KB DALAM PANDANGAN ISLAM

1. M. SOFYAN SM ( 200911068) 2. M. ILHAM NUR RIZA (200911147) 3. WASIS (200911086) 4. NIKEN EKA DAMAYANTI(200911070) 5. SECTRIANA KARISMA W(200911158) 6. NUR IVA AINI (200911071)

PROGRAM STUDI S 1 KEPERAWATAN SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN BINA SEHAT PPNI KAB. MOJOKERTO 2010

depresi.1. Diminum setiap hari. Kesuburan juga dapat kembali pulih dengan menghentikan pemakaian pil ini.2 Pil Placebo Pil ini tidak berisi pil KB. Jenis KB 3. KB juga dapat dipahami sebagai aktivitas individu untuk mencegah kehamilan. Dalam pengertian ini. Wanita dengan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung dianjurkan tidak menggunakan pil KB ini. mengurangi kram atu sakit saat menstruasi dan penelitian terakhir menyatakan pemakain pil kb dapat mencegah terjadinya kanker rahim. muntah. pusing.menurunkan angka kelahiran . tetapi glukosa atau pati/amilum. payudara terasa kencang.Pil KB tetap membuat menstruasi yang teratur. Efek samping : mual. Pengertian KB Keluarga Berencana (KB) adalah program nasional yang dijalankan pemerintah untuk mengurangi populasi penduduk. karena diasumsikan pertumbuhan populasi penduduk tidak seimbang dengan ketersediaan barang dan jasa.mengendalikan laju pertumbuhan penduduk/membatasi jumlah kelahiran . Penggunaan pil harus tiap hari.mengatur jarak kehamilan 3.1 Pil KB Pil KB merupakan kombinasi hormon progesteron dan hormon estrogen. 2. Tujuan KB . . bercak di wajah. 3. KB didasarkan pada teori populasi menurut Thomas Robert Malthus. kenaikan atau penurunan berat badan.

Diafragma/Pessarium/Femidom/karet KB wanita Berbentuk mangkuk dan dimasukkan sampai menutupi rahim.4 IUD(Intra Uterine Device) IUD berbentuk spiral.3. dan busa berfungsi membunuh sperma. Efek samping : keputihan. Penyuntikan dapat dilakukan tiga bulan sekali oleh dokter atau bidan Efek samping : menambah berat badan. dan kombinasi plastik dengan logam. Setiap 3 bulan sekali kedudukan IUD di cek agar tidak goyah.Penggunaannya akan lebih efektif jika digunakan bersama dengan spermasida. Penggunaannya bisa mencapai 4-5 tahunan.5 Kondom Berfungsi menghalangi pertemuan sperma dan sel telur sehingga tidak terjadi pembuahan. iritasi. Dimasukkan kedalam rahim pada saat wanita sedang mengalami menstruasi agar saat penebalan dinding rahim IUD tidak goyah. siklus haid terganggu. logam. atau munculnya perdarahan sedikit yang kadang disertai mulas. 3. 3. Efek samping : alergi terhadap lateks. menstruasi yang tidak teratur dan pemulihan kesuburan agak terlambat 3. .3 Suntikan Suntik KB merupakan kombinasi hormon progesteron dan hormon estrogen. logam anti karat. IUD tidak mengganggu produksi ASI. Terbuat dari bahan plastik.6 Spermisida Senyawa kimia terdapat dalam bentuk tablet. huruf T atau angka 7. jelly. krim.

dapat mencegah terjadinya kehamilan.8 Implan/susuk Implan mempunyai cara kerja seperti pil KB. . Disusupkan di bawah kulit lengan atas sebelah dalam Efek samping: perdarahan yang tak lama.Terapi hormone. tidak haid.KOREA.Coitus Interruptus. Bisa untuk wanita dan pria dengan memakan bahan makanan yang menghasilkan enzim yang dapat mencegah kehamilan sehingga bersifat KB. biji papaya (Carica papaya).) Sistem BOR Digunakan pada pria dan baru beberapa negara yang mempopulerkan diantaranya RRC. INDIA. Selama memberikan ASI prolactin akan menghambat estrogen untuk mematangkan ovum. Kontrasepsi alami Kotrasepsi alami diantaranya : .dan peningkatan berat badan. dan nenas (Ananas spp.Sistem kalender untuk mengetahui hari subur.Proses memasukkan tabung ini 1 X dan untuk 2-5 tahun. rambut rontok. lidah buaya (Aloe vera). Contohnya dari family Solanaceae. .3. terutama pada 6 bulan pertama. Bila ingin hamil kembali hanya melepas implant ini. dihari tersebut tidak melakukan coitus .7 Tissue KB Tissue basah yang larut dalam vagina.Memberikan ASI secara eksklusif tanpa cairan/makanan apa pun kepada bayi. Dilakukan dengan cara di bor dengan bor mata intan mulai bagian bawah . 3.

Dengan demikian KB disini mempunyai arti sama dengan tanzim al nasl (pengaturan keturunan). jika dilakukan dalam keadaan darurat karena alasan medis. Adapun aborsi yang dilakukan atas dasar indikasi medis.penis dekat pangkal skrotum sampai tembus saluran urethra dan dipasang penutup (prop dari karet steril). bukan tahdid al nasl (pembatasan keturunan). seperti aborsi untuk menyelamatkan jiwa ibu atau karena analisa medis melihat kelainan dalam kehamilan. seperti pemandulan pada wanita yang terancam jiwanya jika ia hamil atau melahirkan maka hukumnya mubah. maka KB tidak dilarang. HUKUM PENGGUNAAN KB.Namun B persoalannya kemudian adalah : sejauh mana ia diperbolehkan dan apa saja batasannya. MAKNA KELUARGA BERENCANA. Para ulama yang membolehkan KB sepakat bahwa Keluarga Berencana (KB) yang dibolehkan syari`at adalah suatu usaha pengaturan/penjarangan kelahiran atau usaha pencegahan kehamilan sementara atas kesepakatan suami isteri karena situasi dan kondisi tertentu untuk kepentingan (maslahat) keluarga. dalam arti pemandulan (taqim) dan aborsi (isqot al-haml). sterilisasi ini dinamakan Tubektomi. Sterilisasi Pada wanita diikat/dipotong tuba falopii. bahkan KB dengan maksud menciptakan keluarga sejahtera yang berkualitas dan melahirkan keturunan yang tangguh sangat sejalan dengan tujuan syari`at Islam yaitu mewujudkan kemashlahatan bagi umatnya. dibolehkan bahkan diharuskan. Begitu pula dengan pemandulan. Bila dilihat dari fungsi dan manfaat KB yang dapat melahirkan kemaslahatan dan mencegah kemudlaratan maka tidak diragukan lagi kebolehan K dalam Islam. Kb juga memiliki sejumlah manfaat yang dapat mencegah timbulnya kemudlaratan. Sejauh pengertiannya adalah tanzim al nasl (pengaturan keturunan). . Sedangkan pada pria diikat/dipotong vas deferens. 4. Pemandulan dan aborsi yang dilarang oleh Islam disini adalah tindakan pemandulan atau aborsi yang tidak didasari medis yang syari`i. Selain itu. 5. sterilisasi ini dinamakan Vasektomi. KB secara prinsipil KB dapat diterima oleh Islam.

Alat kontrasepsi yang dibenarkan menurut Islam adalah yang cara kerjanya mencegah kehamilan (man¶u al-haml). 4. Bahan yang digunakan untuk membuat alat kontrasepsi tersebut. apakah mencegah kehamilan (man¶u al-haml) atau menggugurkan kehamilan (isqat al-haml)? 2. Kaidah fiqih menyebutkan :Adhdhararu yuzaal (Segala bentuk bahaya haruslah dihilangkan). Sifatnya. Hadits ini menunjukkan kebolehan mencegah kehamilan. Bagaimana dan siapa yang memasang alat kontrasepsi tersebut? (Hal ini berkaitan dengan masalah hukum melihat aurat orang lain).Penggunaan alatkontrasepsi ini adalah salah satu cara untuk mencegah kehamilan. Namun kebolehan ini agar tidak menimbulkan bahaya (dharar). apakah ia hanya pencegahan kehamilan sementara atau bersifat pemandulan permanen (ta¶qim)? 3. oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa KB secara substansial tidak . 5. yaitu : 1. METODE /ALAT KONTRASEPSI DAN HUKUM PENGGUNAAN Ada lima 5 persoalan yang terkait dengan penggunaan alat kontrasepsi. Alat/metode kontrasepsi yang tersedia saat ini telah memenuhi kriteria-kriteria tersebut diatas. bersifat sementara (tidak permanen) dan dapat dipasang sendiri orang yang bersangkutan atau oleh orang lain yang tidak haram memandang auratnya atau oleh orang lain yang pada dasarnya tidak boleh memandang auratnya tetapi dalam keadaan darurat ia dibolehkan. Pemasangannya." (HR Bukhari)Hukum ¶Azl ini dapat diterapkan pada penggunaan obat KB untuk mencegah kehamilan. serta tidak menimbulkan implikasi yang membahayakan (mudlarat) bagi kesehatan. Implikasi alat kontrasepsi terhadap kesehatan penggunanya. 6. Cara kerjanya. Selain itu bahan pembuatan yang digunakan harus berasal dari bahan yang halal.Dalil kebolehannya antara lain hadits dari sahabat Jabir RA yang berkata: "Dahulu kami melakukan ¶azl [senggama terputus] pada masa Rasulullah SAWsementara AlQur`an pada saat itu masih turun.

. . baik pada tingkat nasional maupun Internasional (ijma al-majami). Selain itu. yaitu menciptakan keluarga yang tangguh. kebolehan (mubah) hukum ber-KB. sakinah dan penuh rahmah. sudah menjadi kesepakatan para ulama dalam forum-forum ke Islaman. mawardah.bertentangan dengan ajaran Islam bahkan merupakan salah satu bentuk implementasi semangat ajaran Islam dalam rangka mewujudkan sebuah kemashlahatan. dengan ketentuan-ketentuan seperti dijelaskan diatas.