P. 1
tugas_kecerdasan_buatan

tugas_kecerdasan_buatan

|Views: 206|Likes:
Published by Maria Patrycia

More info:

Published by: Maria Patrycia on Jun 06, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/16/2015

pdf

text

original

MAKALAH KECERDASAN BUATAN

O L E h

NAMA NIM SEMESTER JURUSAN

:MARIA P.SERAN : 0806083255 : VII : ILMU KOMPUTER

UNIVERSITAS NUSA CENDANA KUPANG 2010

Oleh karena itu saran dan kritik yang membangun sangat di harapkan dari dosen dan teman-teman sekalian demi kesempurnaan makalah ini.KATA PENGANTAR Puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala kasih karunia dan hikmat akal budi dari pada-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah Kecerdasan Buatan tepat pada waktunya. Kupang . Saya sadar bahwa makalah ini masih memiliki banyak kekurangan karena kami masih dalam proses pembelajaran. September 2010 penulis .

logika fuzzy. tetapi untuk Informatika relatif tidak bermasalah. menyelesaikan persamaan integral. 2003). Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar. Aktifitas manusia yang ditirukan seperti: penalaran. Teknologi kecerdasan buatan dipelajari dalam bidang . bermain sepak bola. penglihatan.BAB I PENDAHULUAN A. membuat permainan catur atau Backgammon. pemahaman bahasa alami dan sebagainya. Kecerdasan buatan mengembangkan perangkat lunak dan perangkat keras untuk menirukan tindakan manusia.bidang seperti: . Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. LATAR BELAKANG Kecerdasan Buatan (bahasa Inggris: Artificial Intelligence atau AI) didefinisikan sebagai kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas buatan. pemecahan masalah. hal yang bagi manusia kelihatannya menuntut sedikit kecerdasan. Kecerdasan buatan merupakan bagian dari ilmu komputer yang membuat agar mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan oleh manusia (kusumadewi. permainan komputer (games). Di sisi lain. sampai sekarang masih sulit untuk direalisasikan dalam Informatika. Banyak hal yang kelihatannya sulit untuk kecerdasan manusia. Seperti contoh: Pengenalan Obyek/Muka. pembelajaran. jaringan syaraf tiruan dan robotika. Seperti contoh: mentransformasikan persamaan. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer.

2.1. Pengenalan ucapan (speech recognition) : manusia dapat berkomunikasi dengan komputer menggunakan suara. bahasa jawa. Intelligent computer-aided instruction : komputer dapat digunakan sebagai tutor yang dapat melatih & mengajar 7. Sistem pakar (expert system) : komputer sebagai sarana untuk menyimpan pengetahuan para pakar sehingga komputer memiliki keahlian menyelesaikan permasalahan dengan meniru keahlian yang dimiliki pakar. bahasa indonesia. Computer vision : menginterpretasikan gambar atau objek-objek tampak melalui komputer 6. 4. dll 3. Pengolahan bahasa alami (natural language processing) : user dapat berkomunikasi dengan komputer menggunakan bahasa sehari-hari. Robotika & sistem sensor 5. Game playing . misal bahasa inggris.

Pada tahun 1774 seorang penemu dari perancis. yaitu automation yang berupa seorang gadis manis yang dapat memainkan harpsichord. Tidak hanya itu. Penemuan ini kemudian dilanjutkan dengan yang lainnya. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. jaringan syaraf tiruan dan robotika. Semuanya masih merupakan proses mekanik yang melakukan gerak dengan telah ditentukan terlebih dahulu. Pierre Jacques Drotz mencengangkan masyarakat Eropa dengan suatu automation berukuran sekitar seorang anak laki-laki yang dapat duduk dan menulis suatu buku catatan. . logika fuzzy. Jacques de Vaucanson(17091782) membuat suatu mesin pemain seruling berukuran seperti seorang manusia yang dapat memainkan 12 melodi nada. permainan komputer (games). mekanik tersebut juga dapat memindahkan bibir dan lidahnya secara nyata untuk mengontrol arus dari angin ke dalam seruling. SEJARAH KECERDASAN BUATAN Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) adalah kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas buatan. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar. Pada tahun 1736 seorang penemu dari perancis. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia.BAB II ISI A.

dan kenyataannya bukanlah aoutomation. ide permainan catur dikembangkan dan diterapkan di komputer oleh Arthur L. bahwa mesin tersebut adalah tipuan. Automation sudah banyak dikembangkan dan diterapkan terutama pada Angkatan bersenjata Amerika Serikat. Samuel dari IBM dan dikembangkan lebih lanjut oleh Claude Shannon. Penemu mesin ini adalah Leonardo Torres Y Quevedo. dia dan kawankawannya ternyata benar. Beberapa tahun kemudian. . direktur dari Laboratorio de Automatica di Madrid. didemonstrasikan untuk pertama kalinya sebuah mesin permainan catur. dataran Eropa dikejutkan dengan suatu permainan catur yang dapat menjawab langkah langkah permainan catur yang belum ditentukan terlebih dahulu. berupa programprogram sudah mencapai pada tahap yang dapat dikatakan fantastis. tetapi merupakan konstruksi yang sangat baik yang dikontrol oleh seorang pemain catur handal yang bersembunyi di dalamnya. Edgar Allan Poe (1809-1849) menulis sanggahan terhadap mesin tersebut. Pada abad ke 20. Dan seorang penulis dari Amerika Serikat. terutama di bidang-bidang berikut: a. Mesin ini disebut dengan Maelzel Chess Automation dan dibuat oleh Wolfgang Von Kempelan (1734-1804) dari Hungaria.Pada tahun 1769. Banyak orang yang tidak percaya akan kemampuan mesin tersebut. Akan tetapi mesin ini akhirnya terbakar pada tahun 1854 di Philadelphia Amerika Serikat. Spanyol.Game Playing . Pada tahun 1914.

Salah satu wujud konkretnya adalah dikembangkannya sejumlah laboratorium. Sejak dikembangkannya sejumlah laboratorium tersebut. . . seperti MEPPO (Mesin Perkakas Teknik Produksi dan Otomatis) yang diprakarsai oleh BPPT bekerjasama dengan ITB. .Natural Language Recognition d.b.Visual Recognition f.Sistem Pakar B. belum ada data yang dapat memberikan kepastian mengenai kapan kecerdasan buatan mulai dikembangkan di Indonesia. PERKEMBANGAN KECERDASAN BUATAN DI INDONESIA Sampai saat ini. serta LET (Laboratorium Elektronika Terapan) di LIPI. kebijakan nasional dalam pengembangan riset teknologi telah memberikan dukungan pada litbang permesinan otomatis dalam rangka mencermati dan menunjang Sumber Daya Manusia Indonesia yang memiliki minat dan kemampuan untuk menguasai teknologi robot. beraneka macam permesinan otomatis / robot telah berhasil dikembangkan. diproduksi. . baik industri strategis maupun industri lainnya di Indonesia. Namun mulai tahun 80-an. . .General Problem Solving c. serta dikomersilkan oleh berbagai industri.Robotics g.Speech Recognition e. Industri strategis. Bahkan dalam pengembangan robot .

telah dikembangkan jenis robot yang memiliki kemampuan untuk mengontrol seluruh sistem operasi suatu pabrik. Sebelas tahun berikutnya. Kontes Robot Indonesia pertama kali diselenggarakan oleh Depdiknas tahun 1990. dll. yakni dengan keluar sebagai Juara Pertama pada Asia Pasific Broadcasting (ABU) Robocon yang diselenggarakan di Tokyo.Fakultas Teknik Universitas Indonesia telah menyelenggarakan semiloka (seminar dan lokakarya) dengan tema "Peluang dan Tantangan Teknologi Robot di Indonesia". komputasi). Kementerian Ristek bersama dengan Depdiknas telah mempromosikan juara Kontes Robot Indonesia dalam pameran Ristek tahunan yaitu RITECH EXPO (Research. Semiloka ini diselenggarakan dengan tujuan mempertemukan pihak . Sejak tahun 80an.). diantaranya: PT PINDAD (sistem. tepatnya pada tahun 2001. Sasaran yang ingin di capai dengan semiloka ini adalah terdifusinya teknologi robot ke kalangan mahasiswa agar dapat memperoleh informasi mengenai kebijakan- kebijakan yang telah ditetapkan pemerintah serta kebutuhan industri dalam pemanfaatan . salah satu perwakilan dari Indonesia. peralatan. Dalam pameran tersebut terlihat respon positif dan antusiasme dari masyarakat.pihak yang berkepentingan dalam rangka pengembangan teknologi robot. Kementerian Ristek bekerjasama dengan Departemen Pendidikan Nasional .terbaru saat ini. pendayagunaan dan pemanfaatan permesinan otomatis telah dilakukan terutama melalui sejumlah industri strategis. PT LEN Industri (IT. Inovation. yaitu tim B-Cak dari PENS-ITS telah berhasil mencapai prestasi yang spektakuler. Pada tahun 2001 juga. agar para stakeholders tersebut dapat saling berbagi informasi terbaru dan berbagi pemahaman mengenai isu-isu teknologi robot yang sedang berkembang saat itu. perangkat lunak. Technology Expo) yang diselenggarakan di Balai Sidang Jakarta. Menjelang Kontes Robot Indonesia 2004. dll.

