FOSFOR (XI IA 4) SMAN 1 TPI

KELOMPOK 2 : Fairistya, Juliana, Liga, Nabila, Rohadatul, Wiljohn.

KATA PENGANTAR
Puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas karunia dan petunjuknya sehingga tersusun makalah mengenai Daya Angkat Pada Sayap kelak. Penyusun makalah fisika ini mencakup : (A) Asal Mula Pesawat; (B) Jenis-jenis Pesawat Terbang; (C) Alasan Mengapa Pesawat Bisa Terbang; (D) Sistem Kemudi Pesawat Terbang; (E) Gaya-gaya yang Bekerja Pada Pesawat Terbang; (F) Penerapan Hukum Bernoulli; dan (G) Kesimpulan. Semoga makalah yang kami susun ini dapat lebih berguna kedepannya bagi kita semua terutama bagi pelajar yang juga sebagai generasi penerus bangsa ini. Akhirnya kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini, dan tak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada guru mata pelajaran fisika kami yang telah membimbing kami selama ini. Dan kami juga mengucapkan permohonan maaf jika pada makalah kami ini masih banyak menuai kekurangan karena “Tak Ada Gading Yang Tak Retak”. Pesawat Terbang. Pembuatan makalah ini ditujukan untuk mempermudah pemahaman pada saat presentasi bahan ajaran fisika

Tanjungpinang, Mei 2011

Penyusun
FISIKA | GAYA ANGKAT PADA SAYAP PESAWAT TERBANG

Gaya-gaya yang Bekerja Pada Pesawat Terbang F. Wiljohn. Asal Mula Pesawat B. Liga. Juliana. Rohadatul. Jenis-jenis Mesin Pesawat C.FOSFOR (XI IA 4) SMAN 1 TPI KELOMPOK 2 : Fairistya. Kesimpulan DAFTAR PUSTAKA FISIKA | GAYA ANGKAT PADA SAYAP PESAWAT TERBANG . Nabila. Sistem Kemudi Pesawat Terbang E. Alasan Mengapa Pesawat Bisa Terbang D. Hukum Bernoulli G. DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL KATA PENGANTAR DAFTAR ISI Isi : A.

Nabila. bentuk dan mesin pesawat untuk memenuhi kebutuhan transportasi udara. tercatat beberapa penemu pesawat lain yang menemukan pesawat terbang antara lain Samuel F Cody yang melakukan aksinya di lapangan Fanborough. Sedangkan untuk pesawat yang lebih ringan dari udara sudah terbang jauh sebelumnya.FOSFOR (XI IA 4) SMAN 1 TPI KELOMPOK 2 : Fairistya. Selain Wright bersaudara. Inggris tahun 1910. Sejarah Singkat Pesawat terbang yang lebih berat dari udara diterbangkan pertama kali oleh Wright Bersaudara (Orville Wright dan Wilbur Wright) dengan menggunakan pesawat rancangan sendiri yang dinamakan Flyer yang diluncurkan pada tahun 1903 di Amerika Serikat. Asal Mula Pesawat Pesawat terbang atau pesawat udara atau kapal terbang atau cukup pesawat saja adalah kendaraan yang mampu terbang di atmosfer atau udara. Pada tahun tahun berikutnya balon Zeppelin mengusai pengangkutan udara sampai musibah kapal Zeppelin pada perjalanan trans-Atlantik di New Jersey 1936yang menandai berakhirnya era Zeppelin meskipun masih dipakai menjelang Perang Dunia II. Pesawat komersial yang lebih besar dibuat pada tahun 1949 bernama Bristol Brabazon. Rohadatul. kemudian disempurnakan seorang Jerman yang bernama Ferdinand von Zeppelindengan memodifikasi balon berbentuk cerutu yang digunakan untuk membawa penumpang dan barang pada tahun 1900. FISIKA | GAYA ANGKAT PADA SAYAP PESAWAT TERBANG . Wiljohn. Juliana. Setelah zaman Wright. Liga. A. Penerbangan pertama kalinya dengan menggunakan balon udara panas yang ditemukan seorang berkebangsaaan Perancis bernama Joseph Montgolfier dan Etiene Montgolfier terjadi pada tahun 1782. pesawat terbang banyak mengalami modifikasi baik dari rancang bangun. Sampai sekarang pesawat penumpang terbesar di dunia di buat oleh airbus industrie dari eropa dengan pesawat A380.

Juliana. FISIKA | GAYA ANGKAT PADA SAYAP PESAWAT TERBANG . yang terdiri dari air inlet (saluran udara). ruang pembakaran (combuster).FOSFOR (XI IA 4) SMAN 1 TPI KELOMPOK 2 : Fairistya. Pemilihan sistem penggerak didasarkan pada besar kecilnya ukuran pesawat terbang. Liga. Turbo Jet Pengembangan sistem penggerak pesawat terbang mengalami peningkatan yang cukup berarti dengan dikembangkannya mesin turbo jet. Nabila. Jenis-jenis Mesin Pesawat Pesawat terbang digerakan oleh sebuah sistem penggerak yang mampu mengangkat dan mendorong pesawat ke udara. Rohadatul. Adapun jenis-jenis mesin pesawat terbang adalah sebagai berikut: Turbo Propeller Pada awal-awal dioperasikannya pesawat komersial tahun 1950. yakni gabungan antara propeller (kipas) untuk menghisap udara masuk ke ruang bakar dengan turbin yang tertutup casing. Dari gambar di bawah terlihat bagian-bagian dari mesin turbo jet. B. daun turbin dan saluran buang (exhaust). saluran bahan bakar (fuel in). di mana propeller yang berfungsi untuk menghisap udara digantikan dengan kompresor bertekanan tinggi yang tertutup casing mesin menyatu dengan ruang bakar dan turbin pesawat. sedangkan penggunaan mesin turboprop pesawat militer dimulai awal tahun 1930. sirip compressor dan sirip stator. Wiljohn. sistem penggerak yang digunakan adalah turbo propeller atau yang biasa disebut dengan turboprop.

FISIKA | GAYA ANGKAT PADA SAYAP PESAWAT TERBANG . dan sisi bagian atas yang lebih melengkung dari pada sisi bagian bawahnya. Penampang sayap ini biasanya disebut " aerofoil" Selama penerbangan udara mengalir ke atas dan bawah sayap. Penerapan tersebut sebagian besar dimanfaatkan dalam bidang teknik dan ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan aliran fluida.Pada dasarnya. Pesawat terbang dapat terangkat ke udara karena kelajuan udara yang melalui sayap pesawat tersebut. 1. Penampang sayap pesawat terbang mempunyai bagian belakang yang lebih tajam dari pada bagian depan. Sayap pesawat udara ini yang memegang peranan kunci untuk mengangkat badan pesawat. Dalam bidang yang lain misalnya desain bentuk mobil yang hemat bahan bakar. Gaya angkat yang disebabkan oleh bentuk pesawat. sebagai reaksinya gas mendorong roket ke atas. Gaya hambatan yang disebabkan oleh gesekan udara Dalam kehidupan sehari-hari Hukum Bernoulli memiliki penerapan yang beragam yang ada hubungannya dengan aliran fluida. diantaranya hambatan udara. dan hambatan pada saat menabrak awan. ada empat buah gaya yang bekerja pada sebuah pesawat terbang yang sedang mengangkasa. Roket menyemburkan gas ke belakang (ke bawah). Pesawat pada saat terbang akan menghadapi beberapa hambatan. Jadi roket tetap dapat terangkat ke atas meskipun tidak ada udara.Alasan Mengapa Pesawat Bisa Terbang Pesawat terbang dirancang sedemikian rupa sehingga hambatan udaranya sekecil mungkin. Selanjutnya kita hanya membahas lebih langsung mengenai sayap pesawat terbang. pesawat terbang tidak dapat terangkat jika tidak ada udara. Berat pesawat yang disebabkan oleh gaya gravitasi bumi.FOSFOR (XI IA 4) SMAN 1 TPI KELOMPOK 2 : Fairistya. Nabila. hambatan karena berat badan pesawat itu sendiri. baik aliran zat cair maupun gas.Misalnya dalam teknologi pesawat terbang Hukum Bernoulli tersebut dimanfaatkan untuk merancang desain sayap pesawat terbang. Setelah dilakukan perhitungan dan rancangan yang akurat dan teliti. langkah selanjutnya adalah pemilihan mesin penggerak pesawat yang mampu mengangkat dan mendorong badan pesawat. Wiljohn. Juliana. berbeda dengan roket yang terangkat ke atas karena aksi-reaksi antara gas yang disemburkan roket dengan roket itu sendiri. 2. C. Gaya ke depan yang disebabkan oleh dorongan mesin / engine 4. Rohadatul. kapal laut dan sebagian alat ukur yang dapat digunakan dalam suatu peralatan pengendali kecepatan dan sebagainya. 3. Liga.

