Struktur Bahasa Pascal

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta 18 September 2006

Algoritma .

Algoritma (lanjutan) .

terutama kalau algoritma sudah cukup kompleks.Flow Chart Dalam proses pembuatan program kadang-kadang perlu digambarkan bagaimana arus data dari algoritma yang sudah dibuat. Untuk itu algoritma dapat disajikan dalam bentuk flow chart. Flow chart merupakan gambaran program secara runtut yang digambarkan menggunakan simbol-simbol .

Flow Chart (lanjutan) .

bil2 jumlah = bil1 + bil2 jumlah selesai .Flow Chart (lanjutan) Contoh Flow Chart Menjumlahkan 2 bilangan bulat : mulai bil1.

Skema Program Pascal Program nama_program. End.. . [ Deklarasi label ] [ Deklarasi konstanta ] [ Deklarasi tipe ] [ Deklarasi variabel ] [ Deklarasi subprogram ] Begin Pernyataan. Pernyataan... .

Variabel Variabel merupakan suatu nama yang menyiratkan lokasi memori komputer yang dapat digunakan untuk menyimpan nilai. dimana isinya dapat diubah-ubah. Sebuah assignment statement terdiri dari sebuah variabel disebelah kirinya dan suatu ekspresi di sebelah kanannya. contoh : Jumlah := B1 + B2 . Nilai dari suatu variabel diubah dengan assignment statement.

. B2.Variabel (lanjutan) Setiap variabel yang akan digunakan terlebih dahulu dideklarasikan. dimana setiap variabel harus mempunyai tipe. Contoh : Var B1. Deklarasi variabel berguna untuk memberi informasi kepada compiler serta membantu programmer berfikir secara jelas dan terencana. jumlah : integer.

(membatasi himpunan nilai-nilai yang dapat dipunyai variabel tersebut) Jenis operasi yang dapat dilakukan terhadap variabel yang bersangkutan.Jenis/Tipe Data Tipe dari suatu variabel menyatakan: Jenis nilai yang dapat disimpan dalam lokasi memori untuk variabel tersebut. .

Jenis/Tipe Data (lanjutan) .

cetak (a. Pernyataan dalam bahasa Pascal terdiri dari dua macam. yaitu: 1. Assignment statement yaitu pernyataan yang digunakan memberikan nilai ke suatu variabel a:=10.Pernyataan Pernyataan adalah deretan instruksi yang akan dieksekusi oleh komputer.b). . b. Pernyataan yang digunakan untuk memanggil procedure atau function hitung (a.b). Pernyataan sederhana yaitu pernyataan yang tidak berisi penyataan lain a. b:=a*2.

Jump Statement yaitu penyataan yang digunakan untuk melompati pernyataan-pernyataan lain .c.

Pernyataan (lanjutan) 2. Pernyataan majemuk (Compound Statement). . pernyataan majemuk diawali dengan begin dan diakhiri dengan end. Dalam bahasa Pascal.

write('Berapa umur Anda (th) : '). write('Ketikkan nama Anda : '). readln(umur). Var nama: string. Umur: integer.nama).Program prog_1_1. Writeln('Umur (hari) = '. End. readln. Writeln('Nama = '. . readln(nama).umur*365).pas Program Kenalan. Uses wincrt. writeln('Akan menanyakan nama dan umur Anda'). Begin writeln('program kenalan').

jumlah := a+b. readln(b). Begin writeln('Program menghitung jumlah dua bilangan bulat'). write(jumlah). write('jumlah dua bilangan = '). readln(a).pas program jumlah_bilangan. end. write('Bilangan 2: '). .jumlah : integer.Program prog_1_2. var a. write('Bilangan 1: ').b. readln. uses wincrt.

pas).Tugas Praktikum Kompilasi dan jalankan kedua program di atas (prog_1_1.pas .pas) dan (prog_1_2. dengan ketentuan sebagai berikut: Rumus Luas Bola = 4 * Phi * R2 Simpan dengan nama file : Bola. kemudian jelaskan tiap statement / pernyataan program Buatlah program di dalam bahasa Pascal untuk menghitung Luas sebuah bola. amati dan catat outputnya.

Tugas Praktikum (lanjutan) Output Program menghitung Luas dan Volume bola Masukkan jari-jari bola = <input> Luas bola = <proses/output> .

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.