ATTENTION

Bilqis Humaeroh Muharromah Budy Septiady Devy Yulianti Trijayanti Fitriani

Pengertian Attention

Attention adalah bentuk konsentrasi dari aktivitas mental yang memungkinkan kita untuk mengambil informasi dalam porsi terbatas dari arus besar informasi yang tersedia dari dunia sensori dan memori (Fernandez-Duque & Johnson, 2002; Styles, 2006; Ward, 2004).

Proses Attention
Dalam attention juga melibatkan dua proses (Chun & Marois,2002), yaitu: ‡ top-down processing ‡ bottom-up processing

ini disebut top-down processing .Top Down Processing ‡ Ketika kita berkonsentrasi karena ingin memperhatikan beberapa stimulus tertentu.

Bottom Up Processing ‡ Terkadang kita mengkonsentrasikan aktivitas mental kita karena stimulus yang menarik di lingkungan telah menangkap perhatian kita. . ini disebut bottom-up processing.

Tiga Jenis Proses Attention: ‡ Divided attention ‡ Selective attention ‡ Saccadic eye movements .

2004) . kita mencoba untuk memperhatikan dua atau lebih pesan yang simultan. Divided Attention ‡ Pada divided attention ini.1. akurasi menurun. merespon terhadap masing-masing pesan tersebut sesuai dengan kebutuhan ‡ Dalam kebanyakan kasus. terutama pada tugas-tugas yang menantang (Ward.

Selective attention yang awalnya mungkin tampak tidak bermanfaat. 2003. sebaliknya. Selective Attention ‡ Dalam selective attention. Anda biasanya tidak bisa memproses isi percakapan lainnya. 1998) ‡ Mungkin Anda telah memperhatikan bahwa Anda biasanya hanya dapat mengerti satu percakapan di sebuah pesta yang berisik. sementara mengabaikan informasi lainnya (Fuster. orang-orang di instruksikan untuk merespon secara selektif untuk jenis informasi tertentu.2. Milliken et pada. sebenarnya bisa bermanfaat .

Berikut adalah tiga kategori dasar selective attention: ‡ Auditory task yang disebut dichotic listening ‡ Visual task yang disebut efek stroop (the Stroop effect) ‡ Pencarian visual (Visual search) ‡ Dichotic listening .

mendengarkan pesan tersebut dan ulangi setelah pembicara. Jika pendengar membuat kesalahan dalam melaporkan kembali isi pesan tersebut. .Auditory task ‡ Disebut Dichotic listening ‡ Di laboratorium dichotic listening dipelajari dengan meminta orang-orang untuk memakai earphone. Biasanya. satu pesan diberikan di telinga kiri dan pesan yang berbeda diberikan ke telinga kanan. maka peneliti tahu bahwa pendengar tidak memperhatikan terhadap pesan tersebut. yaitu. para peserta penelitian diminta untuk memantau pesan dalam satu telinga.

fenomena ini disebut efek pesta koktail (the cocktail party effect). kita mungkin menyadari bahwa nama kita disebut dalam suatu percakapan yang ada di dekat kita. dan bahkan jika kita berfokus pada salah satu percakapan. .Auditory task ‡ Ketika kita dikelilingi oleh banyak sekali percakapan yang simultan.

Visual task yang disebut efek stroop (the Stroop effect) .

yang menciptakan eksperimen yang terkenal di slide sebelumnya. ‡ Menurut stroop effect. mereka dapat dengan cepat menyebutkan nama warna tinta yang sama dengan kata yang muncul. orang membutuhkan waktu lama untuk menyebutkan nama warna tinta ketika warna yang digunakan dalam pencetakan kata tidak sesuai dengan kata itu sendiri.Visual task ‡ The Stroop Effect diambil dari nama James R. . stroop (1935). Sebaliknya.

mereka membutuhkan hanya sekitar 60 detik untuk menyebutkan nama warna tinta untuk 100 kata yang selaras dengan warna tersebut (CM MacLeod. 2005) .Visual task ‡ Dalam studi stroop effect. orang mungkin membutuhkan sekitar 100 detik untuk menyebutkan warna tinta dari 100 kata yang tidak selaras dengan warna tersebut (misalnya. tinta merah yang digunakan dalam kata BIRU) ‡ Sebaliknya.

tinta merah yang digunakan dalam kata BIRU) ‡ Sebaliknya. mereka membutuhkan hanya sekitar 60 detik untuk menyebutkan nama warna tinta untuk 100 kata yang selaras dengan warna tersebut (CM MacLeod. orang mungkin membutuhkan sekitar 100 detik untuk menyebutkan warna tinta dari 100 kata yang tidak selaras dengan warna tersebut (misalnya.Visual task ‡ Dalam studi stroop effect. 2005) .

Orang dengan fobia secara signifikan lebih lambat pada kata-kata anxiety-related ini daripada kata-kata yang dikontrol. Sebaliknya.Visual task ‡ Selain itu. ia akan diinstruksikan untuk menyebutkan nama warna tinta kata-kata yang tercetak seperti berbulu dan merangkak. Misalnya. seseorang yang tampaknya memiliki gangguan phobia laba-laba. para psikolog klinis telah menciptakan teknik terkait yang disebut the emotional Stroop task ‡ Pada emotional stroop task. orang yang tanpa phobia tidak menunjukkan perbedaan antara dua jenis kata tersebut . orang diperintahkan untuk menyebutkan nama warna tinta kata-kata yang terkait dengan kemungkinan gangguan psikologis.

dan 2. Apakah kita sedang mencari featurepresent/feature-absent effect . atau pulpen. sweater.Visual Search ‡ Kita mungkin melakukan beberapa pencarian visual (visual search) dalam satu jam terakhir. ‡ Terdapat dua variabel stimulus yang lebih rinci: 1. atau satu set fitur gabungan (combined feature). fitur terisolasi (isolated feature). Apakah kita sedang mencari untuk fitur tunggal (single feature). mungkin sebuah notebook.

Visual Search ‡ Isolated-Feature/Combined-Feature Effect Mengacu pada penelitian yang dilakukan oleh Treisman dan Gelade (1980) yaitu. Treisman. mereka bisa mendeteksi target ini sama cepatnya ketika itu disajikan dalam sebuah susunan yang terdiri dari 24 item seperti saat itu disajikan dalam sebuah susunan yang hanya terdiri dari 3 item (Geng & Behrmann. Styles. Treisman & Gelade. jika target berbeda dari item yang tidak relevan pada display sehubungan dengan fitur sederhana seperti warna. 2006. pengamat dapat dengan cepat mendeteksi target. Bahkan. 2003. 1980). 1993. .

‡ Sebaliknya. . Orang yang sedang mencari fitur yang tidak ada harus menggunakan perhatian terfokus. perhatikan apa yang terjadi bila Anda sedang mencari sebuah fitur yang tidak ada (feature-absent) ‡ Treisman dan Souther (1985) menemukan bahwa waktu pencarian meningkat secara dramatis seiring dengan jumlah item yang tidak relevan meningkat.Visual Search ‡ Feature-present/feature-absent effect ‡ Ketika orang sedang mencari fitur yang ada/tersedia (feature-present)biasanya dapat menangkap perhatian mereka secara otomatis.

gerakan saccadic sangat penting dalam rangka menggerakkan mata sehingga kata-kata baru dapat terdaftar di fovea (Irwin. ‡ Sebuah bagian yang sangat kecil di tengah retina. . Oleh karena itu. Starr & Inhoff. 2 004). 2004. memiliki ketajaman lebih baik dari bagian retina lain.3. yang dikenal sebagai fovea. Saccadic Eye Movements ‡ Gerakan mata yang sangat cepat dan berpindah dari satu tempat ke yang berikutnya dikenal sebagai gerakan mata saccadic (saccadic eye movement) ‡ Tujuan dari gerakan mata saccadic adalah untuk membawa pusat retina pada kata-kata yang ingin Anda baca. 2003.

3.000 dan 200. saccade pada masingmasing mata Anda bergerak maju sekitar 7 sampai 9 huruf.. kata-kata yang sering muncul dalam suatu bahasa. Para peneliti telah memperkirakan bahwa orang membuat antara 150. Sebaliknya. Rayner et al. 2003. Saccadic Eye Movements ‡ Ketika Anda membaca. Rayner & Johnson.000 gerakan saccadic setiap hari (Irwin. dan kata-kata yang dapat ditebak dalam sebuah kalimat. 2005). White & Liversedge. 2004). ‡ Gerakan mata saccadic menunjukkan beberapa pola yang dapat diprediksi. 2004. 2004. Mata biasanya melewati kata-kata pendek terakhir. . ukuran gerakan saccadic akan kecil jika kata berikutnya adalah kalimat yang salah eja atau tidak biasa (Pynte et al..

. Namun. kinerja orang dalam beberapa tugas divided attention dapat meningkat.Jenis pertama dari proses attention dibahas dalam bab ini iaalah divided attention.Perhatian (Attention) adalah bentuk konsentrasi dari aktivitas mental yang memungkinkan kita untuk mengambil informasi dalam porsi terbatas dari informasi yang tersedia dari lingkungan dan ingatan kita. Penelitian pada divided attention adalah ketikan orang harus memperhatikan beberapa rangsangan secara bersamaan. 2. kita tidak bisa bicara dengan ponsel hands-free dan hati-hati dalam berkendara pada waktu yang sama.Ringkasan 1. Sebagai contoh. dengan latihan secara ekstensif.

Kadang-kadang.Ringkasan 3. nama kita sendiri. kita mungkin mengenali jenis kelamin pembicara. yang menunjukkan bahwa kita biasanya sedikit memperhatikan pesan yang tidak relevan. .Jenis kedua proses attention adalah selective attention. bagaimanapun. dan bab ini memaparkan tiga contoh berbeda dari sselective attention: ‡ Contoh pertama dari selective attention adalah teknik dichotic listening.

Ringkasan ‡ Contoh kedua dari selective attention adalah stroop effect. dan jika fitur tertentu dari sebuah stimulus ada dalam bentuk nyata daripada tidak ada. misalnya. kita dapat menemukan target lebih cepat jika sering muncul. Varian A disebut "emotional stroop task" menunjukkan bahwa orang dengan gangguan atau masalah tertentu memiliki kesulitan untuk mengidentifikasi warna tinta kata-kata yang relevan dengan gangguan mereka. ‡ Contoh ketiga dari selective attention yang ditemukan adalah pencarian visual (visual searching). orang dengan gangguan makan membutuhkan waktu lebih lama daripada orang lain untuk melaporkan warna tinta kata-kata yang terkait dengan makanan. warna). jika berbeda dari objek yang tidak relevan hanya dalam satu dimensi (misalnya. Sebagai contoh. .

. yang sistem visual kita buat selama membaca. Pola saccadic-movement tergantung pada faktor-faktor seperti prediktabilitas teks. dan arti yang lebih umum dari teks. perbedaan individu dalam kemampuan membaca.Ringkasan ‡ Jenis terakhir dari proses attention adalah gerakan mata saccadic (saccadic eye movement).

2007b) mengemukakan bahwa tiga sistem di dalam korteks mengelola aspek yang berbeda dari perhatian: (a) Jaringan orientasi atensi (the orienting attention network) (b) Jaringan atensi eksekutif (the executive attention network). dan (c) Jaringan peringatan atensi (the alerting attention network) .EXPLANATION FOR ATTENTION ‡ Penelitian Neuroscience dalam Attention ‡ Hal penting dalam attention task: ‡ Michael Posner dan Mary Rothbart (2007a.

EXPLANATION FOR ATTENTION a. The orienting attention network Bayangkan ketika kita sedang mencari lensa kontak yang hilang di area sekitar wastafel kamar mandi. Jaringan orienting attention bertanggung jawab untuk jenis perhatian yang diperlukan untuk pencarian visual (visual search). Ketika kita memilih informasi dari input sensori. di mana kita harus mengalihkan perhatian ke berbagai lokasi spasial . jaringan orienting attention kita diaktifkan.

EXPLANATION FOR ATTENTION ‡ Dua komponen penting dari jaringan orienting attention terletak di lobus parietal. orang dengan kerusakan di daerah parietal kiri kesulitan melihat stimulus visual di sisi kanan . ‡ Orang yang memiliki kerusakan otak di daerah parietal dari hemisphere kanan otak. akan kesulitan melihat stimulus visual yang muncul di sisi kiri bidang visual mereka. Sebaliknya.

korteks parietalis menunjukkan peningkatan aliran darah ketika orang melakukan pencarian visual (visual searching) dan memperhatikan lokasi spasial (Palmer. 2007) . ‡ Menurut penelitian PET-scan. Posner & Rothbart. ‡ Unsur kimia ini berjalan melalui darah ke bagian otak yang aktif selama tugas kognitif. dimana para peneliti mengukur aliran darah di otak dengan menyuntikkan partisipan/peserta dengan unsur kimia radioaktif sebelum dia melakukan tugas kognitif (cognitive task). 1999.EXPLANATION FOR ATTENTION ‡ Banyak penelitian baru pada jaringan orienting attention yang telah menggunakan Positron Emission Tomography (PET scan).

The executive attention network ‡ The stroop task meupakan salah satu bentuk jaringan executive attention. ‡ Jaringan executive attention juga beroperasi ketika orang diminta untuk mendengarkan daftar kata benda dan untuk menyatakan penggunaan setiap kata. jaringan executive attention aktif untuk kontrol top-down dalam atensi ‡ Jaringan executive attention mulai berkembang pada usia 2 tahun . seperti mendengarkan kata jarum dan menanggapi "menjahit ‡ Selain itu.EXPLANATION FOR ATTENTION b.

(2) Penelitian tentang teori. . dan (3) Status teori saat ini.EXPLANATION FOR ATTENTION ‡ Terdapat 3 pertimbangan dlm Eexecutive Attention: (1) Elemen dasar teori fitur-integrasi (featureintegration).

menggunakan proses paralel. mendaftarkan semua fitur secara bersamaan. Focused attention memerlukan pengolahan seri. ‡ Jenis processing kedua dalam teori Triesman adalah focused attention. dan mengidentifikasi satu objek pada satu waktu. Elemen dasar ‡ Menurut teori feature-integration Treisman. dalam suatu situasi kita kadang menggunakan distributed attention.EXPLANATION FOR ATTENTION 1. . Distributed attention memungkinkan kita untuk mendaftarkan fiturfitur secara otomatis.

. Penelitian lain menunjukkan bahwa sistem penglihatan kita dapat menciptakan ilusi hubungan material (Treisman. 2000). Wolfe. contohnya ialah proses top-down. Treisman menggunakan frase "divided attention" bukan "distributed attention".EXPLANATION FOR ATTENTION 2. 1990. Penelitian tentang teori ‡ Dalam beberapa penelitiannya.

peneliti telah menambahkan lusinan studi dan dimodifikasi teori asli. Peneliti sering mengusulkan sebuah teori yang awalnya menarik perbedaan yang jelas antara dua atau lebih proses psikologis.EXPLANATION FOR ATTENTION 3. Status teori saat ini ‡ Status teori saat ini: Elemen-elemen dasar teori feature-integration diusulkan lebih dari dua puluh lima tahun yang lalu. Sejak itu. .

The alerting attention network Bertanggung jawab untuk membuat kita peka dan waspada terhadap rangsangan yang baru. 2007b).EXPLANATION FOR ATTENTION c. juga membantu untuk membuat kita waspada untuk jangka waktu yang lama (Posner & Rothbart. 2007a. .

Juga. ketika orang memiliki lesi di korteks parietal. . aktif selama pencarian visual. Penelitian Neuroscience dalam attention telah menggunakan PET scan untuk membuktikan bahwa jaringan attention posterior terletak di korteks parietal.Penelitian Neuroscience juga telah menggunakan PET scan untuk menunjukkan bahwa jaringan attention anterior terletak di lobus frontal. mereka tidak dapat melihat bendabenda visual dalam bidang visual yang berlawanan. 2. maktif selama stroop task dan tugas lainnya yang berfokus pada makna kata.RINGKASAN 1.

Dengan beberapa modifikasi. Focused attention. Distributed attention. .Teori awal attention berfokus pada "bottleneck" yang membatasi perhatian pada bagian tertentu dari processing tetapi perspektif ini terlalu sederhana. Treisman mengusulkan teori feature-integration yang berisi dua komponen: a. teori feature-integration berperan untuk banyak aspek penting dalam atensi visual. yang dapat digunakan secara otomatis untuk menyimpan fitur khusus. Illusory conjunctions mungkin muncul ketika atensi kelebihan beban. yang digunakan untuk mencari kombinasi fitur dan fitur yang hilang. dan b. 4.RINGKASAN 3.

TERIMA KASIH SEMOGA BERMANFAAT SAMPAI JUMPA DADAHHHHHHHH HH .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful