P. 1
tugas pkn

tugas pkn

|Views: 355|Likes:

More info:

Published by: Adinda Mirza Maulidya on Jun 07, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/26/2014

pdf

text

original

1. Presiden atau raja berkedudukan sebagai kepala negara adalah merupakan sistem pemerintahan ... A. Liberal B. Parlementer C. Monarki D.

Presidensil E. Quasi parlementer 2. Suatu kabinet yang dibentuk diluar campur tangan DPR, menteri-menteri yang dipilih oleh presiden tetap bertanggung jawab kepada DPR, disebut kabinet ... A. Ministerial B. Parlementer C. Ekstraparlementer D. Presidensial E. Koalisi 3. Akibat sistem multipartai dan corak kabinet parlementer, terjadi ketidakstabilan pemerintah. Kabinet parlementer untuk pertamakali dipimpin oleh ... A. Moh. Hatta B. Moh. Roem C. Syafruddin Prawiranegara D. Ali Sastroamidjojo E. Sutan Syahrir 4. Mengangkat dan memberhentikan menteri-menteri merupakan salah satu tugas presiden sebagai... A. Mandataris MPR B. Panglima tertinggi C. Kepala Pemerintahan D. Kepala Negara E. Lembaga Tinggi Negara 5. Sistem Pemerintahan dimana hubungan antara badan lehislatif dan bahan eksekutif bersifat fungsional adalah sistem pemerintahan ... A. Otoriter B. Presidensil C. Parlementer D. Parlementer Semu E. Quasi Parlementer 6. Dilihat dari Sifatnya, bentuk pemerintahan dapat dibedakan menjadi kecuali,... A. Aristokrat B. Timokrasi C. Demokrasi D. Tirani E. Republik

.. 10. Dalam teori siklus polybius.7.. sebab sangat tergantung dukungan parlemen (4) Masa jabatan presiden dan legislatif dapat ditentukan dengan pasti Yang merupakan ciri-ciri pokok sistem pemerintahan parlementer adalah. Perhatikan beberapa contoh pengelompokan bentuk pemerintahan dibawah ini: (1) Monarki (2) Tirani (3) Aristrokasi (4) Oligarki Bentuk pemerintahan dimana kekuasaan negara yang tertinggi ada di tangan rakyat yang pemerintahannya untuk kepentingan rakyat adalah . Oligarki B. Indonesia melakukan langkah mengubah pemerintahannya menjadi pemerintahan parlementer pada tanggal 14 November 1945 Sebab Rakyat Indonesia merasa kekuasaan presiden terlalu luas dan harus dibatasi 13. 9.. Kekuasaan presiden masa awal telah tereduksi dengan dibentuknya Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) Sebab Komite nasional Indonesia Pusat diserahi tugas kekuasaan legislatif dan ikut menetapkan GBHN 12.. Monarki D. Tirani E. bentuk pemerintahan setelah Tirani adalah Oligarki Sebab Rakyat merasa perlu mengganti bentuk pemerintahan yang dipimpin oleh penguasa yang kejam dan mengangkat seorang pemimpin yang berkharisma dan kaya. Terdapat beberapa ciri sebagai berikut : (1) Kekuasaan Parlementer lebih kuat dari kekuasaan pemerinta h (2) Presiden dan legislatif tidak dapat saling menjatuhkan (3) Masa jabatan kabinet tidak dapat ditentukan secara pasti. manakah kecenderungan bentuk pemerintahan yang terjadi setelah Aristrokasi ? A. Dibawah ini adalah pengelompokan bentuk negara : (1) Negara kesatuan (2) Federal/serikat (3) Konfederasi (4) Republik Pengelompokan negara berdasarkan distribusi kekuasaannya adalah.. Okhlokrasi 8. Dalam siklus polybius. Demokrasi C. Penggantian sistem pemerintahan dari presidensil menjadi parlementer merupakan penyimpangan yang konstitusional Sebab Hal ini bertentangan dengan ketentuan pasal 17 UUD 1945 yang tertulis bahwa Indonesia dalah negara yang berbentuk Republik.. 11. 14.

parlemen menggunakansistem parlemen 1 kamar Sebab Anggota parlemen Indonesia hanya terdiri dari Dewan Perwakilan Rakyat saja. Menurut sistem ketatanegaraaan sebelum amandemen UUD 1945.15. struktur kekuasaan yang paling tinggi adalah UUD 1945 Sebab UUD 1945 merupakan jiwa dan pandangan hidup bangsa 18. Negara bagian boleh membentuk sistem pemerintahan yang berbeda dengan Pemerintahan Negara Federal (Pemerintah Pusat) Sebab Negara bagian memiliki semua kekuasaan yang tidak didelegasikan kepad pemerintah a federal (pusat) 17. Pada sistem pemerintahan Indonesia. dalam hal ini Presiden Indonesia dapat mengangkatnya langsung Sebab Presiden Indonesia memegang kekuasaan sebagai Kepala Pemerintahan dan Kepala Negara 20. Pemerintahan sistem referendum (variasi dari sistem pemerintahan parlementer dan presidensil) mempunyai kelemahan yakni tidak setiap masalah mampu terselesaikan Sebab Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu pengetahuan yang cukup yang harus dimiliki rakyat itu sendiri. Di beberapa negara seperti Inggris dan Jepang menganut sistem dua kamar kebangsawanan Sebab Kedua negara tersebut menyejajarkan unsur-unsur demokratis dan kebangsawanan 16. . Dalam pengangkatan Duta untuk negara asing. mengingat pemerintahan diawasi secara langsung oleh rakyat. 19.

TUGAS PKN OLEH : RB EMIL TRISATYA NURIMAN XII-2 / 23 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->