P. 1
STRATEGI

STRATEGI

|Views: 547|Likes:

More info:

Published by: Diajeng Wiwik Widiyanti on Jun 07, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/30/2012

pdf

text

original

UTS MANAJEMEN STRATEGI

STRATEGI

Disusun oleh:

WIWIK WIDIYANTI NIM: 71106244

PROGRAM PASCA SARJANA MAGISTER MANAJEMEN UNIVERSITAS BINA SARANA INFORMATIKA BANDUNG 2011

STRATEGI

A. Pendahuluan Kata "strategi" adalah turunan dari kata dalam bahasa Yunani, strat gos. Adapun strat gos dapat diterjemahkan sebagai 'komandan militer' pada zaman demokrasi Athena. Strategi merupakan pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan, dan eksekusi sebuah aktivitas dalam kurun waktu tertentu. Di dalam strategi yang baik terdapat koordinasi tim kerja, memiliki tema, mengidentifikasi faktor pendukung yang sesuai dengan prinsip-prinsip pelaksanaan gagasan secara rasional, efisien dalam pendanaan, dan memiliki t ktik untuk mencapai a tujuan secara efektif. Strategi dibedakan dengan taktik yang memiliki ruang lingkup yang lebih sempit dan waktu yang lebih singkat, walaupun pada umumnya orang sering kali mencampuradukkan ke dua kata tersebut. Contoh berikut menggambarkan perbedaannya, "Strategi untuk memenangkan keseluruhan kejuaraan dengan taktik untuk memenangkan satu pertandingan". Pada awalnya kata ini dipergunakan untuk kepentingan militer saja tetapi kemudian berkembang ke berbagai bidang yang berbeda seperti strategi bisnis, olahraga (misalnya sepak bola dan tenis), catur, ekonomi, pemasaran, perdagangan, manajemen strategi, dll.

dan strategi sebagai ³PENIPUAN´ (Ploy) yaitu muslihat rahasia. strategi sebagai POLA kegiatan. ³The company must survive the competition´. di mana strategi dalam membentuk misi. C. strategi sebagai POSISI. definisi mengenai strategi cukup beragam dan bervariasi dari beberapa ahli dan pengarangnya. yaitu: strategi sebagai PERSPECTIF. maka ada dua kriteria yang harus dipenuhi yaitu : pertama. Henry Mintzberg mendefinisikan strategi sebagai 5P. secara umum dapat didefinisikan bahwa strategi itu adalah rencana tentang serangkaian manuver. Ketika sebuah bisnis atau industri ini sukses dan memenangkan kompetisi. Sebagai Posisi. yaitu umpan balik dan penyesuaian. ³The company must supply the customers want to buy´. Dari berbagai pengertian dan definisi mengenai strategi. Strategi dalam manajemen Perguruan Tinggi Dalam dunia bisnis dan industri kompetisi itu melekat dengan gerak langkah bisnis dan industri. Gerry Johnson dan Kevan Scholes (dalam buku ³Exploring Corporate Strategy´) misalnya mendefinisikan strategi sebagai arah dan cakupan jangka panjang organisasi untuk mendapatkan keunggulan melalui konfigurasi sumber daya alam dan lingkungan yang berubah untuk mencapai kebutuhan pasar dan memenuhi harapan pihak yang berkepentingan (stakeholder).Sebagai Perspektif. dikatakan bahwa: Dalam bidang manajemen.B. Hutabarat dan M. Strategik di Tengah Operasional / J. di mana dicari pilihan untuk bersaing. Apakah yang diperlukan oleh customer itu ? . untuk menjamin keberhasilan mencapai tujuan. misi menggambarkan perspektif kepada semua aktivitas. Huseini. kedua. Sebagai Pola kegiatan. strategi sebagai PERENCANAAN. Strategi dalam bidang ekonomi Kutipan dari buku Pengantar Manajemen Strategik Kontemporer. yang mencakup seluruh elemen yang kasat mata maupun yang tak-kasat mata. di mana dalam strategi dibentuk suatu pola. Karena itu ada dua pertanyaan sederhana dalam kaitannya dengan dua kriteria keberhasilan diatas yaitu : 1. dalam hal strategi menentukan tujuan performansi perusahaan. Sebagai Perencanaan.

