yang menyebabkan letusan-letusan vulkanik menghasilkan sumbersumber uap air panas pada permukaan bumi bumi mengandung banyak bahan radio aktif seperti Uranium-238. dan sumber air belerang (sulfa tora). Uranium235.PUSAT LISTRIK PANAS BUMI ‡ pada prinsipnya bumi merupakan pecahan yang terlempar dari matahari. semburan air panas (geyser). seperti halnya dalam inti sebuah reaktor atom kegiatan bahan-bahan radio aktif ini membangkitkan jumlah panas yang tinggi yang berusaha untuk ke luar dan mencapai permukaan bumi Semua energi panas bumi ini sering tampak di permukaan bumi berupa mata air panas. karenanya hingga kini bumi masih memiliki suatu inti yang panas sekali dan meleleh Magma. uap panas (fumarola). dan Thorium-232. ‡ ‡ ‡ ‡ .

dan geokimia Di antara rumus atau metode yang sering dipakai. D = debit air panas (liter per detik). geofisika. . yang memberikan estimasi kasar secara empiris mengenai arus energi yang tersedia E = D x Dt x P di mana: E = arus energi (kcal per detik). Dt = perbedaan suhu permukaan air panas dan air dingin P = panas jenis (kcal per kg). atau penilaian potensi panas bumi pada prinsipnya mempergunakan data geologi. dapat disebut metode Perry.PUSAT LISTRIK PANAS BUMI PREDIKSI ‡ ‡ Perkiraan.

Kalifornia Kemudian pada tahun 1928 dilakukan pemboran di Reykyavik. . tahun 1904 Jepang menyusul dengan mengadakan pengeboran pasca tahun 1919.PUSAT LISTRIK PANAS BUMI PERCOBAAN ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Percobaan pertama untuk membangkitkan tenaga listrik dengan energi panas bumi dimulai di Lardarello. dan memasang sebuah PLTP kecil sebesar 1 kW pada tahun 1924 Di Amerika Serikat pemboran dimulai tahun 1920-an di Geysers. Itali. yang mempergunakannya untuk pemanasan Dan Menjelang tahun 1940 diselenggarakan pemboran di Rotorua dan Danau Tuopo. Eslandia. Selandia Baru. juga untuk keperluan pemanasan.

yaitu antara lain di Gunung Salak dan Drajad. .PUSAT LISTRIK PANAS BUMI Sejarah panas bumi di Indonesia dimulai pada awal abad ke-20 ‡ Pemboran percobaan di Kawah Kamojang. PLTP Kawah Kamojang dengan daya terpasang 140 MW ‡ Kemudian disusul oleh beberapa PLTP lagi. Garut (Jawa Barat) dan Dataran Tinggi Dieng (Jawa Tengah) pada tahun 1928 ‡ Pada tahun 1980-an telah beroperasi di Garut (Jawa Barat).

000 MW . ‡ Diperkirakan bahwa seluruh sumberdaya energi panas bumi di Indonesia berjumlah 16. Bali dan Sulawesi hingga Halmahera di bagian timur Nusantara. memperkirakan adanya suatu jalur api (fire belt) yang mulai dari Aceh di ujung barat laut Sumatera berjalan melalui Jawa.PUSAT LISTRIK PANAS BUMI POTENSI PLTP DI INDONESIA ‡ Riset Ilmuwan.

KOMPONEN-KOMPONEN ‡ UTAMA PLTP Berdasarkan kondisi dominasi uap yang berasal dari sumur dapat dikelompokkan tipe pusat listrik tenaga panas bumi menjadi dua jenis dengan beberapa varian yaitu: Prinsip Pusat Listrik Panas Bumi dengan Uap Kering .

Uap dari sumur angsung dimasukkan ke dalam turbin yang menggerakkan generator.KOMPONEN-KOMPONEN UTAMA PLTP ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Gambar 2. kedua-duanya berupa monoblok . Uap terpakai dibuang ke Lingkungan atau dikembalikan ke dalam tanah dengan cara injeksi.l9a memperlihatkan suatu skema PLTP dengan tekanan balik (back pressure) yang mempergunakan uap kering. Contoh jenis ini adalah PLTP Kamojang 1 x 250 kW dan PLTP Dieng 1 x 2000 kW. Biaya pada umumnya relatif rendah. Kondensor dan kelengkapannya tidak diperlukan. Jenis ini cocok unuk PLTP kapasitas kecil dan untuk kandungan gas yang tinggi.

KOMPONEN-KOMPONEN UTAMA PLTP ‡ Bilamana uap kering tersedia dalam jumlah lebih besar. serta PLTP Drajad 1 x 55 MW. Contoh adalah PLTP Kamojang 1 x 30 MW dan 2 x 55 MW. dan dipergunakan kondensor dengan kelengkapannya seperti menara pendingin dan pompa Prinsip Pusat Listrik Panas Bumi dengan Uap Kering ‡ Tipe ini adalah sesuai untuk kapasitas lebih besar. dapat dipergunakan PLTP jenis kondensing. .

KOMPONEN-KOMPONEN UTAMA PLTP ‡ ‡ Bilamana lapangan menghasilkan terutama air panas. perlu dipakai suatu separator yang memisahkan air dan uap. Air dikeluarkan dan uap dimasukkan ke dalam turbin seperti pada gambar dibawah ini prinsip pusat listrik panas bumi dengan air panas jenis tekanan balik dengan kilas nyala tunggal (simple flash) .

KOMPONEN-KOMPONEN UTAMA PLTP prinsip pusat listrik panas bumi dengan air panas jenis tekanan balik dengan kilas nyala ganda (Double flash) sistem ini adalah 15 .20 persen lebih produktif dengan sumur yang sama dibanding dengan kilas nyala tunggal .

‡ Pengotoran-pengotoran itu mengurangi efisiensi PLTP. ‡ Di antara pengotoran dapat disebut Fe. CO2. dan ekstraksi dari kondensor. pembersihan turbin.KOMPONEN-KOMPONEN UTAMA PLTP Kekurangan PLTP ‡ Uap yang keluar dari sumur sering mengandung berbagai unsur kimia yang terlarut dan bahan-bahan padat sehingga uap itu tidak begitu murni. Cl. merusak sudu-sudu turbin. dan mencemari lingkungan. ‡ Cara mengurangi masalah itu dengan pembersihan uap (scrubbing). SiO2. . ‡ Limbah cair diinjeki kembali ke bumi. H2S dan NH4 dan bahanbahan padat berupa batuan kecil serta lumpur. Selanjutnya dapat pula disebut kebisingan yang dapat dikurangi dengan mempergunakan peredam suara.

LANJUT KE PLTN .