam kemih. Dulsin Dulsin adalah zat pemanis yang mempunyai tingkat kemanisan 250 kali lebih manis dari gula. Namun. Rumus struktur natrium siklamat sebagai berikut : NH SO3Na c. Zat pemanis jenis ini dicurigai sebagai penyebab kanker Karena hasil metabolisme siklamat merupakan senyawa yang bersifat karsinogen. Zat pemanis jenis ini digunakan sebagai pemanis permen. Rumus strukturnya sebagai berikut: O CH2 CH2 HN C NH2 O e. Sorbitol Sorbitol merupakan suatu senyawa polihidroksi yang mengandung kalori sama dengan gula. Sakarin Sakarin mempunyai tingkat kemanisan 500 kali lebih manis dari gula. Pemanis ini dilarang penggunaannya oleh Depkes RI. Rumus strukturnya sebagai berikut: O C N H SO2 b. Rumus strukturnya sebagai berikut : HOHO H2N C C N C C OCH3 CH3 H CH2 . pemakaian yang berlebihan dapat menimbulkan diare.a. Aspartan Aspartan merupakan zat pemanis yang mempunyai tingkat kemanisan 200 kali lebih manis dari gula. Sorbitol tidak terurai dalam mulut sehingga tidak merusak gigi.

menetralkan dan mempertahankan derajat keasaman. dan buah-buahan kering. Terlalu banyak makan-makanan yang mengandung zat pengawet akan mengurangi daya tahan tubuh terhadap serangan berbagai penyakit. Pemakaian zat aditif yang over dosis. dan kalium sorbat. natrium nitrat. es krim. Sekuantran . Kesalahan yang dapat merugikan berasal dari: a. asam propianat. 6. Mempertinggi mutu atau stabilitas dengan mengurangi kerusakan makanan c. pengawet alami dapat dilakukan dengan cara memasukan bahan makanan ke dalam garam atau diasinkan Zat pengawet yang sering digunakan adalah zat pengawet yang mudah dibuat misalnya natrium benzoat.COOH Zat pemanis biasanya digunakan pada pembuatan permen. Zat Pengatur keasaman Zat pengatur keasaman berfungsi untuk mengasamkan. 5. boraks dan asam salisilat Etilen oksida dan etil format adalah bahan fumigasi yang digunakan untuk menghilangkan hama dari bumbu-bumbuan. contoh asam asetat. Natrium benzoat digunakan untuk bahan makanan yang mudah basi.5-40. atau penguraian makanan oleh mikroorganisme. pengasaman. Pemakaian insektisida di rumah dapat mencemari makanan 7. dll. Pemakaian zat-zat aditif pada makanan yang diperbolehkan mempunyai syaratsyarat sebagai berikut: a. dan natrium karbonat. Diperlukan dalam proses pengolahan bahan makanan Zat aditif dapat bersifat racun dan merugikan kesehatan apabila penggunaannya tidak sesuai dengan aturan. Zat Pengawet Zat pengawet adalah bahan yang dapat mencegah atau menghambat fermentasi. kacang-kacangan. Menambah makanan lebih menarik d. Zat aditif yang digunakan tidak tepat sesuai fungsinya b. benzoat efektif pada pH 2. asam klorida. minuman ringan. dan c. Mempertahankan kualitas gizi makanan b. COONa CH2 CH = CH CH = COOK Na-Benzoat k-sorbat Zat pengawet makanan yang dilarang Departemen Kesehatan adalah formalin. asam sitrat.

feri fosfat penyakit tertentu serta pertumbuhan misalnya iodium dan mineral (Ca2+. serta kalsium diantrium EDTA (Ethylene Diamine Tetra Atetic Acid). dan kalsium) yang digunakan pada daging olahan. Untuk mencegah ketengikan minyak biasanya digunakan anti oksidan. Butil Hidroksil Anisol (BHA) digunakan untuk lemak dan minyak. Anti Oksidan Minyak dan lemak akan dapat menjadi tengik bila di simpan lama. kaldu dan buah dalam keemasan kaleng. Dengan terikatnya ion-ion tersebut dapat dihambat terjadinya proses oksidasi yang dapat menimbulkan perubahan warna dan aroma. Butil Hodroksil Toluene (BHT) digunakan untuk lemak. dan Fe3+) . natrium. Ketengikan minyak disebabkan karena oksidasi dari udara.Sekuentran adalah bahan aditif dalam makanan yang dapat mengikat ion-ion logam yang ada dalam makanan dan membentuk senyawa kompleks. mineral ataupun vitamin. margarin dan mentega. Bahan aditif yang berfungsi sebagai sekuantran ialah asam sitrat. asam fosfat dan garamnya. minyak makan. Contoh anti oksidan adalah asam askorbat (bentuk garam kalium. Fungsinya untuk memperbaiki gizi makanan contohnya asam askobat. 8. Penambah Gizi dan Vitamin Zat ini adalah bahan aditif dalam makanan yang berupa asam amino. Mg2+. 9.