tidak hanya untuk survival dan memenangkan persaingan tapi juga untuk tumbuh dan berkembang. Jadi strategi adalah rencana yang mengandung cara komprehensif dan integrative yang dapat dijadikan pegangan untuk bekerja. ³A strategy is the pattern or plan that integrated an organization major goals. seperti yang diungkapkan oleh Von Neumon dan morgenstren dalam tulisannya ³Theory of Games´ yang mengandung teori dan konsep strategy.2. In situations of life and death. it isthe Tao of survival or extinction. threats. in the environment and contingent moves by intelligent opponents´. A well formulated strategy helps to marshall and allocated organization resources into a unique and viable posture based upon its relative internal competences and shortcomings. policies. nmun memiliki karakteristik dan unsur-unsur yang esensinya sama. and action aequences into a cohesive whole. Dari sinilah konsep tersebut kemudian di aplikasikan kedalam dunia bisnis dan dunia kehidupan lainnya seperti politik. mutual distrusts. Dalam perkembangan selanjutnya terutama dalam era globalisasi strategy merupakan management instrument yang ampuh dan tidak dapat dihindari. dan balance antara kerjasama dan conflict. Unsur-unsur umum ini adalah prinsip-prinsip dalam bargaining. Analysis Terhadap Kompetitor . Its study cnnot be neglected´ ³Strategy is the overall plan for deploying resources to establish a favorable aposition for action´. berjuang dan berbuat guna memenangkan kompetisi. Thomas Schelling mengembangkan study dengan judul ³The Strategy of Conflict´ yang mengungkapkan berbagai unsur strategy yang umum ditemui dalam berbagai aspek kehidupan dalam situasi competitive. ³Strategy is the great work of organization. Apakah yang harus dilakukan agar survive dalam kompetisi ? Konsep Strategi Strategi adalah sebuah rencana yang komprehensif yang mengintegrasikan segala resources dan capabilities yang mempunyai tujuan jangka panjang untuk memenangkan kompetisi. anticipated changes. Konsep strategi ini secara historis memang berasal dari militer. Berikut ini beberapa definisi strategi yang walaupun rumusannya bervariasi.

Berikut ini pertanyaan mendasar dalam menganalysis competitor : 1. strategi. Semua kegiatan ini termasuk dalam repositioning kelembagaan perguruan tinggi. Repositioning perguruan tinggi dilaksanakan dengan menilai dan mereview seluruh kekuatan dan kelemahan sehingga dapat menentukan mana yang harus diperbaiki dan diperkuat. Dampak globalisasi akan dibahas tersendiri. berbagai lembaga pendidikan yang bertaburan dimasyarakat. dan seluruh kekuatan yang ada dipasar. Membangun Keunggulan Strategi Pada Perguruan Tinggi Strategi untuk membangun perguruan tinggi dalam era kompetisi ini dapat dikelompokkan kedalam beberapak kelompok berikut ini: . social dan political organizations. dan langkah apa yang harus diambil? 2. sedangkan dalam bagian ini analisis hanya difokuskan kepada kompetisi dan strategi. dampak globalisasi. Perguruan tinggi harus juga mengetahui resources dan potentials serta capabilities yang dimiliki untuk memulai suatu gerakan dalam bersaing. Siapa yang harus menjadi sasaran competitor. seperti perguruan tinggi lain. Agar perguruan tinggi dapat bergerak dalam kompetisi dan dalam menetapkan strategi dengan tepat dan benar. Hal apa yang harus dihindari untuk menghindari response yang emosional dan desperate? Dibawah ini disajikan framework untuk mengkaji competitor. maka diperlukan penentuan posisi baru dengan paradigma baru dan orientasi baru yang disebut dengan repositioning. kompetisi. kedua. Apakah strategic move competitor itu dan seberapa seriuskah harus diperhatikan? 3. Kompetitor. Examples: Repositioning Perguruan Tinggi Pada era globalisasi ada tiga tantangan besar yang dihadapi setiap perguruan tinggi pertama. ketiga. perlu dikaji dan pasar bebas perlu diketahui dengan jelas sehingga tidak salah dalam menetapkan strategi untuk memasuki pasar.Dalam membangun strategi untuk memenangkan kompetisi maka salah satu fokus utama adalah memahami tentang posisi dan gerakan competitor.

Positioning merupakan konsep yang mengubah keaslian iklan. Untuk perguruan tinggi yang menjadi customers itu amat kompleks dari mahasiswa. barang. 4. sehingga mereka merasa terikat secara emosional. Positioning dimulai dengan sebuah produk. Menciptakan trust dan confidence dikalangan berbagai kelompok stakeholders yang amat luas dan kompleks itu. D. Luasnya stakeholder ini karena pendidikan termasuk pendidikan tinggi merupakan hak setiap orang sesuai dengan deklarasi dunia bahwa pendidikan itu hak setiap orang. sesungguhnya adalah keunggulan komunikasi. Customers satisfaction menjadi tujuan utama. konsep yang sederhana yang membuat orang menghadapi kesulitan dalam memahami kekuatannya. dari sudut pandang penerima.1. keterikatan emosional dalam hal ini loyalty. jasa. Dalam dunia kompetisi batas antara kerjasama dan bersaing kadang-kadang amat tipis. Trust dan confidence ini penting sebagai salah satu bentuk social and public accountability perguruan tinggi. Mengembangkan hubungan baik dengan customers. salah satu inti dari strategi adalah persepsi. orang tua. Sehingga masalah dalam bersaing adalah masalah dalam berkomunikasi. Keunggulan bersaing perusahaan. Strategi adalah persepsi Menurut Jack Trout dalam bukunya Trout On Strategy. 2. Membangun kerjasama. Membangun competitive advantage centers. kemungkinan Anda akan berhasil dalam bidang bisnis. dibangun dalam penghargaan yang rendah. Pusat-pusat keunggulan ini bila dapat diwujudkan akan merupakan point of promotion yang menarik. agama. sebab bila satisfaction tercipta. Strategi Positioning sesungguhnya adalah strategi komunikasi. Dalam membangun perguruan tinggi era globalisasi setiap perguruan tinggi tidak mungkin menutup diri. Jika Anda berhasil dalam dalam periklanan. perusahaan. politik atau aktivitas lainyang membutuhkan komunikasi massa. 3. secara bertahap dapat berkembang. Tetapi positioning bukanlah sesuatu yang Anda lakukan terhadap produk. kemitraan dan networking. Periklanan merupakan bentuk komunikasi yang. tapi juga sekaligus membuka peluang untuk menambah kekuatan kompetitor. Kerjasama penting untuk membangkitkan daya saing dan daya jual. bisnis dan industri lembaga pendidikan persekolahan. Positioning adalah sesuatu yang Anda lakukan terhadap . sebab itu artinya kematian. atau orang.

bukan memfokuskan diri pada layanan kargo tertentu. . Apapun yang Anda kirim Emery akan melayaninya. Ini ide yang sangat Asia. mantan Chairman Apple Computer mengatakan ³Segala hal yang telah kita pelajari dalam era industri cenderung menciptakan kerumitan yang semakin parah. Kesederhanaan sebagai strategi Kesederhanaan merupakan salah satu dari inti strategi. Polytron dengan ³Yang lainnya lewat´ dan RCTI ³Tambah Oke´. Pada dasarnya ada perubahan penampilan yang akan dilakukan dengan tujuan menjamin suatu posisi yang lebih berharga dalam persepsi calon konsumen. E. yaitu menempatkan produk itu pada pikiran calon konsumen. Maka merupakan kesalahan jika menyebut konsep ini sebagai ³positioning produk´. Maka pendekatan terbaik yang akan diamb sesorang dalam il masyarakat adalah pesan yang sederhana. Tetapi perubahan tersebut adalah perubahan terhadap nama. Di awal 1970-an Federal Express adalah pemain yang baru berjuang dalam bisnis pengiriman barang. Saya kira semakin banyak orang yan sadar g bahwa Anda harus melakukan penyederhanaan. Namun dengan sangat brilian CEO Fred Smith membuat strategi yang berfokus pada pengiriman barang semalan (overnight) saja. bukan sebaliknya. Emery Air Freight. Kata ³semalam (overnight)´ inilah yang menghantar kejayaan Federal Express. Emery terjebak. Positioning juga merupakah tubuh pemikiran yang pertama yang dirancang untuk memegang permasalahan dalam mendengarkan masyarakat kita yang kebanjiran informasi. layanan paket kecil dan layanan paket besar. Menguasai satu kata di kepala. Layanan kargo semalam. harga dan kemasan bukan terhadap produk secara keseluruhan. Seperti halnya Anda melakukan sesuatu hal terhadap fisik produk itu. Siapa yang memenangkan persepsi terhadap benak konsumen adalah yang memenangkan persaingan. layanan dua hari. berdiri 1946 merupakan perusahaan kargo udara pertama di dunia. kata yang sederhana untuk meraih keunggulan bersaing. bahwa kesederhanaan adalah kecanggihan terhebat´. malah menawarkan layanan kargo apapun.pikiran calon konsumen. Satu satunya pertahanan yang dimiliki seseorang dalam masyarakat adalah pemikiran yang sangat sederhana. karena persepsi adalah salah satu inti dari strategi. John Sculley. ProXL menggunakan kata ³Tak hanya bicara´. Juga salah jika positioning tidak melibatkan perubahan.

beberapa dekade lalu Volvo telah menjadi mobil mewah di Eropa dan penjualan tertinggi di amerika Serikat. Audi. bahasa Anda vulgar. Hasilnya. psikolog. Akio Morita memberikan arah Sony untuk menemukan pasar-pasar baru dengan sebutan ³semangat perintis´. F. sulit bagi pesaing untuk mengambil kata tersebut. Kepemimpinan sebagai strategi Inti dari strategi adalah kepemimpinan. . Kesuksesannya paling terkenal adalah ide Morita tetantang Walkman. hanyalah Volvo. Einstein menghabiskan tahun demi tahun bersama tiga asisten berbeda untuk membuat teori relativitasnya difahami oleh orang awam. ahli fisika. Melalui kemajuan. ekonom. dan Mercedes Benz. Dapatkah Anda memproduksi mobil yang lebih aman dari Volvo?. Sony memiliki prinsip menghargai dan mendukung kemampuan seseorang dan selalu membawa yang terbaik dari seseorang. ³Sony adalah perintis dan tidak pernah bertujuan untuk mengikuti yang lain. home video recorder pertama dan floppy disk. Mungkin Anda dapat memproduksi mobil yang lebih aman dari Volvo. Sony ingin melayani seluruh dunia. Tidak seorangpun akan mengikuti Anda jika Anda tidak tahu kemana mesti melangkah. BMW menggunakan kata sederhana driving untuk yang secara lengkap The ultimate driving machine (mobil yang enak dikendarai). John Maynand Keynespun berupaya keras membuat teori-teori ekonominya mudah difahami ³ komentarter Drucker dalam bukunya The effective Executive. Ketika merek telah mempunyai sebuah kata sederhana yang mudah diingat. Sony menciptakan handycam. pemimpin dalam semua disiplin akan selalu berupaya membuat diri mereka mudah difahami. Dengan kesederhanaan ini BMW menjadi mobilo mewah Eropa dengan penjualan tertinggi kedua di amerika serikat. Sony akan selalu menjadi penemu hal yang belum diketahui. ³Salah satu kecenderungan paling merusak sepanjang 40 tahun terakhir adalah keyakinan bahwa jika Anda mudah difahami. ³Ide-ide strategis besar hampir selalu muncul dengan kata-kata sederhana´ tulis Jack Trout dalam buku Trout On Stratey. Ini merupakan kekuatan vital bagi Sony´ kata Morita. seperti Saab. Saat saya tumbuh.Volvo memiliki satu kata keamanan (safety) di benak konsumen. tetapi di benak konsumen yang memiliki kata sederhana safety.

