14 Oktober 2010

Studi, Investasi Pariwisata Daerah

KONSEP BISNIS UNIT USAHA INVESTASI PARIWISATA PANTAI MANGGAR BALIKPAPAN
Bab I Konsep Dan Perencanaan Investasi Pariwisata

1.1.

LATAR BELAKANG

Salah satu wujud kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan di Manggar adalah dengan pengembangan pariwisata lokal. Pengembangan pariwisata ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat Manggar. Bila dibandingkan dengan kabupaten dan kota lain di Kalimantan Timur, Balikpapan merupakan salah satu wilayah dengan pendapatan per kapita yang tinggi dibanding beberapa kabupaten dan kota di Kalimantan Timur. PDRB per kapita Balikpapan pada tahun 2008 mencapai 50.539.490 rupiah (BPS Kodya Balikpapan, 2008). Misi Kota Balikpapan adalah mampu mewadani terlaksananya program pengentasan kemiskinan; peningkatan kualitas SDM; infrastruktur dan investasi; pariwisata dan lingkungan hidup; pemberantasan korupsi dan bidang kesejahteraan keluarga. Menjembatani misi pemerintah untuk mengembangkan sumber daya manusia dan pariwisata timbul konsep pembuatan wahana rekreasi yang mengandung nilai hiburan dan edukasi secara terpadu di Pantai Manggar dan akan diwujudkan dalam konsep Manggar Education–recreation Zone (MEZo). Sebuah taman terpadu yang menggabungkan konsep rumah pintar, dimana terdapat berbagai wahana belajar interaktif dengan konsep taman rekreasi air dan outbound. Salah satu nilai strategis proyek MEZo bagi pengembangan SDM sesuai dengan salah satu sasaran dalam misi Kota Balikpapan, yakni mengupayakan agar warga Balikpapan mampu “menjadi tuan dirumah sendiri”. Hal ini tercermin dari hadirnya salah satu gedung rumah pintar yang dinamai gedung perut bumi, dimana diharapkan para pelajar dapat membangun pola pikir yang terbuka dan mencintai

Vibiz Regional Research Center © 2010 Lepmida.com, All Rights Reserved

1

14 Oktober 2010

Studi, Investasi Pariwisata Daerah

ilmu geologi secara khusus sehingga kelak bisa menjadi “tuan rumah sendiri” bagi kekayaan alam mineral yang melimpah di Kota Balik papan. Selain hal tersebut, nilai strategis lainnya adalah belum adanya tempat hiburan/pembelajaran dengan konsep serupa di seluruh Kalimantan Timur. Diharapkan Balikpapan akan menjadi barometer dan pionir dalam memperkenalkan konsep tempat hiburan sekaligus pembelajaran yang mengasyikkan bagi seluruh warga masyarakat. Sebagai aset masyarakat Balikpapan, tentu dibutuhkan analisa dan perhitungan yang matang agar wahana ini dapat menjadi investasi yang menguntungkan sekaligus berkesinambungan. Dibutuhkan pengujian secara kualitatif dan kuantitatif yang rinci untuk menguji apakah investasi tersebut layak atau tidak untuk diwujudkan. Oleh karena itu, melalui konsep ini akan dianalisis secara makro (melalui indikator-indikator sensitif dalam investasi), manajemen pemasaran, manajemen operasi, manajemen sumber daya manusia, hingga manajemen keuangan. Dengan demikian akan ditemukan kelayakan investasi tersebut. I.2 Analisa SWOT Bisnis yang akan di jalankan di Balikpapan adalah pembuatan Zona edukasi dan hiburan “Manggar Edu-tainment Zone (MEZo)” di kawasan Pantai Manggar Balikpapan. “Manggar Edu-tainment Zone (MEZo)” berbentuk sebuah taman bermain dengan berbagai macam permainan yang terintegerasi dengan zona pembelajaran interaktif bagi para pelajar dan masyarakat umum. MEZo ini terbagi dalam 4 zona, yakni : 1. Playground 2. Gedung Perut Bumi (sebuah bangunan dengan berbagai display, diorama, dan permainan interaktif tentang eksplorasi minyak bumi) 3. Gedung Kotak (berisi berbagai display, diorama, dan permainan interaktif tentang ilmu-ilmu alam - yang lebih umum- dan sejarah Balikpapan) 4. Water Park (setelah pengunjung mencoba berbagai permainan edukatif, diakhir jalur, pengunjung bisa menikmati berbagai permainan air di water park. 5. Outdoor zone (berisi, outbound area), 6. ATV Circuit 7. Paintball War Zone

Vibiz Regional Research Center © 2010 Lepmida.com, All Rights Reserved

2

14 Oktober 2010

Studi, Investasi Pariwisata Daerah

Adapun analisa SWOT terhadap konsep ini adalah sebagai berikut : Kekuatan (Strength) dari konsep pembuatan waterpark ini adalah : 1. Letaknya di Pantai Manggar yang merupakan pusat tujuan wisata bagi seluruh masyarakat Balikpapan dan sekitarnya 2. Pengunjung yang datang ke Pantai Manggar sangat besar berkisar 3000 5000 per minggu. 3. MEZo ini menyajikan konsep taman hiburan terlengkap , termasuk didalamnya ada unsur pendidikan, dan juga rekreasi. 4. Jarak yang cukup dekat dengan pusat kota 5. Sudah memiliki infrastruktur darat yang cukup. 6. Sikap pemerintah setempat yang sangat kooperatif terhadap Investor. Kelemahan (Weakness) : 1. Pemandangan Pantai Manggarnya sendiri kurang bagus. Peluang (Opportunities) yang terbuka pada konsep ini adalah : 1. Belum ada saingan untuk konsep yang sama di Balikpapan. 2. Sangat sedikitnya tempat hiburan dan rekreasi yang bagus yang ada di Balikpapan. 3. Bisa menjadi pusat taman hiburan tidak hanya bagi penduduk Balikpapan, tapi juga bagi penduduk kota sekitar, dan bisa juga di targetkan menjangkau negara- negara tetangga yang berbatasan dengan kota Balikpapan, seperti Malaysia. Ancaman ( Threat) terhadap bisnis atau usaha ini : 1. Menurunnya minat pengunjung ke Taman hiburan sering dialami oleh banyak daerah yang membangunnya. 2. Perlu diwaspadai adanya bencana alam yang sering tidak terduga terjadinya di Indonesia. 3. Terjadinya pengikisan pantai atau abrasi serta terjadinya intrusi air laut secara periodik sering menjadi ancaman. 4. Pasar domestik di Balikpapan bisa menjadi turun jumlahnya bila strategi pasar yang dijalankan tidak tepat. 5. Terjadinya konflik antar etnis ( madura dan dayak). Selain pengujian indikator /pilar di atas, dukungan dari masyarakat lokal, para pelaku usaha tentu penting dalam pengembangan wisata Pantai Manggar. Berikut hasil uji sample yang dilakukan terhadap pengembangan potensi wisata pantai Manggar menjadi Taman Rekreasi.

Vibiz Regional Research Center © 2010 Lepmida.com, All Rights Reserved

3

14 Oktober 2010 Studi. All Rights Reserved 4 . Tingkat popularitas Pantai Manggar sebagai tempat hiburan masyarakat : Dari diagram diatas didapatkan bahwa 88.3% masyarakat Balikpapan setuju atas pengembangan pantai tersebut. Vibiz Regional Research Center © 2010 Lepmida. 2. Pie Chart / Diagram tentang respon masyrakat.com. pengunjung mengenai rencana pengembangan Kawasan Wisata Pantai Manggar 0. seperti yang tergambar pada diagram diatas.3% Sumber: Studi Kelayakan dan Pengembangan Ecowisata Terpadu Kota Balikpapan Tahun 2002 Berdasarkan studi kelayakan pengembangan ekowisata kota Balikpapan tahun 2002 .6% yang belum pernah. terlihat dari hasil survey yang diadakan kepada pelaku usaha serta pengunjung Pantai Manggar didapatkan bahwa 99. Hanya 11. pelaku usaha. Hanya 0.4% masyarakat Balikpapan pernah mengunjungi pantai tersebut.7% 99.7% yang menyatakan tidak setuju. Investasi Pariwisata Daerah Sumber: Studi Kelayakan dan Pengembangan Ecowisata Terpadu Kota Balikpapan Tahun 2002 Berikut beberapa data riset yang dapat dijadikan acuan dalam pembangunan wahana MEZo : 1.

Perkusi berpanduan lampu (psikomotorik) c. bahwa unit usaha yang akan dibangun di Pantai Manggar adalah Zona edukasi dan hiburan “Manggar Edutainment Zone (MEZo)” Detail unit usaha Zona edukasi dan hiburan “Manggar Edu-tainment Zone (MEZo)” ini adalah sebuah wahana terintegerasi yang memadukan wahana pembelajaran interaktif dengan wahana hiburan rekreatif. Istana Pasir d. Investasi Pariwisata Daerah Bab II Unit Usaha Pariwisata Di Pantai Manggar Seperti yang telah dijelaskan dalam analisa SWOT. Air mancur berirama f. Kekayaan alam yang terbesar di Balikpapan berasal dari perut bumi. Rumah Pohon e. Wahana ini terbagi menjadi 6 Zona. All Rights Reserved 5 . yaitu : Bagan pengembangan Kawasan wisata Pantai manggar 1. Gate : i Vibiz Regional Research Center © 2010 Lepmida. batubara. dan lain-lain. logam. Pipa Berbisik (mengenalkan konsep perambatan suara) b. Zona Gedung Perut Bumi Luas : 20m x 50m. Merupakan arena pembelajaran tentang perut bumi.com. berupa hasil-hasil pertambangan minyak bumi. Gempa bumi 2.14 Oktober 2010 Studi. Playground Luas : 700m2 Berupa taman bermain anak-anak (usia TK) yang mengandung unsur edukasi Antara lain : a.

batubara. line 1 : Lantai 3 ke lantai 1 Pengunjung diajak seolah melewati sebuah lorong (terowongan) tambang di bawah tanah di mana terdapat banyak peraga tentang isi perut bumi. Penampang kulit bumi akan diwujudkan dalam perjalanan tangga dari lantai 3 ke lantai 1 line 2 : Lantai 1 Vulkanologi. dan lain-lain.14 Oktober 2010 Studi. All Rights Reserved 6 . Pembelajaran dilakukan melalui relief sepanjang dinding dome. dan software multimedia interaktif. lapisan-lapisan bumi. Di sini mereka bisa belajar tentang geologi.com. Investasi Pariwisata Daerah Rute : Naik lift ke lantai 3. warisan pra-sejarah yang terkubur dalam bumi. lapisan minyak bumi. line 3 : Lantai 2 Vibiz Regional Research Center © 2010 Lepmida. alat peraga interaktif. logam.

warisan pra-sejarah yang terkubur dalam bumi.com. Gedung ini akan dibagi menjadi beberapa zona. Bangunan ini direncanakan sebagai tempat berbagai booth pembelajaran. All Rights Reserved 7 . 3. batubara. Arena Permainan Outbound Vibiz Regional Research Center © 2010 Lepmida. dan lain-lain. Peralatan-peralatan. Zona Ilmu Bahasa Inggris 4. mulai dari kegiatan eksplorasi sampai hasil jadi.14 Oktober 2010 Studi. yakni: a. lapisan minyak bumi. Zona Ilmu Fisika b. logam. Investasi Pariwisata Daerah Vulkanologi. Zona Gedung Kotak Luas : 20m x 150m. Zona Ilmu Biologi c. Diorama ukuran besar: anjungan pengeboran Lepas pantai line 4 : Lantai 3 Teknologi pengolahan minyak bumi dan gas.

Flying fox b. Sirkuit ATV Luas: 40m x 200m. yaitu permaian ATV (All Terrain Vehicles). V-Burma c. dibuat pula fasilitas pendukung berupa : 1. Cargo net d.com.14 Oktober 2010 Studi. Investasi Pariwisata Daerah Luas: 40m x 200m. Selain kelima Zona tersebut diatas. Terdiri dari berbagai permainan outbound (high rope/tali tinggi) yang amat menantang pengunjung. dll 5. All Rights Reserved 8 . Foodcourt Dapat memuat lebih dari 50 pedagam 2. Salah satu permainan pemacu adrenanlin yang membuat pengunjung kecanduan untuk mencoba lagi. Toliet. antara lain : a. Gudang. Tiket Box. P3K Vibiz Regional Research Center © 2010 Lepmida. Information.

Badan Vibiz Regional Research Center © 2010 Lepmida. 4.000 m2. 3. Hal ini disebabkan karena kota balikpapan memiliki perda yang mengatur tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) daerah wisata. Plaza Penerima Lahan untuk Plaza Penerima akan dibangun dalam lahan seluas 850 m2. Pilar tersebut adalah sebagai berikut : 1. 5. Kantor Pengelola (administrasi) Lahan untuk kantor pengelola (administrasi) akan dibangun dalam lahan seluas 750 m2. Peraturan dan Regulasi Dari segi peraturan dan regulasi. jumlah kepemilikan usaha oleh WNA di kota Balikpapan berjumlah lebih dari 12 unit dengan ketentuan yang telah diatur dalam Perda setempat. Parkir Lahan untuk Parkir akan dibangun dalam lahan seluas 22. Kontribusi pemerintah kota balikpapan dalam menanggapi kepemilikan usaha oleh warga asing dinilai serius. Ada 14 pilar atau indikator yang akan digunakan untuk menilai kesiapan kota Balikpapan untuk dikembangkan unit usaha Taman rekreasi di Pantai Manggar. Ketentuan tersebut diresmikan melalui Peraturan Daerah Kota Balikapan nomor 21 tahun 2002.7%. All Rights Reserved 9 . Selain itu. Gerbang Lahan untuk Gerbang akan dibangun dalam lahan seluas 800 m2. Tiket Box. Hall & Koridor Penerima Lahan untuk Hall & Koridor Penerima akan dibangun dalam lahan seluas 800 m2. Toliet. Investasi Pariwisata Daerah Lahan untuk Information.14 Oktober 2010 Studi. 7. P3K akan dibangun dalam lahan seluas 500 m2 . Gudang. kota Balikpapan memiliki indeks investasi sebesar 65. ini bertujuan untuk menentukan apakah suatu daerah siap untuk menerima investasi.com. BAB III Kesiapan Daerah Selain analisa SWOT perlu juga analisa mengenai kesiapan suatu daerah. 6. Ini ditunjukkan dari adanya Perda.

