Spesifikasi Supra-X125

Panjang X lebar X tinggi Jarak sumbu roda Jarak terendah ke tanah Berat kosong Tipe rangka Tipe suspensi depan Tipe suspensi belakang Ukuran ban depan Ukuran ban belakang Rem depan Rem belakang Kapasitas tangki bahan bakar Tipe mesin Diameter x langkah Volume langkah Perbandingan kompresi Daya maksimum Torsi maksimum Kapasitas minyak pelumas mesin Kopling Otomatis Gigi transmsi Pola pengoperan gigi Starter Aki Busi Sistem pengapian : 1.889 x 702 x 1.094 mm : 1.242 mm : 138 mm : 105kg / 103 (Tipe Spoke) : Tulang punggung : Teleskopik : Lengan ayun dan peredam kejut ganda : 70/90 - 17M / C 38P : 80/90 - 17M / C 44P : Cakram double piston : Cakram single piston / Tromol (Tipe Spoke) : 3,7 liter : 4 langkah, SOHC, pendinginan udara : 52,4 x 57,9 mm : 124,8 cc : 9,0 : 1 : 9,3 PS / 7.500 rpm : 1,03 kgf.m / 4000 rpm : 0,7 liter pada penggantian periodik : Otomatis sentrifugal : Kecepatan bertautan tetap : N-1-2-3-4-N (rotari) : Pedal dan elektrik : 12 V - 3,5 Ah : ND U20EPR9 / NGK CPR6EA-9 : Carburator - DC CD

bensin dibakar untuk memperoleh energi termal Energi ini selanjutnya digunakan untuk melakukan gerakan mekanik. sampai pada kompresi. pembakaran dan pengeluaran gas-gas sisa pembakaran dari dalam silinder inilah yang disebut dengan ³siklus mesin´. untuk melakukan satu siklus hanya memerlukan 2 gerakan torak atau satu putaran poros engkol. sedangkan pada motor 2 tak. Cara Kerja Mesin 2 Tak Cara Kerja Mesin 2 Tak . Dan juga diperlukan untuk membuang gas-gas sisa pembakaran dan penyediaan campuran udara bensin pada saat-saat yang tepat untuk menjaga agar torak dapat bergerak secara periodik dan melakukan kerja tetap. Prin i Kerja Motor Ben in Pada motor bensin. Prinsip kerja motor bensin. Bila torak bergerak turun naik di dalam silinder dan menerima tekanan tinggi akibat pembakaran. dimampatkan oleh gerak naik torak. maka suatu tenaga kerja pada torak memungkinkan torak terdorong ke bawah Bila batang torak . untuk melakukan satu siklus memerlukan 4 gerakan torak atau dua kali putaran poros engkol. dan poros engkol dilengkapi untuk merubah gerakan turun naik menjadi gerakan putar. torak akan menggerakkan batang torak dan yang mana ini akan memutarkan poros engkol.A. yang mana dengan terbakarnya gas -gas akan mempertinggi suhu dan tekanan. Kerja periodik di dalam silinder dimulai dari pemasukan campuran udara dan bensin ke dalam silinder. dibakar untuk memperolehtenaga panas. Pada motor 4 tak. Pada motor bensin terdapat dua macam tipe yaitu: motor bakar 4 tak dan motor bakar 2 tak. secara sederhana dapat dijelaskan sebagai berikut : campuran udara dan bensin dari karburator diisap masuk ke dalam silinder.

Namun sembari piston melakukan langkah ekspansi atau usaha. gas campuran meledak dan memaksa piston kembali bergerak ke bawah menuju TMB. Hal ini bisa terjadi karena gas hasil pembakaran terdorong keluar akibat campuran bahan bakar dan udara baru yang juga masuk dari sisi kiri dinding silinder. Ketika piston naik menuju TMA untuk melakukan kompresi maka katup hisap terbuka dan masuklah campuran bahan bakar dan udara. . sehingga dalam satu gerakan piston dari TMB ke TMA menjalankan dua langkah sekaligus yaitu kompresi dan isap. Campuran bahan bakar dan udara dihisap masuk ke dalam rumah engkol akibat tekanan vakum yang terjadi pada saat piston bergerak ke atas. (Anonim. Gerakan piston yang ini disebut langkah ekspansi. Penemuan motor bakar 2 tak yang sukses oleh Sir Dougald Clerk tahun 1876. Desain dari ruang bakar mesin 2 tak memungkinkan terjadunya hal semacam itu. Pada saat sesaat sebelum piston mencapai TMA maka busi menyala.2008). Hal ini berarti dalam satu siklus kerja 2 tak hanya terdiri dari 1 kali gerakan naik dan 1 gerakan turun dari piston saja.Pada prinsipnya motor bakar 2 langkah (2 tak) melakukan siklus Otto hanya dalam dua langkah piston atau satu putaran poros engkol. maka untuk mesin 2-tak hanya memerlukan satu putaran saja. Jika mesin 4 tak memerlukan 2 putaran crankshaft dalam satu siklus kerjanya. Lebih jelasnya system pada motor bakar 2 tak dapat dilihat pada gambar dibawah ini: Langkah Masuk (Intake). sesungguhnya juga melakukan langkah buang melalui katup buang (sisi kanan dinding silinder pada gambar) .

Pada saat mendekati posisi titik mati bawah.Langkah Penyaluran (Transfer/Exhaust). Selanjutnya piston bergerak ke atas dan menekan campuran bahan bakar dan udara. saluran masuk terbuka dan campuran bahan bakar dan udara masuk ke dalam silinder. Pada saat yang sama masuknya campuran bahan bakar dan udara tersebut mendorong sisa hasil pembakaran keluar melalui saluran pengeluaran pada sisi yang berlawanan dari lubang pemasukan. . Langkah Tekan (Compression). (pada saat yang sama terjadi langkah masuk yang berikutnya di bagian bawah piston).

piston 2 tak memiliki semacam kubah untuk memuluskan gas buang untuk bisa keluar sedangkan 4 tak tidak. Tidak memerlukan klep. perawatan lebih mudah dan relatif murah Momen puntir untuk putaran lanjutan poros lebih kecil sehingga menghasilkan gerakan yang halus Bila dibandingkan dengan mesin empat langkah dalam kapasitas yang sama. Perbandingannya pada mesin 4 tak dalam 2 kali putaran crankcase = 1 x kerja sedangkan untuk 2 tak 2 kali putaran crankcase = 2 x kerja. Mesin 2 tak harus memakai oli pelumas samping selain pelumas mesin sudah jelas.Langkah Tenaga (Power). komponen part lebih sedikit. tenaga yang dihasilkan lebih besar Proses pembakaran terjadi 2 kali. boros bahan bakar. timbul gesekan antara ring piston dan lubang akibatnya ring piston akan lebih cepat aus . Karena itu dibutuhkan pelumas yang lebih. sehingga putaran poros engkol lebih halus untuk itu putaran lebih rata. Istilahnya ³No Engine is Perfect !´ Perbedaan yang lain juga terdapat pada bentuk fisik pistonnya. karena model kerja yang seperti ini membuat tenaga yang dihasilkan lebih besar. Keuntungan : Proses pembakaran terjadi setiap putaran poros engkol. Piston 2 tak lebih panjang dibanding piston 4 tak. tetapi unggul dalam kecepatan dibandingkan mesin 4 tak. a. sehingga tenaga lebih besar Kerugian Mesin 2 Langkah : Langkah masuk dan buang lebih pendek. Pada saat pendekati posisi titik mati atas busi akan menyala dan menyundut campuran bahan bakar dan udara sehingga terjadi ledakan yang mendorong piston ke bawah. Piston 2 tak juga memiliki slot lubang yang berhubungan dengan reed valve yang berhubungan dengan cara kerja masukan campuran bahan bakar ± udara ke ruang bakar. sehingga terjadi kerugian langkah tekanan kembali gas buang lebih tinggi Karena pada bagian silinder terdapat lubang-lubang. Selain itu bentuk piston head-nya juga berbeda. menghasilkan asap putih dari knalpotnya. sebab putaran yang dihasilkan lebih cepat. Hal ini juga menjawab kenapa mesin 2 tak lebih berisik.

langkah kompresi . dengan demikian campuran udara bensin dihisap ke dalam. Bila tekanan campuran udara bensin ini ditambah lagi. La gkah kompresi Dalam gerakan ini campuran udara bensin yang di dalam silinder dimampatkan oleh tora k yang bergerak ke atas dari TMB ke TMA.Karena lubang buang terdapat pada bagian silinder maka akan mudah timbul panas Putaran rendah sulit diperoleh Konsumsi pelumas lebih banyak B Cara Kerja Motor Be si 4 La gkah Torak bergerak naik turun di dalam silinder dalam gerakan reciprocating. . katup hisap akan membuka dan katup buang menutup . Titik tertinggi yang dicapai oleh torak tersebut disebut titik mati atas (TMA) dan titik terendah disebut titik mati bawah (TMB). Sekarang torak sudah melakukan dua gerakan atau satu putaran. campuran udara bensin dihisap ke dalam silinder. Gerakan dari TMA ke TMB disebut langkah torak (stroke). La gkah hisap Pada gerak hisap. dengan membebaskan jari akan menyebabkan udara masuk ke alat suntik ini dan akan terdengar suara letupan. Hal ini terjadi sebab tekanan di dalam lebih rendah dari tekanan udara luar. Bila jarum dilepas dari sebuah alat suntik dan plunyernya ditarik sedikit sambil menutup bagian ujung yang terbuka dengan jari (alat suntik akan rusak bila plunyer ditarik dengan tiba-tiba). dan poros engkol berputar satu putaran . torak dalam gerakan turun dari TMA ke TMB menyebabkan kehampaan di dalam silinder. Pada motor 4 langkah mempunyai 4 langkah dalam satu gerakan yaitu langkah penghisapan. Selama langkah torak ini. Kedua katup hisap dan katup buang akan menutup selama gerakan tekanan dan suhu campuran udara bensin menjadi naik. langkah kerja dan langkah pembuangan. Hal yang sama juga terjadi di mesin. tekanan serta ledakan yang lebih besar lagi da ri tenaga yang kuat ini akan mendorong torak ke bawah.

Selama gerak ini katup hisap dan katup buang masih tertutup. campuran udara bensin yang dihisap telah dibakar dan menyebabkan terbakar dan menghasilkan tenaga yang mendorong torak ke bawah meneruskan tenaga penggerak yang nyata. Torak telah melakukan tiga langkah dan poros engkol berputar satu setengah putaran .La gkah kerja Dalam gerakan ini.

4 tak. langkah hisap. bahan bakar masuk ke silinder Kruk As berputar 180 derajat Noken As berputar 90 derajat Tekanan negatif piston menghisap kabut udara-bahan bakar masuk ke silinder ²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²² ²²²²²²²²± . 2. kerja. dan satu putaran noken as (camshaft). cara. 4. Piston bergerak dari Titik Mati Atas (TMA) menuju Titik Mati Bawah (TMB). Sebagaimana tenaga mesin diproduksi tergantung dari jumlah bahan -bakar yang terbakar selama proses pembakaran.MENGENALI CARA KERJA MESIN 4 TAK Posted: 28 April 2009 by ratspeed in Fungsi dan Cara Kerja Tag:mesin. langkah buang. Empat proses tersebut terbagi dalam siklus : Langkah hisap : Bertujuan untuk memasukkan kabut udara ± bahan bakar ke dalam silinder. Klep inlet terbuka. dua kali rotasi kruk as. langkah tenaga. overlaping. 5. langkah kompresi. siklus 23 Langkah Hisap Four stroke engine adalah sebuah mesin dimana untuk menghasilkan sebuah tenaga memerlukan empat proses langkah naik-turun piston. Prosesnya adalah . kompresi. 1. 3.

LANGKAH KOMPRESI Langkah Kompresi Dimulai saat klep inlet menutup dan piston terdorong ke arah ruang bakar akibat momentum dari kruk as dan flywheel. 4. Prosesnya sebagai berikut : Piston bergerak kembali dari TMB ke TMA Klep In menutup. busi mulai menyalakan bunga api dan memulai proses pembakaran 5. 3. Kruk as mencapai satu rotasi penuh (360 derajat) 6. 2. Tujuan dari langkah kompresi adalah untuk meningkatkan temperatur sehingga campuran udara-bahan bakar dapat bersenyawa. Rasio kompresi ini juga nantinya berhubungan erat dengan produksi tenaga. Noken as mencapai 180 derajat 1. Klep Ex tetap tertutup Bahan Bakar termampatkan ke dalam kubah pembakaran (combustion chamber) Sekitar 15 derajat sebelum TMA . ²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²² ²²²²²²²²± LANGKAH TENAGA .

4. Terjadi transformasi energi gerak bolak-balik piston menjadi energi rotasi kruk as 5. Prosesnya sebagai berikut : 1. sedangkan menjelang akhir langkah usaha klep buang mulai sedikit terbuka. counter balance weight pada kruk as membantu piston melakukan siklus berikutnya. Ledakan tercipta secara sempurna di ruang bakar 2. Klep inlet menutup penuh. Gerakan linier dari piston ini dirubah menjadi gerak rotasi oleh kruk as. Piston terlempar dari TMA menuju TMB 3. Putaran Noken As 270 derajat ²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²² ²²²²²²²²± LANGKAH BUANG . Dengan cepat campuran yang terbakar ini merambat dan terjadilah ledakan yang tertahan oleh dinding kepala silinder sehingga menimbulkan tendangan balik bertekanan tinggi yang mendorong piston turun ke silinder bore. Enersi rotasi diteruskan sebagai momentum menuju flywheel yang bukan hanya menghasilkan tenaga.Langkah Tenaga Dimulai ketika campuran udara/bahan-bakar dinyalakan oleh busi. Putaran Kruk As mencapai 540 derajat 6.

Kruk as melakukan 2 rotasi penuh (720 derajat) 5. dikarenakan sedikit saja terdapat gas sisa pembakaran yang tercampur bersama pemasukkan gas baru akan mereduksi potensial tenaga yang dihasilkan. Klep Inlet menutup penuh 3. manfaat dari proses overlaping : . Klep Ex terbuka Sempurna. Gas sisa hasil pembakaran didesak keluar oleh piston melalui port exhaust menuju knalpot 4. Berfungsi untuk efisiensi kinerja dalam mesin pembakaran dalam. Counter balance weight pada kruk as memberikan gaya normal untuk me nggerakkan piston dari TMB ke TMA 2. Proses ini harus dilakukan dengan total.Exhaust stroke Langkah buang menjadi sangat penting untuk menghasilkan operasi kinerja mesin yang lembut dan efisien. Noken as menyelesaikan 1 rotasi penuh (360 derajat) ²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²² ²²²²²²²²± FINISHING PENTING ² OVERLAPING Overlap adalah sebuah kondisi dimana kedua klep intake dan out berada dalam possisi sedikit terbuka pada akhir langkah buang hingga awal langkah hisap. klep buang tetap terbuka hingga setelah TMA. Adanya hambatan dari kinerja mekanis klep dan inersia udara di dalam manifold. Piston bergerak mendorong gas sisa pembakaran keluar dari silinder menuju pipa knalpot. Derajat overlaping sangat tergantung dari desain mesin dan seberapa cepat mesin ini ingin bekerja. Dengan tujuan untuk menyisihkan semua gas sisa pembakaran. maka sangat diperlukan untuk mulai membuka klep masuk sebelum piston mencapai TMA di akhir langkah buang untuk mempersiapkan langkah hisap. Prosesnya adalah : 1.

piston. Sebagai pembilasan ruang bakar. 2. 3.1. silinder dari sisa-sisa pembakaran Pendinginan suhu di ruang bakar Membantu exhasut scavanging (pelepasan gas buang) memaksimalkan proses pemasukkan bahan-bakar . 4.

kerja. yaitu peralatan yang digunakan untuk merubah tenaga termis dari bahan bakar men jadi tenaga mekanis melalui proses pembakaran. -Kekerugian langkah karena tekanan balik lebih kecil dibanding mesin dua langkah sehingga pemakaian bahan bakar lebih hemat Langkah pemasukan dan buang lebih panjang sehingga efisiensi pemasukan dan tekanan efektif rata-rata lebih baik Panas mesin lebih rendah dibanding mesin dua langkah Mesin uap (steam engines) masuk dalam kategori pesawat kalor. tetapi akan berlaku lebih cepat atau lambat. . sedangkan pada ECE. efisien dan stabil. Poros engkol berputar 2 putaran. Selama gerak ini kerja katup buang saja yang terbuka. membuka dan menutupnya katup tidak terjadi tepat pada TMA dan TMB. torak akan kembali pada keadaan untuk memulai gerak hisap. Ada dua jenis pesawat kalor yaitu Internal Combustion Engines/ICE (motor pembakaran dalam) dan External Combustion Engines/ECE (motor pembakaran luar). hisap-kompresi-kerja-buang. dan buang prosesnya berdiri sendiri-sendiri sehingga lebih presisi. torak terdorong ke bawah. ini dimaksudkan untuk lebih efektif lagi untuk aliran gas. Pada pesawat kalor jenis ICE. Keuntungan Mesin 4 Langkah Karena Proses pemasukan.Langkah buang Dalam gerak ini. ke TMB dan naik kembali ke TMA untuk mendorong gas-gas yang telah terbakar dari silinder. Sekarang motor telah melakukan 4 gerakan penuh. peralatan ini hanya merubah tenaga termis menjadi tenaga mekanis adapun proses pembakaran dilakukan diluar peralatan tersebut. kompresi. Pada motor bensin dan motor disel proses pembakaran bahan bakar (bensin/solar) dilakukan didalam silinder motor itu sendiri dan perubahan tenaga termis hasil pembakaran menjadi tenaga mekanis juga dilakukan didalam pesawat itu sendiri melalui gerakan kian kemari dari piston menjadi gerakan putaran dari crank shaft. Di dalam mesin sebenarnya. proses pembakaran bahan bakar untuk mengasilkan tenaga mekanis dilakukan didalam peralatan itu sendiri. Bila torak mencapai TMA sesudah melakukan pekerjaan seperti di atas. Contoh dari pesawat kalor jenis ICE adalah motor bensin dan motor disel yang sangat populer sebagai prime mover baik untuk otomotif maupun untuk industri. jarak putaran dari rendah ketinggi lebih lebar (50010000 rpm). dan telah menghasilkan satu tenaga.

Adapun cara kerja mesin uap adalah sebagai berikut : Lihat gambar dibawah ini. sementara itu lubang uap sebelah kanan dihubungkan dengan saluran pembuangan sehingga uap bekas dapat terbuang keluar . mesin uap hanya merubah tenaga potensial dari uap menjadi tenaga mekanis berupa gerakan kian kemari dari piston dan selanjutnya diubah menjadi gerakan putaran dari crank shaft. dan saluran pembuangan yang dihubungkan dengan cerobong untuk membuang uap bekas (warna biru). sedangkan turbine uap merubah tenaga potensial dari uap menjadi tenaga mekanis yang langsung merupakan gerakan putaran dari as turbin. sehingga slide valve dapat bergerak kian kemari sambil membuka dan menutup dua buah lubang uap yang berhubungan dengan cylinder. sehingga apabila piston bergerak kian kemari maka crank shaft dapat berputar. Cross head dihubungkan oleh connecting rod dengan crank shaft (tidak tampak pada gambar).Contoh dari pesawat kalor jenis ECE adalah mesin uap dan turbin uap. maka slide valve akan membuka lubang uap cylinder bagian kiri sehingga uap dari boiler dapat masuk kedalam cylinder pada bagian kiri dari piston dan mendorong piston kekanan. Didalam cylinder mesin uap terdapat piston yang mempunyai piston rod yang dihubungkan dengan cross head yang berada diluar cylinder. Pada peralatan ini. Valve box dimana slide valve berada mempunyai dua saluran. yaitu didalam ketel uap (boiler). untuk selanjutnya uap dengan temperatur dan tekanan tinggi tersebut dialirkan ke-mesin uap atau turbin uap untuk diubah menjadi tenaga mekanis. Didalam ketel uap (boiler) tenaga termis hasil pembakaran bahan bak digunakan untuk memanaskan air ar sehingga berubah menjadi uap dengan temperatur dan tekanan tinggi. Pada waktu piston mencapai posisi paling kiri. saluran pemasukan yang dihubungkan dengan boiler untuk menyalurkan uap dengan tekanan tinggi (warna merah). Adapun proses pembakaran bahan bakar dilakukan diluar mesin uap dan turbin uap. Slide valve yang mempunyai valve rod digerakkan oleh crank shaft melalui eksentrik.

maka gerakan kian kemari dari piston tersebut akan diubah menjadi gerakan putaran dari crank shaft.melalui cerobong. Pompa ini mengeluarkan cairan dalam jumlah yang . Sebelum akhir langkah piston. lubang uap tersebut sudah ditutup oleh slide valve sehingga pasokan uap terhenti namun piston tetap bergerak kekanan karena ekpansi dari uap. gerakan putaran yang dihasilkan oleh kedua buah mesin uap tersebut langsung digunakan untuk memutarkan roda lokomatif sehingga mampu menarik seluruh rangkaian kereta api (lihat gambar dibawa ini). Karena cross head dengan crank shaft dihubungkan oleh connecting rod. sementara itu lubang uap sebelah kiri dihubungkan dengan saluran pembuangan sehingga uap bekas dapat terbuang melalui cerobong. Sebelum akhir langkah piston. Pada waktu piston mencapai posisi paling kanan. Demikian selama ada pasokan uap dari boiler maka mesin uap akan merubah menjadi tenaga mekanis dengan gerakan putaran dari crank shaft. Lokomotif uap biasanya mempunyai 2 buah mesin uap yang dipasang dikanan dan kiri lokomotif. Fluida masuk melalui katup isap dan keluar melalui katup buang dengan tekanan yang tinggi. lubang uap tersebut sudah ditutup oleh slide valve sehingga pasokan uap terhenti namun piston tetap bergerak kekanan karena ekpansi dari uap. pompa torak Pompa torak adalah sebuah pompa dimana energi mekanis penggerak pompa dirubah menjadi energi aliran fluida yang dipindahkan dengan menggunakan elemen yang bergerak bolakbalik di dalam sebuah silinder. maka slide valve akan membuka lubang uap cylinder bagian kanan sehingga uap dari boiler dapat masuk kedalam c ylinder pada bagian kanan piston dan mendorong piston kekiri.

Silinder Pompa torak mempunyai dua macam silinder . Volume cairan yang dipindahkan selama satu langkah piston atau plunyer akan sama dengan perkalian luas piston dengan panjang langkah. steel alloy tergantung dengan liquid dan kondisi pemompaan Pada steam silinder kerangan yang dipakai adalah slide valve.terbatas dengan debit yang dihasilkan tergantung pada putaran dan panjang langkah torak. 1) Liquid silinder yang berisi cairan yang akan dipompa o Liquid silinder untuk tekanan < 250 psig : menggunakan cast iron o Liquid silinder untuk tekanan > 250 psig : menggunakan forge steel 2) Steam silinder yang berisi steam untuk penggerak pompa Untuk menangani liquid yang korosif digunakan silinder yang dilapisi dengan pelapis seperti Ni.Motor pada driven reciprocating pump Pada steam driven reciprocating pump. Air Chamber Berisi suatu medium yang elastis yang dipakai yang dipasang pada pompa torak untukmenghasilkan aliran yang konstan sehingga akan mengeliminer aliran yang sebentar ada sebentarhilang ( intermittent low) pada delivering valve. Pompa torak adalah salah satu dari jenis positive diplacement pump dengan menggunakan aksi diplacement. biasanya flywheel digerakkan oleh motor. Cr. liquid silinder dan stem silinder terletak pada posisi yangberlawanan dengan suatu piston rod yang sama. 1. Selama pumping stroke udara masuk pada airchamber dan mengkompres udara dan mengadakan ekspansi bila piston bergerak ke arahsebaliknya sehingga aliran dapat konstan. Sehingga didapat discharge yangseagam dan bebas dari pulsasi (getaran) 2. 1. Pompa torak digunakan untuk . Kapasitas fluida yang rendah Viskositas liquid (liquid yang kental) dan slurrie (lumpur) Liquid yang mudah menguap (high volatile liquid) Proses yang memerlukan head tinggi Beroperasi pada tekanan tinggi (outlet) Bagian-bagian dari pompa torak 1. Piston digerakkan oleh tenaga dari crank shaftyang berotasi.3 Je is-je is Pompa Torak Pada dasarnya ada dua jenis pompa torak yaitu unit aksi langsung (direct acting) - .

Oleh karena pompa iini menduduki tempat yang penting dalam banyak oprasi industri pada semua jenis pabrik. sebuah batang piston (piston rod)bersama menghubungkan piston untuk uap dan piston untuk cairan atau plunyer. umumnya motor listrik.yangdigerakkan oleh uap dan pompa tenaga. Pompa-Aksi La gsu g Pada pompa jenis aksi langsung (direct acting pump) ini. sabuk mesin atau rantai. Pompa aksilangsung dibuat dengan sistem simpleks (masing masing satu piston uap dan satu piston cairan)dan dupleks ( dua piston uap dan dua piston cairan) Pompa Te aga Pompa tenaga (power pump) ini mempunyai poros engkol yang digerkkan dari sumberpenggerak luar.Pemakaian yang terutama untuk mengontrol aliran sejumlah kecil cairan cairan yang dimasukkan kedalam ketel ketel. pompa tenaga mengalirkan kapasitas yang hampir konstandan mempunyai efisiensi yang bagus. Pompa tenaga baik dipakai khususnya untuk keperluan tekanan tinggi dan dipakai pengisian air ketel. namun pada kenyataannya memakai gerakan piston atau plunyeryang bolak balik juga baru dapat melaksanakan aksi pemompaannya. Roda roda gigi sering dipakaiantara penggerak dan poros engkol untuk mengurangi kecepatan keluaran penggerak. volume terkontrol dan pengukur. Pompa Je is Te aga Kapasitas Kecil Unit ini juga dikenal sebagai pompa kapasitas variabel. pemompaan jaringan pipa. . Biladigerakkan dalam kecepatan konstan. Akan tetapi banyak modifikasi desain dasar yang dibuatuntuk keperluan khusus di dalam berbagai bidang beberapa diantaranya diklasifikasikan sebagaipompa rotari oleh pembuatnya. peralatan proses dan unit unit yang serupa. pemrosesan petroleum dan penggunaan jenis serupa.