Berapa kalorikah perubahan BMR orang tersebut? Jawab: Perubahan BMR. Kesimpulan itu ditarik dari penelitian panjang terhadap 14 ribu orang yang terlahir di barat Inggris pada 1991 dan 1992. ditemukan bahwa anak-anak yang kerap mengkonsumsi . Ketika berumur 48 tahun berat badannya 80 kg. Pertama adalah pola makan dengan kandungan lemak dan gula tinggi.000 anak yang memiliki data lengkap. Orangtua masing-masing anak diminta mengisi kuesioner untuk memberikan detil seputar jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi anak mereka. LONDON .9 *60kg*24jam = 1296 Maka. Ketika anak-anak itu mencapai usia delapan setengah tahun. dan delapan setengah tahun. yang sering mengkonsumsi makanan cepat saji. seperti yang kerap ditemukan pada makanan cepat saji.Balita yang terbiasa mengkonsumsi makanan cepat saji berpotensi memiliki IQ lebih rendah saat dewasa. tujuh. peneliti menemukan tiga pola makan yang paling umum. Dari 4. Seorang laki-laki berumur 60 tahun mempunyai berat badan 60 kg. Peneliti memonitor kesehatan mereka pada usia tiga. pasta dan nasi. peneliti mengukur tingkat IQ mereka menggunakan perangkat sederhana yang disebut Wechsler Intelligence Scale. pola makan tradisional yang memiliki kandungan sayur dan daging tinggi.3. pola makan sehat dimana sang anak mengkonsumsi banyak sayur. empat. 1 *80kg*24jam = 1920 0. Bagaimana pendapatan anda tentang gaya hidup modern. Terakhir. Itu hasil studi para peneliti Inggris sebagaimana disitat Straits Times. Sebutkan bungkus makanan kegemaranmu dan sebutkan zat adiktif yang digunakan dalam makanan tersebut. Melalui kuesioner itu. Bakso > Penyedap Makanan Mie Balap > Penyedap Makanan Okky Jelly Drink > Pemanis Buatan Nutri Sari > Pemanis Buatan 4. perubahan BMRnya = 1920-1296= 624 5. Selasa (8/2/2011). buah. Kedua.

Jenis Zat Aditif dan Kemasan Makanan Konsumsi makanan cepat saji meningkatkan risiko sindrom metabolik . Tapi. keberadaan residu yang dapat menurunkan kekebalan tubuh. Setidaknya. 2003). Bahaya Makanan Siap Saji World Health Organization (WHO) dan Food and Agricultural Organization (FAO) menyatakan bahwa ancaman potensial dari residu bahan makanan terhadap kesehatan manusia dibagi dalam 3 katagori yaitu : 1) aspek toksikologis. konsumsi makanan cepat saji toh membuat mereka sedikit kesulitan menerima pelajaran. Pauline Emmet dari School of Social and Community Medicine di University of Bristol. 2) aspek mikrobiologis.makanan cepat saji memiliki IQ sedikit lebih rendah ketimbang mereka yang terbiasa mengkonsumsi makanan sehat. Unsur-unsur bahan pengemas yang berbahaya bagi kesehatan konsumen karena terdapatnya zat plastik berbahaya seperti PVC yang dapat menghambat produksi hormon testosteron (Atterwill dan Flack. 3) aspek imunopatologis. begitu juga dengan beberapa hal lain dalam kehidupan. mikroba dalam bahan makanan yang dapat mengganggu keseimbangan mikroba dalam saluran pencernaan. katagori residu bahan makanan yang dapat bersifat racun terhadap organ-organ tubuh. "Ini memang perbedaan yang sangat kecil. Sementara. Dampak negatif zat aditif terhadap kesehatan dapat secara langsung maupun tidak langsung. 2003). Disamping bahaya dari zat aditif makanan siap saji diatas. dan styrofoam bersifat mutagenik (mengubah gen) dan karsinogenik (Kompas." cetus salah satu peneliti. dalam jangka pendek maupun jangka panjang. 20 persen anak-anak yang mengkonsumsi makanan cepat saji memiliki rata-rata IQ 101 poin. 1992) kemasan kaleng disinyalir mengandung timbal (Pb) dan VCM (Vinyl Chlorid Monomer) yang bersifat karsinogenik yaitu memacu sel kanker (Media Indonesia. bahaya lain yang dihadapi oleh konsumen/pengguna makanan siap saji adalah efek samping bahan pengemas. 20 persen anak-anak yang mengkonsumsi makanan sehat memiliki rata-rata IQ 106 poin.

" katanya. konsumsi pola diet sebuah 'Barat' adalah negatif dikaitkan dengan sindrom metabolik. lemak kolesterol. tetapi konsumsi produk susu sangat bermanfaat. American Heart Association diet pedoman bagi orang Amerika sehat umur 2 dan lebih tua meliputi: y Batasi lemak jenuh. aktivitas fisik dan asupan energi. 3782 (hampir 40 persen) dari peserta memiliki tiga atau lebih dari faktor risiko sindroma metabolik.usia di mana banyak orang berat badan. dan cahaya pada ikan. Aku mengharapkan menemukan efek yang menguntungkan karena kita telah melihat bahwa dalam penelitian lain. minuman manis (soda reguler dan minuman buah). kacang dan kopi. kubis brokoli dan bayam). bersama dengan susu rendah lemak. kubis. telur dan soda. Setelah sembilan tahun masa tindak lanjut. Steffen mengatakan bahwa berat badan selama bertahun-tahun masa tindak lanjut dapat menjelaskan beberapa kasus sindrom metabolik. kata para peneliti. . lada merah. merokok. Studi ini tidak membahas mekanisme yang terlibat dalam peningkatan risiko sindrom metabolik dilihat dengan makanan tertentu. pola diet Barat terasa berat pada butir halus. Steffen mengatakan hasil penelitian adalah jelas: Terlalu banyak daging. mereka menemukan bahwa daging. buah. Tapi "setelah disesuaikan untuk faktor demografi. makanan yang digoreng. trans dan natrium dalam makanan. tetapi Steffen berspekulasi bahwa "ini mungkin merupakan mekanisme asam lemak karena lemak jenuh link umum dan tentu kelebihan berat badan dan obesitas yang memberikan kontribusi bagi pengembangan sindrom metabolik "Dia. unggas dan biji-bijian . Para peneliti juga dinilai asosiasi dengan makanan individu: makanan yang digoreng. daging olahan. makanan yang digoreng dan soda diet.. tidak ada bukti efek yang menguntungkan dari mengkonsumsi diet bijaksana baik. sayuran dan produk gandum. peserta 45 hingga 64 tahun . disukai sayuran (misalnya. wortel. diet soda. " Ketika Steffen dan rekan menganalisis hasil dengan makanan tertentu. Pada awal. makanan yang digoreng dan diet soda semuanya signifikan terkait dengan peningkatan risiko sindrom metabolik. juga mengatakan penelitian lebih lanjut tentang hubungan antara diet soda dan asosiasi untuk sindrom metabolik diperlukan.Secara umum. Pola diet Prudent makan. daging merah. sayuran karotenoid (misalnya. buah. Kenyataan bahwa 60. jangan menambahkan hingga hidup sehat. sebaliknya. "Salah satu temuan mengejutkan adalah saat itu tidak meningkatkan risiko sindrom metabolik. labu.5 persen dari populasi ARIC telah sindrom metabolik pada awal penelitian atau dikembangkan itu selama sembilan tahun follow-up yang mengganggu. ikan dan makanan laut. lobak dan brokoli).

Tekankan aktivitas fisik dan mengendalikan berat badan.y y y y y y y Minimalkan asupan makanan dan minuman dengan gula ditambahkan. Jakarta: Yudhistira. BAB IV PENUTUP Kesimpulan Saran Daftar Pustaka Bagod Sudjadi. Makan ikan minimal dua kali per minggu. buah-buahan dan makanan gandum. 2003. DIMENSI BIOLOGI. LKS siswa kelas XI SMA semester genap. Siti Laila. Makanlah makanan yang kaya dalam sayuran. bebas lemak dan susu rendah lemak Pilih. Biologi Sains dalam Kehidupan 2B. Mencapai dan menjaga kesehatan kolesterol. Hindari penggunaan dan paparan produk tembakau. penerbit Swadaya Murni . tekanan darah dan kadar glukosa darah.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful