Cara Mudah Setting IP address untuk Koneksi ke Internet dan Jaringan Meskipun terlihat usang dan simple ternyata

tidak semua orang mengerti untuk melakukan settingan IP address pada komputernya. Suatu ketika, saya menemui beberapa rekan yang kebingungan ketika disuruh set IP Address komputer laboratorium dan sekretariat yang akan dia gunakan. Disebabkan sering berpindah-pindah settingannya dari Statis ke Dinamis ataupun sebaliknya karena beberapa sebab. Disini, saya akan sedikit menjelaskan tentang settingan IP Address pada Windows XP. Cara paling mudah untuk menyeting IP, antara lain: Klik menu Start, kemudian pilih Control Panel (Klik gambar Untuk menampilkan Perbesaran maksimal)

Setelah itu, pilih Network and Internet Conection.

Lalu pilih Network Connection.

Setelah muncul tampilan seperti di bawah ini, klik kanan pada icon Local Area COnnection, lalu pilih Properties.

Setelah muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini, aktifkan Internet Protocol (TCP/IP), lalu klik Properties.

Untuk lebih memastikan lagi klik icon Local Area Connection pada taskbar. Subnet mask dan Default gateway. Untuk memastikan bahwa anda telah terhubung dengan jaringan dan internet. Setelah anda melalui step di atas. . Setelah itu klik radio button Use the following DNS server addresses. anda telah selesai mengatur IP komputer anda. klik OK. setelah itu isi kotal Preferred DNS server dan Alternate DNS server.Klik radio button Use the following IP address. letakkan pointer mouse pada icon Local Area Connection pada taskbar. kemudian isi kotak IP address. Akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Klik OK setelah muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini. Setelah semua dapat dipastikan benar.

dll yang telah anda setting tadi. Pada Support anda dapat melihat IP address. klik nemu Start kemudian Run. . Setelah itu tuliskan ping (spasi) IP address komputer anda. kemudian tekan tombol ENTER pada keyboard. Dilakukan dengan cara. Subnet Mask. Kecepatan pengiriman dan penerimaan data dan perintahnya juga dapat dilihat disini. Default Gateway.Akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini. seperti pada gambar. Pada kotak Search isikan cmd. Selain dengan cara di atas. anda juga dapat mengecek koneksi dari Command Prompt. anda dapat melihat status koneksi LAN dan kecepatannya.

Perhatikan gambar di bawah ini. . berarti komputer anda telah terhubung pada jaringan LAN. jika muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful