UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA

Makalah Kapita Selekta
Undang-undang Informasi Teknologi dan Elektronik

ILMU KOMPUTER

maka tim penyusun sangat mengharapkan kritikan dan saran guna perbaikan untuk pembuatan makalah untuk hari yang akan datang. Mungkin dalam pembuatan makalah ini masih banyak kekurangan baik itu dari segi penulisan. Demikianlah sebagai pengantar kata. 30 Oktober 2010 Tim Penyusun . Bandung.Kata Pengantar Dengan segala kerendahan hati tim penyusun memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT atas berkat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan Tugas Makalah ini untuk membahas tentang analisa mengenai UU ITE dan juga untuk memenuhi dalam bidang penelaian mata kuliah Kapita Selekta. dengan iringan serta harapan semoga tulisan sederhana ini dapat diterima dan bermanfaat bagi pembaca. isi dan lain sebagainya. semoga segala bantuan dari semua pihak mudah-mudahan mendapat amal baik yang diberikan oleh Allah SWT. Atas semua ini tim penyusun mengucapkan terima kasih banyak.

1.2 Rumusan Masalah Di dalam makalah ini akan dibahas tentang UU ITE. akhirnya Rencana Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (RUU-ITE) disahkan juga oleh DPR RI pada tanggal 25 Maret 2008. 1. Ternyata tidak hanya itu yang membuat pemerintah harus membuat dan menguatkan cyberlaw di Negara kita. Mobile-phone. Di Negara-negara lain seperti Singapura dan Malaysia mereka sudah lebih maju dalam perkembangan cyberlaw. Apa yang dimaksud dengan UU ITE tersebut dan apakah sudah efektif dan bagaimana peran UU ITE terhadap kegiatan yang ada di dunia maya. Electronic Communication Privacy Act (Akta Privasi Komunikasi Elektronik) tahun 1996.1 Pendahuluan Tindak kejahatan sekarang ini tidak hanya terjadi di dunia nyata bahkan kejahatan pun bisa terjadi di dunia maya. Ternyata setelah mengalami beberapa pertimbangan dari beberapa kasus yang bersangkutan dengan elektronik tersebut. Sedangkan Malaysia memiliki Computer Crime Act (Akta Kejahatan Komputer) dan Digital Signature Act (Akta Tandatangan Digital) pada tahun 1997.4 Tujuan Penulisan Agar tercipta forum diskusi yang membahas lebih dalam tentang UU ITE.3 Batasan Masalah Dalam makalah ini akan dibahas analisa dari para pakar dan pendapat masyarakat umum tentang UU ITE.BAB I 1. karena masih sulit dan dianggap kurang kuat untuk dipakai sebagai µbukti hukum¶ yang terkait dengan tindak kejahatan. seperti bukti rekaman Handphone. Selain itu mudah-mudahan dengan adanya Undang-undang ITE ini bisa berdampak positif pada masyarakat. Dan agar masyarakat lebih mengerti dan memahami tentang UU ITE juga bagaimana cara memanfaatkan UU ITE dengan bijak. 1. SMS (short message system). terdapat beberapa alasan lain yaitu untuk mengatasi masalah dan isu-isu hukum yang berkaitan dengan teknologi informasi dan transaksi elektronik. Singapura memiliki The Electronic Act (Akta Elektronik) tahun 1998. Seperti contoh Singapura sudah memiliki cyberlaw sejak 14 tahun yang lalu. Diharapkan setelah lahirnya Undang-undang ITE ini beberapa kasus yang disebabkan oleh perkembangan teknologi informasi dan transaksi elektronik dapat terselesaikan melalui ketentuan-ketentuan yang telah dimuat dalam Undang-undang ITE tersebut. CCTV (closed circuit television). Sebelum Undang-Undang ITE lahir sudah banyak kasus-kasus yang tidak terselesaikan akibat terhambatnya bukti-bukti yang bisa mengungkapkan suatu kejahatan. Communication and Multimedia Act (Akta Komunikasi dan Multimedia) tahun 1998. .

tujuan penulisan. Yaitu dengan cara mengumpulkan berbagai sumber yang membahas tentang UU ITE dari internet lalu menyusunnya menjadi sebuah makalah.5 Metode Penulisan Metode penulisan yang dilakukan untuk menyusun makalah ini adalah dengan metode pendekatan pustaka.1. rumusan masalah.6 Sistematika Penulisan Sistematika makalah ini terbagi atas tiga bab utama. Bab 2 Isi berisi seluruh materi tentang UU ITE . 1. dan sistematikapenulisan dari makalah ini. batasan masalah. metode penulisan. Bab 1 Pendahuluan berisi tentang latar belakang.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful