Sehingga terjadi pergeseran kodon yang dimulai dari titik awal. Stereo isomer menyebabkan pasangan basa menjadi berbeda.€ Tautomeric shift Bentuk stereo-isomer dari molekul asam nukleat. Co: akridin. . Basa berubah menjadi tautomer. metil inosin. € Inhibitor Terdapat molekul tertentu yang menempati ruang DNA yang seharusnya diisi oleh asam nukleat. dihidroksi-uridin.

Co:asam nitrat. dan peroksida. hipoxantin. € Zat mutagen Terdapat zat yang dapat mengganggu dan bereaksi dengan salah satu asam nukleat.€ Struktur Analog Terdapat molekul yang mirip dengan asam nukleat sehingga akan mengganti posisi asam nukleat. 2 amino purin. dimerisasi timin dan pemutusan rantai DNA. nitrogen mustard. Co: Bromo-urasil (Brd-U). € Radiasi Radioaktif Menghasilkan : peroksida. € Radiasi UV .

Perubahan posisi gen di dalam kromosom € Inversi. Sejumlah gen yang posisinya terbalik .€ Duplikasi. € Delesi. Kehilangan satu atau beberapa gen € Translokasi. Pelipatgandaan dari satu atau beberapa gen. Perpindahan tempat dari sejumlah gen € Transposisi.

Contoh: Haploid. dan Tetraploid. trisomi. € Somisme Adanya kehilangan atau penambahan kromosom. Contoh: Monosomi. € Translokasi Robertsonian Adanya dua kromosom yang bergabung menjadi satu pada daerah sentromer.€ Ploidi Kelebihan atau kekurangan satu set kromosom. Triploid. Diploid. tetrasomi. Nulisomi. .

genetis diturunkan € Beberapa mutasi menguntungkan .€ Mengubah struktur DNA € Mengubah rantai asam amino. tidak mengubah fungsi protein yang dihasilkan € Merusak fungsi sel € Mungubah rantai asam amino dan mengubah protein yang dihasilkan € Mutasi somatis tidak diturunkan.

dua populasi simpatrik tetapi berkembangbiak pada musim yang berbeda. . . .Isolasi iklim/musim.Isolasi ekogeografi. kemudian dua populasi tersebut tidak mampu untuk hidup di daerah yang sama. dua populasi yang simpatrik mendiami habitat yang berbeda dari habitat yang biasa mereka hidup.Mekanisme isolasi reproduksi (Intrinsik) € Mekanisme yang mencegah terjadinya perkawinan .Isolasi Habitat. dua populasi yang mulamula dipisahkan oleh faktor luar.

Terjadi perbedaan struktur alat reproduksi antar spesies. . Isolasi mekanis. setiap individu memiliki perilaku yang unik sehingga untuk suatu populasi tidak melakukan kesalahan dalam memilih pasangan.- - Isolasi perilaku.

Isolasi gamet. € Mekanisme yang mencegah kelangsungan pertumbuhan hibrida . Persilangan terjadi tetapi pertumbuhan embrio terganggu sebelum dilahirkan.Isolasi pertumbuhan. hibrid kuat tetapi steril .Sterilisasi hibrida. Memungkinkan dua spesies mengadakan perkawinan tetapi fertilisasi tidak dapat terjadi .Eliminasi hibrida.Kematian hibrida. hibrid yang kuat yang bertahan .€ Mekanisme yang mencegah terbentuk hibrida . terjadi perkawinan dan menghasilkan hibrid tetapi lemah .