Pemimpin menetapkan arah dengan mengembangkan suatu visi terhadap masa depan. . Mereka berbeda dalam motiv. cara berpikir dan bertindak. berhubungan dengan orang-orang dengan cara yang lebih intuitif dan empatik. Pemimpin yang memperhatikan gagasan. mencakup suatu kombinasi dari orang dan gagasan yang berinteraksi untuk menetapkan strategi dan mengambil keputusan. berpendapat bahwa pemimpin dan manajer sangat berbeda. Kepemimpinan sebaliknya. merancang organisasi yang ketat dan memantau hasil lewat pembandingan dengan rencana. sedangkan pemimpin mengambil sikap pribadi dan akti terhadap tujuan. John Kotter berargumen bahwa kepemimpinan berbeda dengan manajemen. mereka menghindari aktivitas sendirian karena aktivitas itu membuat mereka cemas. Manajer cenderung memandang kerja sebagai suatu proses yang memungkinkan. Manajamen menyangkut masalah kerumitan. tidak tidak pasif. Kepemimpinan menelaah mengenai seorang pemimpin yang efektif dan apa yang membedakan pemimpin dan bukan pemimpin. teristimewa bila peluang dan imbalan tampak tinggi. menyangkut hal mengatasi perubahan. Kita mengambil definisi yang diberikan oleh Abraham Zaleznik dan John Kotter Abraham Zaleznik dari Sekolah Bisnis Harvard. Pemimpin bekerja dari posisi beresiko tinggi. terhadap tujuan. Definisi pemimpin sangat bervariasi dan sangat banyak. Manajer cenderung mengambil sikap impersonal.³Pemimpin merupakan ciptaan pertama yang menentukan sukses dan gagalnya organisasi´ kata Steven R. Dengan demikian pemimpin merupakan kunci sukses organisasi. menghasilkan tata tib dan konsistensi dengan menyusun rencana-rencana formal. Mereka berhubungan dengan orang-orang menurut peran yang mereka mainkan dalam suatu urutan peristiwa atau dalam proses pengambilan keputusan. Manajer lebih suka bekerja dengan orang. sejarah pribadi. Covey. sering mereka secara temperamental ingin mencari resiko dan bahaya. mampu mensinergikan orang -orang dengan mengkomunikasikan dan mengilhami mereka untuk mengatasi rintangan rintangan.

inti dari strategi adalah bertahan hidup. Blue ocean strategy pada dasarnya merupakan sebuah siasat untuk menaklukan pesaing melalui tawaran fitur produk yang inovatif. dan semua saling memperebutkan pasar yang . persaingan. blue ocean mendorong pelakunya untuk memasuki sebuah arena pasar baru yang potensial. Hal ini tentu berbeda dengan red ocean. CEO Kellog Company. sama. menjadi berbeda. Strategi dalam bisnis Blue Ocean Strategy. Fitur produk ini biasanya juga berbeda secara radikal dengan yang selama ini sudah ada di pasar. Kami ingin berhati-hati agar kami tidak terlalu percaya diri. Digagas oleh profesor asal Korea. Strategi adalah bertahan hidup Menurut Webter¶s New World Dictionary.G. dan yang selama ini ³dilupakan´ oleh para pesaing. Kami ingin mendekati setiap hari dengan ketidakpuasan yang sehat dengan status quo´ kata Arnold Langbo. kita tahu. Dengan cara seperti diatas. dan selama ini diabaikan oleh para pesaing. Strategi adalah bagaimana menggerakkan pasukan ke posisi paling menguntungkan sebelum pertempuran aktual dengan musuh. kepemimpinan dan realitas. Dalam keadaan sukses seperti kami. tema ini hendak mengajarkan kepada kita tentang bagaimana memenangkan kompetisi bisnis yang kian dinamik. kami tidak ingin merasa puas. Dasar bisnisyang nomor satu adalah merancang dan mempertahankan strategi yang jelas dan terfokus. Chan Kim dan rekannya dari Perancis Renee Mauborgne. Sedangkan Jack Trout dalam bukunya Trout On Stategy. Kunci sukses adalah memahami dasar-dasar bisnis. Beberapa orang menggunakan kata angkuh. spesialisasi. dimana semua kompetitor memberikan tawaran fitur produk yang seragam. merupakan salah satu tema penting dalam wacana manajemen strategi lima tahun belakangan. kesederhanaan. definisi strategi ádalah ilmu perencanaan dan penentuan arah operasi-operasi militer berskala besar. persepsi. H. ³Kami sudah lama menjadi perusahaan yang sukses sekali.Menggunakan strategi yang baik adalah bagaimana bertahan hidup dalam dunia kompetitif. tetapi sukses bisa menjadi musuh yang paling buruk.

Melalui skutik Mio. dan itu terus bertahan hingga kini. Honda. menciptakan new market space. seperti walkman atau CD music player yang dikuasai oleh Sony. .juga sama. Plus selarik tagline yang amat brilian : I love you full. Dengan segera iPod menguasai pasar baru musik digital. Dengan pendekatan blue ocean ini. Yamaha mengintroduksi motor dengan fitur yang berbeda secara radikal dengan produk yang selama ini ada di pasaran. Ketika arena musik tanah air didominasi oleh musik pop yang mendayu-dayu. selain kemudahan penggunaannya. Keberhasilan ini memang fenomenal. yang acap terjadi adalah pertarungan yang berdarah -darah. pasar sepeda motor didominasi oleh jenis konvensional dengan Honda sebagai penguasanya. Contoh lain blue ocean strategy yang tak kalah dramatis tentu saja adalah kisah mendiang mbah Surip dengan lagu Tak Gendong-nya. Contoh yang paling fenomenal dari dari kisah blue ocean ini misalnya dapat dilihat pada kisah keberhasilan Yamaha dengan skutik Mio -nya. Produk iPod ini sungguh inovatif. Dengan mudah Yamaha memimpin pasar baru itu. yang tidak ada players lain didalamnya. dan dalam arena ini ia dengan mudah menaklukkan pasar. Alhasil. lantaran arena persaingan diperebutkan oleh para pemain yang menawarkan keseragaman produk dan pendekatan. dan sama sekali berbeda dengan produk sebelumnya. Contoh blue ocean strategy yang juga legendaris adalah drama kemenangan produk iPod dari Apple yang merebut habis pasar musik digital. Dengan segera ia menjelma menjadi ikon baru. Digitalisasi musik adalah fitur kunci dari iPod. Ia juga segera membidik segmen pasar baru (new market segment) yakni para pelanggan perempuan (female bikers). Yamaha kemudian pelan-pelan merangsek singgasana yang sudah puluhan tahun digenggam sang jawara. dan jauh meninggalkan Sony yang terpuruk dalam debu keterpurukan dan luka kekalahan. saat itu praktis Yamaha berenang dalam arena pasar baru. sebab melalui Mio-lah. Dulu sebelum motor jenis ini muncul. ia hadir menawarkan produk dengan fitur yang secara radikal berbeda dengan yang selama ini ada di pasaran : sepotong lagu reggae yang jenaka dalam balutan gaya bohemian.

. para pelaku blue ocean strategy kemudian bisa menciptakan ruang pasar baru. dan kemudian secara serentak berseru ³We love your products full !´ I. bagaimana perusahaan mendapatkan client atau menjadi vendor yang baik. Dengan cara ini pula. Sebab dengan inilah. Karena nantinya si pelaku bisnis ini akan memberikan banyak masukan dan memberikan banyak pemikiran tentang bagaimana cara agar perusahaan tempat mereka bekerja ini dapat berjalan dengan baik. Dan kemudian semuanya segera disertai dengan tawaran produk dengan fitur yang unik. yaitu bagaimana agar perusahaan itu tetap berjalan lancer. sebelum akhirnya benar-benar melesat menembus langit tuju bidadari. Semua kisah ini selalu diawali dengan kejelian melihat potensi pasar yang selama ini diabaikan oleh para kompetitor. dan mbah Surip adalah sepenggal kisah tentang bagaimana konsep blue ocean strategy dibentangkan dalam kenyataan. para pelanggan akan senantiasa bisa jatuh hati dengan beragam produk yang ditawarkan. iPod. bagaimana menghadapi segala masalah internal maupun masalah dari eksternal. Strategi blue ocean tak pelak merupakan salah satu siasat yang barangkali mesti dilakukan manakala sebuah perusahaan hendak terus memenangkan kompetisi bisnis yang kian keras. Suatu pemikiran tersebut sering dianggap sebagai strategi bisnis suatu perusahaan. Penyusunan Strategi Bisnis untuk Suatu Perusahaan Dalam menjalankan suatu perusahaan dibutuhkan suatu pelaku bisnis yang berkompeten dalam melakukan suatu proses bisnis. menjangkau new market demand dan sekaligus membuat kompetisi menjadi tidak relevan. iPod membuat produk audio Sony tergeletak sekarat dalam ambang kehancuran. Melalui cara itulah.Kisah Yamaha Mio. Mio melesat jauh meninggalkan Honda Beat. inovatif dan berbeda (different) dengan yang selama ini ada di pasar. mereka kemudian bisa terus menciptakan produk inovatif yang akan digemari para pelanggannya. Dan nama mbah Surip tiba-tiba melambung. Atau mungkin lebih tepatnya : mereka kemudian bisa meninggalkan para pesaingnya dalam rintihan kekalahan.

Strategi perusahaan harus disesuaikan dengan sifat dan kombinasi faktor-faktor kompetisi ± harga. layanan. maka perusahaan harus meresponnya dengan tindakan strategis untuk melindungi posisinya. kualitas produk. Thompson and Strickland dalam bukunya yang bertajuk Strategic Management: Concepts and Cases. . Faktorfaktor itu adalah sbb: 1. Fakt r-fakt r Kunci dalam Penyusunan Strategi Bisnis Menurut Arthur A. garansi. Apa yang dapat dan tidak dapat dilakukan dalam kebijakan strategi perusahaan selalu dibatasi oleh regulasi. terdapat sejumlah faktor yang perlu diperhatikan ketika kita melakukan proses penyusunan strategi perusahaan. . kebijakan dan peraturan pemerintah. fitur kinerja. Pertimbangan Regulasi dan Kebijakan Pemerintah Semua organisasi beroperasi dalam kelompok masyarakat yang lebih luas.Apakah it strat i ? St t i adalah semua keputusan dan tindakan untuk berubah dan mencapai kondisi yang diinginkan perusahaan di masa depan. Hal ini adalah sebagai respon atas perubahan lingkungan bisnis. Kondisi Persaingan dan Daya Tarik Industri Secara Keseluruhan Kondisi persaingan dan dan daya tarik industri secara keseluruban merupakan faktor penentu strategi yang besar. Apabila kondisi persaingan meningkat secara signifikan. dan lain-lain.

dan Kemampuan Kompetitif Salah satu pertimbangan internal penentu strategi yang terpenting adalah apakah perusahaan memiliki sumber daya. terkadang bahkan mendominasi pilihan langkah strategis. Pengaruh Shared Values dan Company Culture dalam Strategi Kultur perusahaan juga memiliki kemungkinan yang besar dalam menentukan tindakan strategis perusahaan. Strategi juga harus memberikan respon terhadap ancaman eksternal demi stabilitas kinerja perusahaan di masa datang. Nilai. mendukung daya kompetitif perusahaan dalam arena pasar. kompetensi dan kemampuan yang dibutuhkan untuk melaksanakan strategi dengan optimal. Kekuatan Sumber Daya Perusahaan. Peluang Pasar dan Ancaman Eksternal Perusahaan Peluang bisnis dan perkembangan eksternal memberikan merupakan pengaruh dalam proses penyusunan strategi. 6. Faktor-faktor inilah yang memungkinkan perusahaan untuk memperbesar penguasaan pasar. Ambisi Pribadi. Kompetensi. yakni : . 4. bagaimana memposisikan perusahaan.3. Cara Menguji Strategi Bisnis Terbaik Kriteria apa yang digunakan untuk memilih strategi terbaik? Apa standar yang dapat digunakan untuk menentukan apakah strategi berhasil atau tidak? Tiga pengujian dapat digunakan untuk mengevaluasi pilihan strategi terbaik. dan Kepercayaan Etis Manajer Pilihan strategi biasanya juga dipengaruhi oleh ambisi dan visi pendiri/pemilik perusahaan. 5. Setiap business owner memiliki pandangan yang berbeda-beda mengenai bagaimana cara bersaing. Strategi perusahaan harus dengan sengaja diarahkan untuk menangkap peluang pertumbuhan yang terbaik. budaya kerja dan keyakinan tertentu dapat terpatri dalam pemikiran dan tindakan top manajemen. serta image apa yang ingin dibentuk. Hal ini pada giliran berikutnya akan ikut mempengaruhi pilihan strategi yang akan dirumuskan. dan menjadi dasar strategi perusahaan. Filsafat Perusahaan.

Dua jenis peningkatan kinerja yang paling sering dikatakan mengenai kemampuan strategi adalah : meningkatkan profitabilitas serta meningkatkan kekuatan kompetitif perusahaan dan posisi pasar dalam jangka panjang. dan kemampuan kompetitif perusahaan. Competiti e Advantage Test² Strategi yang baik harus mampu menigkatkan daya saing perusahaan 3. 3. peluang dan ancaman pasar. Merumuskan pilihan strategi untuk mencapai hasil yang diinginkan. Mengevaluasi efektivitas strategi dan dampaknya terjadap kinerja bisnis   .1. Menetapkan tujuan mengubah pandangan strategis menjadi hasil kinerja spesifik yang harus dicapai perusahaan. Performance Test² Strategi yang baik harus mampu meningkatkan kinerja perusahaan. Tahapan dalam Menyusun Strategi Bisnis Strategi yang sukses itu: Dan untuk mencapai strategi yang sukses maka dibutuhkan proses perumusan strategi dan pelaksanaannya yang berisi lima tahapan kunci yang saling berhubungan. dan aspek lain dari lingkungan eksternal perusahaan. Membentuk visi strategis mengenai ke mana organisasi akan bergerak . Melaksanakan dan mengeksekusi strategi yang dipilih secara efisien dan efektif. yaitu : 1. . 5. Pada sisi lain. . 4. Goodness of Fit Test² Strategi yang baik harus benar-benar cocok terhadap kondisi industri dan kompetisi. kompetensi. ia juga harus selaras dengan kekuatan dan kelemahan sumber daya.

Value Chain (Rantai Bisnis) Merupakan dekomposisi organisasi secara fungsional à menghasilkan segmen bisnis . Dan kelemahannya adalah dalam prakteknya bisa jadi kurang memilik ³power´ i .Skema Pr ses Penyusunan Strategi Dalam menjalankan suatu bisnis strategi diharapkan juga memiliki beberapa unsur yang harus diperhatikan dalam penyusunan strategi tersebut s eperti : 1. dan memiliki kelebihan yaitu lebih jelas dalam mendekomposisikan fungsi bisnis.

sebagai contoh didalam aktivitas bisnis pendaftaran : 3.2. Kajian Lingkungan Internal : kajian ini akan menghasilkan Strength dan Weakness. Kajian Lingkungan External (Five Force Competitive Model) Sedangkan kajian ini menghasilkan Opportunity dan Threat dan juga bisa dilakukan dengan 5 daya porter .

Menetapkan sasaran atau tujuan kinerja diperlukan dari seluruh manajer. dan dapat menggunakan beberapa kajian. hal yang paling penting dari melakukan strategi bisnis adalah dari si pelaku . Kajian Strategic Grid Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa strategi bisnis dapat dilakukan oleh setiap pelaku bisnis dengan cara 6 tahapan. 5 tahapan tersebut adalah Mengembangkan Strategic Vision. Menetapkan Tujuan Strategis. Dengan adanya hal-hal tersebut diharapkan dalam penyusunan strategi bisnis di suatu perusahaan dapat dilakukan dengan baik. 5 daya porter dan BSC. Dan Kajian yang dapat digunakan adalah Value Chain. namun selain dari ha-hal yang tadi l disebut. SWOT. Evaluasi Strategi Bisnis. Merumuskan Strategi Bisnis.Kajian dengan menggunakan 5 daya porter : 4. Eksekusi Strategi.

jika pembuat dan pengatur strategi bisnis merupakan pelaku bisnis yang kompeten dan merupakan bibit unggul maka. . strategi yang dibuat juga bisa di hasilkan dengan baik.bisnisnya sendiri.

html Brown. 2002.com/2009/12/strategi-adalah-persepsi.M. Clarke.B. M..com/2010/01/penyusunan -strategi-bisnis-untuk-suatu. Harvard Business Review. Routledge Publisher. New York.com/2008/utama. Boston. On Advances in Strategy. Romancing The Market.php?menu=strategibisnis&ida=61 http://mobile9worlds. Cambridge. Grant. 1995.blogspot. S. Blackwell Business. 1988.html http://speaking-knowledge. Harvard Business School Press. Contemporary Strategy Analysis.gacerindo.blogspot. .DAFTAR PUSTAKA http://www. Robert. A. Doherty. A..

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->