Selain itu dapat juga dibangun perangkat keras yang disebut neural chip yang menirukan fungsi neuron dan dapat disusun menjadi neural card yang dapat dipasang dalam komputer sehingga berlaku sebagai ko-prosesor untuk menangani masalah IA. serta prospek dan kemampuan para mahasiswa dalam mengembangkan teknologi robot. C. swatata.dan pendayagunaan robot. Berdasarkan hasil penelitian itu dibangun model matematik neuron serta susunan neuron (arsitekturnya) yang dapat melakukan fungsi pengenalan pola. swatata (selforganized). Untuk mencapai tujuan itu ilmuwan meneliti cara kerja otak dan arsitektur otak manusia.dll. PERTIMBANGAN KECERDASAN BUATAN DI MASA MENDATANG Perkembangan kecerdasan buatan atau inteligensi artifisial (IA) memberi arah bahwa supaya komputer masa depan yamg dijalankan dengan program IA mampu menirukan kemampuan otak manusia seperti menalar. Untuk dapat menirukan otak manusia diperkirakan diperlukan jumlah neuron yang sangat banyak yaitu sekitar 1011 dan jumlah sinapsis sekitar 1015 sehingga . Fungsi otak itu dapat disimulasikan dan dikenal sebagai Jaringan Neural Artifisial (JNA) atau Jaringan Sel Saraf Tiruan (JST). memori asosiatf . Disisi lain. Perkembangan itu memungkinkan terbentuknya komputer yang berlandaskan jaringan neural. generalisasi. mengenali pola. Perkembangan selanjutnya menyatakan bahwa kaidah dapat dipetakan ke jaringan neural. melakukan generalisasi. dll. memori asosiatif. Proses penalaran dapat ditiru dengan membangun motor inferensi (search engine) serta basis kaidah atau kaidah samar yang dapat mencari solusi suatu permasalahan melalui penerapan kaidah dan proses pencarian solusi. pihak industri bisa mendapatkan informasi dan gambaran mengenai pemanfaatan dan pendayagunaan robot untuk keperluan dan kepentingan industry.

Logika samar yang biasa dipakai oleh manusia dapat diproses secara alamiah karena qubit (quantum bit) dapat disuperposisikan untuk merepresentasikan keadaan samar atau pernyataan samar. diperkirakan kita harus beralih ke teknologi fotonik dan komputer optik untuk melaksanakannya. Di masa depan tentu komputer seperti itu akan tersambung dengan sensor dan aktuator atau dibangun sebagai robot yang manusiawi. berpikir dan berprilaku seperti manusia. dapat berkomunikasi. Robot tsb. Perkembangan lain yang menarik perhatian ilmuwan ialah berkembangnya komputer kuantum yang diperkirakan mempunyai kemampuan lebih besar dalam mensimulasikan proses alam dan dalam komputer kuantum. .teknologi mikroprosesor yang sekarang belum mampu melaksanakannya.

 Perkembangan kecerdasan buatan atau inteligensi artifisial (IA) memberi arah bahwa supaya komputer masa depan yamg dijalankan dengan program IA mampu menirukan kemampuan otak manusia seperti menalar. yaitu bagaimana mendefinisikan dan mencoba menyelesaikan persoalan menggunakan komputer dengan meniru bagaimana manusia dengan cepat. 2002 .BAB III PENUTUP KESIMPULAN  Kecerdasan Buatan adalah teknologi yang mensimulasikan kecerdasan manusia.  Kecerdasan Buatan merupakan gudang untuk menjawab pertanyaan tradisional yang biasa ditanyakan oleh ahli bahasa. mengenali pola. Daftar Pustaka  Makalah IF2091 Struktur Diskrit.dll. memori asosiatf . swatata (selforganized).filosofi.dsb. Untuk mencapai tujuan itu ilmuwan meneliti cara kerja otak dan arsitektur otak manusia. The Houw Liong FMIPA ITB. Ni Made Satvika Iswari 2009  Kontribusi Fisika Indonesia. melakukan generalisasi.Sehingga dengan demikian dapat membantu kita menjadi lebih pintar.  Tujuan dari sisi teknologi dari kecerdasan buatan adalah untuk menyelesaikan permasalahan nyata dan dari sisi ilmiah kecerdasan buatan adalah untuk menjelaskan variasi kecerdasan. dokter.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->