BAB I PENDAHULUAN 1.

1 Latar Belakang Ilmu kimia adalah ilmu yang mempelajari komposisi dan sifat zat atau materi yang biasanya di bantu oleh percobaan/eksperimen. Ilmu kimia berlandaskan eksperimen, telah dimulai sejak kurikulum 1986 dan kurikulum 1975 yaitu melaksanakan praktikum dan dilengkapi buku petunjuknya. Dalam pembelajaran kimia, praktikum, deskripsi, dan teori dipadukan dan saling berkaitan, dan dalam hal tertentu praktikum digunakan untuk melihat persoalan dan mengembangkan pola, konsep dan teori, bukan mengilustrasikan teori yang diajarkan. Melihat penjelasan di atas tentu saja kita dapat mengetahui bahwa eksperimen/praktikum sangat berhubungan dengan labolatorium. Keterampilan yang diajarkan dilabolatorium dasar diantaranya adalah: 1. Merencanakan dan menghasilkan temuan dalam investigasi 2. Menyeleksi dan melakukan prosedur eksperimen 3. Memperoleh data yang akurat 4. Mendisign/memilih alat-alat yang sesuai 5. Mengerjakan dengan cara hati-hati (aman) 6. Menggambarkan kesimpulan dari hasil pengamatan 7. Bekerja dengan cara berkelompok Dengan melihat poin yang ke empat kami menjadi termotivasi untuk lebih tahu tentang memilih dan mendisign alat-alat yang digunakan untuk praktikum, maka oleh karena itu kami merasa bahwa perlu adanya observasi/penelitian langsung ke suatu tempat yang berkaitan dengan konsep yang akan dipelajari. Dengan latar belakang inilah yang mendorong penulis untuk melakukan observasi ke pudak scientific.

1

2 Tujuan Penelitian Memenuhi salah satu tugas mata kuliah Pengelolaan Labolatorium Menambah pengetahuan tentang alat-alat di labolatorium yang sering dipergunakan Mengetahui bagaimana aplikasi dari teori yang telah dipelajari Menambah wawasan mengenai pudak scientific 1. melakukan tanya jawab dengan para karyawan dan pembimbing di pudak scientific dan mencari data lewat media internet. Bab III terdiri dari kesimpulan dan saran.4 Sistematika Penulisan Dalam penilitian kali ini kami membagi makalah ini menjadi tiga bab yaitu: Bab I Pendahuluan yang terdiri dari: latar belakang.1. 2 . 1. yaitu dengan cara mendengarkan penjelasan dari stap dan karyawan Pudak Scientific.3 Prosedur Penelitian/Metodoligi Untuk penelitian kali ini. Bab II Pembahasan yang terdiri dari: profil dan sejarah singkat Pudak Scientifik dan hasil pengamatan. prosedur penelitian/metodologi dan sitematika penulisan . tujuan penelitian. kami menggunakan teknik pengumpulan data.

Profil pudak Scientific Penamaan perusahaan pudak ternyata pada awalnya berasal dari nama bunga yang wangi yang tumbuh di daerah jawa yaitu bunga pudak.000m2 untuk kegiatan administrasi. yang dibuat dari kayu dan ditujukan untuk alat bantu ajar pada anak usia dini. sekolah serta universitas yang berkualitas sehingga nantinya akan menciptakan sumber daya manusia yang unggul.1 Profil dan Sejarah Singkat Pudak Scientific a.2 hektar dan bangunan 12. gudang. menengah dan kejuruan. Pudak scientific memiliki tujuan untuk menjadi mitra terpercaya dalam bidang alat pendidikan. 3 . Bandung adalah kota yang kondusif yang banyak berdiri industri baik industri besar maupun kecil. dan departemen R&D.BAB II PEMBAHASAN 2. universitas dan lembaga pendidikan lainnya. Kimia. Pudak menempati areal seluas 3. Pudak melakukan pengembangan produksi dan distribusi berbagai jenis produk alat pendidikan sekolah dasar. Pudak didirikan pada tahun 1978 di Bandung. dan Biologi) Matematika Alat Pelatihan Vocational Furnitur untuk Labolatorium Peralatan sains tersebut dapat dikelompokan berdasarkan jenjang pendidikan yaitu:  Level usia dini. fasilitas produksi. Pudak scientific menyediakan peralatan sains yang terdiri dari: • • • • Ilmu Pengetahuan Alam (Fisika. Pudak memiliki karyawan ± 500 orang staff dan tenaga ahli yang dikombinasikan dengan teknik produksi dan managemen yang modern dan menghasilkan produk yang berkualitas dengan harga yang bersaing.

pneumatic. mekanik. yaitu KIT Fisika mencakup optic. untuk memenuhui permintaan dari konsumen. yaitu KIT IPA-SD dan SEQIP (alat peraga sains komplit yang dikemas dalam lemari)  Level pendidikan SMP. hidrolik. Level sekolah dasarvdan setara. 4 . b. Sejarah Singkat Pudak Scientifik Tahun 1979: Menggunakan bangunan seluas 600 m2 sebagai workshop sederhana dengan fasilitas mesin bekas dan instrument yang terbatas. elektronik. TV/video.(kit materi dan perubahannya) untuk pengenalan dasar kimia termasuk destilasi dll. otomotif. Alatnya seperti: basic electronic traner. AM/FM trainer dan servo trainer. magnet dan gelombang. Tahun 1981: Divisi gelas dimulai dengan beberapa orang pengrajin gelas.  Level pendidikan SMA. dimana penggunaan bahan plastic mulai menggantikan komponen dari kayu dan logam. yaitu KIT Fisika mencakup optic. KIT Kimia meliputi kimia organic dan anorganik. Milikan Oil Drop.  Level universitas. yaitu masih terbatas pada beberapa alat experiment seperti Elektro Beam. Tahun 1984: Bangunan workshop baru seluas 800m2 untuk menambah kapasitas produksi yang makin meningkat dengan adanya permintaan berbagai jenis alat peraga sains untuk sekolah dasar dan sekolah menengah. Tahun 1982: Pengembangan lanjutan dengan adanya divisi plastic. Tahun 1980: Dibentuk divisi kayu dan Elektronika untuk mendukung pengembangan produk. electromagnet. Hall effect dll. refrigerasi dan fisika.  Level pelatihan vocational yaitu Training Planel Sistem (TPS series) mencakup bidang elektikal.

Pudak no. Bandung. Tahun 1992: .Tim Astronaut Indonesia menunjuk Pudak Scientific untuk berpartisipasi dalam desain dan pembuatan germinator yang akan digunakan oleh DR. Di pameran ini Indonesia menjadi partner country dalam 5 . sebagai pemegang lisensi merek Pyrex dari Amerika.4.Tahun 1987: . Tahun 1990: Partisipasi pada pameran Ristek 1990 yang diselenggarakan oleh Departemen Riset dan Teknologi di Jakarta. . Sejak itu Glasswares bermutu dan kualitas ekspor dibuat di Indonesia. . bangunan ini digunakan untuk ruang administrasi.Partisipasi di pameran International untuk pertama kalinya. Di pabrik baru proses produksi modern dan administrasi produksi mulai diterapkan sebagai standar sehingga menghasilkan produk yang berkualitas. Pratiwi Soedarmono untuk percobaan di luar angkasa bersama dengan NASA.Kerjasama dengan perusahaan Jepang.Workshop baru seluas 1000 m2 didirikan untuk memperluas kapasitas produksi sejalan dengan adanya permintaan alat peraga dari Departemen Agama untuk digunakan di Madrasah. Jalan Soekarno-Hatta.Pengembangan bangunan kantor di Jl. di HANNOVER MESSE '95 di Jerman. Tahun 1995: . Tahun 1991: Pendirian bangunan pabrik baru seluas of 6000 m2 pada tanah seluas 20000 m2 di kawasan industri Gedebage. ruang pamer dan fasilitas R&D. Meneriman penghargaan UPAKARTI 1990 dari President Soeharto sebagai pioneer dalam bidang industri alat peraga pendidikan. Iwaki Glass.

Turut serta pada pameran REBUILD IRAQ di Amman.Export alat peraga buatan PUDAK SCIENTIFIC untuk pertama kalinya.rangka Indonesia Emas 50 tahun kemerdekaan dan dihadiri oleh Presiden Soeharto. . . Tahun 2004: Pameran di Worlddidac Zurich. yang berlangsung di Balai Sidang Senayan Jakarta. Swiss. Tahun 2005: . . Widagdo untuk Kategori Peralatan Pendidikan untuk produk Kit Materi dan Perubahannya. untuk tingkat SMP. . Jordania.Pudak Scientific mendapatkan GOLD AWARD of INDONESIA GOOD DESIGN 2006 berdasarkan keputusan Dewan Juri IGDS 2006 yang dipimpin oleh Prof. 6 . Tahun 2000: Pameran di Worlddidac Basel.Pameran Qualification Asia Exhibition (Q-Asia).Diundang oleh Pemerintah Vietnam dan Malaysia untuk turut serta dalam supply alat peraga pendidikan sains yang biayai oleh World Bank. Kemudian pemerintah Vietnam mulai memesan alat peraga dari Indonesia. Tahun 1997: .Partisipasi pada pameran industri di Ho Chi Minh City sesuai undangan dari pemerintah Vietnam.Menjadi anggota WORLDDIDAC. Tahun 2006: . ke Malaysia dan Vietnam. Swiss. Swiss.Export set Kit Fisika ke Thailand.Kunjungan delegasi kementerian pendidikan Vietnam ke pabrik Pudak Scientific dan beberapa sekolah menengah di Bandung. Tahun 1996: . . .Membuka kantor cabang pemasaran retail di Jakarta. yaitu asosiasi industri alat peraga pendidikan international yang berkedudukan Bern. Tahun 1999: Kerjasama dengan Politeknik Negeri Bandung untuk riset dan pengembangan alat peraga untuk SMK.

Aluminium diecast. gelas kimia.Aluminium extrusion berlapis anodize. . 7 .Bahan kaca optik khusus untuk lensa . . dan alat gelas lainya. Contoh Produk: tabung reaksi. Pudak tidak menggunakan plastik recycle yang getas mudah pecah. kuat dan seragam.Berpartisipasi pada pameran GETEX (The Gulf Education and Training Exibihition) di Dubai. balok kaca. Contoh Produk: lensa-lensa optik. buret.Bahan kaca Borosilikat yang tahan panas dan tidak pecah jika dibakar. lensa plastik dan lainnya. . gelas ukur. Contoh produk : komponen kit berbahan plastik. Contoh produk : precision rail. . bukan kaca biasa yang berwarna kehijauan.. jika dibandingkan dengan besi krom harganya memang lebih mahal. untuk hasil produk yang presisi. . pembakar spriritus. Contoh produk: statif set. labu didih. Contoh produk: klem universal.Stainless steel adalah besi tahan karat dengan masa pakai seumur hidup.Bahan plastik Plastik ABS untuk keseragaman bentuk dan warna dan PS-HI untuk karakterisitik keras dan tidak mudah pecah dan plastik SAN yang bening dan tidak mudah pecah. klem bosshead. 2. tapi pada pemakaian umum lapisan krom akan lepas dan berkarat. Ruang bahan dasar Kami dapat mengetahui bahan dasar dalam pembuatan peralatan yang di produksi oleh Pudak scientific diantaranya: .2 Hasil Penelitian Dari hasil penelitian kami dapat mengetahui terdapat beberapa divisi atau bagian yang di tempatkan pada ruang – ruang tertentu yaitu: 1. Tahun 2007: Mengerjakan proyek STEP-2 (Science and Technology Equity Program 2) DEPAG RI untuk 29 Madrasah Aliyah se-Indonesia. Tahun 2008: Desain baru Website Pudak Scientific resmi diluncurkan.

jika catu daya mengalami hubung singkat atau kelebihan beban maka akan otomatis mati. sedangkan perakitan elektronika kami dapat melihat tentang pembuatan trafo. 4. dimulai dari pembuatan lilitan trafo hingga sampai menjadi trafo..Bahan pelapis pada komponen umum digunakan cat powder coating menggantikan cat biasa yang mudah tergores/lepas. catu daya akan berfungsi kembali dengan menekan tombol reset tanpa perlu mengganti sekering seperti pada catu daya umumnya.Desain sekering otomatis elektronik pada unit catu daya. 5. dalam perakitan mekanika kami dapat melihat tentang perakitan balok untuk alat peraga di tingkat sekolah dasar. terdapat beberapa mesin yang bekerja dengan bantuan system 8 . pembuatan alat-alat yang berbahan dasar logam. Ruang pembuatan gelas (glasswere) yang berbahan dasar kaca Di ruangan ini kami dapat melihat tentang cara – cara pembuatan alat – alat kimia seperti gelas ukur. 6. Ruang CNC Ruang CNC adalah ruang computer. pipet gondok. pudak scientific tidak memproduksi sendiri bahan kaca tersebut tetapi di beri bahannya oleh pemberi pesanan. 2. 3. . Ruang sablon Di ruang ini kami dapat melihat tentang pembuatan nama atau jenis perangkat yang di sablonkan pada tempat perangkat tersebut seperti pada Kit. Bahan yang digunakan adalah dari bahan kaca borosilikat yang tahan terhadap suhu tinggi/tahan panas jika dibakar. Ruang Kalibrasi dan printing Ruangan ini adalah tempat untuk proses kalibrasi dan printing gelas yang biasanya digunkan untuk pembuatan alat-alat kimia yang mempunyai skala atau ukuran. Ruang perakitan Terdapat dua divisi dalam perakitan yaitu perakitan mekanika dan elektronika. gelas kimia dll.

berbahan plastik ABS dan PS-HI untuk karakterisitik keras dan tidak mudah pecah dan plastik SAN yang bening dan tidak mudah pecah. Barang yang akan dikirim kebanyakan berbentuk kemasan Kit. Barang-barang dikemas secara manual ataupun menggunakan mesin. Pembuangan limbah Limbah dari hasil produksi di Pudak scientific di tempatkan pada ruangan tertentu. 10. Mulai dari alat tunggal 9 . diantaranya pemeriksaan cacat.alat yang akan di kemas. yaitu berupa alat peraga sederhana sampai dengan trainer system yang canggih. Pudak Scientifik memiliki banyak produk. Alat yang di anggap tidak layak dipisahkan dan disimpan ke tempat pembuangan.7. Pudak tidak menggunakan plastik recycle yang getas mudah pecah. Ruang Qualiti Control (QC) Di ruangan ini adalah tempat untuk memeriksa alat. lensa plastik dan lainnya. 9. Ruang pengemasan Sebelum dikirimkan kepada konsumen. barang barang di kemas terlebih dahulu. ember dll. pemeriksaan tersebut dilakukan secara ketat agar terjaga kualitasnya. yaitu wadah plastic dengan kompartemen individual untuk masing-masing komponen sehingga mempermudah peletakan dan pengecekan alat-alat. Pudak Scientifik bekerja sama dengan warga sekitar dalam usaha industry kecil limbah berupa bahan plastik bisa di daur ulang dan dijadikan alat-alat keperluan rumah tangga seperti gayung. untuk bahan dari kayu dan kaca tidak bisa di daur ulang. berguna untuk melihat kelayakan alat tersebut. Contoh produk : komponen kit berbahan plastik. Produk plastik dicetak menggunakan mesin Injeksi Plastik dengan Mold (matres) untuk keseragaman bentuk dan warna. kotak plastic atau kotak kayu yang diberi kode warna (color code) juga di gunakan sebgai tempat penyimpanan kit. 8. Ruang pengerjaan plastik Di ruangan ini terdapat beberapa mesin pembuat alat-alat peraga yang berbahan dasar plastik.

Pelanggan/konsumen bias lebih fleksibel dalm pemelihan produk sesuai dengan kebutuhan menerut jenjang pendidikan.(single item) sampai dengan perangkat/set alat peraga berupa Kit yang terdiri dari komponen-komponen untuk memenuhi pengajaran berdasarkan kurikulum tertentu. Selain itu Pudak Scientifik memenuhi kebutuhan set peralatan sesuai dengan kurikulum sekolah. Seluruh produk Pudak memiliki garansi selama 1 tahun termasuk suku cadang dan biaya service. Selain itu Pudak juga menjamin ketersediaan suku cadang selama 5 tahun. 10 . Komponen-komponen peralatan di Pudak Scientific dibuata dari material yang berkualitas sehingga menghasilkan produk yang memiliki kualitas yang baik dan tahan lama.

Pudak Scientific melakukan kerja sama pengembangan dengan beberapa universitas dan pusat pelatihan. alat-alat disini mencakup alat peraga.Penempatan ruang kerja yang kami masih rasa harus diperbaiki . kaca mata pelindung dll.1 Kesimpulan Pudak Scientifik di dirikan pada tahun 1978 di dirikan di daerah Bandung. juga buku manajemen laboratorium. Hampir keseluruhan proses produksi komponen dan peralatan dilakukan sendiri di Pudak Scientific. model. pendidikan adalah kegiatan yang tidak pernah akan berhenti.2 Saran .Sosialisasi tentang alat peraga lebih di tingkatkan agar guru-guru lebih terampil 11 . 3. Pengelolaan yang baik digabungkan dengan “cost effective manufacturing process”. gambar dinding. perangkat lunak dan “brainware”. menghasilkan kualitas produk yang konsisten dengan biaya produksi yang rendah. Pudak Scientific secara terus menerus berusaha mengembangkan dan memperbaiki peralatan.BAB III PENUTUP 3. Sehingga menghasilkan produk berkualitas dengan harga kompetitif.Pudak scientific lebih meningkatkan pengawasan terhadap keselamatan karyawan. Pudak Scientific dapat membantu rancangan tata letak untuk ruangan yang sudah ada maupun pada tahap perancangan bangunan untuk laboratorium. Pudak Scientific juga dapat membantu mempersiapkan alat-alat yang dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan dan dana yang tersedia. Pudak scientific adalah perusahaan swasta nasional yang memproduksi berbagai macam alat-alat peraga pendidikan. .karena kami melihat banyak para karyawan yang kurang memerhatikan keselamatan kerja. Teknologi terkini akan secara langsung diimplementasikan pada pengembangan peralatan baru. Secara fakta. furniture. seperti tidak menggunakan masker.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful