Perubahan fisika

Yaitu perubahan suatu zat yangtidak dapat menghasilkan zat yang baru akan tetapi hanya terjadi perubahan face saja, misalnya:

Contoh: 1.air menjadi es 2.air menjadi uap air 3.es menjadi air 4.uap air menjadi air 5.kapur barus menjadi gas 6.pembentukan kerak kenalpot Selain perubahan wujud dalam perubahan fisika juga mengalami perubahan ukuran , misalnya: beras di tumbuk menjadi tepung . gela merah diiris-iris , kawat dibengkokan dan sebagainya.perubahan ukuran,bentuk dan keadaan zat merupakan perubahan fisika, sebab tidak mengubah identitas zat suatu materi.

Perubahan bentuk Contoh: 1) Beras di tumbuk menjadi tepung 2) Kayu diubah menjadi meja. Berdasarkan faktor penyebabnya dibedakan menjadi 3: a. kursi. dan sebagainya c. Perubahan wujud contoh: 1) Minyak wangi menguap 2) Es bal mencair 3) Lilin meleleh 4) Kapur barus menyublim b. Dapat terjadi pada setiap jenis materi 2. almari 3) Kain diubah menjadi baju. Berdasarkan penyebabnya maka perubahan zat dapat dibedakan dalam 5 kelompok utama. antara lain: .Perubahan kimia perubahan suatu zat yang menghasilkan zat baru dan dapat mengubah identitas zat 1. Perubahan karena pelarutan / pengeringan Contoh: 1) Pembuatan garam 2) Sirup diubah menjadi air 3) Sayuran menjadi layu/ kuning 4) Cabe segar di keringkan menjadi cabai kering 3. celana. Perubaha kimia dan fisika terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Proses peragian Contoh: 1) Kedelai menjadi tempe 2) Susu menjadi keju 3) Tepung menjadi roti d.a. Proses perkembangan Contoh: 1) Anak kecil tumbuh menjadi dewasa 2) Cabai kecil hijau menjadi merah besar 3) Anak ayam menjadi besar c. Proses biologis dari makhluk hidup Contoh: 1) Fotosintesis pada tumbuhan 2) Pencernaan pada hewan dan manusia 3) Pencernaan makanan pada makhluh hidup e. Proses pembakaran Contoh: 1) Pembakaran kayu menjadi abu . Proses kerusakan Contoh: 1) Besi berkarat 2) Kayu menjadi lapuk 3) Sampah membusuk b.

Racun . Warna Adalah ciri tersendiri yang membedakan antara zat satu dengan zat yang lain c. SIFAT KIMIA Adalah ciri ciri suatu zat yang berhubungan dengan terbentuknya zat jenis baru Contohnya : a. Wujud zat • Padat • Cair • Gas b. Berkarat d. sedangkan benda non magnetik adalh benda yang tidak daapt di tarik oleh magnet. Busuk dan asam c. Kemagnetan Magnetik Adalah benda yang dapat di tarik kuat oleh magnet. Daya hantar listrik e. Mudah meledak e. Kelarutan Air merupakan zat pelarut untuk zat zat terlarut d. Mudah terbakar b.2) Petasan meledak SIFAT FISIKA Dinamakan sifat fisika jika : a.

Pemisahan Campuran Setiap zat tersusun atas partikel-partikel yang sangat kecil. Sublimasi Pemisahan campura dengan sublimasi dilakukan pada zat-zat yang dapat menyublim. Dalam kegiatan laboratorium pemisahan campuran dapat dilakukan dengan menggunakan kertas saring. Antara lain : 1. Penyulingan (destilasi) Penyulingan/ Destilasi adalah proses pemisahan campuran zat cair yang didasarkan pada perbedaan titik didih zat. sahingga dihasilkan sumber air yang jernih. Kristalisasi Zat padat tidak dapat dipisahkan dari larutan dengan cara disaring. Keberadaan partikel-partikel dapat di buktikan. Zat yang tertahan dan tertinggal dalam kertas saring disebut Residu. misalnya satu sendok garam dapur dilarutkan dalam segelas air. 4. Zat padat seperti gula dan garam yang terlarut dalam air dapat dipisahkan dari larutannya dengan cara penguapan dan terjadi kristalisasi . Penyaringan (filtrasi) Peristiwa alam turunnya hujan ke bumi dengan membawa zat-zat lain. dan mangalami penyaringan oleh lapisan tanah. cairan yang lolos dari kertas saring di sebut Filtrat. Pasti akan terasa asin. . Pemisahan campuran dengan memperhatikan perbedaan kelarutan juga dapat dilakukan dengan penyaringan(filtrasi). Hal ini menunjukkan bahwa pemisahan campuran dapat dilakukan dengan berbagai cara. Pemilihan ukuran penyaringan disesuaikan dengan ukuran zat yang akan dipisahkan. Air yang meresap ke dalam tanah melalui celah-celah kecil. 2. 3. Sublimasi adalah perubahan zat dari wujud padat menjadi gas atau sebaliknya. Contoh : memperoleh bensin dari campuran antara air dan bensin.

Dll. Beras menjadi tepung 2. Kromatografi Kromatologi adalah proses pemisahan campuran yang didasarkan pada perbedaan kecepatan merambat antara partikel-partikel zat yang dicampur pada suatu medium. Membuat es batu 6. Cabe hijau menjadi merah 4. Membakar kertas 5. CONTOH PEMANFAATAN PERUBAHAN FISIKA DAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN SEHARI HARI: 1. Contoh: pemisahan warna hitam menjadi warnawarna penyusunnya.5. . Memasak telur 3.

Sifat fisika c. Perubahan fisika d. Sifat fisika c. Alam c. Fisika . a. Ciri khas zat yang dapat diamati tanpa mengubah zat-zat penyusun materi tersebut dinamakan . Sifat kimia b. Sifat zat 3. a. Sifat kimia b. Kimia b. a. Sifat alam d. Beras yang ditumbuk halus menjadi tepung merupakan contoh perubahan …. Ciri-ciri suatu zat yang berhubungan dengan terbentuknya zat jenis baru disebut …. Perubahan kimia c. Perubahan pada zat yang tidak menghasilkan zat jenis baru disebut … a... Perubahan zat 4. Sifat alam d. Zat d.CONTOH SOAL 1. Sifat zat 2. Perubahan alam b.

Filtrasi b. Pemisahan campuran air garam sehingga diperoleh garam dapat dilakukan didasarkan pada … a. Perubahan pada zat yang menghasilkan zat jenis baru disebut … a. Titik beku 8. Kimia b. Titik lebur b.5. Perubahan kimia d. Perubahan bentuk c. a. Titik uap c. Zat yang tertahan dan tertinggal dikertas saring disebut …. Perubahan alam b. Filtrate . Alam c. Bentuk 7. Perubahan fisiska 6. Titik didih d. a. Kertas yang dibakar menjadi abu merupakan contoh perubahan …. Fisika d.

Pada pemisahan campuran dengan penyaringan didasari oleh …. Lakmus 10. Cairan yang dapat lolos saat penyaringan oleh kertas saring disebut … a. Titik lebur c. Residu b. Pengembunan. Sublimasi d. a. Titik uap 11. pembekuan . Penyaringan b. Lakmus 9. Proses penyulingan dilakukan dengan 2 tahap yaitu… a. Proses pemisahan capmuran zat cair yang didasarkan pada perbedaan titik zat disebut … a.c. Filtrate c. Penyulingan c. Ukuran partikel d. Titik didih b. Filtrasi d. Residu d. Kristalisasi 12.

Proses pemisahan campuran yang didasarkan pada kecepatan merambat antara partikel-partikel zat yang dicampur disebut…. Kristalisasi b. Sublimasi d. Kromatografi d. Penguapan c. Petani garam mendapatkan garam dari air laut dengan cara … a. Penyulingan c. Penguapan. Pembekuan. Penguapan. Pengembunan b. Kristalisasi d. sublimasi . Perubahan zat dari wujud padat menjadi gas atau sebaiknya disebut .. pencairan c. pengembunan d. a. a. Penguapan dan kristalisasi 14. Pengembunan 15. Penguapan c. Kristalisasi b.b. penguapan 13.

Perubahan Materi OLEH KELOMPOK II KELAS VII A .

(Pemisahan Campuran) 5) Faiz Aji Wibowo (Iuran) 6) Febriana Vita A.ANGGOTA KELOMPOK II: 1) Adis Putri Nelaniken (Sifat Fisika Kimia) 2) Arya Pujaratana (Iuran) 3) Defando Dwi M (Pemanfaatan dalam kehidupan sehari hari) 4) Dinda Safara K. (Perubahan fisika kimia) 9) Widanu Adi Khresna (Burning CD) . CD) 8) Pitaloka Sekar K. (Iuran) 7) Haris Pungky Aditya (Contoh Soal.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful