P. 1
Perancangan Sistem Central Air Conditioner

Perancangan Sistem Central Air Conditioner

|Views: 689|Likes:
Published by Muhammad Reza

More info:

Published by: Muhammad Reza on Jun 07, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/24/2013

pdf

text

original

PRESENTASI TEKNIK PENDINGIN DAN PENGKONDISIAN UDARA

PERANCANGAN SISTEM AC SENTRAL DI SUPERMARKET
KELOMPOK 10 : ALEXIS HASRUL M IQBAL SAFUTRA NOVRIADI VICTORY OCTAVIANDINATA BLABLA 07971025 07171011 07171038 07171046 06171000

Perancangan sistem central air conditioner Central air conditioner adalah merupakan proses pendinginan udara terpusat pada satu lokasi yang kemudian didistribusikan ke semua arah atau lokasi. .

Kompresor .Kondensor .Alat ekspansi . Unit pendingin ( chiller) Chiller adalah mesin refrigerasi yang berfungsi untuk mendinginkan air pada sisi evaporatornya.Sistem ini mempunyai beberapa komponen 1.Evaporator . Adapun bagian bagian chiller diantaranya : .

. dimana udara panas dari ruangan dihembuskan melewati coil pendingin didalam AHU sehingga menjadi udara dingin yang selanjutnya didistribusikan ke ruangan. . .Filter. Adapun bagian bagian AHU diantaranya : .Koil pendingin. AHU (Air Handling Unit)/Unit Penanganan Udara AHU Adalah suatu mesin penukar kalor.Sentrifugal fan.2.

atau partikel-partikel lainnya sehingga diharapkan udara yang dihasilkan lebih bersih. debu. .Filter Merupakan penyaring udara dari kotoran..

. .Sentrifugal fan Merupakan kipas/blower sentrifugal yang berfungsi untuk mendistribusikan udara melewati ducting menuju ruanganruangan.

..Koil pendingin Merupakan komponen yang berfungsi menurunkan temperatur udara.

. fan sentrifugal dan koil pendingin. Campuran udara tersebut masuk menuju AHU melewati filter.Prinsip kerja dari AHU Prinsip kerja secara sederhana pada unit penanganan udara ini adalah menyedot udara dari ruangan (return air) yang kemudian dicampur dengan udara segar dari lingkungan (fresh air). Setelah itu udara yang telah mengalami penurunan temperatur didistribusikan secara merata ke setiap ruangan melewati saluran udara (ducting) yang telah dirancang terlebih dahulu sehingga lokasi yang jauh sekalipun bisa terjangkau.

.3.Cooling Tower ( khusus untuk chiller jenis Water Cooler) Adalah suatu mesin yang berfungsi untuk mendinginkan air yang dipakai pendinginan condenssor chiller dengan cara melewat air panas pada filamen didalam cooling tower yang dihembus oleh udara sekitar dengan blower yang suhunya lebih rendah.

POMPA SIRKULASI Pompa ini hanya untuk Chiller jenis Water Cooled dan berfungsi untuk mensirkulasikan air pendingin dari kondensor Chiller ke Cooling Tower dan seterusnya. .4.

Sistem kerjanya .

Jika satu komponen mengalami kerusakan dan sistem AC sentral tidak hidup maka semua ruangan tidak akan merasakan udara sejuk. .Beberapa kelemahan dari sistem ini adalah . Adapun kelebihannya adalah tidak memerlukan pemasangan split yang banyak. .Selain itu jika temperatur udara terlalu rendah atau dingin maka pengaturannya harus pada termostat di koil pendingin pada komponen AHU.

Contoh pemasangan AC Central .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->