Akibatnya. FISIKA | GAYA ANGKAT PADA SAYAP PESAWAT TERBANG . dalam ilmu penerbangan disebut STALL. Dengan bentuk yang melengkung di atas. tapi sayap pesawatlah yang maju “menembus” udara. maka pesawat tersebut terangkat. Udara yang mengalir dari bawah berdesak-desakan dengan udara yang berada di sebelah atas. Tapi kita akan mengasumsikan aliran ini dengan gambar sayap yang diam. kecepatan pesawat harus dijaga sesuai dengan rancangannya. membuat sayap pesawat didorong ke atas. karena udara tidak saling berdesak-desakan (tekanan udaranya lebih besar). Disaat yang bersamaan udara dibawah sayap dibelokan kebawah. Bagian depan sayap dirancang melengkung ke atas. Kecepatan minimum ini disebut Stall Speed. sehingga terjadi gaya angkat (udara yang terdorong kebawah akan mendorong sayap keatas. Gaya angkat dihasilkan oleh sayap pesawat udara (lift). Karena sayapnya menempel pada badan pesawat. Karena laju udara meningkat. Udara akan mengalir melewati bagian atas sayap dan bagian bawah sayap. Tapi perlu juga diingat. Karena pesawat udara mempunyai massa. Sebenarnya bukan udara yang mengalir melewati sayap pesawat. Gaya hambat merupakan pergesekan antara pesawat udara dengan angin. maka gaya grafitasi akan membawa pesawat kebawah. Liga. Jika kecepatannya turun maka lift nya akan berkurang dan pesawat akan jatuh. Sebaliknya. bahwa hukum ini bukanlah satusatunya hukum yang bekerja untuk menghasilkan lift. Juliana.FOSFOR (XI IA 4) SMAN 1 TPI KELOMPOK 2 : Fairistya. Gaya dorong terhadap sayap dan tekanan udara yang rendah diatas sayap inilah yang di butuhkan untuk pesawat terbang di udara. maka aliran udara di atas sayap membutuhkan jarak yang lebih panjang dan membuatnya “mengalir” lebih cepat dibandingkan dengan aliran udara di bawah sayap pesawat. Nabila.gaya aksi reaksi). Jika kecepatan pesawat melebihi rancangannya maka juga akan terjadi stall yang dinamakan HIGH SPEED STALL. Adanya perbedaan tekanan ini. Rohadatul. Karena itu. laju aliran udara di sebelah bawah sayap lebih rendah. maka tekanan udara menjadi kecil. untuk itulah gaya angkat diperlukan. Mirip seperti air yang mengalir dari pipa yang penampangnya besar ke pipa yang penampangnya lebih sempit. laju udara di sebelah atas sayap meningkat. Wiljohn.

FOSFOR (XI IA 4) SMAN 1 TPI KELOMPOK 2 : Fairistya. 4. 6. pesawat akan bergerak maju ke kiri atau ke kanan. Dalam hal ini yang bergerak adalah bilah rudder.berfungsi untuk mendarat/ landing atau tinggal landas / Take-off. Pada dasarnya apabila pesawat sedang terbang selalu menggabungkan fungsi-fungsi control diatas. Badan pesawat (Fuselage) terdapat di dalamnya : rang kemudi (cockpit) dan ruang penumpang (passenger). berpungsi sebagai Thrust atau gaya dorong yang menghasilkan kecepatan pesawat. Gerakan ini ditentukan bilah aileron di kedua ujung sayap utama. Berbeda jika gagang kemudi di tarik atau didorong. Liga. hal ini dapat menghemat waktu dan menghemat pemakaian bahan bakar. jadi ketika belok pesawat dimiringkan agar lintasan belok lebih pendek. 3. 2. menanti gerak kemudi pilot. Rohadatul. Pesawat akan menanjak atau menukik. Sirip tegak (Vertical Stabilizer). Demikian pula sebaliknya. Mesin (Engine). Penentu gerakan ini adalah bilah kemudi elevator yang terletak di kedua bilah sayap ekor horizontal. selain hukum Bernoulli di atas diantaranya sebagai berikut : 1. Sayap (Wing). terdapat Elevator berfungsi untuk “Pitching” nose UP – DOWN. Nabila. Roda Pesawat ( Landing Gear ). Ekor sayap (Horizontal Stabilazer). D. Juliana. maka yang digerakkan adalah Aileron dan Rudder. Wiljohn. seperti contoh. 5. Lalu. Bila pesawat belok kanan atau kiri . Kalau kemudi diputar ke kiri. terdapat Aileron berfungsi untuk “Rolling” pesawat miring kiri – kanan dan Flap untuk menambah luas area sayap ( Coefficient Lift ) yang berguna untuk menambah gaya angkat pesawat. Sistem Kemudi Pesawat Terbang Ada beberapa bagian utama pesawat yang membuat pesawat itu bisa terbang dengan sempurna. FISIKA | GAYA ANGKAT PADA SAYAP PESAWAT TERBANG . Pesawat bisa terbang ke segala arah. terdapat Rudder berfungsi untuk “Yawing” belok kiri – kanan.Posisinya di belakang sayap tegak ( Vertical stabilizer ). pesawat akan banking ke kiri. jika pedal kiri atau kanan diinjak.

Nabila. dan disebabkan oleh gangguan aliran udara oleh sayap. Thrust. Gaya-gaya yang Bekerja Pada Pesawat Terbang Dari beberapa hal. dan dihasilkan oleh efek dinamis dari udara yang beraksi di sayap. Tapi sebenarnya hal ini tidak selalu terjadi. Gaya ini kebalikan dari gaya tahan (drag). thrust beraksi paralel dengan sumbu longitudinal. yang dihasilkan oleh mesin (powerplant)/baling-baling. Juliana. Lift. gaya tahan (drag). menarik mundur. Weight melawan lift (gaya angkat) dan beraksi secara vertikal ke bawah melalui center of gravity dari pesawat. Liga. awak pesawat. dan kargo atau bagasi. gaya berat adalah kombinasi berat dari muatan pesawat itu sendiri. dan beraksi kebelakang paralel dengan arah angin relatif (relative wind). seperti yang akan dijelaskan kemudian. adalah gaya dorong. gaya angkat (lift) dan berat pesawat (weight). Berikut ini hal-hal yang mendefinisikan gaya-gaya tersebut dalam sebuah penerbangan yang lurus dan datar. dan beraksi tegak lurus pada arah penerbangan melalui center of lift dari sayap. Drag kebalikan dari thrust. Wiljohn. dan objek-objek lain. tidak berakselerasi (stright and level. Weight. FISIKA | GAYA ANGKAT PADA SAYAP PESAWAT TERBANG . Rohadatul. fuselage. makin baik pula ketrampilan seorang penerbang. bagusnya kinerja penerbang dalam sebuah penerbangan bergantung pada kemampuan untuk merencanakan dan berkordinasi dengan penggunaan tenaga (power) dan kendali pesawat untuk mengubah gaya dari gaya dorong (thrust). Sebagai aturan umum. Weight menarik pesawat ke bawah karena gaya gravitasi. bahan bakar.FOSFOR (XI IA 4) SMAN 1 TPI KELOMPOK 2 : Fairistya. Keseimbangan dari gaya-gaya tersebutlah yang harus dikendalikan oleh penerbang. Drag. E. adalah gaya ke belakang. (gaya angkat) melawan gaya dari weight. unaccelerated). Makin baik pemahaman dari gaya-gaya dan cara mengendalikannya.

jumlah dari gaya yang saling berlawanan adalah sama dengan nol. Wiljohn. Tidak akan ada ketidakseimbangan dalam penerbangan yang stabil dan lurus (Hukum ketiga Newton). Hal ini tidak sama dengan mengatakan seluruh keempat gaya adalah sama. Seringkali hubungan antara keempat gaya ini diterangkan dengan salah atau digambarkan dengan sedemikian rupa sehingga menjadi kurang jelas. Liga. Nabila. Hal ini berlaku pada penerbangan yang mendatar atau mendaki atau menurun. Pada penerbangan yang stabil. FISIKA | GAYA ANGKAT PADA SAYAP PESAWAT TERBANG . Juliana. Secara sederhana semua gaya yang berlawanan adalah sama besar dan membatalkan efek dari masing-masing gaya.FOSFOR (XI IA 4) SMAN 1 TPI KELOMPOK 2 : Fairistya. Rohadatul.

Prinsip ini sebenarnya merupakan penyederhanaan dari Persamaan Bernoulli yang menyatakan bahwa jumlah energi pada suatu titik di dalam suatu aliran tertutup sama besarnya dengan jumlah energi di titik lain pada jalur aliran yang sama. berbagai jenis minyak. Liga. Contoh fluida tak-termampatkan adalah: air. Nabila. Prinsip ini diambil dari nama ilmuwan Belanda/Swiss yang bernama Daniel Bernoulli. dll. Juliana. Wiljohn. secara umum terdapat dua bentuk persamaan Bernoulli yang pertama berlaku untuk aliran tak-termampatkan (incompressible flow). Rohadatul. F. Bentuk Persamaan Bernoulli untuk aliran tak-termampatkan adalah sebagai berikut: di mana: v = kecepatan fluida g = percepatan gravitasi bumi h = ketinggian relatif terhadap suatu referensi p = tekanan fluida ρ = densitas fluida Persamaan di atas berlaku untuk aliran tak-termampatkan dengan asumsi-asumsi sebagai berikut: FISIKA | GAYA ANGKAT PADA SAYAP PESAWAT TERBANG .Hukum Bernoulli Berikut akan disajikan beberapa pembahasan tentang HUKUM BERNOULLI yang didapatkan dari berbagai sumber. emulsi. Hukum Bernoulli Dalam bentuknya yang sudah disederhanakan.FOSFOR (XI IA 4) SMAN 1 TPI KELOMPOK 2 : Fairistya. peningkatan pada kecepatan fluida akan menimbulkan penurunan tekanan pada aliran tersebut. Prinsip Bernoulli Prinsip Bernoulli adalah sebuah istilah di dalam mekanika fluida yang menyatakan bahwa pada suatu aliran fluida. dan yang lain adalah untuk fluida termampatkan (compressible flow). Aliran tak-termampatkan Aliran tak-termampatkan adalah aliran fluida yang dicirikan dengan tidak berubahnya besaran kerapatan massa (densitas) dari fluida di sepanjang aliran tersebut.

Semburan udara yang bergerak cepat menurunkan tekanan udara pada bagian atas tabung. Persamaan Bernoulli dapat dituliskan sebagai berikut: Aliran Termampatkan Aliran termampatkan adalah aliran fluida yang dicirikan dengan berubahnya besaran kerapatan massa (densitas) dari fluida di sepanjang aliran tersebut. Persamaan Bernoulli untuk aliran termampatkan adalah sebagai berikut: Penerapan Hukum Bernoulli dapat kita lihat pada: a. Nabila. Rohadatul. Juliana. dan menyebabkan tekanan atmosfer pada permukaan cairan memaksa cairan naik ke atas tabung. Contoh fluida termampatkan adalah: udara. Ketika Anda menekan tombol ke bawah. b. Karburator Karburator berfungsi untuk menghasilkan campuran bahan bakar dengan udara. Semprotan udara berkelajuan tinggi FISIKA | GAYA ANGKAT PADA SAYAP PESAWAT TERBANG . kemudian campuran ini dimasukkan ke dalam silinder-silinder mesin untuk tujuan pembakaran. 1. Liga. gas alam. Tabung Venturi Tabung Venturi adalah sebuah pipa yang memiliki bagian yang menyempit. Penyemprot Parfum Penyemprot Parfum adalah salah satu contoh Hukum Bernoulli. udara dipaksa keluar dari bola karet termampatkan melalui lubang sempit diatas tabung silinder yang memanjang ke bawah sehingga memasuki cairan parfum. c. Wiljohn. Tabung Pitot Tabung Pitot adalah alat ukur yang kita gunakan untuk mengukur kelajuan gas.FOSFOR (XI IA 4) SMAN 1 TPI KELOMPOK 2 : Fairistya. dll. yaitu alat yang dipasang di dalam suatu pipa aliran untuk mengukur kelajuan cairan. Venturimeter Tabung venturi adalah dasar dari venturimeter. * Aliran bersifat tunak (steady state) * Tidak terdapat gesekan (inviscid) Dalam bentuk lain.Dua contoh tabung venturi adalah karburator mobil dan venturimeter. 2.

Meskipun kenyataannya. 4. 1. Salah satu pemakaian karburator adalah dalam kendaraan bermotor. maka pada penyemprot racun serangga Anda menekan masuk batang penghisap e. Liga. kita dapat menemukan aplikasi hukum Bernoulli yang sudah banyak diterapkan pada sarana dan prasarana yang menunjang kehidupan manusia masa kini. Hukum Bernoulli juga digunakan pada mesin yang mempercepat laju kapal layar FISIKA | GAYA ANGKAT PADA SAYAP PESAWAT TERBANG . Nabila. yaitu kecairan yang merata dan sedikit kekentalan. f. d. 3. Juliana. Berat Pesawat yang disebabkan oleh gaya gravitasi Bumi Gaya angkat yang dihasilkan oleh kedua sayap pesawat Gaya ke depan yang disebabkan oleh mesin pesawat Gaya hambatan yang disebabkan oleh gerakan udara. ada empat buah gaya yang bekerja pada sebuah pesawat terbang yang sedang mengangkasa . Penyemprot Racun Serangga Penyemprot Racun Serangga hampir sama prinsip kerjanya dengan penyemprot parfum. Jika pada penyemprot parfum Anda menekan tombol. Hukum Bernoulli dipakai pada penggunaan mesin karburator yang berfungsi untuk mengalirkan bahan bakar dan mencampurnya dengan aliran udara yang masuk. Rohadatul. meniup cairan parfum sehingga cairan parfum dikeluarkan sebagai semburan kabut halus. 2. Berikut ini beberapa contoh aplikasi hukum Bernoulli tersebut. • • • • Hukum Bernoulli digunakan untuk menentukan gaya angkat pada sayap dan badan pesawat terbang sehingga diperoleh ukuran presisi yang sesuai. Wiljohn. Pada dasarnya. seperti mobil. Penerapan hukum bernoulli Dalam kehidupan sehari-hari.FOSFOR (XI IA 4) SMAN 1 TPI KELOMPOK 2 : Fairistya. Gaya Angkat Sayap Pesawat Terbang Gaya Angkat Sayap Pesawat Terbang juga merupakan salah satu contoh Hukum Bernoulli. tak ada jenis fluida yang memiliki kecairan dan kekentalan seperti yang disyaratkan dalam konsep dasar tersebut. Biasanya digunakan di rumah-rumah pemukiman. Hukum Bernoulli berlaku pada aliran air melalui pipa dari tangki penampung menuju bak-bak penampung.

2.FOSFOR (XI IA 4) SMAN 1 TPI KELOMPOK 2 : Fairistya.yakni : 1. 4. 3. G. DAFTAR PUSTAKA FISIKA | GAYA ANGKAT PADA SAYAP PESAWAT TERBANG . Juliana. Nabila. Wiljohn. ada empat buah gaya yang bekerja pada sebuah pesawat terbang yang sedang mengangkas. Berat Pesawat yang disebabkan oleh gaya gravitasi Bumi Gaya angkat yang dihasilkan oleh kedua sayap pesawat Gaya ke depan yang disebabkan oleh mesin pesawat Gaya hambatan yang disebabkan oleh gerakan udara. Rohadatul. Liga. Kesimpulan Dari materi yang telah saja kami uraikan di atas. kita dapat mengambil kesimpulan bahwa: Gaya Angkat Sayap Pesawat Terbang merupakan salah satu contoh Hukum Bernoulli yang pada dasarnya.

com www. www. Juliana.com/2008/05/hukum-bernoulli.aeromodelling.republika.wikipedia.co. Rohadatul. Liga. Wiljohn.or.wikipedia.indonesian-aerospace.id www.gudangmateri.org http://id. Nabila.org/wiki/Prinsip_Bernoulli http://www.html FISIKA | GAYA ANGKAT PADA SAYAP PESAWAT TERBANG .FOSFOR (XI IA 4) SMAN 1 TPI KELOMPOK 2 : Fairistya.id www.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful