Struktur Komputer

Komputer terdiri atas banyak komponen ada diantara komponen itu, seperti prosesor dan memori, yang tidak boleh tidak harus ada didalam komputer. Namun, ada juga diantara komponen itu, seperti pencetak, tetikus(mouse), monitor warna, yang boleh ada atau boleh juga tidak ada. Dengan demikian, tidak semua komputer memiliki komponen yang sama banyaknya. Karena itu, ada orang yang lebih suka menamakan komputer itu sebagai sistem komputer dan bersama itu, ada sistem komputer yang memiliki sedikit komponen dan ada juga sistem komputer yang hanya memiliki komponen yang seperlunya saja. Sistem komputer dengan berbagai komponen itu dapat kita pandang dari beberapa segi. Salah satu segi pandang adalah konsep atau tingkat konsep yang menjadi dasar dari sistem komputer itu. Segi lain lagi adalah cara kerja dari konsep komputer itu. 1. Tingkat Konsep Komponen apa saja yang ada di dalam komputer itu. Dalam hal ini, George W. Gorsline menunjukan kepada kita bahwa komputer atau sistem komputer dapat kita kemukakan dalam beberapa macam tingkat konsep(Concept Level) yang berbeda. Ada tingkat konsep tinggi yang hanya menunjukan komponen dalam diagram blok, serta ada pula tingkat konsep rendah yang menunjukan komputer dalam bentuk rangkaian elektronika. Dari tinggi sampai ke rendah, urutan macam tingkat konsep itu adalah sebagai berikut; Tertinggi : - Diagram Blok - Arsitektur - Transfer Register - Rangkaian Sakelar Terendah : - Elektronika Kalau kita berpengang kepada urutan tingkat konsep ini, maka kita dapat melihat bentuk komputer. Atau sistem komputer yang sama itu dapat kita tunjukan melalui tingkat konsep elektronika melalui tingkat konsep rangkaian sakelar, melalui tingkat konsep transfer register, melalui tingkat konsep arsitektur, atau melalui tingkat konsep diagram blok. a. Tingkatan Konsep Elektronika Pada tingkat konsep elektronika, bentuk komputer terdiri atas sejumlah rangkain mekanika, magnetika, dan detik. Mereka merupaka rangkaia dioda, transistor, resistor, elektromotor, tabung sinar katoda, dan unsur elektronika lain semacam itu. Rangkaian elektronika ini melaksanakan berbagai kerja komputer, dari menerima, memasukkan, mengolah data, merekam informasi kedisket, membaca informasi dari disket, menampilkan data ke jendela tampilan, mencatat data kepencetak, dan kerja lain semacam itu. Pada umumnya untuk perintang yang sedernaha saja, seperti membaca rekaman informasi dari disket, alur kerja pada rangkaian elektronika ini akan sangat rumit serta melibatkan banyak sekali komponen elekrtonika.

1

membentuk banyak sekali sakelar elektronika. dapat kita pandang sebagaisekumpukan banyak sekali gerakan terhubung atau terputus pada banyak kelompok sakelar elektronika di dalam komuter. Ada kerja komponen yang hanya terbatas didalam satu blok. Karena itu. namun ada pula kerjakomputer yang berlangsung pada beberapa blok. Bekerja dengan catu listrik. Dengan pemikiran kerja komputer merupakan lalu lintas informasipada berbagai satuan komputer itu melalui berbagai jalur pengh ubung oleh mereka. Tingkatan Konsep Rangkaian Sakelar Pada tingkat konsep rangkaian sakelar. Dari semua macam tingkat konsep ini yang paling mudah kita ikuti adalah tingkat konsep diagram blok. Didalam sistem komputer itu. Tingkatan Konsep Diagram Blok Pada tingkat konsep tertinggi arsitektur komputer atau sistem komputer itu dapat kita petak-patakan kdalam sejumlah blok. Tingkatan Konsep Arsitektur Pada Tingkatan Konsep Arsitektur Komputer. kita melihat bagaimana bentuk komputer atau sistem komputer kita sekirannya komputer itu ditunjukan melalui diagram blok. blok memori kerja da blok lain sejenis itu. kita dapat melihat bahwa berbagai register di dalam komputer itu tersusun dalam suatu arsitektur tertentu. d. ada register memori untuk menyimpan informasi. berbagai kerja komputer itu ternyata berbentuk pndah memindah informasi diantara berbagai register. dan demikian seterusnya. e. Kedudukan kelompok sakelar yang satu menggerakan kedudukan kelompoksakelar yang lain. Setiap blok memiliki fungsinnya sendiri. 2 . Sesungguhnya. ada register pencacah untuk mencacah urutan program. sekalipun hanya kerja yang sederhana. ada sejumlah register lain yang tersusun kedalam memori kerja dan demikian seterusnya. Prosesor. memori dan satuan komponen semacam ini terhubung melalui berbagai jalur(bus) penghubung. ada register alamat memori ntuk mencatat alamat memori. Setiap sakelar elektronika terdiri atas dua kedudukan atau keadaan yakni. ada registerakumulator untuk menampung berbagai unsur informasi. keadaan terhubung dan keadaan terputus. Dilihat dari tinggat register. Sehingga pada akhirnya terjadilah berbagai kerja komputer. dibawah ini menunjukansalah satu macam diagram blok yang menggambarkan suatu bentuk komputer.b. kita dapat melihatbahwa berbagai kelompok sakelar di dalam komputer itu membentuk sejumlah register. Secara garis besar bahwa. namun banyak sakelar yang tersusun secara pararel dan membentuk kelompok sakelar. ada register indeks untuk mencatat indeks. Ada register logika dan aritmatika yang dapat melakukan pengolahan logika dan aritmatika. seperti blok masukan. c. Tingkatan Konsep Transfer Register Pada tingkat konsep transfer register. Ada sejumlah register yang tersusun kedalam proses (satuan prosesor pusat atau satuan mikroprosesor). Ada sakelar yang berdiri sendiri. blok satuan proses pusat. kita dapat melihat bahwa rangkaian elektronika yang rumit itu.

.. terputusnnya dan terhubungnya sakelar elektonika pada tingkat konsep akelar elektronika juga menunjukan konsep sakelar elektronika.. PROSESOR KUNCI WAKTU . Sesungguhnya kerja komputer pada semua tingkat konsep komputer itu menunjuk ke kerja komputer yang sama... Pada tingkattingkat sakelar elektronika kerja itu berlangsung dalam bentuk terputusnya dan terhubungnya berbagai sakelar elektronika. Sesuai dengan tingkat konsep yang berbeda tentang komputer.... Salah satu cara penyimpanan demikian dilakukan melalui rekaman secara magnetika ke disk atau disket.. Demikian pula.MASUKAN SATUAN KENDALI KELUARAN MEMORI DUKUNG SALURAN . Kita dapat melihat berbagai macam kerja di dalam komputer..b 1.. Selain itu. Juga menunjukan ke pengolahan data atau pengaturan alat yang sama. kerja itu berlangsung sebagai lalu lintas informasi di dalam dan diantara blok pada sistem komputer itu.. Salah satu diagram blok komputer.... e. a.... Dalam fungsi komputer ini.... Di dalam sistem komputer itu... kita menentukan data dan pengolahan data... Kerja Komputer Kita dapat melihat kerja komputer ini menurut macam tingkat konsep komputer atau sistem komputer. Kerja Komputer Pada Tingkat Konsep Pada tingkat konsep diagram blok.... 3 ..... Mereka menuju ke pengolahan data atau pengaturan alat. kita juga dapat melihat kerja komputer dari segi fungsi komputer itu.. Itu perlu disimpan... 2. MEMORI .. Pada tingkat konsep transfer register kerja itu berlangsung melalui pemindahan rincian informasi diantara register..

b. program dapat direkam kedalam alat perekam dan membentuk berkas program dan berkas data. Dalam hal tertentu kegiatan itu menyertakan juga pengendali alat(device equtrieller). Setampak pada e. 4 . Salah satu jenis alat perekam semacam itu dikenal pula sebagai memori dukung serta jenis lain alat perekam dalam bentuk berkas-berkas ini adalah berkas data.1 memasukan data atau program kedalam komputer terjadi melalui alat masukan beserta penggerak alat(device driver) dan saluran penghubung.b. Alat itu mengatur bilamana data disalurkan serta bilamana pula penyaluran itu dihentikan. mereka juga mengatur cara penyaluran data atau informasi serta memeriksa status alat. Selain itu. Demikian pula. Hal serupa terjadi pula pada keluaran dan rekaman. pada saat diperlukan membaca atau mengutip kembali rekaman itu dari alat perekam kedalam komputer. Kerja Komputer Pada Rekaman Manakala dimasa perlu kegiatan kerja komputer dapat dilengkapi lagi dengan kegiatan rekaman informasi dari dalam komputer ke alat perekam serta kemudian.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful