PENDAHULUAN

Renang telah dikenal sejak masa prasejarah. Lukisan dari Jaman Batu telah ditemukan di dalam gua para perenang dekat Wadi Sora (atau Sura) dibagian barat-daya Mesir. Referensi tulisan yang berasal dari 2000 tahun sebelum masehi, termasuk Gilgamesh, Iliad, dan Odyssey, Injil (Ezekiel 47:5, Perjanjian 27:42, Isaiah 25:11, Beowulf, dan hikayat lainnya). Pada tahun 1538 Nicolas Wynman, Profesor bahasa berkebangsaan Jerman, menulis buku renang pertama kali, Colymbetes . Kompetisi renang di Ero pa dimulai sekitar tahun 1800, sebagian besar menggunakan gaya dada. Gaya bebas, yang kemudian disebut the trudgen, diperkenalkan pada tahun 1973 oleh John Arthur Trudgen, menirunya dari Orang Amerika asli. Renang menjadi bagian dari pertandingan Olympiade modern yang pertama tahun 1896 di Atena. Pada tahun 1902 the trudgen diperbaharui oleh Richard Cavill, menggunakan sentakan mengibas. Pada tahun 1908, asosiasi renang sedunia, Federasi Renang Amatir International (FINA/ Federation Internationale de Natation de Amateur) dibentuk. Gaya kupu -kupu pertama kali merupakan variasi dari gaya dada, sampai akhirnya ia diterima sebagai gaya yang terpisah pada tahun 1952.

Berenang adalah gerakan sewaktu bergerak diair , dan biasanya tanpa perlengkapan buatan.Kegiat an ini dapat dimanfaatkan untuk rekreasidanolahraga. Berenang dipakai sewaktu bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya di air, mencari ikan, mandi, atau melakukanolahraga air .Berenang untuk keperluan rekreasi dan kompetisi dilakukan orang dikolam renang. Manusiajuga berenang disungai, didanau , dan dilautsebagai bentuk rekreasi.Olahraga renang membuat tubuh sehat karena hampir semua otot tubuh dipakai sewaktu berenang

Renang gaya bebas pertama kali dikenalkan olehArthur Trudgen. Perenang atau Dialog mengenai Seni Berenang (Der Schwimmer oder ein Zwiegespräch über die Schwimmkunst ). Mesir barat daya.Persatuan Renang Internasional (Federation Internationale De Natation De Amateur/FINA)dibentuk tahun 1908 semula menetapkan. 1.Masing -masing adalah nomor 100 meter. Prancis pada 1900 danmempertandingkan nomor 200 m. Catatan tertua mengenai berenangberasal dari 2000 SM. Odyssey. 500 meter. NikolausWynmann seorang profesor bahasa dari Jerman menulis buku mengenai renang yang pertama. dan Alkitab (Kitab Yehezkiel 47:5.000 m. renang termasuk dalam tujuh kemahiranyang harus dimiliki oleh para ksatria termasuk berenang dengan membawa senjata. 1.000 m. bukti tertua mengenai berenang adalahlukisan-lukisan tentang perenang dari Zaman Batu telah ditemukan di "gua perenang" yangberdekatan dengan Wadi Sora di Gilf Keb ir. Yunani. 4. Gaya ini kemudian mulai dikombinasikan dengan gaya kaki yang me nendangoleh Richard Cavill pada 1902.Di Jepang. Sejarah mencatat. nomor bebas. Di abad pertengahan. Kitab Yesaya 25:11). Gaya inibaru menjadi gaya terpisah di tahun 1952. dan 100 meter bagi para pelaut. hanya empat nomor yang dipertandingkan dari rencana semula enam nomor. serta Beowulf dan hikayat-hikayat lain. renang adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh para samurai. gaya kupu-kupu adalah variasi gaya dada. Dari gambar-gambar yang berasal dari zamanbatu diketahui adanya gua -gua bagi para perenang di dekat Wadi Sora sebelah barat daya Mesir. Pada 1538. Olahragarenang pertama kali dipertandingkan dalam Olimpiade modern 1896 di Athen a.pertandingan renang pertama diselenggarakan oleh Kaisar Suigui pada 36 sebelum Masehi. PadaOlimpiade ini. Beberapa di antara dokumen tertua yang menyebut tentang berenangadalah Epos Gilgamesh. 200 m gaya dada.200 meter. dan 200 mnomor beregu. nomor bebas. Olimpiade kedua diselenggarakan di Paris. Iliad.Pertandingan renang yang memperebutkan gelar juara telah dimulai di Eropa sekitar tahun 1800dan sebagian besar menggunakan gaya dada. Wanita baru diperkenankan ikut pertandingan renangpada .Sejarah Renang Renang telah dikenal sejah zaman pra -sejarah. Manusia sudah dapat berenang sejak zaman prasejarah. Kisah Para Rasul27:42.

sedangkan kaki satu yang lain ditekuk dengan telapak kakimenempel pada dinding kolam . Seiring denganperkembangan olah raga renang renang semakin popul ar. Perlombaan renang diEropa dimulai sekitar tahun 1800 setelah dibangunnya kolam-kolam renang. Trudgenmenirunya dari teknik renang gaya bebas suku Indian di Amerika Selatan. Renang merupakansalah satu cabang olahraga dalam Olimpiade Athena 1896. Gaya kupu -kupu yang pada awalnyamerupakan salah satu variasi gaya dada diterima sebagai suatu gaya tersendiri pada tahun[[1952]1 2.Atau bisa juga di lakukan dengan cara :Berdiri dengan satu kaki. Sebagian besar peserta waktu itu berenang dengan gaya dada. bungkukkan badan ke depan.Bahkan. Belanda. Pada tahun 1900. . Kedua tangan lurus dan bungkukkan badan ke depan. hingga badan terdorong ke depan dalam sikapmengembang dan meluncur. John Arthur Trudgen memperkenalkangaya rangkak depan atau disebut gaya trudgen dalam perlombaan renang di dunia Barat. gaya punggungdimasukkan sebagai nomor baru renang Olimpiade. Penggemar renang semakin bertambah. sebelum berlatih meluncur mereka terlebih dahulumenggerakkan kaki sambil duduk di pinggir kolam atau dengan memegang parit kolam danmenggerak ± gerakkan kaki. seringkali anak -anak diajarkan renang pada usia sangat dini.Olimpiade 1912 di Stockholm. Persatuan renang dunia. misalnya :Berkejar ± kejaran di kolam yang dangkal Saling mencipratkan air ke muka teman Memasukkan kepala dan badan ke dalam air Menyelam melalui rintangan yang dibuat teman Main tebak ± tebakan di dalam air Berjalan mengelilingi kolam Bermain kereta keretaan di air.Dasar Belajar Renang Pengenalan Air Latihan pengenalan air dapat dilakukan dalam bentuk permainan atau yang lain.Letakkan kedua kaki pada lantai kolam. caranya adalah :Berdiri dengan kedua tanganlurus. Meluncur setelah mengetahu sifat ± sifat ai r. maka dilanjutkan dengan latihan meluncur danmengapun. kemudian tolakkan kaki yangmenempel pada dinding sehingga badan terdorong ke dalam sikap mengapung danmeluncur. Pada 1873.Bagi orang yang masih takut. FederationInternationale de Natation (FINA) dibentuk pada 1908. Itupun baru nomor bebas.

Bernafas dalam gaya punggung juga tidak sulit karenakepala dan tubuh kita menghadap dengan bebas ke arah langit. dan gayapunggung). Adapun dalam gaya bebas.2. tubuh pun akan miring menghadap ke sisi kiri. dan kita akhiri pada saat tangan kitakembali masuk kedalam air. Ambillah nafas melalui mulut dan masukkan muka ke dalam air. Gerakan Pernafasan dilakukan dengan memutar kepala ke kiri atau ke kokan.b. akan timbul gaya angkat pada sisi kiri tubuh kita.Buka mulut lalu ambil nafas melalui mulut dengan cepat. ke palakita tidak boleh sepenuhnya menyembul dari permukaan air. Pada saat itulah kita mulai mengambilnafas. dan kedua tanmgan memegangdinding kolam. gaya kupu -kupu. Cara melakukan gerak dasar mengambil nafas Lakukan dengan posisi telungkup terapung. lalu masukkan muka kedalam air dan buang nafas di dalam air. Dalam gaya dada dan gayakupu -kupu.Permukaan air di dahi. Cara Bernafas dalam Renang Gaya bebas Diantara empat gaya renang yang ada (gaya dada. Inilah yang menjadikan bernafasdalam gaya bebas terasa lebih sulit. Setelah itu.Gerakan tersebut bersamaan lengan searah dengan putaran kepala berada dibelakang samping tubuh.Latihan Pernafasan : Teknik gerakan pernafasan. mata melihat kedepan sedikit. Kita ambil contoh mengambil nafas ke sisi kiri. sehi nggamulut mengambil nafas. Sikap PermulaanBerdiri kongkang di kolam dasar Membungkukkan tubuh rata dengan air Muka menghadap ke depan di antara kedua lengan yang dilurukjan ke depan. putarkan kepalake samping kanan / kiri berporos leher. Sehingga mulut dan mulut di ataspermukaan air.Pada saat wajah Anda kembali .Akibatnya. Dan kemiringan tubuh kita dengan sendirinya akan membantu wajah kita untuk bisamenyembul keatas permukaan air dengan mudah dan alami. Pada saat kayuhantangan kiri kita sejajar dengan dada.Namun jika sudah biasa. Pada prinsipnya mengambil udara lewat mulut dengan menghembuskan di dalam air. gaya bebas.Latihan pernafasan ini dikombinasikan dengan gerakan lengan agar dapatmengatur irama pengambilan nafas. tidak akan ada lagi hal yang sulit. yang paling sulit cara bernafasnya adalah gaya bebas. bernafas bisa dilakukan dengan mudah karena ada saat dimana kepala kitaseluruhnya berada diatas permukaan air. Mengambil (menghirup) nafas dalamgaya bebas kita lakukan semenjak 2/3 kayuhan tangan kita. buang nafas melalui hidung.

terbenam kedalam air. Cara bernafas seperti dikenalsebagai bilateral breathing. santai.3. Jadi yang terpenting. Gaya dada 3. banyak perenang sprint gaya bebas (50 meter atau 100 meter) yang berusahasemaksimal mungkin untuk menahan nafas mereka selama balapan. Ini artinyapengambilan nafas akan dilakukan bergantian ke kiri dan ke kanan. suka-suka Anda. dan karenanya bernafasnya pun hanya ke satu sisi saja: kekiri saja atau ke kanan saja. Macam macam gaya dalam olahraga renang 1. Hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi pengurangankecepatan yang biasanya terjadi ketika seorang perenang gaya bebas sedang mengamb il nafas.> Untuk mengetahui gerakan tangan pada renang gaya bebas. Renang Gaya Bebas 1.Meski demikian. beberapaperenang hebat seperti Grant Hack ett mengambil nafas setiap dua kayuhan sekali. Gaya Kupu kupu 2.2. Ini artinyahanya berselang satu kayuhan saja. nyaman dan cocok untuk Anda. Ini akan menimbulkan gelembung -gelembung air yang keluar dari hidung Anda.Anda merasa nyaman ketika bernafas. 2. Mereka hanya mengambilnafas ketika betul -betul memerlukannya. Gaya bebas 2. Dan untuk mengetahui caraberenang gaya bebas yang efisien. Lakukanlahyang menurut Anda lebih rileks. Untuk mengetahuiteknik berenang gaya bebas yang lebih sempurna.Lalu kapan kita mengambil nafas? Untuk renang jarak jauh semisal 1500 meter. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar posisi badan sejajar / horizontal yaitu : Dahi dan telinga jangan sampai berada di atas permukaan air . Gaya Punggung 4.Namun ada juga beberapa perenang yang mengambil nafas setiap tiga kayuhan sekali. Posisi Badan posisi badan harus horizontal. keluarkanlah udara dengan santai darihidung Anda. Walaupun kaki masih cukup dalam di dalam air. Lalu mana yang lebih baik antara mengambil nafas ke satu sisi sajaatau mengambil nafas ke dua sisi secara bergantian? Jawabannya.

tungkai kaki yang utama adalah sebagai stabilisator dan sebagai alat untuk menjadika n kaki tetap tinggi dalam keadaan streamline. Bentuk bentuk latihan gerakan kaki. Gerakan kaki ke atas dan ke bawah dilakukan secara bergantian. antara lain : Menggerakkan kedua kaki naik turun secara bergantian sambil duduk di pinggir kolam. Dengan sikap salah satu tangan memegang parit kolam dan tangan yang lain membentuk sudut siku kedua lurus ke belakang kemudian gerakan naik turun secara bergantian dengan sumber gerakan pada pangkal paha.Punggung dan pantat sedikit berada di atas permukaan air 4. . kemudian sambil meluncur kedua kaki digerakkan naik turun dengan sumber gerakan pada pangkal paha. Gerakan kaki ke atas dilakukan lemas (rilek) jangan sam pai keluar dari permukaan air. Adapun cara melakukan gerakan kaki pada renang gaya bebas adalah : Gerakan kaki dimulai dari pangkal paha sampai dengan ujung jari Pada waktu gerakan kaki ke bawah harus disertai cambukan dari pergelangan kaki. Latihan gerakan kaki sambil meluncur. Otot otot perut dan leher rilek. 2. Demulai dari pinggi kolam dengan salah satu kaki mendorong dinding. 3. Gerakan Tungkai dalam renang gaya bebas. Sehingga tahanan menjadi kecil. Gerakan Kaki gerakan kaki pada renang memberi dorongan ke depan mengatur keseimbangan tubuh. Cara melakukan gerakan tungkai adalah sebagai berikut.

dilanjutkan dengan mendorong sampai lengan lurus ke belakang. Teknik gerakan lengan pada renang gaya bebas : T Siku tinggi (di atas air dan di air) TTelapak tangan rendah saat di atas air TPergelangan tangan ke dalam saat memulai TTarikan lengan terpusat pada alur pola gerak TIbu jari menyentuh paha TPola gerakan lengan adalah pola gerakan huruf s . TGerakan mendorong (push) Setelah siku mencapai bidang vertical bahu. T Istirahat (Recovery) Setelah gerakan mendorong selesai dan tangan lurus ke belakang dilanjutkan dengan mengangkat siku keluar dari air diikuti lengan bawah dan jari jari secara rileks digeser ke depan permukaan air kemudian jari jari dimasukkan ke dalam air. 4.TTungkai digerakkan dari pangkal paha TLutut dan pergelangan kaki melentur TUjung kaki lurus TDua atau empat atau delapan g erakan tungkai tiap tua gerakan lengan. Gerakan Lengan gerakan tangan gaya bebas dibagi menjadi 3 tahap yaitu : TGerakan menarik (pull) Dari posisi lurus ke depan. lengan ditarik silang di bawah dada dengan siku dibengkokkan.

Tahanan adalah kekuatan yang menahan perenang untuk kembali yang disebabkan oleh air yang menahannya untuk ke depan Dorongan adalah kekuatan yang menyebabkan perenang maju yang dihasilkan oleh gerakan kaki dan lengan. T Latihan gerakan lengan sambil meluncur. tergantung dari kekuatan tahanan dan dorongan. kedua kaki dibuka selebar bahu. dan recovery seperti teknik yang telah dijelaskan diatas. Mengapun yang dimaksud adalah mengapun pasir di tempat (mengapung jongkok telungkup). Dalam renang yang sangat mendukung teknik mengapung adalah dorongan dan tahanan. Renang Gaya Dada (Chest Stroke) Merupakan gaya yang paling mudah dan paling cepat untuk dipelajari. badan dibungkukkan ke depan dan kedua tangan lurus ke depan T Lakukan gerakan menarik. Jadi setiap gerakan maju dari seorang perenang. Mengapung mengapung dilaksanakan dengan posisi awal berdiri. 5. Tapi dalam segi kecepatan. . gaya ini merupakan gaya yang paling lambat. menendang. dimulai dari pinggir kolam. dengan kedua tangan secara bergantian. gerakan kaki bebas (boleh digerakkan atau tidak) Gerakan gerakan lengan pada renang gaya bebas perperan sebagai tenaga atau penggerak di samping sebagai pengatur keseimbangan tubuh.TAda dorongan kelajuan Bentuk bentuk latihan gerak lengan : T Berdiri di darat atau di kolam yang da ngkal.

1. tendang. gerakkan tangan ke samping kiri dan kanan. Masih dalam posisi kaki lurus. kaki & mengambil nafas . Ulangi langkah a c di atas Jadi urutan gerakan tangan gaya dada ini : 1) luruskan tangan di atas kepala.Gerakan tangan dan kaki dilakukan bergantian. kedua tangan lurus di atas kepala (kedua telapak tangan saling bertemu & menempel) b. . tendang. Mudah khan ! 2. Posisi awal. Luruskan tangan kembali. dan seterusnya. tetapi tidak perlu terlalu ke samping (cukup tarik ke samping selebar bahu dan selebihnya tarik ke bawah) c. rapatkan. dan seterusnya.ini akan menambah daya dorong) Ulangi langkah a c di atas Jadi urutan gerakan kaki gaya dada ini : 1) tekuk.Pengambilan nafas dilakukan ketika gerakan tangan ke samping kiri dan . Gerakan tangan a. 2) luruskan tangan di atas kepala. Mudah khan ! 3. gerakkan tangan ke samping kiri dan kanan.. Gerakan kaki a. Gerakan kombinasi tangan. Kemudian tarik tangan ke samping kanan dan kiri. Kemudian tendangkan/luruskan kaki dengan posisi kedua kaki terbuka (kaki kiri dan kaki kanan saling berjauhan) c. 2) tekuk. rapatkan. kemudian kaki dirapatkan (sampai te lapak kaki kiri dan kanan agak bersentuhan . Kaki ditekuk (dengkul dibengkokkan/ditekuk) b.

kemudian kepala mendongak ke atas sambil menga mbil nafas Tips : 1) Ketika mulai belajar tangan berpegangan pada pinggir kolam.kanan. Untuk anak -anak. maka mulailah belajar mengambil nafas. Oleh karena itu saat berlatih kaki ini sekaligus dijadikan sebagai sarana untuk berlatih gerakan kepala untuk mengambil nafas nantinya.hal ini dikarenakan kepala tidak masuk ke d alam air. melainkan terlalu ke bawah .. Lakukan 2 atau 3 kali gerakan kaki. Lakukan terus sampai bisa selebar kolam renang. orang tua / pelatih renang bisa melakukan ini. Hal ini dilakukan dengan cara memasukkan kepala ke dalam air selama belajar gerakan kaki dan menaikkan kepala hanya bila mau mengambil nafas. 3) Setelah lancar. sehingga Anda bisa menyeberangi kolam dengan menggerakkan kaki dan tangan tetap dipegangi teman Anda. Ketika ta ngan bergerak ke samping. Kaki seringkali tidak mengapung di permukaan air. Lakukan sampai lancar 4) Setelah itu sekarang mulai belajar menggerakkan tangan. kemudian gerakkan kaki seperti di atas. Kemudian kita mengapungkan badan (seperti posisi meluncur) dan gerakkan kaki gaya dada seperti di atas sampai ke pinggir kolam. kemudian baru gerakkan tangan gaya dada seperti di atas. Lakukan sampai lancar 6) Kemudian berlatihlah lebih ke tengah dan berenang untuk mencapai pinggir kolam. Nb. lakukan sampai lancar. Begitu seterusnya. . 5) Setelah cukup lancar. Lakukan sampai lancar 2) Kemudian Anda bisa meminta seorang teman untuk memegangi tangan Anda. maka naikkan kepala sedikit ke atas permukaan air dan langsung ambil nafas. maka sekarang kita agak ke tengah kolam.

tidak akan ada masalah kesulitan dalam pengambilan nafas karena wajah kita berada di atas air. Kaki digerakkan bergantian dengan cukup cepat agar arah renang Anda tidak melenceng/berbelok 2. Gerakan kaki a. tangan kanan masuk ke dalam air. Kaki kanan dan kiri digerakkan naik turun secara bergantian (seperti orang yang sedang berjalan /seperti gaya bebas tetapi dengan posisi wajah menghadap ke atas) b. ketika tangan kiri keluar dari dalam air. Posisi awal satu tangan lurus di atas kepala b. Gerakan tangan jangan terlalu lebar. mulailah perbaiki gaya renang gaya dada Anda. 1. Hal ini bisa diatasi dengan menghitung gerakan tangan. Gerakan kombinasi tangan. kaki & mengambil nafas Kaki terus bergerak seperti pada point 1 di atas. . Merupakan gaya yang paling berbeda dengan yang lainnya karena kita dengan posisi wajah menghadap ke atas. Lakukan hal yang sama dengan tangan yang satunya Jadi tangan kiri dan kanan bergerak secara bergantian. 1 kali gerakan tangan dan ambil nafas.Setelah lancar. sehingga kita tidak bisa melihat ke depan. Kemudian langsung mengayuh ke belakang menuju pinggang c. melainkan agak ke bawah (hal ini akan memberikan dorongan yang lebih kuat sekaligus memudahkan pengambilan nafas). 3. Mungkin yang jadi masalah adalah apakah kita sudah sampai ujung kolam atau belum. Gerakan tangan a. Dengan gaya ini. karena kita tidak bisa melihatnya (mata kita menghadap ke atas). begitu seterusnya. Kemudian angkat keluar dari permukaan air dan kembalikan ke posisi awal d. Gerakan kaki dan tangan bergantian yaitu 1 kali gerakan kaki.

Kaki digerakkan bergantian dengan cukup cepat agar arah renang Anda tidak melenceng/berbelok 2. Dengan gaya ini.Tips : 1) Posisi kaki jangan terlalu di permukaan air. maka sisi telapak tangan yang masuk ke dalam air terlebih dulu (hal ini memperkecil tahanan dari ai Renang Gaya Punggung Merupakan gaya yang paling berbeda dengan yang lainnya karena kita dengan posisi wajah menghadap ke atas. 5) Dagu agak didekatkan ke dada. tidak akan ada masalah kesulitan dalam pengambilan nafas . begitu seterusny a. melainkan agak ke dalam masuk ke dalam air (hal ini akan membantu kecepatan . Gerakan kaki a. jangan berhenti (hal ini agar arah renang kita tidak melenceng/berbelok). 1. tangan kanan masuk ke dalam air. 3) Telapak kaki agak diluruskan sedemikian rupa sehingga menjadi lurus / sejajar dengan tulang kaki 4) Posisi kedua kaki berdekatan satu dengan yang lainnya. 3. ketika tangan kiri keluar dari dalam air. Lakukan hal yang sama dengan tangan yang satunya Jadi tangan kiri dan kanan bergerak secara bergantian. Kaki kanan dan kiri digerakkan naik turun secara bergantian (seperti orang yang sedang berjalan /seperti gaya bebas tetapi dengan posisi wajah menghadap ke atas) b..juga memudahkan kepala tetap berada di atas) 2) Kaki terus bergerak. kaki & mengambil nafas Kaki terus bergerak seperti pada point 1 di atas. Posisi awal satu tangan lurus di atas kepala b. Gerakan tangan a. Kemudian langsung mengayuh ke belakang menuju pinggang c. Kemudian angkat keluar dari permukaan air dan kembalikan ke posisi awal d. hal ini akan me mbantu kecepatan dalam berenang. sehingga kita tidak bisa melihat ke depan. Gerakan kombinasi tangan. 6) Gerakan tangan ketika masuk ke dalam air.

kaki dan paha harus selalu dengan posisi lurus. Kemudian gerakkan kedua kaki secara bersamaan sedikit ke atas permukaan air c.. kaki dan paha dengan posisi lurus. 3) Telapak kaki agak diluruskan sedemikian rupa sehingga menjadi lurus / sejajar dengan tulang kaki 4) Posisi kedua kaki berdekatan satu dengan yang lainnya. b. karena kita tidak bisa melihatnya (mata kita menghadap ke atas).karena wajah kita berada di atas air. melainkan agak ke dalam masuk ke dalam air (hal ini akan membantu kecepatan . Hal ini bisa diatasi dengan menghitung gerakan tangan. jangan berhenti (hal ini agar arah renang kita tidak melenceng/berbelok). Gerakan kaki a. Dengkul tidak boleh ditekuk. Mungkin yang jadi masalah adalah apakah kita sudah sampai ujung kolam atau belum. Dan pinggul akan terdorong dan naik ke depan.juga memudahkan kepala tetap berada di atas) 2) Kaki terus bergerak. hal ini akan membantu kecepatan dalam berenang. Ulangi langkah b c di atas Perhatikan: Selama melakukan gerakan ini. 6) Gerakan tangan ketika masuk ke dalam air. 5) Dagu agak didekatkan ke dada. . 1. Juga kedua telapak kaki dalam posisi agak berdekatan (agak rapat) satu sama lainnya. sehingga memunculkan dorongan ke depan. Tips : 1) Posisi kaki jangan terlalu di permukaan air. maka sisi telapak tangan yang masuk ke dalam air terlebih dulu (hal ini memperkecil tahanan dari air) Renang Gaya Kupu-Kupu (Butterfly Stroke) Merupakan gaya yang paling sukar dan membutuhkan waktu untuk dipelajari. Kemudian jatuhkan ke dua kaki secara bersamaan ke bawah. Posisi awal. Dengkul tidak boleh ditekuk.

bukan di kaki 2. Juga pinggul/pantat agak bergerak ke atas. Setelah itu baru gerakkan tangan. baru kemudian diikuti 1 set gerakan tangan. Jangan khawatir karena memang gaya ini yang paling berat. Pada waktu gerakan tangan ke bawah inilah saat kita sedikit menaikkan kepala ke atas untuk mengambil nafas. Semakin sering Anda berlatih. . Tips : 1) Awalnya mungkin Anda hanya kuat 1/2 lebar kolam .teruskan berlatih. Jadi kekuatan sebenarnya adalah di gerakan pinggul. Gerakan tangan a.. maka seolah -olah ibu jari menyentuh permukaan air lebih dulu (telapak tangan agak menghadap ke luar) 3. maka Anda akan semakin bisa Bila dirasa terlalu berat. maka mulai perbaikilah gaya ini dengan memperbaiki start awal gaya kupu. Terus tarik sampai ke belakang. 2) Setelah cukup lancar. tapi tidak perlu menempel satu dengan yang lainnya) b. Gerakan kaki jangan dilakukan dilakukan secara berlebihan. sehingga kaki terangkat dan lecutkan/tendangkan kaki dengan posisi lurus sejauh mungkin ke belakang. Kemudian angkat kedua tangan secara bersamaan keluar dari permukaan air dan ayunkan kembali depan Ulangi langkah a c di atas Perhatikan: Ketika menjatuhkan tangan ke air. Anda bisa memulai belajar dengan melakukan 2 set gerakan kaki. Kepala ditekuk agak ke bawah (dagu agak menempel ke dada) dan gerakkan pinggul lebih dulu. kaki & mengambil nafas Gerakkan kaki seperti pada point 1 di atas. Kemudian gerakkan kedua tangan ke bawah secara bersamaan. c. Gerakan kaki dan tangan dilakukan bergantian. sehingga akan memberikan gaya dorong ke depan yang lebih besar. kedua tangan lurus di atas kepala (kedua telapak tangan berdekatan.Kedua telapak kaki dalam posisi agak berdekatan (agak rapat) satu sama lainnya. Posisi awal. Kemudian tarik kedua tangan ke bawah secara bersamaan. Gerakan kombinasi tangan.

Ini terserah Anda! . 4) Agar lebih cepat dan gerakan lebih stabil. karena itu manfaatkanlah sebaik mungkin. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan dorongan yang lebih kuat ke depan. Untuk membantu gerakan pinggul agak naik ke atas. jangan terlalu dalam. 5) Kesempatan kepala untuk naik ke atas permukaan air sangatlah sedikit dan sebentar (tidak seperti gaya dada). 3) Posisikan tubuh selalu di permukaan air. 7) Seringkali sewaktu tangan berada di dalam air. kepala bisa ditekuk ke bawah ( dagu agak ditempelkan ke dada). gerakan tangan membentuk seperti huruf S. lakukan 2 3 set gerakan kaki dan tangan baru kemudian menaikkan kepala untuk mengambil nafas. pastikan posisi dagu agak menempel ke dada. gerakan kaki selalu dimulai dari pinggul. Ini aka n menambah daya luncur gaya kupu menjadi lebih kuat.Berikutnya. Tetapi ada juga pelatih yang mengajarka n gerakan tangan biasa saja. sehingga gerakan tangan bisa lebih cepat dan kuantitas gerakan tangannya lebih banyak. 6) Ketika kepala sedang tidak ke atas permukaan air untuk bernafas.

oleh sebaba itu penulis mengharapkan kritik yang baik demi kesempurnaan bahan -bahan makalah ini Penulis mengucapkan terima kasih kepada teman -teman atau segala pihak yang telah membantu kami dalam keadaan proses kami dalam menyelesaikan tugas ini atau menyelesaikan bahan -bahan makalah ini.Kata pengantar Segala puji dan syukur kehadiran allah swt yang mana telah melimpahkan rahmatnya kepada kami semuanya dan khususnya kepada penulis yang mana telah menelesaikan bahan-bahan makalah ini. Dengan selanjutnya penulis menyadari bahwa ada terdapat kekurangan kekurangan dalam menyusun bahan -bahan makalah ini. Pekanbaru 2011 Penulis Rahmat roza .

................... .... Macam-macam gaya renang............... Dasar-dasar belajar renang.. Cara bernapas dalam renang.... Pendahuluan..............................DAFTAR ISI Kata pengantar............................................................. Sejarah renang.....................................................

www.macam-macam gaya renang.com sejarah renang .fidtoyou.Yahoo.com .DAFTAR PUSTAKA .