P. 1
Sejarah Olahraga Renang

Sejarah Olahraga Renang

|Views: 366|Likes:
Published by antaniss

More info:

Published by: antaniss on Jun 08, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/12/2013

pdf

text

original

Sejarah Olahraga Renang

Manusia sudah dapat berenang sejak zaman prasejarah, bukti tertua mengenai berenang adalah lukisan-lukisan tentang perenang dari Zaman Batu telah ditemukan di "gua perenang" yang berdekatan dengan Wadi Sora di Gilf Kebir, Mesir barat daya. Catatan tertua mengenai berenang berasal dari 2000 SM. Beberapa di antara dokumen tertua yang menyebut tentang berenang adalah Epos Gilgamesh, Iliad, Odyssey, dan Alkitab (Kitab Yehezkiel 47:5, Kisah Para Rasul 27:42, Kitab Yesaya 25:11), serta Beowulf dan hikayat-hikayat lain. Pada 1538, Nikolaus Wynmann seorang profesor bahasa dari Jerman menulis buku mengenai renang yang pertama, Perenang atau Dialog mengenai Seni Berenang (Der Schwimmer oder ein Zwiegespräch über die Schwimmkunst). Perlombaan renang di Eropa dimulai sekitar tahun 1800 setelah dibangunnya kolam-kolam renang. Sebagian besar peserta waktu itu berenang dengan gaya dada. Pada 1873, John Arthur Trudgen memperkenalkan gaya rangkak depan atau disebut gaya trudgen dalam perlombaan renang di dunia Barat. Trudgen menirunya dari teknik renang gaya bebas suku Indian di Amerika Selatan. Renang merupakan salah satu cabang olahraga dalam Olimpiade Athena 1896. Pada tahun 1900, gaya punggung dimasukkan sebagai nomor baru renang Olimpiade. Persatuan renang dunia, Federation Internationale de Natation (FINA) dibentuk pada 1908. Gaya kupukupu yang pada awalnya merupakan salah satu variasi gaya dada diterima sebagai suatu gaya tersendiri pada tahun 1952.

Vanimo. Konsulat RI di Vanimo dan Kepala Adat beserta masyarakat Desa Mabo. 2 sekoci dan 4 orang Marinir TNI AL spesialis renang dan selam laut bebas untuk menjaga keselamatan di laut. diketahui Diaz melakukan start renangnya pada pukul 08.Marcos diaz melakukan aksi yang sangat fantastis Marcos Diaz perenang asal Republik Dominika melakukan aksi yang sangat fantastis.Selama melintasi laut.15 WIT. Diaz telah bertekad untuk menyelesaikannya demi masyarakat yang telah menantinya sehingga penyeberangan dapat disesuaikan dengan rencana. New York.Dalam sambutan lisan.00 WIT. serta ucapan terima kasih kepada seluruh pihak.com dari pihak Kementerian Luar Negeri. perwakilan Kementerian Luar Negeri mengucapkan selamat datang kepada perenang dan tim.Dalam pidato balasan. Diaz didampingi oleh Kapal RI Kalakai.Renang menyeberangi batas benua ini dilakukan pada tanggal 14 Mei 2010 lalu dalam rangka menyambut kegiatan United Nations Swim Across the Continents for Development and Peace sekaligus memulai acara High Level Summit Millenium Deveopment Goals pada bulan September 2010 di Markas Besar PBB. Marcos Diaz juga tidak lupa mngucapkan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah Indonesia yang telah mendukung dengan seungguh-sungguh bagi terlaksananya tahap pertama penyeberangan antar benua. Amerika Serikat.Marcos Diaz dilepas oleh Caretaker Gubernur Sepik Barat dan masyarakat setempat.Saat mendarat di desa Mabo. Pemkot Jayapura dan masyarakat adat Desa Mabo. ia mengakui sangat sulit berenang di tengah laut dan terombang-ambing ombak serta arus yang kencang. Setelah berenang selama 4 jam 30 menit. perenang disambut secara meriah oleh perwakilan Kementerian Luar Negeri. akhirnya Marcos Diaz berhasil mendarat di pantai desa Mabo sesuai yang direncanakan sebelumnya. terutama Pemprov Papua. Pemerintah Kota Jayapura.Berdasarkan rilis pers yang diterima Tribunnews.Marcos Diaz juga mengatakan.15 waktu Papua New Guinea atau pukul 07. Diaz menyeberangi garis 141 derajat Bujur Timur yang merupakan perbatasan wilayah laut Indonesia-Papua New Guinea. Pada pukul 08. Indonesia. Kendati demikian. Pemerintah Provinsi Papua. (*) . Ia berenang sejauh 7 mil atau sekitar 18 kilometer dari pantai Desa Wutung. Papua New Guinea menuju Provinsi Papua.

perut. lancar. dan bisa pernafasan menjadi lebih panjang. Saat bergerak di dalam air. dan telapak kaki. . 3. kita menggerakkan hampir keseluruhan otot-otot pada tubuh. badan pun bebas gerah. anggota gerak bawah. tubuh mengeluarkan energi lebih besar karena harus µmelawan¶ massa air yang mampu menguatkan dan melenturkan otot-otot tubuh. Secara psikologis. Selain itu berenang merupakan olahraga yang paling dianjurkan bagi mereka yang kelebihan berat badan (obesitas). pikiran lebih adem.Manfaat Olahraga Renang Berenang adalah salah satu jenis olahraga yang mampu meningkatkan kesehatan seseorang yang jg merupakan olahraga tanpa gaya gravitasi bumi (non weight barring). 4. Membentuk otot Saat berenang. punggung. anggota gerak atas. pembuluh darah. berenang dapat dikategorikan sebagai latihan aerobik dalam air. Artinya. leher. Menghilangkan stres. Otomatis energi yang dibutuhkan pun menjadi lebih tinggi. Gerakan berenang yang dilakukan dengan santai dan perlahan. mulai dari kepala. ibu hamil dan penderita gangguan persendian tulang atau arthritis. Melatih pernafasan Sangat dianjurkan bagi orang yg terkena penyakit asma untuk berenang karena sistem crdiovaskular dan pernafasan dapat menjadi kuat. 6. pinggang. dada. dan paru-paru. 7. mampu meningkatkan hormon endorfin dalam otak. 2. sehingga dapat secara efektif membakar sekitar 24% kalori tubuh. berenang juga dapat membuat hati dan pikiran lebih relaks. Menambah tinggi badan Berenang secara baik dan benar akan membuat tubuh tumbuh lebih tinggi (bagi yang masih dalam pertumbuhan tentunya). 5. Membakar kalori lebih banyak Saat berenang. dapat memacu aliran darah ke jantung. Suasana hati jadi sejuk. Self safety Dengan berenang kita tidak perlu khawatir apabila suatu saat mengalami hal-hal yang tidak diinginkan khususnya yang berhubungan dengan air (jatuh ke laut dll). tubuh akan terasa lebih berat bergerak di dalam air. Penapasan kita menjadi lebih sehat. 1. Berenang terbilang minim risiko cedera fisik karena saat berenang seluruh berat badan ditahan oleh air atau mengapung. Meningkatkan kemampuan fungsi jantung dan paru-paru Gerakan mendorong dan menendang air dengan anggota tubuh terutama tangan dan kaki. Berenang memiliki banyak manfaat yang dapat dirasakan apabila kita melakukannya secara benar dan rutin.

Sehinga semboyan Tangguh Setia Waspada memang bisa dibuktikan dan Grup C Paspampres tidak bisa dipandang sebelah mata oleh Grup lain yang ada di jajara Paspampres«. hal ini terbukti dengan banyaknya pendukung atau supporter dari masing-masing Detasemen yang mendukung rekan-rekannya berlaga di dalam kolam. Mekanisme dari perlombaan Renang Militer ini adalah di cari akumulasi waktu tercepat dari tiap-tiap Tim yang berlaga. Dengan sistem yang di lakukan ini maka kemampuan tim yag di utamakan. Kemudian dilaksanakan secara Estafet. Tim Renang Militer yang berlaga terdiri dari 20 orang perenang dengan dipimpin oleh 1 orang Perwira yang mewakili Detasemennya masing masing.BRAVO GRUP C !!! . karena jika hanya kemampuan individu yang diutamakan maka tidak akan mencapai kemenangan. Tim Renang Militer Detasemen Latihan dan Kima Grup C Paspampres membuktikan ketangguhannya dengan membukukan waktu tercepat di dalam lintasan kolam Renang serta mengkukuhkan sebagai juara 1 dalam kecabangan Renang Militer yang diikuti oleh seluruh Detasemen yang ada di Grup C.Lomba Renang Militer antar Detasemen Grup C Paspampres "Tangguh Setia Waspada" Kamis tanggal 17 Febuari 2011 berlokasi di kolam Renang Mako Paspampres Tanah Abang. Hal ini mencerminkan bahwa jiwa korsa dan semangat prajurit Grup C Paspampres masih sangat tinggi. Lomba yang dipimpin oleh Koordinator materi yaitu Lettu Mar Khairul ini berjalan dengan cukup meriah. dimulai dari perenang pertama sampai dengan perenang terakhir menempuh jarak 50 Meter. Lomba Renang Militer ini dilaksanakan dalam rangka Pembinaan Satuan dimana bukan hanya Renang Militer saja yang diperlombakan tetapi beberapa kecabangan Olah Raga baik Oraum maupun Oramil juga dipertandingkan.

Renang Targetkan 10 Emas di SEA Games JAMBI. dan sisanya loncat indah. Sabtu (2/4/2011)." tegas Toni seraya meminta dukungan dan doa dari masyarakat untuk memenuhi target tersebut. . memiliki rekor yang cukup baik menjelang SEA Games sehingga diyakini bisa meraih emas di nomor mereka masing-masing. Kehadiran Sekjen PB PRSI ke Jambi dalam rangka melihat perlombaan renang kelompok umur tingkat ASEAN ke-9 yang berlangsung di kolam renang Telago Rajo Kota Baru. mengatakan. Target 10 medali emas di SEA Games nanti sudah cukup kuat mengingat untuk nomor renang. para perenang muda Indonesia yang berlatih di dalam dan luar negeri memiliki catatan waktu yang cukup baik. para atlet. KOMPAS. polo air (2). Josua Jhon dan Putu. seperti Kaisiman. ke-10 medali emas yang ditargetkan di SEA Games nanti diharapkan dari cabang renang (4 emas)." kata Toni. 1-3 April 2011. Sekretaris Jenderal PB PRSI Toni Sastra di Jambi.com ² Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) menargetkan 10 medali emas pada SEA Games XXVI di Indonesia pada November 2011. "Berdasarkan laporan dari pelatih renang. kini tim nasional putra dan putri sedang mempersiapkan diri berlatih di Jakarta dan akan mengikuti uji coba ke luar negeri di Eropa. Jambi. Untuk nomor polo air. "Sementara cabang loncat indah juga sedang mempersiapkan atletnya agar bisa mencapai target tersebut.

aksi perusakan kemungkinan besar dilakukan oleh para suporter klub sepak bola usai menyaksikan pertandingan Liga Super Indonesia antara Persija Jakarta melawan Persipura Jayapura. Bukan hanya ruang sekretariat PB PRSI yang mengalami kerusakan pada bagian depan yang biasa digunakan sebagai ruang rapat. "Saya tidak tahu besar nilai kerugiannya. "Kami tetap beraktivitas di sana. "Mungkin karena panik sehingga ditinggalkan dan akhirnya diambil. Menurut Tonny. Ruang Sekretariat PB PRSI rusak setelah diserang massa tidak dikenal pada Kamis (31/3) sore. "Kami akan berusaha untuk mencari jalan keluar terkait masalah ini. Ruangan lain yang biasa digunakan untuk agen tur dan travel. "Saya serahkan semuanya kepada pihak kepolisian. Tonny berpendapat demikian setelah mengetahui bahwa aksi perusakan itu dilakukan oleh orang-orang yang menggunakan baju-baju "Jakmania"." katanya. Kacakaca yang menjadi dinding ruangan-ruangan itu hancur. karena yang rusak hanya ruang rapat. Tonny menyatakan pihaknya sempat kehilangan dua telepon genggam.Sekretariat PRSI Dirusak." katanya. kerugian yang cukup besar dialami oleh pengusaha travel dan penjaja perlengkapan renang yang beroperasi di sebelah ruang sekretariat PB PRSI. Akibat penyerangan itu. lagi-lagi dia menegaskan bahwa untuk masalah pencarian pelaku perusakan. sudah dilaporkan ke Polsek Tanah Abang." kata Sekretariat Jenderal PB PRSI Tonny P. Lebih lanjut Tonny menyatakan akan mencoba berkoordinasi dengan pihak pengelola Gelora Bung Karno terkait perbaikan Sekretariat PB PRSI ini. menurutnya. Namun. Yang jelas. Jakarta . Dengan adanya kejadian ini." katanya. Tonny enggan berspekulasi. Aktivitas Tetap Berjalan TEMPO Interaktif. serta tempat bisnis perlengkapan dan peralatan renang juga mengalami kerusakan." katanya.Rusaknya ruang sekretariat Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) tidak menghentikan aktivitas induk cabang olahraga air itu untuk bekerja. pihaknya sudah benar-benar menyerahkan kepada pihak kepolisian. . Sastramihardja saat dihubungi Jumat (1/4).

dia mengatakan. Ia mengatakan. Indra Gunawan. Guntur Pratama Putra. secara resmi tim itu diumumkan setelah kejuaraan renang Asia Pasifik di Palembang mendatang.Sebanyak empat perenang Indonesia yang dipersiapkan tampil pada SEA Games XXVI di Sumatera Selatan dan DKI Jakarta. "Kita juga belum tahu kuota renang yang akan diterjunkan ke SEA Games mendatang. dan M. Indra Gunawan. Triadi Fauzi. menjalani latihan di Australia. Sumsel. Akbar Nasution (Riau). September mendatang. menjalani latihan di Hongaria.Empat Perenang Berlatih ke Australia SEMARANG. katanya. Jumlah perenang yang masuk pelatnas SEA Games sebanyak 28 atlet. "Mereka berlatih di sana hingga menjelang tampil pada kejuaraan renang Asia Pasifik di Palembang. Pelatih Kepala Perenang Pelatnas SEA Games. Mereka adalah Glenn Victor. Nicko Biondi. Jumat. mereka adalah Glenn Victor dan Triadi Fauzi (Jawa Barat). Ketika ditanya penentuan tim inti pada pesta olahraga multievent antarnegara Asia Tenggara mendatang. dan Gde Siman Sudartawan. November 2011. China. sebenarnya tim pelatih sudah memiliki gambaran siapa saja yang masuk tim itu." katanya. Hartadi Nurtjojo. "Dalam waktu dekat ini kita akan ke Hongaria untuk memantau latihan Indra di sana.com . Ia juga mengatakan. katanya. enam perenang yang membela Indonesia tampil pada Asian Games XVI di Guangzhou. masuk tim inti." kata Hartadi yang juga Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi Pengurus Provinsi Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Jateng itu. menyebutkan. Tetapi. Idham Dasuki (Jawa Timur). Kompas. 2010. perenang berasal dari Sumatera Utara." katanya. cabang renang menargetkan meraih enam medali emas pada SEA Games mendatang karena di enam nomor itu. di Semarang. . Tetapi. M. perenang Indonesia berhasil mengungguli perenang dari Asia Tenggara pada saat turun di Asian Games China 2010.

after a day of vacation in jogjakarta no longer feel the time is up.STUDY TOUR TO JOGJAKARTA On Friday. Hotel Monument back. pronyrlivyj.S Class : VIII E B. smart Park. 2011 at 21:00 we left for jogjakarta to implement the study tour we will visit some tourist spots there. grotto of aligned teak.THE END ---------- Name : Ujang . Study : English . she was very kind and friendly. such as the Temple of Borobudur. the Temple of Prambanan. I was very happy there. parangkritis Beach. and he also helped me when I slipped on the stairs when I was in the Temple of Prambanan. February 19. I photograph with my friends who are very curious. there are also many tourists from home and abroad. I have met visitors from Singapore. time to go back to my hometown of each lot of things and experiences that will not be forgotten survivors jogjakarta hopefully we can meet again ---------. the Hotel Palace other. Malioboro.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->