2. sumber : lepmida 3. Meskipun demikian. Pemerintah daerah Balikpapan juga telah memberi informasi yang lengkap mengenai hak kepemilikan di daerah tersebut sekaligus memberikan jaminan hukum. dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang mengatur dan memperlancar pendirian usaha milik WNA di kota Balikpapan. dan juga penataan kota yang menentukan 50 % dari lahan kota menjadi lahan hijau. seperti duyung. Pemda Balikpapan belum memiliki Perda yang mengatur tentang larangan serta hukuman bagi pelaku pembakaran hutan dan penebangan mangrove. Hal ini disebabkan karena kota Balikpapan memiliki beberapa Perda yang mengatur tentang pengelolaan hutan lindung. Dalam kota Balikpapan terdapat spesies langka yang jumlahnya semakin berkurang.com. kota Balikpapan memiliki indeks investasi sebesar 71. sehingga di Balikpapan masih banyak terdapat penebangan liar dan pembakaran hutan. sehingga mereka sulit untuk mencari makanan. kota Balikpapan memiliki indeks investasi sebesar 65%. bekantan. Balikpapan telah mendapatkan lebih dari tujuh penghargaan nasional tentang kelangsungan lingkungan hidup serta beberapa penghargaan internasional dalam bidang yang sama.000. Hal ini disebabkan karena 1) kota Balikpapan menempati peringkat Vibiz Regional Research Center © 2010 Lepmida. Keselamatan dan Keamanan Keselamatan dan kebersihan. Namun. Kelangsungan Lingkungan Hidup Untuk kelangsungan lingkungan hidup. Jumlah hari yang dibutuhkan untuk memulai usaha di Balikpapan adalah 48 hari dengan biaya yang harus dikeluarkan adalah lebih dari Rp.000.43%. Investasi Pariwisata Daerah Koordinasi Penanaman Modal Daerah (BKPMD). Beruang madu . All Rights Reserved 10 . pengelolaan limbah. dan pesut mahakam yang terancam punah karena adanya aktivitas pertambangan yang dapat merusak indera pendengaran mereka. 7.14 Oktober 2010 Studi. dan pengolaan sampah.

Selain itu. diperlukan adanya komitmen dari pemerintah untuk membenahi beberapa fasilitas publik tersebut yang jumlahnya dinilai masih kurang.240 orang. diperlukan adanya komitmen dari pemerintah untuk membenahi kawasan-kawasan rawan longsor di Balikpapan dengan menertibkan penggunaan lahan pemukiman di daerah sekitar rawan longsor demi keselamatan jiwa penduduk Balikpapan. 5. dengan jumlah rumah sakit dan puskesmas sebanyak 128 lembaga kesehatan. Keunggulan tersebut rendahnya tingkat kriminalitas yang ada disana. Keunggulan tersebut adalah besarnya jumlah dokter di kota Balikpapan. masih perlu ditingkatkan oleh pemerintah.480 dokter atau sama dengan 37 dokter per-25. namun kota Balikpapan masih memiliki keunggulan dari segi kesehatan dan kebersihan. Vibiz Regional Research Center © 2010 Lepmida. Akses untuk mendapatkan air bersih sudah tergolong cukup. Meskipun terdapat beberapa kekurangan tersebut. 4. angka indeks ini sudah cukup dikarenakan kesadaran masyarakatnya akan kebersihan sudah cukup tinggi. Selain itu. sehingga kota ini pernah mendapatkan penghargaan Adipura sebagai kota terbersih. terdapat bencana longsor sebanyak dua kali di kota Balikpapan yang mengakibatkan meninggalnya korban jiwa. pemerintah Balikpapan perlu mempertegas hukum yang mengatur tentang penggunaan jalan sekaligus menertibkan aparat penegak hukum agar serius dalam memberikan pengawasan lalu lintas. Kota Balikpapan juga telah mengikuti beberapa pameran pariwisata nasional dan internasional. Oleh karena itu.33%. tapi untuk total pelanggan air minum baru 65.14 Oktober 2010 Studi. yaitu sebesar 30%-50%. yaitu sebesar 1. Selain itu ditunjang juga dengan jumlah prasarana dan sarana kesehatan yang cukup banyak jumlah ketersediaan tempat tidur pada Rumah Sakit yang ada di kota Balikpapan hanya sebesar 906 buah.com.57%.000 penduduk. terlihat pula kota Balikpapan memiliki Objek Daya Tarik Wisata (ODTW) yang berjumlah lebih dari 7 objek. kota Balikpapan memiliki indeks investasi sebesar 83. Investasi Pariwisata Daerah kedua di Kalimantan Timur dalam hal kecelakaan lalu lintas. Kesehatan dan Kebersihan Segi kesehatan dan kebersihan. Oleh karena itu. namun kota Balikpapan masih memiliki keunggulan dari segi keselamatan dan keamanan. kota Balikpapan memiliki indeks investasi sebesar 78. All Rights Reserved 11 . Hal ini disebabkan karena Pemda Balikpapan telah menunjukkan keseriusan mereka dalam mengembangkan industri travel dan pariwisata yang ditunjukkan dari besarnya persentase pengeluaran pemerintah daerah dalam sektor industri pariwisata terhadap total anggaran daerah. Meskipun terdapat kekurangan tersebut. dimana pada tahun 2008 tercatat 176 kasus kecelakaan lalu lintas dengan korban meninggal sebanyak 72 orang dan 2) dalam 10 tahun terakhir. sehingga dengan besarnya jumlah dokter tersebut kebutuhan kesehatan masyarakat Balikpapan dapat terpenuhi. Prioritas pada Sektor Travel dan Pariwisata Dari segi prioritas pada sektor travel dan pariwisata.

Gambar Bandara Sepinggan 7. yaitu Bandara Sepinggan yang berjarak 13 Km dari pusat kota. Infrastruktur Transportasi Udara Dari segi Infrastruktur Transportasi Udara.14 Oktober 2010 Studi. kota Balikpapan memiliki indeks investasi sebesar 60%. Selain itu. bahwa permintaan jasa penerbangan ke dan dari kota Balikpapan cukup tinggi. Vibiz Regional Research Center © 2010 Lepmida. Frekuensi penerbangan ke dan dari Balikpapan oleh setiap maskapai adalah lebih dari 5 kali setiap hari. Jalan utama yang menghubungkan kota Balikpapan adalah jalan dengan klasifikasi kelas III C dan memiliki kondisi yang sangat baik. Infrastruktur transportasi darat dan laut Dari segi infrastruktur transportasi darat dan laut.14%. Ini menunjukkan. terdapat lebih dari 5 maskapai yang melayani penerbangan untuk tujuan domestik dan terdapat pula maskapai yang melayani penerbangan untuk tujuan internasional. All Rights Reserved 12 . Selain itu. Bandara yang ada di Balikpapan adalah bandara kelas I. Pelabuhan yang terdapat di Balikpapan adalah pelabuhan kelas I dengan fungsi yang berbeda-beda. Investasi Pariwisata Daerah 6.com. kota Balikpapan memiliki indeks investasi sebesar 97. tidak terdapat kereta api di Balikpapan. Frekuensi transportasi jalan darat yang menuju tempat wisata dan pusat perekonomian adalah sebanyak 1-3 kali.

Selain itu ketersediaan lembaga keuangan seperti bank dan money changerpun dapat ditemui dengan mudah karena jumlahnya yang cukup banyak. Telepon.57 %. karena hampir semua ada.650 kamar.14 Oktober 2010 Studi. termasuk didalamnya adalah jaringan penggunaan internet. Balikpapan termasuk sudah baik. listrik) Berdasarkan data tahun 1999 . Nilai dari pilar ini adalah 78.14%.840 SST pelanggan dan juga terdapat 125 buah wartel. Apotik serta toserba 24 jam sudah banyak ditemui disana. Infrastruktur Pariwisata Untuk infrastruktur pariwisata.com. Tidak hanya itu pemerintah Balikpapan juga telah dikembangkan juga sarana telepon dengan menggunakan jaringan akses radio WLL ( wireless Local Loop) dan ultraphone untuk lokasi pelanggan yang tidak terjangkau oleh jaringan fisik. 9. yang dekat dengan fasilitas sosial dan pusat kegiatan masyarakat. totalnya ada 26 bank. mulai dari hotel dari klas melati sampai bintang 5 ada sekitar 42 hotel dengan total sebanyak 2. kota Balikpapan memiliki indeks investasi sebesar 77.950 Satuan Sambungan Terpasang (SST). 10. karena hampir seluruh kota sudah bisa menikmati fasilitas listrik 24 jam. Infrastruktur Pendukung (Internet . Investasi Pariwisata Daerah Jalan utama kota Balikpapan Pelabuhan kecil kota Balikpapan 8. Jadi total nilai dari pilar ke 8 ini adalah 76. Keunggulan harga dalam industri travel dan pariwisata Dari segi Keunggulan harga dalam industri travel dan pariwisata. untuk kapasitas sentral telepon dengan 38. All Rights Reserved 13 . Infrastruktur listrik juga sudah cukup baik.79 %. Hal ini disebabkan karena harga-harga komoditas dan jasa di Balikpapan tergolong standar untuk ukuran kota Vibiz Regional Research Center © 2010 Lepmida. seperti jalan. kota Balikpapan telah memiliki 44. bandara. Juga terdapatnya fasilitas telepon umum di tempat umum.

kota Balikpapan memiliki indeks investasi sebesar85. namun dari segi kekayaan budaya. Kekayaan budaya Meskipun dari segi kekayaan alam kota Balikpapan hanya bernilai rata-rata. Bukit Bangkirai Pantai Manggar 14. dan 12 perguruan tinggi. 12. Hal ini disebabkan karena kota Balikpapan memiliki keragaman Vibiz Regional Research Center © 2010 Lepmida.71%.000 permalam.14 Oktober 2010 Studi.000-300. Sumber Daya Manusia Untuk sumber daya manusia . Investasi Pariwisata Daerah besar. tarif angkutan umum di Balikpapan adalah Rp 3. Berdasarkan data tahun 2009 menunjukan bahwa 47.19 % Hal ini disebabkan karena keindahan warisan alam dunia di kota tersebut cukup bagus dan banyak jumlahnya. seperti contohnya harga beras adalah Rp 184. Selain itu. Balikpapan mendapat nilai 82.86 % terlihat dari sarana dan prasana pendidikan yang tersedia dikota Balikpapan. Hal ini disebabkan karena masyarakat kota Balikpapan memiliki sifat yang terbuka terhadap pendatang. kota Balikpapan memiliki indeks investasi sebesar 76. Jumlah SMP/ MTs dan SMU/K / MAN sebanyak 120 sekolah.71%. Kekayaan alam Dari segi kekayaan alam.98 % guru di Kaltim telah memiliki kualifikasi pendidikan S1 atau D4. 11. All Rights Reserved 14 . karena kota Balikpapan termasuk kota yang cukup maju. data ini melampaui target nasional tahun 2009 yaitu 37.5%. 13. baik warga negara asing maupun domestik.000 setiap karung dan harga sewa kamar hotel bintang 3 adalah kurang lebih dari Rp 250.000 dengan harga bahan bakar premium sebesar Rp 4. dimana harga tersebut adalah sama dengan harga di Jakarta. maka kualitas lingkungan di kota tersebut tergolong baik. Bahkan untuk sekolah bertaraf internasionalpun sudah banyak jumlahnya di Balikpapan. Keterbukaan masyarakat terhadap pariwisata Dari segi keterbukaan masyarakat terhadap pariwisata. kota Balikpapan memiliki indeks investasi sebesar 85.500 per-liter. terlihat dari kebersihannya yang terjaga.com. Selain itu.

Dari penilaian 14 indikator diatas tentang kelayakan investasi di kota Balikpapan. Contoh keragaman seni di balikpapan adalah : • • • • • • • Seni suara Bedeguuq Seni suara Enluei Musik tingkilan Musik sempek Tarian Besyitan dari suku Tidung (Kabupaten Malinau) Tarian Gantar dari Suku Dayak Benuaq Tarian Ngeleway dari Suku Dayak Benuaq Selain itu juga terdapat beberapa upcara adat seperti: • • • Ngompokng Kwangkey Parepm Api.5 7 X 77.14 Oktober 2010 Studi.0 0 VIII 76.5 7 V 83. All Rights Reserved 15 . Investasi Pariwisata Daerah seni dan budaya yang sangat tinggi.4 3 III 65. Keragaman budaya inilah yang dapat dimanfaatkan sebagai nilai jual kota Balikpapan sebagai tujuan pariwisata dan kota pengekspor kerajinan daerah.0 0 IV 78. dapat disimpulkan sebagai berikut : Pilar Indeks I 65.1 9 XIV 85.3 3 VI 97.80 Vibiz Regional Research Center © 2010 Lepmida.7 1 XIII 76.7 1 Total 76.com.1 4 XI 82.7 9 IX 78.7 0 II 71.8 6 XII 85.1 4 VII 60.

BAB V Vibiz Regional Research Center © 2010 Lepmida.57 60 97.14 76.71 82.33 78. Investasi Pariwisata Daerah 14Pilar K esiapanD aerah 14 13 12 11 10 9 8 7 6 5 4 3 2 1 0 20 40 60 65 71. 26 tahun 2000. All Rights Reserved 16 .14 Oktober 2010 Studi.14 78. bidang perijinan. Kepemilikan yang ditawarkan oleh pemerintah adalah hak guna bangun dan hak guna usaha. Adapun dasar hukum untuk surat izin usaha kepariwisataan (SIUK) adalah undang – undang No. 9 tahun 1990 dan peraturan daerah no.71 14 Pilar Kesiapan Daerah 80 100 120 Bab IV Kepemilikan Lahan seluas 13.57 76.79 85. Lamanya prosedur pengurusan ijin usaha di targetkan pemerintah selesai dalam waktu 7 hari.com.86 77.7 83.000 m2 di sepanjang pantai manggar ditawarkan pemerintah daerah kota Balikpapan untuk dikembangkan taman hiburan dan dikelola oleh pihak swasta atau investor.19 85. Untuk kepengurusan ijin usaha bisa didaftarkan ke BPMP2T .43 65.

BAB VI Vibiz Regional Research Center © 2010 Lepmida. Penikmat petualangan (ATV. Berikut beberapa analisa yang dilakukan untuk melihat pangsa pasar taman hiburan atau wahana pembelajaran-rekreasi terintegerasi di Pantai Manggar : 1.3. Jumlah pengunjung Pantai Manggar sebanyak 3. Populasi Balikpapan pada tahun 2009 adalah 621. Kutai Kertanegara. Golongan penghasilan : (tidak terbatas) 4.) c. Segmentasi atas dasar pshycografis Wahana pembelajaran-rekreasi terintegerasi didesain untuk memenuhi beberapa karakter menikmat hiburan. Kutai Barat.000 . Pelajar dan penikmat iptek (gedung perut bumi dan gedung kotak) b. ditetapkan pasar sasaran MEZo adalah : a. Zona pangsa utama : Penduduk Kota Balikpapan. 3. yaitu : Samarinda. Usia 0-14 tahun dan 15 – 45 tahun d. Dari berbagai analisa diatas. dengan tingkat kunjungan lebih dari 3 kali dalam setahun. Kutai Barat).900 orang perminggu (sebelum ada wahana pembelajaran-rekreasi terintegerasi).com. Pengunjung Pantai Manggar yang mencapai 3. b.14 Oktober 2010 Studi. Zona pendukung : daerah sekitar Balikpapan ( Samarinda. 6. yakni : a. b. Jenis Kelamin : Laki-laki dan perempuan c.64 th = 64 % • Umur > 45 th = 13 % b. 7. karena dengan menganalisa pasar yang ada akan diketahui berapa besar peluang keuntungan yang dapat diraih dari pasar yang ada. Penikmat sport (fasilitas olah raga. Komposisi target pasar berdasar usia : • Umur 0 . 2.862 orang.14 th = 23 % • Umur 15 .000 – 3. Kutai Kertanegara. Zona Pangsa pendukung : Penduduk daerah sekitar. outbound) d. All Rights Reserved 17 . Investasi Pariwisata Daerah Analisa Pasar Analisa pasar sangatlah penting untuk dilakukan.900 orang per minggu. Lokasi Wahana pembelajaran-rekreasi terintegerasi : Kawasan Pantai Manggar. Segmentasi atas dasar Demografis: a. Penikmat kuliner (foodcourt) 5. Segmentasi atas dasar Geografis: Pangsa pasar terbagi menjadi 2 zona : a. Zona pangsa utama : Penduduk Balikpapan. karena menjadi pusat wisata bagi masyarakat Balikpapan. Pelajar di Balikpapan dan kota sekitar c. yang merupakan lokasi strategi.

Wahana pembelajaran-rekreasi terintegerasi di Balikpapan ini bisa berhasil . karena belum adanya usaha sejenis. dengan sistem kolektif lewat sekolah. Dilihat dari target pasarnya. Secara skala dan titik daya tarik utama.14 Oktober 2010 Studi. All Rights Reserved 18 . 3. Hanya saja wahana pembelajaran-rekreasi terintegerasi di Kutai Kertanegara ini tidak berjalan baik dikarenakan mahalnya capital cost.com. Jadi peluang untuk keberhasilan usaha ini cukup besar. Kutai Barat. Investasi Pariwisata Daerah Analisa Pesaing Dalam hal persaingan. jika : •Harga yang ditawarkan cukup terjangkau oleh masyarakat. unit usaha Wahana pembelajaran-rekreasi terintegerasi di Balikpapan masih tergolong mengguntungkan. Usaha Taman rekreasi berupa wahana pembelajaran-rekreasi terintegerasi belum ada di Balikpapan dan beberapa kota sekitarnya seperti Samarinda. Kutai Kertanegara. sehingga operator merugi. Berikut analisa pesaing untuk unit usaha Wahana pembelajaran-rekreasi terintegerasi di Pantai Manggar Balikpapan : 1. terdapat bedaan konsep antara wahana di Pantai Manggar dengan di Kutai Kertanegara. BAB VII Vibiz Regional Research Center © 2010 Lepmida. sehingga Wahana di Kutai Kertanegara tidak secara langsung dan setara menjadi pesaing Wahana di Pantai Manggar yang akan direalisasikan. bahkan se Kalimantan Timur. • Promosi dengan model membership (terutama untuk outbound dan ATV) yang dapat meningkatkan tingkat kunjungan kembali masyarakat. yakni pelajar. • Periklanan dan pemasaran yang mengarah ke target market utama wahana pembelajaran. 2. Pesaing yang ada di kawasan sekitar baru di Kota Kutai Kertanegara yaitu sebuah wahana pembelajaran-rekreasi terintegerasi dan kereta gantung. belum ada tempat hiburan yang menyasar pangsa pelajar secara khusus. • Penyediaan beragam wahana bermain di dalam wahana pembelajaran-rekreasi terintegerasi ini.

Pangsa pasar dikembangkan untuk meraup 15% potensi pangsa pasar utama. zona anak. SD. 5. 8. sehingga wahana pembelajaran-rekreasi terintegerasi ini menjadi “one stop family recreation”. Pengembangan pangsa pasar selanjutnya diarahkan ke daerah Samarinda. Investasi Pariwisata Daerah Strategi Pasar Untuk meraih kesuksesan dalam memasarkan taman hiburan ini maka ada beberapa strategi pasar yang di terapkan untuk wahana pembelajaran-rekreasi terintegerasi di Pantai Manggar ini adalah : 1. seperti : zona pendidikan yang ditambah alat peraganya. SMP dan SMA). Relaunching selalu diadakan setiap ada penambahan peraga atau wahana baru. Strategi pemasaran terkait dengan persaingan dengan usaha sejenis mengambil posisi sebagai Leader. Pengunjung Pantai Manggar. Hal tersebut diatas diwujudkan dengan selalu mengembangkan diversifikasi produk layanan yang ditawarkan. 6. zona ketangkasan. Berbasis pada analisa pangsa pasar. serta didukum publikasi yang cukup 4.14 Oktober 2010 Studi. Untuk permainan outbound dan ATV karena bersifat mencandu (addiction). segmen usia 15-65 tahun. dan ditawarkan secara kolektif lewat sekolah masing-masing. 3. Hal ini mengingat wahana pembelajaran-rekreasi terintegerasi yang akan dibangun di Pantai Manggar memiliki konsep yang berbeda dengan pesaing di Kutai Kertanegara. Kutai Barat. yang sebelum wahana pembelajaran-rekreasi terintegerasi didirikan telah mencapai 3. Kutai Kertanegara. BAB VIII Vibiz Regional Research Center © 2010 Lepmida. maka dibuat promo membership serta diprakarsai adanya club-club hobi. Pada tahap awal.com. All Rights Reserved 19 .000 -4. serta foodcourt.000 orang per minggu. penetapan pangsa utama yang lebih spesifik adalah Pelajar (dari tingkat TK. 2. yakni zona Balikpapan.anak. 7. Secara berkala member diundang dalam event kompetisi rutin.

pertama. All Rights Reserved 20 . SMA) .G. Dengan penetapan harga.Wahana Outbound khusus (ATV. yaitu : .Flying fox Keterangan Harga parkir sama untuk semua jam Harga Keterangan (Rupiah) Harga 1000 3000 17.Outbound area Outbound special . Wahana ini memposisikan diri sebagai market leader. karena belum ada wahana dengan konsep serupa di seluruh Kalimantan Timur. perlu dilakukan: 1. semakin besar juga potensi dalam menyesuaikan harga yang lebih pantas. dapat ditentukan penetapan harga sesuai dengan perimbangan-pertimbangan yang dilakukan. Semakin kuat posisi unit usaha. perbandingan harga dibandingkan dengan wahana taman pintar Yogyakarta yang secara konseptual hampir mirip dengan mempertimbangkan inflasi harga di Kota Balikpapan. Dengan demikian gambaran estimasi dapat di uraikan sebagai berikut. Ini bertujuan untuk mengetahui berapa harga yang sesuai untuk ditetapkan dalam unit usaha. 4.Trampolin Outbound special . Analisis atas harga produk serupa oleh pesaing. SD.000 sama sama Vibiz Regional Research Center © 2010 Lepmida. Dalam hal ini. Segmentasi tersebut masih di spesifikasi lebih mendetail pada setiap wahana. SMP.000 20. Trampolin.Wahana pembelajaran dengan segmen Pelajar (TK.com.14 Oktober 2010 Studi. Kotak . Untuk harga yang berbeda.G. Perut Bumi . Strata ekonomi menengah dan menengah keatas. Pada unit investasi Wahana pembelajaran-rekreasi terintegerasi pantai Manggar. 5.000 roda 2 roda 4 Weekend Hari biasa 6.Playground . tentu dipengaruhi segmentasi unit usaha yang dikembangkan. Fitur Parkir Rumah pintar .500 15. akan ditemukan berapa profit kotor dan tahun keberapa modal kembali ( Payback Period ). Investasi Pariwisata Daerah Strategi Harga Dalam menentukan harga pasar tiket masuk Wahana pembelajaran-rekreasi terintegerasi yang dibangun. Flying fox) dengan segmen umum. Penentuan harga juga terkait positioning. dengan perhitungan pendapatan dan analisis biaya. 2. usia 15 – 45 tahun. Analisis yang perlu dilakukan adalah perkembangan harga dalam setiap unit usaha (bagaimana tren harga setiap tahunnya). 3.

membujuk. Semakin banyak pihak yang mengetahui keindahan. Ini dilakukan untuk menunjukkan bahwa produk/unit usaha yang ditawarkan ada dan berkualitas. Investasi Pariwisata Daerah Kisaran harga diatas digunakan untuk mengetahui aspek pengelolaan keuangan sebagai berikut: MODAL AWAL (Rp) BIAYA OPERASIONAL (Rp/tahun) PREDIKSI BALIK MODAL UNIT INVESTASI Wahana pembelajaranrekreasi terintegerasi Pantai Manggar SEGMEN TARGET nasional 204.000. Iklan yang dirancang dalam pengembangan Wahana pembelajaran-rekreasi terintegerasi Pantai Manggar meliputi: 1. Iklan adalah salah satu strategi dalam merebut pasar.000 o Anggaran di Televisi Rp 700.000.000.000 o Anggaran di majalah Rp 400. dan mengingatkan masyarakat Balikpapan dan sekitarnya atas adanya Wahana pembelajaranrekreasi terintegerasi di pantai Manggar. 2. Majalah yang cukup terkenal di Balikpapan adalah Balikpapan expose.000 orang/ tahun 22 M 6M 4 tahun BAB IX Iklan Dan Promosi Iklan dan promosi adalah dua dari sebagian besar alat pemasaran.14 Oktober 2010 Studi. All Rights Reserved 21 . Penentuan tujuan iklan dan promosi Tujuan iklan dan promosi Wahana pembelajaran-rekreasi terintegerasi pantai Manggar adalah untuk membagi informasi. Begitu halnya dalam unit usaha pariwisata.000. Vibiz Regional Research Center © 2010 Lepmida. 400.000 o Anggaran di Brosur+ Famflet+ selebaran lain Rp. kenyamanan suatu objek wisata. maka itu akan jadi pertimbangan khusus untuk dikunjungi.000 IKLAN MAJALAH Wahana pembelajaran-rekreasi terintegerasi Pantai Manggar memasang iklan hanya kepada majalah-majalah yang memiliki segmen pembaca yang hampir sama dengan Wahana pembelajaran-rekreasi terintegerasi Pantai Manggar.com. Anggaran iklan dan promosi Anggaran iklan dan promosi Wahana pembelajaran-rekreasi terintegerasi pantai Manggar pada tahun pertama diestimasi sekitar 2 milyar yang terdiri dari: o Anggaran di surat kabar Rp 500.

620. Advertorial = Rp 18.000 = Rp. Pantai Manggar bisa menjelaskan seluruh kebaikan produknya dalam bahasa yang ringan dan informatif sehingga pembaca menjadi lebih paham dan tertarik akan Wahana pembelajaran-rekreasi terintegerasi Pantai Manggar.000 X 2) = Rp.000.5 dengan asumsi tingkat suku bunga naik sebesar 10 % Cost : (Rp. dan pamflet untuk mengaet segmen-segmen yang spesifik.com. dan tempat berkumpul lainnya) Pencetakan Brosur per 10. dengan iklan Full Page dan seterusnya pada Tahun 2.379.1 hlm regular = 3780 mmk. b. 1.000 exp = Rp.000.000.300 BROSUR. b. Umum / Display 24 kali 1 hlm reguler1 SC.000. PAMFLET Wahana pembelajaran-rekreasi terintegerasi Pantai Manggar menggunakan brosur.poster dan pamflet di distribusikan di sekolah). POSTER. IKLAN SURAT KABAR Wahana pembelajaran-rekreasi terintegerasi Pantai Manggar turut memasang iklan di koran. diantaranya adalah Balikpapan Post. penduduk dengan strata ekonomi menengah dan menengah keatas (distribusi di mall. Berikut adalah rincian pemasangan iklan Pantai Manggar untuk jangka waktu 1 tahun di pertama koran tersebut: (Asumsi: seluruh harga pemasangan iklan memakai data real yang sama dengan koran kompas) a.73.500. 6. poster. = 24 X Rp. All Rights Reserved 22 . Ada tiga merk koran ternama yang dipilih Wahana pembelajaranrekreasi terintegerasi Pantai Manggar untuk memasang iklan. Pemasangan setiap 6 bulan.17. Melalui advertorial.000. Advertorial Advertorial berisi informasi dan konsep produk secara rinci dan lengkap. seperti pelajar (brosur. Vibiz Regional Research Center © 2010 Lepmida. Alasan terpilihnya koran itu adalah karena segmen pasarnya lokal hingga kota-kota sekitar Balikpapan dan saat ini menjadi koran yang paling banyak terjual di daerah Balikpapan dan sekitarnya. informasi singkat dan gambar.700. café.73. Investasi Pariwisata Daerah 1 Majalah Balikpapan Expose. Disertai slogan. Umum / Display Iklan biasa pada umumnya.35. Adapun jenis iklan yang akan dipasang ada 2 macam yaitu: a. 1 mmk SC = Rp.3.14 Oktober 2010 Studi.

b.14 Oktober 2010 Studi.000. dan hiburan lainnya. b. tone. Selain iklan. All Rights Reserved 23 .3.Pencetakan pamflet per 10. Investasi Pariwisata Daerah Pencetakan Poster per 1000 exp = Rp. Memasang iklan yang sebentar-bentar gencar. Pengumpulan ide pesan Ide pesan dapat dicari melalui wawancara dengan semua pihak yang berhubungan dengan pariwisata. pusat perbelanjaan. Media yang digunakan untuk iklan dan promosi Media yang digunakan untuk iklan dan promosi adalah media televisi lokal dan nasional. website serta berbagai brosur yang ditujukan ke sekolah. Promosi penjualan adalah bentuk promosi melalui pemberian insentif jangka pendek untuk mendorong pembelian tiket masuk atau layanan. Memasang iklan secara terus-menerus dengan tujuan untuk mengingatkan masyarakat. lalu ditutup dengan iklan yang gencar lagi. 5 % di hari senin-jumat.pameran wisata yang ada di dalam maupun luar negeri. gaya dan format pesan. 4. Bentuk promosi yang kita gunakan dalam analisis ini adalah promosi penjualan (sales promotion). kemudian menghilang.000. Rancangan Pesan iklan dan promosi Rancangan pesan iklan dan promosi meliputi: a. 4. 5. Selain itu ikut serta didalam pameran. 5.000 exp. kantor. Dengan kuantitas penayangan di media televisi lokal (Balikpapan TV) lebih banyak dari media televisi nasional. Penetapan pesan Penetapan pesan dilakukan dengan memperhatikan kata-kata. Vibiz Regional Research Center © 2010 Lepmida. a.com. Pengelola Wahana pembelajaranrekreasi terintegerasi Pantai Manggar memberikan diskon 10 % di hari-hari besar keagamaan. Evaluasi pesan Langkah berikutnya adalah menyeleksi masukan untuk penyusunan pesanpesan terkumpul. c. Memilih waktu (moment) yang tepat Moment yang tepat dalam pemasangan iklan adalah Menayangkan iklan dalam jangka waktu yang pendek dengan pertimbangan akan menarik perhatian secara maksimum dari pendengar. c. Media yang lain adalah surat kabar lokal dan nasional. alat yang digunakan adalah promosi. = Rp.000.

Kebutuhan air bersih dapat diperoleh dengan relatif mudah karena di Manggar terdapat pusat pengolahan air laut menjadi air tawar yang dipasok ke seluruh pelosok Balikpapan. Kebutuhan BBM dan Gas Elpiji terpenuhi dari SPBU terdekat berjarak 5 km dari lokasi wahana pembelajaran-rekreasi terintegerasi.Kebutuhan minimum listrik setiap hari adalah 5000 watt. Setiap wahana ditempatkan personel yang bertugas mengecek kondisi wahana setiap hari (sebelum pelayanan wahana dibuka). pengadaan 1 unit genset juga menunjang ketersediaan listrik. Listrik. BAB XI Vibiz Regional Research Center © 2010 Lepmida. c. b.Kebutuhan BBM berupa bensin adalah 200 liter per minggu. Manajemen pemeliharaan peralatan: a.14 Oktober 2010 Studi. peralatan ini hanya memiliki jangka pakai yang cukup lama. Standar minimum ketersediaan a. Maintaince diadakan setiap hari senin (saat paling sepi pengunjung). Selain itu. Investasi Pariwisata Daerah BAB X Manajemen Operasi Manajemen operasi merupakan rangkaian proses pengolahan keseluruhan sumber daya perusahaan yang dibutuhkan untuk menghasilkan barang atau jasa yang akan ditawarkan kepada konsumen. sehingga suplai listrik harus terjamin. untuk kendaraan ATV d. c. sebagai cadangan. Hanya diperlukan maintain b. b. c.com. BBM (bensin). c. Foodcourt. yang membutuhkan suplai makanan. All Rights Reserved 24 . Membuat catatan tentang umur pakai di semua peralatan peraga maupun permainan sehingga didapatkan jadwal penggantian alat. Peraga-peraga iptek. gas elpiji. Hampir semua alat peraga iptek berbasis elektronis. Kebutuhan air bersih setiap minggu adalah 500 liter. air bersih. b. Kebutuhan Elpiji adalah 10 tabung elpiji 12 kg/hari Manajemen pemenuhan kebutuhan a. Listrik saat ini telah tersedia di pantai Manggar. Listing ini termasuk dengan rekomendasi pergantian total atau pergantian komponen-komponen tertentu. d. Unit usaha wahana pembelajaran-rekreasi terintegerasi adalah wahana hiburan terpadu yang terdiri dari: a.

misalnya penambahan wahana baru. All Rights Reserved 25 . OB dan bertanggung jawab atas 5 berfungsinya semua utilitas dan peralatan Kasir 5 Bertanggung jawab dalam segala transaksi keuangan dengan pengunjung Supervisor zona 6 Bertanggung jawab mengawasi setiap zona.14 Oktober 2010 Studi. bertindak sebagai instruktur dalam setiap zona Mengatur keuangan Mengatur Pemasaran Mengatur Operasional Membantu Manajer Job deskription Perekrutan karyawan berikutnya berdasarkan kebutuhan. memastikan tidak ada bahaya dalam setiap zona. wahana pembelajaran-rekreasi t erintegerasi ini merekrut 27 karyawan dengan susunan sebagai berikut : Jumlah Jabatan (orang) Manager Keuangan Manajerial Manajer Pemasaran Manager Operasi Staff keuangan Staff Staff Pemasaran Staf operasional 1 1 1 2 2 4 Bertanggung jawab atas kebersihan. Sumber daya manusia ini merupakan suatu bentuk investasi yang memainkan peranan penting dalam suatu perusahaan yang akan mendukung kinerja faktor produksi lainnya. Investasi Pariwisata Daerah Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam unit investasi Taman rekreasi Pantai Manggar. pada tahap awal.com. Standar Tingkat pendidikan yang dibutuhkan : Vibiz Regional Research Center © 2010 Lepmida. Manajemen sumber daya manusia itu sendiri adalah suatu ilmu atau cara bagaimana mengatur sumber daya yang dimiliki oleh individu sehingga sumber daya manusia yang dimiliki dapat bekerja secara efektif dapat dan maksimal guna pencapaian tujuan (goal) dari unit bisnis tersebut. Untuk sumber daya manusia. sumber daya manusia merupakan salah satu kunci kesuksesan.

com. sekaligus pelatihan manajemen keuangan bagi UKM. Investasi Pariwisata Daerah Jabatan Manager Supervisor Staf Kasir OB Pendidikan Min S1 Min D3 Min D2 Min D1 SMU Pengalaman 5 Tahun 3 Tahun 2 Tahun 1 Tahun 1 Tahun BAB XII Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan masyarakat merupakan suatu komitmen unit usaha untuk selalu memberikan dampak sosial dan ekonomi yang positif bagi masyarakat. BAB XIII Analisa Keuangan Vibiz Regional Research Center © 2010 Lepmida. barang souvenir.Pembinaan atlet-atlet motorcross dan grasstrack yang diberikan fasilitas di sirkuit ATV. . Keuntungan yang di dapatkan anak-anak di konversi dalam bentuk beasiswa dan bantuan sarana/peralatan sekolah. yakni : . All Rights Reserved 26 . Terkait dengan sifat wahana yang kental bernuansa edukatif. sekaligus sebagai pelaku/pemain di atraksi-atraksi kesenian yang secara rutin akan diadakan di wahana ini. sekaligus sebagai perekrutan staff wahana outbound dan kemungkinan pengembangan ke pembuatan operator outbound training. maka konsep pemberdayaan masyarakatnya juga banyak diarahkan pada peningkatan kualitas pendidikan dan ketrampilan masyarakat sekitar Konsep Pemberdayaan Masyarakat di Wahana pembelajaran-rekreasi terintegerasi Pantai Manggar adalah sebagai berikut : • Pemberdayaan di sektor Ekonomi masyarakat di sekitar Wahana pembelajaran-rekreasi terintegerasi berupa permodalan bunga ringan untuk penyediaan jasa. makanan (untuk mengisi foodcourtnya). . terutama Kaltim) bagi anak-anak sekolah di sekitar wahana.Pelatihan manajemen outbound bagi pemuda-pemuda sekitar wahana. • Pemberdayaan di sektor Pendidikan.14 Oktober 2010 Studi. khususnya masyarakat sekitar wahana.Pelatihan kesenian daerah (dari berbagai daerah. terdapat beberapa bentuk pemberdayaan di sektor ini.

000 1.000.800.61% 6.000 Inflasi barang modal 6.000.456. Air.336 106. Telepon Legal cost General and Adm Food Court Parkir Commissioning and Finishing Total 825.61% 6. Investasi Pariwisata Daerah Estimasi modal dasar yang diperlukan sekitar Rp 14.350.000 1.000 188.304 201.602.204.61% Biaya 3.068.61% Pendanaan investasi direncanakan 40% dari modal sendiri.000 6. Internet.000 760.000 879.602.760.000.204.000 738.069.338.com. sisanya.643 Land clearing Taman Pintar ATV Outbound Genset Bangunan kantor dan pos satpam Instalasi Listrik.000.992.000 19.561 213. Rinciannya adalah sebagai berikut: Pendanaan Investasi Modal Sendiri (Ekuitas) Pinjaman Total Porsi 40% 60% 100% Tingkat Bunga 25% 18% 5 Jangka Waktu (Tahun) Bunga setelah pajak 25% 13% WACC Perkalian 10.000. Perincian biaya investasi adalah sebagai berikut: Nilai di Balikpapan 3.303.544.697.249.942 787.000 341.400 213. 60%.000.000 1.800.6% Dengan demikian.000 18.600.000 24.6% 17.307.000.500 364.14 Oktober 2010 Studi. berasal dari pinjaman bank.0% 7.000 106. dapat dirinci program pelunasan utang sebagai berikut: 0 Tahun 1 Tahun 2 Tahun 3 Tahun 4 Tahun 5 Total Vibiz Regional Research Center © 2010 Lepmida.532.000 8.61% 6. All Rights Reserved 27 .000.760.000 10.522.822.984.000 1.068.000.600.

628.000. Dengan kehadiran objek wisata rumah pintar.798.000 9.780. dan parkir dari tahun 1 sampai tahun 5.780.717. outbound. ATV.219.40 7 0 0.000 735.247 Pengunjung pantai manggar per tanggal 2009 sebanyak 146.520.517.150.4371 5.000 Tahun 4 2.000.875.000 13.066.936.188. Investasi Pariwisata Daerah Pinjaman pokok Present value Biaya Bunga + Cicilan Biaya Bunga Cicilan 18.150.780.200 30% 189.000 Vibiz Regional Research Center © 2010 Lepmida.40 8 0.337.262. didukung oleh analisis pasar.71 9 0.813. food court.686.657.94 1 2.94 1 881.780.900.214.898.94 1 1.000 160.8475 5.800 40% 204. ATV.647.62 9 3.300.150.51 8 18% 15.299.31 1 4.548.941 3.840.000 137.150.300.963.941 2.625.6086 5.500.500.53 3 4.1272 5 2.820.000 Tahun 2 2.500.000 735.00 16.500.000 16.840.433.151.000 7.146.400 50% 219.552 9.400.172.049.567.500.593. dapat diestimasikan terjadi peningkatan jumlah pegunjung pantai manggar dari tahun 1 sampai tahun 5 adalah sebagai berikut: 2009 Peningkatan jumlah pengunjung dari tahun 2009 Pengunjung Pantai Manggar Tahun 1 Tahun 2 Tahun 3 Tahun 4 Tahun 5 10% 146. outbound.636.000 827.860. dan food court.00 0 3.com.840.389 2.600 20% 175.000 137.780.200.898.526.480.503.500.000 Tahun 5 2.00 0 0 137.981.000 3.000 643. adalah sebagai berikut: Taman pintar ATV Outbound Food Court Tahun 1 1.14 Oktober 2010 Studi. strategi harga dan strategi promosi yang baik.000 Revenue yang didapatkan pada unit bisnis taman pintar.940 4.702.00 0 137.200.978.557.253.5158 5. All Rights Reserved 28 .7182 5.075.400.27 1 0.000 137.150.00 0 0.000 Tahun 3 2.693 12.433.

Jumlah pengunjung tidak sesuai target. Membangun bangunan dengan ketinggian yang lebih dari daerah banjir atau tanggul.com. terutama di tahun-tahun pertama.840.000 286.720. Penerapan prosedur keselamatan (savety prosedure) secara ketat dan konsisten.000 265. serta iklan dan promosi yang gencar. yakni Banjir periodik terkait lokasi wahana di bibir pantai Manggar. Pengecekan peralatan secara berkala.280.000 245. Investasi Pariwisata Daerah Parkir 224. 2. Bencana alam.600. 4.14 Oktober 2010 Studi. All Rights Reserved 29 . Antisipasi yang dapat dilakukan untuk mengurangi kerugian terjadinya risiko kerugian atau kebangkrutan : 1. Kebakaran 4. Bahaya terkait permainan high risk yang ada wahana (trampolin. 3. 2. Flying fox. 3.160. Untuk Usaha Waterpark ini risiko investasi yang bisa terjadi adalah : 1. Melakukan inovasi–inovasi baru.000 306. 5. dan ATV).000 BAB XIV Resiko Investasi Setiap Investasi atau usaha pasti memiliki risiko yang bisa menyebabkan kerugian. Vibiz Regional Research Center © 2010 Lepmida. Asuransi bagi pengguna permainan high risk.

com Joseph Sumantri. Disclaimer of Warranty and Limitation of Liability of The information on this report is provided "AS IS". Direktur Eksekutif fadjar@lepmida. any would subject Lepmida. Dan pada akhir tahun masa kontrak pihak ketiga menyerahkan kembali kepada pemerintah. Deputi Direktur Riset susan. nor any opinion contained in this report constitutes a solicitation.com does not guarantee the Vibiz Regional Research Center © 2010 Lepmida.com to buy or sell any securities. Partner joseph. Struktur permodalan yang diperlukan selain lahan dari pemerintah. Partner Andreas.com Susan Meliana.com. Analis Fadjar AD. adalah berasal dari dana sendiri dan pinjaman dari bank dengan perbandingan presentase 40%:60% . All Rights Reserved 30 .meliana@lepmida.com Andreas Tarigan.tarigan@lepmida. futures. or useorby.000m2 . Neither the information. options or other financial instruments or provide any investment advice or service. Although the information provided on this report is obtained or compiled from sources Lepmida. dengan insentif dari pemerintah adalah lahan sebesar 13. selama 30 tahun sesuai dengan undangundang yang berlaku dan dapat diperpanjang sampai dengan 80 tahun.com or any or country where such distribution or use be contrary to law or regulation which of its affiliates and subsidiaries to any registration requirement within such jurisdiction or country.com believes to be reliable.com Disclaim not person or entity in any jurisdiction erThe information provided on this report iswouldintended for distribution to. Investasi Pariwisata Daerah BAB XV Struktur Permodalan Sistem kemitraan yang ditawarkan pemerintah adalah BOT.14 Oktober 2010 Studi. Lepmida. or offer by Lepmida.sumantri@lepmida.

Investasi Pariwisata Daerah accuracy.com or of any vendor providing software or services support.com or any such parties be liable to the viewer for any direct. In no event will Lepmida. validity. special. whether or not the circumstances giving rise to such cause may have been within the control of Lepmida. incidental damages or any other damages of any kind even if Lepmida. will be liable or have any responsibility of any kind for any loss or damage incurred by the viewer in the event of any failure or interruption of this site.com. consequential.com have been advised of the possibility thereof. All Rights Reserved 31 . or from any other cause relating to the access to. inability to access. or use of the report or these materials.com. indirect. timeliness or completeness of any information or data made available on this report for any particular purpose. Vibiz Regional Research Center © 2010 Lepmida. officers or employees. or resulting from the act or omission of any other party involved in making this site or the data contained therein available to the viewer . nor any of its directors. Neither Lepmida.14 Oktober 2010 Studi.